Kumpulan Fakta Unik Dibalik Perayaan Chuseok yang Wajib Diketahui

Kalian para penggemar Korea? Atau ingin travelling ke Korea? Sebelum itu, kalian harus tahu lebih dalam dulu mengenai budaya yang ada di Korea. Nah, salah satunya adalah Chuseok ini. Untuk yang sering nonton  drama korea pasti tahu Chuseok itu apa ya, Tapi, kita disini akan menjelaskan lebih detail mengenai Chuseok yang digadang-gadang menjadi hari yang menarik dan termasuk salah satu budaya tahunan di Korea.

Baca juga: Rekomendasi Drama Korea Komedi Romantis

Apa itu Chuseok?

Sumber: Unsplash

Kali ini kita akan membahas sedikit sejarah mengenai Chuseok ya. Dulu, orang Korea menggunakan kata Hangawi sebelum Chuseok. . Kata “han” yang berarti besar, dan “gawi” berarti tengah. Pada masa sekarang, kata Chuseok lebih banyak digunakan. Dan untuk arti dari Chuseok itu sendiri adalah hari bulan purnama.

Chuseok itu sendiri adalah perayaan festival tahunan di Korea Selatan untuk merayakan panen pada musim semi. Biasanya mereka akan pesta makanan besar-besaran sebagai rasa terima kasih atas keberhasilan panennya di musim semi.

Mengapa Chuseok itu Penting?

Bagi orang Korea, Chuseok itu sangat penting karena merupakan salah satu perayaan terbesar yang sangat krusial di Korea dan memang salah satu momen dimana mereka menghormati leluhurnya di hari perayaan tersebut.

Karena Chuseok termasuk salah satu hari besar, maka dari itu pemerintah Korea Selatan menjadikannya sebagai hari libur nasional. Untuk mereka yang tinggal di kota besar seperti Seoul dan Incheon, pasti akan mudik alias pulang ke kampung halamannya karena libur nasional dari pemerintah ini cukup untuk mereka rayakan bersama keluarga.

Tradisi kumpul keluarga saat perayaan Chuseok
Sumber: VisitKorea

Upacara Pada Perayaan Chuseok (Charye)

Salah satu fakta unik perayaan Chuseok adalah kegiatan penting yang mengawali hari pada perayaan yaitu upacara pagi atau dikenal dengan sebutan charye. Pada pagi hari, seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah dan mengadakan upacara peringatan guna menghormati para leluhur terdahulu.

Meja Charye berisi hidangan untuk upacara penghormatan leluhur

Selain pada saat Chuseok, sebenarnya charye sendiri diadakan dua kali dalam setahun loh. Yaitu pada saat Seollal dan Chuseok ini.

Tradisi Ziarah saat Chuseok (Seongmyo)

Setelah selesai upacara pagi, biasanya keluarga mengadakan tradisi ziarah atau berkunjung ke makam leluhur. Sebenarnya, untuk ziarah ini adalah tradisi lama atau disebut juga tradisi kuno orang Korea. Tetapi mengingat tujuannya sangat mulia, diteruskanlah tradisi ziarah tersebut hingga sekarang.

Ziarah makam saat Chuseok
Source: sbs.co.kr

Nah untuk ziarah ke makam ini, mereka memberikan penghormatan kepada para leluhurnya dengan mengadakan upacara sederhana selama mengunjungi makam dan juga membuang gulma (tumbuhan yang tumbuh secara liar di sekitar makam) yang bertumbuhan di sekitar kuburan leluhur.

Makanan Pada Perayaan Chuseok

Pada perayaan Chuseok, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas makanan yang tersedia di meja orang-orang Korea. Bagaikan Thanksgiving ala budaya barat, Chuseok ini juga menjadi hari dimana meja makan orang Korea itu penuh dengan makanan loh. Ini dia beberapa makanan tradisional khas Korea yang sudah pasti ada ketika perayaan Chuseok:

1. Songpyeon

Songpyeon di chuseok
Sumber: VisitKorea

Songpyeon adalah kue beras berukuran mini dan berwarna-warni dari Korea. Kue beras ini memiliki beberapa isian yang berbeda seperti selai kacang merah, biji wijen dan madu, sampai cokelat leleh.

Biasanya warga Korea membuat kue Songpyeon ini menjelang Chuseok dan akan membagikan kue-kue ini ke tetangga ketika hari perayaan Chuseok dimulai. Sangat sama dengan tradisi tukar kue versi orang Indonesia ketika lebaran ya ternyata.

2. Jeon

Jeon chuseok
Sumber: VisitKorea

Makanan khas selanjutnya adalah Jeon. Jeon (gambar kiri) adalah pancake ala Korea yang mengandung cita rasa gurih dan biasanya dimakan sebagai pembuka atau camilan.

Dengan berbahan dasar tepung, Jeon bisa diisi dengan seafood ataupun sayuran juga loh.

3. Kimchi

Kimchi ala Korea chuseok
Sumber: Unsplash

Makanan yang tak kalah pamor dibanding yang lain adalah Kimchi. Untuk seluruh pecinta drama korea pasti sudah tahu makanan yang satu ini deh. Kalau menurut orang Korea, hidangan mereka terasa belum lengkap kalau belum ada kimchi. 

Secara jelasnya, Kimchi adalah sayuran yang difermentasi dan diberikan bumbu pedas untuk memperkaya cita rasa dimulut para penikmatnya.

Saking terkenalnya, Kimchi ini menjadi salah satu makanan yang dideskripsikan sebagai perwakilan oran Korea loh.

Kostum Perayaan Chuseok

Hal sepele namun tak kalah penting dari fakta unik perayaan Chuseok lainnya, yaitu masalah kostum. Di perayaan besar nan sakral seperti Chuseok ini, Orang Korea juga mempunyai baju khas yang wajib dikenakan.

hanbok perayaan chuseok
Sumber: Unsplash

Bernama Hanbok, kostum ini menjadi salah satu pakaian yang selalu dikenakan untuk acara formal, semi formal, maupun festival tradisional.

Untuk Hanbok itu sendiri juga umumnya memiliki warna yang cerah, karena orang-orang Korea mempercayai bahwa warna cerah memiliki arti bagus tersendiri.

Permainan dan Hiburan Saat Perayaan Chuseok

Perayaan Chuseok ini juga termasuk salah satu perayaan yang sangat meriah dan menarik. Maka dari itu, masyarakat di Korea juga menyelingi berbagai aktivitas menarik seperti permainan tradisional berikut ini:

1. Samulnori

Salmunori di perayaan chuseok
Sumber: VisitKorea

Samulnori merupakan permainan tradisional berupa alat musik perkusi tradisional ala Korea. Menyatukan alat musik seperti gendang kecil, gong kecil, gendang besar, dan juga gong besar.

Sangat menarik, ya?

2. Talchum

Hiburan selanjutnya adalah Talchum, yaitu tarian topeng khas Korea. Dalam Talchum ini, para penari memakai Hanbok loh. Lalu, mereka juga memakai topeng yang berbeda gambar serta berbeda karakter juga loh untuk tiap penari. Sangat unik, ya?

3. Ganggangsullae

Ganggangsullae (gambar kanan) adalah salah satu jenis tarian tradisional yang berasal dari Korea Selatan.

Tarian ini juga dikenal dengan tarian melingkar loh karena formasi dari tarian ini melingkar dengan saling berpegangan serta bernyanyi bersama.

Ganggangsullae
Sumber: VisitKorea

4. Ssireum

Yang terakhir ini adalah salah satu aktivitas yang sangat booming juga loh. Ssireum adalah gulat tradisional ala Korea. (gambar kiri)

Terlihat seru ya sepertinya?

Nah itu dia kumpulan beberapa fakta unik perayaan Chuseok yang digadang-gadang sebagai hari pentingnya Korea atau Thanksgiving versi Korea. Menurut kalian, mana yang paling unik dari fakta tersebut?

Baca juga: 7 Restoran Korea Terjangkau di Jakarta

Kalian suka mencoba menu masakan Korea? Mungkin kalian cocok untuk hidup di daerah dengan banyak restoran Korea di Jakarta. Flokq memiliki beberapa pilihan tempat tinggal untuk kalian cek seperti di Senopati.

Mau tahu lebih lanjut? Hubungi tim Flokq di +62 813-1490-5690 atau klik tombol di bawah ini!

KLIK DI SINI UNTUK BOOKING APARTEMEN DI SENOPATI

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *