Gaji Fresh Graduate Indonesia

Gaji Fresh Graduate Indonesia

Setelah menyelesaikan studi di kampus dan sudah lulus, langkah hidup selanjutnya adalah menjalani hidup sendiri jauh dari bantuan keluarga. Mencari pekerjaan ideal yang cocok untuk diri sendiri adalah salah satu caranya. Baik kamu mencari pekerjaan berdasarkan latar belakang pendidikan atau minat dan hobi kamu, kamu perlu mengetahui keterampilan dan minat kamu terlebih dahulu. Mengetahui keterampilan dan minat membantu kamu mengetahui betapa berharganya kamu dan jalur karier yang kamu pilih.

Setelah mengetahui diri kamu sendiri, kamu mungkin bertanya-tanya berapa banyak kamu digaji karena keahlian dan latar belakang pendidikan yang kamu miliki. Di sinilah kamu harus melakukan riset tentang rata-rata gaji yang didapat oleh fresh graduate, tidak hanya untuk mengetahui nilai kamu tetapi juga memiliki persiapan untuk menegosiasikan gaji untuk wawancara kerja. Gaji rata-rata fresh graduate berbeda-beda bergantung pada perusahaan, jenis pekerjaan, dan banyak lagi! Di Indonesia sendiri ada beberapa kriteria yang menentukan gaji fresh graduate, berikut kriteria tersebut.

Lokasi

This image has an empty alt attribute; its file name is 2aa58582b67a16f7f73bd79239445ac5-1-673x1024.jpg
Lokasi

Seperti yang kamu ketahui, pembangunan perkotaan dan perusahaan bisnis Indonesia tidak merata di seluruh negeri. Beberapa daerah di Indonesia bahkan belum tersentuh teknologi, sedangkan daerah lain menjadi jantung perkembangan bisnis seperti Jakarta dan Surabaya. Hal inilah yang mempengaruhi Upah Minimum Provinsi (UMP), Upah Minimum Regional (UMR), dan Upah Minimum Kota (UMK).

Semakin kecil Upah Minimum maka gajinya semakin tinggi, sehingga UMK biasanya lebih tinggi dari UMR, dan UMR biasanya lebih tinggi dari UMP. UMK, UMR, dan UMP di setiap lokasi di Indonesia berbeda-beda, jika kamu tinggal di Jakarta maka kamu beruntung, Jakarta adalah daerah istimewa, kota tetapi juga provinsi yang artinya UMK, UMR, dan UMP sama yaitu rata-rata sekitar Rp4.200.000 / bulan. Namun jika kamu tinggal di kota Tangerang UMKnya sekitar Rp4.600.000 / bulan, dengan UMR sekitar Rp4.110.000 / bulan (ini mencakup seluruh wilayah di Tangerang), dan UMP Tangerang sekitar Rp1.800.000 / bulan (karena Tangerang terletak di Provinsi Banten).

Biasanya perusahaan menjadikan UMR sebagai benchmark bagi fresh graduate. Beberapa UMR tertinggi di Indonesia ada di Karawang dengan gaji sekitar Rp4.600.000 / bulan karena pada dasarnya merupakan kawasan industri, menyusul Jakarta, dan Surabaya dengan total masing-masing Rp4.200.000 / bulan. Surabaya dikenal seperti Jakarta, merupakan kota urban yang berkembang dengan banyak perusahaan bisnis yang berinvestasi di sana.

Latar Belakang Pendidikan

Educational Background
Latar Belakang Pendidikan

Di Indonesia, gelar di latar belakang pendidikan terakhir kamu cukup penting. Sebagian besar perusahaan mencari lulusan baru dengan gelar sarjana, sementara beberapa menerima gelar. Diketahui bahwa semakin tinggi gelar pendidikan kamu, semakin tinggi pula gajinya. Untuk S1, gajinya berkisar di UMR daerahnya, jadi kalau di Jakarta bisa sekitar Rp4.200.000 / bulan, tetapi lulusan SMK sederajat mendapatkan gaji rata-rata sekitar Rp3.600.000 / bulan.

Tentunya dalam beberapa kasus, karena lulusan SMK cenderung memiliki banyak pengalaman kerja, mereka dapat dipromosikan dan mendapatkan gaji yang lebih baik atau jika mereka mengkhususkan diri pada pekerjaan dengan pengalaman yang menjanjikan, mereka dapat memiliki gaji yang setara dengan gelar sarjana. Beberapa perusahaan bahkan melihat institusi atau universitas tempat kamu lulus, tetapi ini tidak terlalu memengaruhi gaji kamu, ini hanya memengaruhi peluang kamu akan mendapatkan pekerjaan itu.

Perusahaan

Type of Big Companies
Perusahaan

Tentunya, gaji juga tergantung dari jenis perusahaan yang akan kamu usulkan. Biasanya perusahaan multinasional bersedia membayar lebih dari rata-rata perusahaan, mereka juga memberikan banyak keuntungan tambahan bagi pekerjanya seperti makanan, asuransi, transportasi, perumahan, dan lainnya. Adapun namanya, itu adalah perusahaan yang sukses di banyak negara, itulah mengapa mereka bersedia membayar lebih. Misalnya, Chevron bersedia membayar pegawai di beberapa divisi dengan kisaran gaji Rp4.000.000-Rp7.000.000 / bulan atau bahkan lebih!

Kadang-kadang perusahaan baru yang besar juga dapat membayar lulusan baru dengan gaji yang besar. Ada yang membayar hingga Rp7.000.000-Rp12.000.000 / bulan, tetapi ini juga tergantung pada posisi dan skill yang dimiliki oleh fresh graduate. Perusahaan rintisan yang masih kecil dan terus berkembang masih di sekitar gaji pokok UMR.

Jenis Pekerjaan dan Posisi

Types of Jobs and Positions
Jenis Pekerjaan dan Posisi

Baik kamu mencari pekerjaan umum atau pekerjaan khusus, mereka memiliki bagiannya sendiri di perusahaan. Semakin banyak bagian yang kamu miliki untuk sebuah perusahaan, terutama bagian di mana kamu harus mengambil keputusan besar dan banyak, semakin banyak uang yang akan dibayarkan perusahaan kepada kamu. Pasalnya, posisi tersebut berdampak langsung pada kesuksesan perusahaan. Semakin banyak dampak tidak langsung yang kamu miliki terhadap perusahaan, semakin rendah gaji yang akan kamu dapatkan.

Beberapa posisi penting di perusahaan besar adalah CEO dan kepala divisi (dikenal sebagai dewan eksekutif). Dalam startup, setiap posisi diperhitungkan terutama jenis pekerjaan yang meningkatkan customer engagement dan selling, seperti graphic designer dan marketing planning yang memiliki gaji sekitar Rp5.000.000-Rp10.000.000 / bulan. Tapi bagaimana lulusan baru bisa sampai di sana? Tentu saja, seorang lulusan baru menjadi seorang pemimpin perusahaan adalah sesuatu yang tidak mungkin tetapi mengejar beberapa posisi penting tidaklah mustahil, carilah sebanyak mungkin peluang di organisasi sebelum lulus!

~

Jadi, dapat disimpulkan bahwa gaji rata-rata lulusan baru pada dasarnya bergantung pada UMR-nya, yaitu jumlah gaji minimal yang harus dicapai berdasarkan alasan-alasan di atas. Gaji ini belum termasuk keuntungan tambahan seperti Tunjangan Hari Raya (THR) atau bonus pada tanggal khusus nasional. Alasan lain yang mungkin dapat memberikan kontribusi pada gaji yang baik adalah kontribusi yang bersedia kamu berikan di perusahaan, karakter yang baik, dan keterampilan khusus.

Saat kamu menegosiasikan gaji kamu dengan pewawancara, ingatlah untuk rendah hati, baik hati, dan memiliki etika. Topik gaji cukup sensitif dan rahasia bagi banyak orang dan perusahaan. Jadi, pastikan kamu berlatih wawancara dan negosiasi terlebih dahulu sebelum menghadiri wawancara! Kami berharap kamu menemukan peluang besar dan menemukan pekerjaan yang tepat untuk kamu! Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Indonesia, klik di sini!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

8 Street Food Jajanan Khas Korea di Jakarta

8 Street Food Jajanan Khas Korea di Jakarta

Salon Mobil Jakarta

Salon Mobil Jakarta

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

Lagu Viral 2020

Lagu Viral 2020

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *