10 Desain Ruangan dengan Cat Dinding Warna Kuning, Cerah dan Bikin Semangat!

10 Desain Ruangan dengan Cat Dinding Warna Kuning, Cerah dan Bikin Semangat!

Kamu suka warna kuning?

Secara psikologis, warna kuning memberi kesan hangat, ceria, dan energik. Jika diaplikasikan pada ruangan, warna kuning dianggap mampu merangsang kreativitas dan semangat. Selain itu, warna kuning juga mampu memberikan kesan ruangan yang luas sehingga bisa kamu aplikasikan di ruangan kecil! Bukan hanya pada sebagai warna pada dinding, tapi penambahan elemen warna kuning pada furnitur atau dekorasi ruangan juga bisa menambah warna pada ruangan.

Kalau kamu penyuka warna netral, mungkin kamu berpikir bahwa warna kuning terlalu cerah dan akan menyakiti mata. Padahal, penggunaan warna kuning pada ruangan sudah tidak dianggap norak, lho, tergantung dari cara mendekorasinya. Kamu bisa mengombinasikan warna kuning dengan warna netral supaya lebih seimbang.

Ide Desain Ruangan dengan Warna Kuning

Nah, kalau kamu butuh inspirasi dan contoh ruangan dengan cat dinding atau elemen warna kuning, simak ide-ide ruangan berikut ini:

1. Ruang tamu dengan kesan hangat

cat dinding ruang tamu warna kuning
santabarbaradc.com

Warna kuning pada ruangan dapat memberikan kesan yang hangat. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan nuansa warna kuning di ruang tamu. Sebagai ruangan untuk berkumpul dan menyambut tamu, warna kuning akan menambah kesan hangat dari pemilik rumah kepada tamu. 

cat tembok warna kuning
countryliving.com

Selain itu, sentuhan warna kuning yang cerah di ruang utama juga bisa memberi semangat. Tidak hanya kesan energik, warna kuning juga memberi ilusi ruangan yang lebih luas sehingga cocok kalau kamu mempunyai ruang tamu yang tidak terlalu luas atau cenderung sempit. 

2. Ruang tamu yang lebih hidup

decorpad.com

Kalau kamu ragu untuk menjadikan dinding ruang tamu full berwarna kuning, kamu juga bisa, kok, menambahkan unsur warna kuning di ruang tamu. Contohnya, sofa berwarna kuning, bantal sofa warna kuning, atau gorden warna kuning.

ruang tamu warna kuning
modsy.com

Selain itu, untuk menciptakan suasanya yang lebih kalem dan seimbang, kamu bisa memadukan warna kuning dengan warna netral seperti putih atau hitam. Tidak hanya itu, warna kuning juga cocok dengan warna hijau, misalnya tanaman hijau. Perpaduan warna kuning dan tanaman hijau bisa membuat ruangan lebih hidup!

3. Dapur warna kuning yang bikin semangat

cat dinding dapur warna kuning
housebeautiful.com

Karena arti warna kuning yang ceria, kuning cocok ditempatkan pada dapur dan ruang makan. Ditambah lagi, warna kuning bisa menciptakan suasana ruangan yang lebih cerah. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan warna kuning sebagai cat dinding dapur untuk kesan energik.

pinterest.com

Tidak hanya kuning full, kamu juga bisa mengombinasikan warna kuning dengan putih atau abu-abu untuk kesan ruangan dapur yang lebih minimalis. Penggunaan warna kuning pada dinding dapur yang memberi nuansa energik bisa membuat kamu semangat saat memasak makanan di dapur!


Baca juga: 10 Inspirasi Desain Ruangan Warna Hijau Mint


4. Furnitur dapur warna kuning yang cerah

dapur warna kuning
homedecoronlinetips.com

Kalau kamu merasa cat kuning untuk seluruh dinding dapur terlalu terang, kamu juga tetap bisa menghadirkan nuansa cerah di dapur lewat furnitur berwarna kuning seperti kabinet berwarna kuning. Dapurmu akan terlihat tidak akan terlihat ramai, tetapi tetap memiliki kesan segar.

5. Ruang makan minimalis yang vibrant

ruang makan warna kuning
trendhunter.com

Bergeser sedikit dari dapur, tidak jauh beda, nih, warna kuning pada ruangan makan juga bisa menciptakan kesan lebih hangat untuk keluarga. Supaya tidak terlalu mencolok, kamu bisa mengombinasikan warna kuning dengan warna putih dan abu-abu untuk kesan minimalis.

oldbrandnew.com

Kamu juga bisa menambahkan elemen warna-warna lain untuk membuat komposisi yang lebih seimbang, misalnya meja kayu dan kursi warna hijau. Karpet dengan motif yang tidak mencolok juga oke dipadukan dengan warna kuning untuk menciptakan kesan cozy. Keren, kan?

diningroomdid.com

Untuk desain ruang makan dengan pop of color, kamu bisa memilih furnitur warna kuning untuk kursi atau lampu ruang makan.

6. Ruang makan rustic warna kuning

cat tembok kuning ruang makan
pinterest.com

Kalau kamu bosan dengan desain ruang makan yang itu-itu saja, kamu bisa membuat desain ruang makan ala rustic dengan sentuhan warna kuning yang lembut.

dinding kuning ruang makan
decorpad.com

Wallpaper warna kuning juga bisa jadi aksen yang menarik, lho, untuk ruangan. Seperti contoh gambar ini, wallpaper kuning dan kursi biru bermotif geometri serta aksen warna putih terlihat cantik, ya!

7. Ruang kerja warna kuning untuk memicu semangat dan kreativitas

ruang kerja warna kuning
hongkiat.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, warna kuning dipercaya mampu meningkatkan kreatifitas. Warna kuning pada ruang kerja juga diharapkan mampu meningkatkan semangat.

decoist.com

Kamu bisa menggunakan warna kuning yang lembut dan memadukannya dengan warna putih supaya tidak terlalu mencolok dan tidak monoton, atau dengan warna abu-abu untuk kesan minimalis.

loveproperty.com

Selain itu, kamu juga bisa memberikan sentuhan aksen warna kuning yang akan memberikan pop of color di ruang belajar atau bekerja! Misalnya, menggunakan kursi atau perabotan lain berwarna kuning dan dekorasi meja berwarna kuning.


Baca juga: 5 Warna yang Cocok dengan Warna Pink untuk Desain Interior


8. Kamar tidur warna kuning untuk relaksasi

cat dinding kamar warna kuning
apartmenttherapy.com

Warna kuning memang identik dengan keceriaan dan semangat, tetapi bukan berarti tidak bisa digunakan di ruangan untuk tidur, lho. Kalau dipadukan dengan warna yang tepat, warna kuning bisa memberi kesan estetik! Kamu bisa memilih warna soft yellow atau muted yellow untuk cat dinding kamar tidur.

cat tembok kamar warna kuning
idealhome.co.uk

Selain itu, padukan dengan warna cokelat dan furnitur kayu kalau kamu ingin kamar bernuansa rustic yang cerah. Dengan suasana kamar yang cerah tapi tetap kalem, pasti kamu akan semangat tiap bangun pagi!

9. Kamar mandi dengan kesan segar

dinding kamar mandi warna kuning
houzz.co.uk

Kamu mungkin jarang menemukan kamar mandi dengan cat kuning. Namun, warna kuning pada kamar mandi justru akan memberi kesan unik dan nyaman, lho. Supaya tidak terkesan monoton, padukan dengan warna netral seperti broken white

designtrends.com

Kalau kamar mandimu termasuk kecil, warna kuning bisa menambah kesan ruangan lebih luas, apalagi kalau kamu menambahkan cermin! Selain itu, tanaman hijau di kamar mandi juga cocok sebagai kombinasi warna kuning dan membuat kamar mandi lebih vibrant.

10. Kesan mewah di kamar mandi

kamar mandi warna kuning
yellowbrickhome.com

Apakah kamu tahu kalau banyak kerajaan yang menggunakan warna kuning keemasan untuk desain interiornya? Ya, warna kuning ternyata juga bisa memberikan kesan mewah, lho! Kamu bisa menciptakan desain yang mewah pada kamar mandi dengan cat dinding warna kuning. 

domni.pl

Jika dipadukan dengan warna netral seperti putih atau abu-abu, kamu bisa mendapatkan kamar mandi yang estetik. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman hidup untuk sentuhan akhir yang lebih berwarna!


Itulah beberapa inspirasi desain ruangan dengan cat warna kuning atau unsur warna kuning lainnya. Jadi, jangan pernah takut untuk mengaplikasikan warna kuning pada ruangan ya. Tidak melulu dengan dinding yang warna kuning, tapi dekorasi ruangan dengan warna kuning juga bisa mempengaruhi suasana secara keseluruhan.

Selamat mendesain bereksplorasi!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

17 Ide Lomba Untuk 17 Agustus

17 Ide Lomba Untuk 17 Agustus

5 DIY Rak Make Up Terlucu dan Mudah

5 DIY Rak Make Up Terlucu dan Mudah

13 Cara Memasak Telur

13 Cara Memasak Telur

10 Kreasi Roti Tawar

10 Kreasi Roti Tawar

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *