10 Macam Gantungan Sepeda Untuk Ruangan Minimalis

Gantungan sepeda adalah cara penyimpanan yang efektif terlebih ketika ruangan yang ditempati relatif kecil dengan mobilitas cukup tinggi. Dengan cara menggantung, sepeda tersimpan dengan rapih tanpa memakan banyak ruang. Menggantung sepeda di ruang tengah atau bahkan kamar tidur juga dapat menghemat waku dalam akses menuju garasi. Tata ruang yang efektif ini pun sangat cocok bagi penghuni tempat tinggal praktis seperti kost atau apartemen.

Banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran membuat pengguna lebih fleksibel dalam memilih gantungan sesuai dengan kebutuhan dan tata ruang yang ada. Bila sedang merasa kreatif, kamu juga bisa membuat sendiri gantungan sepeda dengan desain yang simpel sesuai keinginan dengan bahan yang sederhana seperti besi atau baja ringan.

10 Macam Gantungan Sepeda

Berikut macam-macam gantungan sepeda yang paling umum tersedia.

Model Vertikal

Model gantungan seperti ini bisa membantu menyimpan sepeda secara vertikal di dinding ruangan sehingga menghemat ruang di lantai, terlebih jika sepeda digantung dengan posisi menempel seluruhnya ke dinding.

Cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan mengaitkan roda depan sepeda ke besi pengait. Dengan menggunakan model ini kamu bisa menyimpan sepeda dengan space yang sedikit. Ruangan pun terlihat lebih dekoratif dengan sepeda yang tersimpan seperti pajangan dinding.

Gantung sepeda di dinding untuk menghemat ruangan
Source: Alibaba

Model Horizontal

Dengan konsep yang sama seperti gantungan sepeda vertikal, model ini juga menggantungkan sepeda ke dinding ruangan. Hal yang membedakan adalah titik pengait yaitu pada rangka atau frame sepeda, biasanya terdapat dua pengait atau cantolan agar lebih kuat. Selain tampak yang dekoratif, gantungan horizontal juga menjamin frame sepedamu aman dari goresan.

Menggantung sepeda secara horizontal agar terlihat dekoratif
Source: Desertcart

Baca juga tentang Dekorasi Dinding Kamar

Model Pedal Hanger

Masih dengan konsep gantungan sepeda di dinding, model ini menempatkan sepeda dengan cara mengaitkan pedal dan kedua roda pada besi pengait. Kelebihan menggunakan model ini adalah menjaga dari goresan dan posisi yang kokoh. Sepeda yang digantung menggunakan gantungan seperti ini juga terlihat lebih keren dan dekoratif karena posisi gantung yang diagonal.

Pedal hanger sebagai alternatif lain untuk menggantung sepeda tanpa khawatir akan goresan
Source: AliExpress

Model Deret

Punya beberapa sepeda? Tidak masalah! Sepeda-sepedamu bisa dijajarkan di gantungan model ganda dengan cara dikaitkan ke roda. Namun tidak perlu khawatir, model ganda ini telah didesain dengan bahan yang teruji dan dengan jarak antar sepeda yang terukur agar tidak berhimpitan dan merusak frame atau velg sepeda. Bahkan tidak hanya sepeda, perlengkapan seperti helm pun bisa ikut dicantol di gantungan ganda.

Menggantung beberapa sepeda dan peralatannya sekaligus dengan gantungan model deret
Source: Amazon

Model Gantungan Lucu dan Warna-warni

Bila bosan dengan desain yang tak berwarna dan ingin punya gantungan yang senada dengan desain ruangan, gantungan berbentuk lucu dan imut adalah solusi tepat. Terlebih ketika ingin menggantung sepeda anak, bentuk dan warna yang ceria dapat menjadi dekorasi yang pas. Konsep gantungan ini sama dengan sebelumnya itu mencantolkan sepeda ke dinding. Tidak perlu khawatir pula akan jatuh atau lecet karena meskipun bentuknya lucu dan variatif, model ini terbuat dari bahan yang kokoh.

Gantungan sepeda berbentuk lucu dan cocok untuk sepeda anak
Source: AliExpress

Gantungan Sepeda di Plafon

Model ini cukup nyentrik dibanding sebelumnya karena sepeda dikaitkan langsung ke plafon atau langit-langit ruangan. Model ini dapat digunakan apabila ruang lantai dan dinding yang tersisa sedikit, ditambah dengan struktur langit-langit ruangan yang cukup tinggi. Menggantung sepeda di plafon cocok dilakukan ketika penggunaan sepeda relatif jarang dan ingin memasang sepeda sebagai pajangan semi-permanen. Tipe plafon juga bervariasi dari gantungan berbahan besi hingga yang menggunakan tali sebagai penggantung.

Gantungan sepeda di plafon cocok untuk ruangan dengan langit-langit tinggi
Source: Shopee

Gantungan Sepeda di Tangga

Menggantung di bawah atau samping tangga juga merupakan variasi dari model gantungan sepeda. Area bawah tangga yang sering terbengkalai dan jarang diperhatikan dapat dimaksimalkan bahkan dijadikan aspek unik ruangan dengan menempatkan sepeda. Gantungan model ini dilakukan dengan mengaitkan sepeda tepat di bagian miring bawah tangga atau di samping bagian handle tangga. Penempatannya yang praktis dan tidak merusak pemandangan menjadi nilai lebih serta sepeda dapat terhindar dari debu lantai.

Menggantung sepeda di bawah tangga untuk memaksimalkan bagian ruangan tak terpakai
Source: Dekoruma

Baca lebih lanjut tentang tips dekorasi rumah

Model Rak Gravitasi

Apabila ruang di dinding terlalu penuh untuk menggantung sepeda, rak berdiri ini adalah alternatif jitu untuk menyimpan sepeda. Gantungan sepeda ini tidak perlu ditempelkan ke dinding, namun bisa disandarkan dekat dengan ruang dinding. Model ini bahkan bervariasi dan bisa menggantung dua sepeda sekaligus secara vertikal. Tinggi dari rak ini bisa disesuaikan dengan tinggi dari kedua sepedamu, jadi tidak masalah ketika memiliki dua sepeda dengan ukuran besar dan berbeda.

Gantungan sepeda model rak gravitasi, pilihan tepat untuk menyimpan sepeda tanpa dinding
Source: Alibaba

Model Bike Repair Stand

Gantungan model bike repair stand membuat penyimpanan sepeda sambil melakukan perbaikan lebih mudah. Posisi gantungan yang mengaitkan bagian tengah frame membuat akses untuk mengutak-atik spareparts sepeda lebih leluasa. Model ini cocok untuk diletakkan di ruang multifungsi seperti garasi atau ruang olahraga.

Menggantung sepeda di bike repair stand memudahkan untuk menyimpan sekaligus memperbaiki sepeda
Source: The New York Times

Model Rak Mobil

Untuk pengguna sepeda yang mobile dan berjarak jauh dari tempat tinggal, gantungan sepeda di mobil atau bike carrier patut untuk dicoba. Pada umumnya, model ini memiliki empat tipe. Pertama, roof rack yaitu sepeda yang dikaitkan di bagian atas mobil, sedikit rumit dalam pemasangan namun sangat cocok untuk perjalanan jauh karena tanpa ada halangan penglihatan di belakang mobil. Kedua adalah towbar mount dimana sepeda diletakkan di sandaran tambahan di belakang mobil. Model gantungan ini dapat membawa beberapa sepeda.

Menggantung sepeda di atap mobil agar praktis dalam perjalanan
Source: The Rack Warehouse

Lalu ada tipe yang paling lazim rear mount dengan pemasangan yang jauh lebih mudah sehingga cocok untuk perjalanan dekat. Terakhir adalah tipe cargo, dimana sepeda digantung di dalam mobil. Model gantungan ini efektif apabila punya waktu luang untuk melepas kedua roda dan sangat menguntungkan karena sepeda terhindar dari kotoran dan hujan sepanjang perjalanan.

Cara praktis menggantung sepeda di belakang mobil dengan rear mount rack
Source: Tokopedia

Buat Sendiri Gantungan Sepedamu!

Setelah melihat berbagai macam gantungan sepeda, beberapa memiliki model dan konsep menggantung yang sangat sederhana. Daripada menghabiskan uang untuk membeli, kamu bisa membuat gantungan sendiri, lho! Gantungan sepeda ala DIY juga bisa dibentuk sesuai dengan tata ruang yang tersisa untuk sepedamu. Bahan yang dibutuhkan pun sedikit serta mudah didapatkan. Cukup dengan paku dan palu atau bor tembok kecil, serta besi atau baja ringan yang dibalut dengan bantalan, kamu sudah siap membuatnya. Langkah-langkahnya sendiri persis seperti memasang rak di dinding pada umumnya.

Berikut kami berikan rekomendasi cara membuat gantungan sepeda.

Source: Youtube

Cari tau juga: 8 Tips Dekorasi Kamar Aestetik, Harga Terjangkau

Ada pula tutorial membuat gantungan dengan ornamen tambahan untuk menyimpan perlengkapan sepeda agar lebih praktis dan dekoratif

Source: Youtube

Pilihan gantungan sepeda yang banyak dapat membantumu mengatur tata ruang kamar atau rumah jadi lebih mudah. Atau, langsung bikin sendiri saja! Jadi tidak perlu lagi menyimpan sepeda di luar rumah atau di dalam dan mengambil banyak tempat.

Cara menggantung sepeda paling keren menurutmu bagimana? Beri juga saran di kolom komenar kalau kamu punya cara sendiri untuk menyimpan sepeda.

Baca tentang tempat membeli sepeda di Jakarta

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *