10 Cara Mengecat Tembok Sendiri untuk Pemula

10 Cara Mengecat Tembok Sendiri untuk Pemula

mengecat tembok sendiri

Ingin suasana baru di rumah? Suasana yang lebih segar dan ceria? Jika kamu mulai bosan dengan suasana rumah dengan warna-warna yang “begitu saja”, kamu hanya perlu mengganti cat tembok rumahmu dengan warna baru. Kamu bisa mengecat tembok sendiri dan tidak perlu membayar tukang. Kamu juga bisa berkreasi dengan banyak cara dan pilihan warna dalam mengecat tembok sesuai keinginanmu.

Sebelum melakukannya, sangat penting untuk mengetahui hal-hal tentang cara mengecat tembok sendiri agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Yuk, ikuti beberapa hal berikut ini sebelum kamu mencobanya.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan alat dan bahan untuk mengecat tembok sendiri yang kamu perlukan. Selotip, lakban, tangga, amplas, koran, spons, detergen, dempul, kuas, roller, bak cat, dan tentu saja cat! Kamu bisa menambah maupun mengurangi yang kamu butuhkan. Sebelum mulai mengecat, siapkan semua peralatannya agar tidak membuang waktu untuk mencarinya kesana kemari.

2. Siapkan Permukaan Dinding

Siapkan permukaan untuk mengecat
Menyiapkan permukaan dinding

Permukaan dinding yang akan dicat harus dalam keadaan bersih; kering; serta bebas debu, kotoran, dan minyak. Tujuan pembersihan dinding sebelum pengecatan adalah untuk menghasilkan permukaan yang rata dan halus. Bersihkan debu dengan kemoceng, sapu, atau penyedot debu. Jika terdapat noda membandel, bersihkan dengan menggunakan air campuran deterjen menggunakan spons, kemudian diamkan mongering.

Jika kamu ingin mengecat ulang tembok, kamu juga dapat membaca tentang Cara Membersihkan Cat Tembok

3. Tutupi Bagian yang Tidak Dicat

Sebelum mulai mengecat dinding, tutupi bagian yang tidak ingin dicat agar tidak terkena cat. Kamu bisa menutupi bingkai jendela, gagang pintu, tepi langit-langit, dan sebagainya, menggunakan selotip atau lakban. Tutupi lantai dan barang di sekitar area pengecetan menggunakan koran.

4. Tutup Retakan Di Dinding

Jika dinding yang akan dicat memiliki lubang kecil atau retakan halus, sebaiknya perbaiki dengan dempul sebelum mengecatnya. Giling dempul menggunakan amplas hingga halus. Gunakan juga cat primer sebelum mengecat untuk hasil yang rata dan berkilau.

5. Aduk Cat Sebelum Digunakan

Cat yang akan digunakan harus diaduk terlebih dahulu agar tidak menggumpal dan menghasilkan warna yang optimal. Kamu bisa menggunakan mixer cat elektrik untuk mengaduk cat hingga konsistensinya merata. Hal ini dilakukan untuk mencegah minyak dan pigmen terpisah untuk hasil akhir yang lebih halus.

Kamu juga bisa baca tentang Rekomendasi Warna Cat Terbaik untuk Rumah.

6. Campur Cat Tembok Dengan Dasar Air atau Pelarut

Tutupi permukaan dinding yang akan dicat dengan water based atau solvent yang berkualitas. Hal ini dilakukan agar cat menjadi rata, lebih halus, dan tidak mudah terkelupas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan wall sealer untuk menyesuaikan pH semen pada dinding dengan pH cat agar warna cat bisa bertahan lebih lama.

7. Beri Warna Dasar

mengecat warna dasar
Memberi warna dasar

Amplas dindingmu terlebih dahulu jika ingin mengecatnya dengan warna selain warna putih untuk menghilangkan warna sebelumnya. Jika kamu tidak punya banyak waktu, kamu bisa menggunakan cat putih pada dinding terlebih dahulu. Warna dasar putih akan membuat warna cat pilihanmu lebih cerah. Untuk mendapatkan hasil warna dinding yang diinginkan, kamu harus melakukan ini pada satu area permukaan dinding dalam satu waktu. Kemudian, kamu bisa mengecat ulang dalam waktu sekitar 1-2 jam antara lapisan pertama dan kedua.

8. Gunakan Kuas Kecil

Untuk mempercepat dan mempermudah proses pengecatan dinding, mengecatlah dengan roller. Namun, tidak semua permukaan dinding bisa dicat dengan roller. Sebelum menggunakan roller, ada baiknya untuk mulai mengecat trim (outline) atau sudut ruangan yang sulit dijangkau roller, dengan menggunakan kuas kecil. Menggunakan kuas kecil akan mengecat bagian tersebut dengan rapi dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

9. Gunakan Teknik Mengecat zigzag

Dalam mengecat dinding, teknik zigzag bisa dilakukan dari atas ke bawah secara berulang-ulang hingga permukaan dinding rata dengan cat. Gunakan teknik ini untuk meratakan warna dengan baik dan sempurna pada permukaan dinding. Oleskan lapisan cat pertama, kemudian setelah kering kamu bisa mengaplikasikan lapisan kedua.

10. Bersihkan Peralatan Mengecat

Jika proses pengecatan sudah selesai, jangan lupa untuk membersihkan peralatan yang digunakan, terutama kuas, roller, dan cat itu sendiri. Segera cuci alat tersebut dengan air bersih sebelum mengering dan mengeras. Membersihkan peralatan pengecatan ini penting dilakukan agar awet dan bisa digunakan untuk kesempatan berikutnya.

Setelah membersihkan semua peralatan, simpan dengan benar. Tutup tempat cat dengan erat. Simpan jauh dari jangkauan anak-anak. Jika ada cat yang tumpah, bersihkan dengan membaurkan pasir atau tanah di area tersebut agar cat terserap.

Orang-orang juga membaca Tips Menghemat Uang ketika Pindah

Tips Tambahan Mengecat

  • Proses dan cara mengecat tembok sendiri selalu memakan banyak waktu. Lakukan tugas ini pada akhir pekan atau hari libur agar mempunyai banyak waktu dan tidak terburu-buru.
  • Hitung luas dinding ruangan terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah cat yang dibutuhkan.
  • Untuk warna yang lebih cocok, coba warnai cat dasar dengan menambahkan sedikit cat yang ingin digunakan sebagai cat utama.
  • Saat cat masih basah, lepas selotip. Hal ini untuk mencegah agar cat tidak retak atau terkelupas.
  • Saat mengecat dinding, pertimbangkan juga untuk mengecat pintu.
  • Jika kamu tidak bisa menyelesaikan pengecatan sekaligus, istirahatlah di antara setiap bagian dinding. Daripada selalu membersihkan kuas setiap kali istirahat, kamu bisa membuatnya tetap basah. Ini akan menghemat waktu dan air.

Merek dan Harga Cat Tembok Terbaik

1. Cat Tembok Avitex

Cat tembok Avitex, merupakan cat tembok interior yang diproses dengan resin terbaik yang menjadikan cat ini menempel sempurna pada dinding. Berbeda dengan cat lain, pewarnaan cat menggunakan Avitex tidak memerlukan usaha yang sulit – ini karena pigmentasi cat Avitex sangat baik, sehingga cocok untuk mengecat tembok sendiri. Daya sebar cat ini bisa mencapai 10 – 12 meter persegi per liter dengan 2-3 jumlah lapisan. 1 kaleng cat Avitex ukuran 1kg dibanderol dengan harga Rp29.000

2. Cat Tembok Dulux Catylac

cat tembok catylac

Menggunakan teknologi Chroma Brite, menjadikan Dulux Catylac menghasilkan warna dinding cerah menakjubkan yang lebih tahan lama. Selain mudah diaplikasikan, cat tembok ini aman untuk digunakan didalam rumah karena tidak mengandung timbal dan merkuri. Hadir dalam kemasan 5kg dan 25kg, Dulux Catylac bisa kamu dapatkan mulai dari Rp120.000

3. Cat Tembok Aquaproof

cat tembok aquaproof

Dengan kemampuannya melapisi dinding eksterior rumah dari terpaan berbagai cuaca, menjadikan Aquaproof sebagai salah satu pelapis cat tembok anti-bocor terfavorit. Terbuat dari bahan dasar polimer yang mampu menghambat air masuk ke pori-pori dinding, cat ini menjadi pilihan banyak konsumen, terutama di awal musim penghujan seperti sekarang ini. Biarpun harganya cenderung murah yaitu Rp175.000 per 4kg, namun Aquaproof mampu memberikan kualitas tinggi untuk Anda. Jadi, tunggu apalagi? Siapkan cat dinding anti-bocor rumah mu saat musim hujan dengan lapisan cat Aquaproof!

4. Cat Tembok Decolith

Semakin lama usia tembok, catnya-pun akan pudar dan mengapur. Pertanda cat Anda mengapur adalah saat Anda bersandar ke dinding, cat akan menempel di baju atau kulit. Decolith, yang merupakan satu-satunya cat tembok dan plafon yang bebahan dasar full acrylic, menjamin pengapuran bukan menjadi masalah tembok rumah Anda. Selain itu, cat ini dijamin aman digunakan karena terbebas dari kandungan timbal dan juga merkuri. Hadir dengan pilihan warna-warna yang cemerlang, membuat hunian Anda tampil lebih segar dan ceria. Tersedia dalam kemasan 1kg, 5kg, dan 25kg, harga cat Decolith berkisar di Rp32.000 hingga Rp521.000 untuk ukuran 25kg.

5. Cat Tembok Nippon Paint Vinilex

cat tembok nippon paint vinilex

Cat tembok produksi Nippon Paint ini terbukti jelas kualitasnya. Dengan proses pengeringan yang hanya memakan waktu minimal 1 jam, dan pengaplikasian mudah dengan minim cipratan, membuat Nippon Paint Vinilex juga menjadi superstar. Keunggulan dari cat ini antara lain adalah anti-jamur, anti-pudar, tahan lama, dan kuat utuk disikat sampai dengan 1200 kali. Selain itu, cat ini dapat diaplikasikan untuk interior maupun eksterior rumah kamu. Tersedia dari ukuran 1kg sampai dengan 25kg, Anda dapat mendapatkan satu kaleng cat ini mulai dari Rp40.000 saja!

6. Cat Tembok No Drop

cat tembok no drop

No Drop adalah cat tembok pelapis anti bocor yang juga paling diminati di Indonesia, yang memiliki sifat elastis, kedap air, dan tahan cuaca sehingga dapat melindungi Anda dari bahaya kebocoran di dalam rumah. Warnanya yang cerah dan beraneka ragam bisa menjadi dekorasi yang cantik bagi rumah Anda. Selain itu, No Drop juga mampu mengatasi jamur, loh! Hadir dalam beberpa varian seperti No Drop 100, No Drop 107, No Drop Tinting, Bitumen Black, dan Membrane, cat ini dapat Anda dapatkan mulai dari Rp46.000.

7. Cat Tembok Nippon Paint SpotLess

cat tembok nippon paint spotless

Nippon Spot-Less Plus adalah cat tembok premium yang diformulasikan untuk pemakaian interior, memiliki daya tahan sangat baik terhadap kotoran rumah tangga (teh, wine, kopi, tinta, tangan, lipstik, jus, dll). Cat ini mempunyai daya tolak hidrofilik terhadap noda sehingga mudah dibersihkan. Hal tersebut membuat cat premium ini sangat berkualitas. Keunggulan cat ini adalah mudah dibersihkan, tahan noda cair, tahan air, tidak berbau pada saat aplikasi dan pengeringan, tidak beracun (tanpa timbal, merkuri, dan logam berat), anti-jamur, warna tidak mudah berubah, tidak mudah mengapur, mudah diaplikasikan, mudah dicat ulang, memiliki daya tutup tinggi, dan daya sebar yang tinggi. Spot-Less Plus cocok untuk kamu yang masih memiliki balita, loh! Tanpa khawatir mengeksplor warna, Anda tetap bisa memiliki warna dinding yang bebas noda. Anda dapat mendapatkan cat ini dalam kemasan 1kg, 2.5kg, dan 20kg degan harga mulai dari Rp98.000 hingga Rp1.340.000.

Rekomendasi Toko Cat Tembok

1. Mitra10

Menjadi salah satu toko material terbesar di Jabodetabek, Mitra10 dapat Anda jadikan sebagai destinasi toko beli cat terlengkap dan terbaik. Menghadirkan banyak jenis dan merek cat tembok, membuat toko ini menjadi incaran. Tidak hanya kelengkapan produk, harga dan kualitas yang dihadirkan-pun sangat baik.

Mitra10 juga menyediakan layanan antar keseluruh wilayah Jabodetabek. Namun, bagi Anda yang memilih berbelanja ke toko secara langsung, tidak perlu takut, karena ruang toko yang besar dan protocol kesehatan yang selalu diterapkan, membuat Anda nyaman berbelanja biarpun dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

Alamat: Jl. Raya Kalimalang No.7, RT.13/RW.003, Jakasampurna, Kec. Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 17145, Indonesia

Website: mitra10.com

Telepon: 021 54217373 (Hotline), 0878 84821089 (WhatsApp), 021 88966249 (Mitra10 Kalimalang)

Jam Operasional: Setiap Hari (09.00 – 21.00)

2. Toko Cat Wawawa

Hadir di 72 wilayah yang tersebar diseluruh Indonesia, Toko Cat Wawawa tetunya memberikan pelayanan ekstra berkualitas untuk konsumen. Toko ini melayani pesan antar keseluruh wilayah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku serta jaminan harga yang terjangkau dibandingkan dengan toko cat lainnya. Selain cat tembok berbagai merek dan bahan untuk mengecat tembok, Toko Cat Wawawa juga menyediakan cat kayu besi, cat genteng, juga cat batu alam, loh!

Alamat: PT. Warna Abadi Mitra Bersama, Jl. Urip Sumoharjo No. 153, Yogyakarta

Website: tokocatwawawa.co.id

Telepon: 0274 587100 dan 0811 2951915 (WhatsApp)

Jam Operasional: Senin – Sabtu (06.30 – 21.00), Minggu (07.30 – 16.00)

3. Toko Cat Lancar

Selain menyediakan berbagai jenis cat untuk berbagai keperluan, bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam proses pengecatan tembok, Toko Cat Lancar juga menyediakan jasa pengecatan bergaransi. Selain itu, bagi kosumen yang berdomisili di area Yogyakarta, Anda-pun dapat mengkonsultasikan kondisi dinding Anda sebelum melakukan proses pengecatan, tim dari toko ini akan langsung ke rumah Anda!

Tidak hanya itu, bagi Anda yang tetap ingin berbelanja offline tanpa perlu bertemu banyak orang di toko, ada juga, lho, layanan belanja langsung bersama tim Toko Cat Lancardari rumah! Sangat menarik, ya? Dalam hal harga, Anda tidak perlu khawatir, karena mereka akan menyediakan banyak promosi yang dengan mudah ditemukan di laman web mereka.

Alamat: Jl. Monjali No 21,Yogyakarta 

Website: tokocatlancar.com

LINE: @tokocatlancar

Telepon: 027 4625414, 0878 39824640

Jam Operasional: Senin- Sabtu (07.00 – 19.00), Minggu (08.00 – 14.00)

Nah, begitulah beberapa langkah mudah cara mengecat tembok yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, beserta informasi tambahan tentang merk cat terbaik dan dimana kamu dapat membelinya. Semoga artikel cara mengecat tembok ini bisa membantumu. Semoga berhasil, Flokqers!


Siap mengecat rumahmu? Pesan unit di kawasan terbaik Menteng sekarang!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *