Cara Mengeringkan Sepatu

Cara Mengeringkan Sepatu

Tiap orang memiliki cara mengeringkan sepatu mereka sendiri. Salah satu cara mengeringkan sepatu yang paling lazim adalah mengeringkan di bawah matahari atau mungkin langsung menyewa jasa mengeringkan sepatu. Namun, di artikel ini, Flokq akan memberitahu beberapa metode mengeringkan sepatu alternatif untuk kalian coba. Terutama untuk musim hujan!

1. Beras

cara mengeringkan sepatu dengan beras
Beras, pengering yang legendaris

Cara mengeringkan sepatu ini mungkin sudah cukup populer, terutama untuk mengeringkan handphone. Bahkan sering dijadikan meme sebagai solusi segala masalah. Selain handphone dan gawai elektronik lainnya, beras juga dapat digunakan untuk mengeringkan sepatumu. Gunakan wadah besar yang diisi beras untuk menggunakan teknik ini. Jangan lupa pastikan bagian dalam juga mendapat butiran beras dan area serapan yang cukup. Pastikan juga kalau sepatumu dalam kondisi yang tidak begitu basah. Kondisi yang terlalu basah akan membuat beras banyak menempel dan memperburuk keadaan sepatumu.

2. Koran

Cara kali ini cukup mudah dilakukan dan alat yang digunakan bisa ditemukan sehari-hari. Teknik ini terutama efektif untuk mengeringkan bagian dalam sepatu. Caranya adalah dengan memasukkan koran yang diremas menjadi bentuk bola agar bisa mencapai bagian-bagian terdalam sepatu. Metode mengeringkan sepatu ini perlu diaplikasikan dengan cukup hati-hati. Kalian perlu memilih koran yang tidak terlalu banyak warna hitamnya agar tidak malah merusak warna sepatu kalian. Jadi, hati-hatilah dalam memilih koran terutama saat membalut bagian luar sepatu kalian dengan koran. Perhatikan apakah koran yang dipilih memiliki banyak gambar, usahakan mencari yang memiliki sedikit gambar saja.

3. Microwave

Cara ketiga mungkin akan membuatmu sedikit kebingungan karena akan menggunakan alat yang digunakan untuk keperluan makanan. Microwave tidak hanya bisa digunakan untuk memanaskan makanan, tapi juga untuk mengeringkan sepatumu. Perlu diingat bahwa fungsi utama dari microwave adalah membuat air yang ada di dalamnya menguap, menghangatkan apa pun yang kalian masukkan.

Cara menggunakan teknik ini adalah dengan memasukkan sepatumu di dalam microwave dengan suhu sedang. Proses ini akan memakan kira-kira 15-30 menit. Amati baik-baik kondisi sepatu kalian selagi berada di dalam microwave, jangan sampai tidak diamati dan justru membawa kerusakan. Jangan lupa untuk mengekspos bagian-bagian basah sepatumu. Jadi, kalau bagian dalam ada di kondisi yang cukup basah, buka lebih banyak ruangnya.

4. Hair dryer

Untuk metode mengeringkan sepatu yang ini, dibutuhkan alat yang mungkin tidak dimiliki semua orang. Selain untuk mengeringkan rambut seusai mandi, hair dryer kalian juga bisa berguna untuk mengeringkan sepatu. Caranya cukup mudah, seperti saat mengeringkan rambut. Jadi, usahakan untuk fokus ke bagian basah tertentu.

Baca juga: Tempat Cuci Sepatu dan Perawatan Sepatu Terbaik di Jakarta

5. Freezer kulkas

cara mengeringkan sepatu dengan freezer
Freezer: alternatif lainnya

Cara mengeringkan sepatu yang satu mungkin salah satu yang teraneh, tapi juga cukup manjur. Tahapannya cukup sederhana, pertama-tama kosongkan freezer, kemudian masukkan sepatumu ke dalam kantong plastik. Setelah itu, masukkan kantong plastik itu ke freezer yang sudah dikosongkan. Tunggu beberapa waktu dan cek sesekali untuk hasil yang maksimal.

6. Pengering Mesin Cuci

metode mengeringkan sepatu dengan pengering mesin cuci
Bisa untuk baju dan sepatu!

Untuk metode mengeringkan sepatu yang ini, hanya cocok untuk beberapa orang saja, terutama yang mempunyai pengering di mesin cuci mereka. Selain, untuk baju, fitur mesin cuci ini bisa digunakan untuk mengeringkan sepatu. Metode mengeringkan sepatu ini juga hanya berlaku untuk beberapa jenis sepatu saja yaitu sintetis, katun, dan kanvas. Jenis sepatu yang tidak cocok bisa merusak sepatu dan mesin cucimu.

Cara mengeringkan sepatu ini hanya butuh sedikit langkah. Yang pertama adalah melapisi pengering di mesin cuci dengan beberapa handuk yang agak lembap, lalu masukkan sepatumu yang sudah dibalut lapisan jaring-jaring.

7. Lampu bohlam

lampu bohlam
Solusi yang tidak terburu-buru

Untuk kalian yang punya waktu cukup banyak, metode mengeringkan sepatu ini mungkin cocok untuk kalian. Walaupun lama, dijamin tidak akan ada efek samping ke sepatumu kalau memakai metode mengeringkan sepatu ini. Hanya dengan menaruh sepatumu di bawah lampu bohlam semalaman, sepatumu bisa kering tanpa perlu takut terjadi kerusakan. Tapi tetap saja, waktu yang luang adalah kunci keberhasilan metode mengeringkan sepatu yang satu ini.

8. Penyedot debu

penyedot debu
Penyedot debu sekaligus resapan air

Metode mengeringkan sepatu yang ini mirip dengan cara mengeringkan sepatu menggunakan hair dryer. Hanya perlu hidupkan mesin penyedot debumu dan tunggu sampai sepatumu terlihat cukup kering. Jangan lupa bersihkan mesin penyedot debumu sebelum melakukan cara ini. Metode mengeringkan sepatu ini bisa gagal kalau mesinmu kotor, debu-debu akan justru menempel ke sepatumu dan bisa memperparah kebersihan sepatumu. Jado, perhatikan kebersihan penyedot debumu sebelum memilih metode ini!

9. Kipas angin

kipas angin
Cara yang cukup terduga

Cara mengeringkan sepatu kedua dari terakhir ini mungkin adalah cara yang cukup terjangkau dan mudah. Kipas angin yang ditaruh di meja atau di lantai bisa digunakan di metode mengeringkan sepatu ini. Pastikan kipas yang digunakan cukup besar dibandingkan sepatumu agar efektif. Arahkan kipas ke arah sepatumu, gunakan semacam pengait agar sepatumu tetap berada di tempat. Amati setelah beberapa waktu dan atur sesekali sudut yang terkena angin untuk hasil maksimal.

10. Handuk

Cara alternatif yang cukup mudah

Rekomendasi cara mengeringkan sepatu yang terakhir mungkin termasuk cukup konvensional bagi beberapa pembaca. Cara mengeringkan sepatu yang ini khusus untuk sepatu yang tidak terlalu basah dari terkena hujan atau sudah mendapatkan tingkat kekeringan yang cukup. Gunakan handuk seperti bagaimana handuk biasa digunakan. Pastikan bagian-bagian yang cukup sulit terjangkau dapat terserap airnya. Juga jangan lupa langsung cuci handukmu setelahnya, bau sepatu bisa lebih menyengat dan lebih lama menempel!

Itulah cara mengeringkan sepatu alternatif yang bisa kalian coba. Terutama di musim hujan, akan cukup sulit untuk mencari waktu untuk menjemur sepatu di bawah sinar matahari. Tempat-tempat yang menyediakan jasanya pun akan lebih kewalahan memproses pesanan, jadi mempersiapkan cara-cara alternatif akan menjadi pilihan yang tepat.


Lanjut baca tentang Rekomendasi Brand Sepatu Lokal

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Membuat Ruang Sholat Keluarga yang Nyaman dalam 7 Langkah

Membuat Ruang Sholat Keluarga yang Nyaman dalam 7 Langkah

4 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keran Bocor

4 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keran Bocor

Konsisten Zero Waste Lifestyle untuk Selamatkan Bumi

Konsisten Zero Waste Lifestyle untuk Selamatkan Bumi

12 Rekomendasi Anime Romantis: Dari Komedi hingga Tragedi, Sediakan Cemilan dan Tisu Anda!

12 Rekomendasi Anime Romantis: Dari Komedi hingga Tragedi, Sediakan Cemilan dan Tisu Anda!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *