Pertumbuhan Ecommerce di Indonesia

Pertumbuhan Ecommerce di Indonesia

Menurut GlobalWebIndex, Indonesia memiliki tingkat penggunaan e-commerce tertinggi dibandingkan negara lain di dunia dan oleh karena itu, banyak pengusaha menemukan bahwa Indonesia memiliki kesuksesan yang baik dan menjanjikan karena konsumen pasarnya. Mereka mulai membangun perusahaan startup mereka sendiri dan banyak dari mereka adalah startup berbasis Ecommerce. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia, Ecommerce di Indonesia telah tumbuh hingga 78 persen pada 2019, tingkat pertumbuhan tertinggi di dunia.

Apa itu E-commerce?

Apa sebenarnya Ecommerce itu? Ecommerce adalah kependekan dari perdagangan elektronik atau perdagangan internet. Pembelian dan penjualan barang atau jasa menggunakan internet, transaksi uang sebagian besar dilakukan secara virtual juga (e-money atau transfer). Pertumbuhan e-commerce sendiri tidak hanya dengan perusahaan startup lokal tetapi juga perusahaan startup e-commerce asing yang berusaha bersaing untuk menjadi e-commerce terdepan dan paling banyak digunakan di Indonesia. Berikut beberapa informasi lebih lanjut terkait pertumbuhan e-commerce Indonesia hingga tahun 2020.

Baca juga: 10 Situs Marketplace Terpopuler di Indonesia

Jenis E-commerce Terbanyak di Indonesia

Ada empat tipe utama model e-commerce yang dikenal di seluruh dunia. Jenis e-commerce ini adalah transaksi yang diketahui dilakukan oleh dua pemangku kepentingan, konsumen, dan bisnis. E-commerce juga memiliki berbagai bentuk e-commerce, baik berupa produk maupun layanan.

Jenis pertama adalah Business to Consumer (B2C), yang seperti pusat perbelanjaan online tempat bisnis menjual barang atau jasa kepada konsumen individu. Kedua, Business to Business (B2B), adalah tempat bisnis menjual barang atau jasa untuk kesuksesan bisnis lain, misalnya, perusahaan keuangan menjual produk perangkat lunaknya yang mengelola faktur ke perusahaan lain. Ketiga, Consumer to Consumer (C2C) adalah ketika konsumen menjual barang atau jasa kepada konsumen mereka, misalnya, platform startup yang memungkinkan orang menjual barang mereka. Terakhir, Consumer to Business (C2B), ketika konsumen menjual produk atau jasanya ke bisnis, misalnya, seorang freelancer di sebuah perusahaan.

Di Indonesia, jenis e-commerce yang paling banyak digunakan adalah Business to Consumer (B2C), dengan kata lain, perusahaan seperti Traveloka, Lazada, dan Shopee telah menghubungkan bisnis dengan konsumen, sehingga jauh lebih mudah. Ini adalah tipe yang paling banyak digunakan karena kedua belah pihak memiliki keuntungan besar karena prospek penjualan yang besar atau pasar yang lebih luas. Sistem dan transaksi B2C juga jauh lebih mudah dan memakan waktu lebih sedikit, yang dibutuhkan hanyalah satu klik di layar. Selanjutnya ada Customer to Customer (C2C), platform seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Kaskus memungkinkan siapa saja yang memiliki atau tidak memiliki bisnis untuk menjual barangnya kepada orang lain. Urutan ketiga adalah Business to Business (B2B) dan terakhir Consumer to Business (C2B)

Aplikasi E-commerce di Indonesia

1. Magento | e-commerce di Indonesia

magento ecommerce indonesia

E-commerce pertama di daftar aplikasi kami adalah e-commerce berjenis open-source yang dibuat dalam PHP. Magento membentuk 30% dari pasar keseluruhan. Pada tahun 2019, Magento resmi dibeli oleh Adobe.

Website: magento.com

2. Prestashop | e-commerce di Indonesia

prestashop ecommerce indonesia

E-commerce yang kedua di daftar kami masuk ke jenis freemium open-source. Ditulis dalam PHP namun juga mendukung MySQL. E-commerce ini dibentuk pada tahun 2007 di Prancis.

Website: prestashop.com

3. Woocommerce | e-commerce di Indonesia

woocommerce ecommerce indonesia

E-commerce ketiga di daftar kami adalah plugin open-source untuk WordPress. Diluncurkan pertama kali di 2011, Woocommerce cepat menjadi populer karena kustomisasi yang cukup luas dan gratis. Sekarang e-commerce ini digunakan untuk usaha entah besar atau kecil.

Website: woocommerce.com

4. Shopify

shopify ecommerce indonesia

Yang satu ini menggunakan sistem retail-point-of-sale sebagai basis utama e-commerce mereka. Shopify bermarkas di Ontario, Kanada. Pengiklanan, pengiriman, dan pembayaran bisa dilakukan melalui fitur mereka.

Website: shopify.com

5. Opencart

opencart ecommerce indonesia

Yang satu ini adalah sebuah sistem manajemen toko online. Opencart pertama kali dirilis ke publik tahun 2010. Sampai Mei 2016, ada lebih dari 300 ribu situs yang menggunakan fiturnya. Opencart ditulis menggunakan PHP dengan database MySQL dan komponen HTML.

Website: opencart.com

Baca juga: Perusahaan Start-Up Terbaik di Indonesia


6. AbanteCart

abantecart

Ecommerce Indonesia yang satu ini lagi-lagi tidak hanya open-source tapi juga sebuah community-based project. Dibuat tahun 2010 dan dirilis ke publik tahun 2011. Ditulis menggunakan PHP dan juga menggunakan database MySQL.

Website: abantecart.com

7. osCommerce

oscommerce

Pilihan yang ketujuh ini adalah ecommerce di Indonesia yang bisa digunakan di server manapun yang sudah memiliki PHP dan MySQL. Dari namanya, sudah jelas bahwa e-commerce yang satu ini bersifat open-source. Rilis terbarunya adalah versi 2.3.4.1. di tahun 2017.

Website: oscommerce.com

8. Sirclo

sirclo

Pilihan terakhir di daftar kami adalah sebuah e-commerce enabler yang memiliki banyak jasa. Sirclo bisa membuat hampir usaha apapun mendapatkan standar profesional yang dibutuhkan. Mereka juga memberikan jasa pelayanan konsultasi untuk strategi e-commerce.

Website: sirclo.com

Nah, begitulah gambaran pertumbuhan ecommerce di Indonesia. Dengan demikian, banyak lapangan kerja yang terbuka tetapi banyak pekerjaan lain yang tidak lagi dibutuhkan karena digantikan oleh mesin. Orang-orang mulai sedikit memahami bahwa mereka membutuhkan keterampilan ekstra untuk mendapatkan pekerjaan yang sukses di industri e-commerce. Di tahun-tahun mendatang, Indonesia akan menjadi salah satu negara terdepan dalam pertumbuhan ekonomi karena hal tersebut.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Lengkap Jual-Beli Mobil di Jakarta

Panduan Lengkap Jual-Beli Mobil di Jakarta

11 Wisata Museum Terbaik di Jakarta

11 Wisata Museum Terbaik di Jakarta

Nikmati 10 Tempat Live Music Terbaik di Jakarta

Nikmati 10 Tempat Live Music Terbaik di Jakarta

Provider Kartu SIM di Indonesia

Provider Kartu SIM di Indonesia

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *