7 Gereja di Bali: Terindah dan Terunik

7 Gereja di Bali: Terindah dan Terunik

Meski terkenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura, di Bali juga terdapat rumah ibadah dari agama lain, salah satunya adalah gereja. Sebagai kota dengan keberagaman, setiap umat Kristiani di Bali dapat beribadah dengan damai di gereja suci mereka. Jika Anda kebetulan berkunjung ke Bali, Anda juga bisa melihat-lihat gereja di Bali untuk melihat keindahannya.

Anda dapat menemukan cukup banyak gereja di pulau ini yang memiliki bangunan luar biasa dengan fitur-fitur yang ditampilkan dalam gaya khas Bali. Gereja-gereja ini menawarkan kecemerlangan arsitektur bagi pengunjung pulau untuk dikagumi. Nah, berikut adalah beberapa gereja terindah dan unik di Bali untuk Anda kunjungi.

Baca juga: Panduan Lengkap Untuk Sewa Kamar di Bali

1. Gereja Palasari

gereja palasari bali
sumber: youtube

Gereja Palasari adalah Gereja Katolik yang terletak di kawasan Jembrana. Gereja ini hidup dan ramai dengan tradisi dan upacara mereka sendiri. Dari segi arsitekturnya, terlihat bangunan-bangunannya yang dibudidayakan dan dipengaruhi oleh gaya Hindu Bali, menjadikan Gereja Palasari sebagai gereja yang unik di Bali.

Di dalam gereja, interior dan peninggalan seperti patung, altar, salib, dan ukiran juga mencerminkan perpaduan yang indah ini. Di Gereja Palasari, anggota lokalnya terkadang menggunakan pakaian tradisional Bali untuk menghadiri acara gereja.

Alamat: Jl. Palasari Banjar Palasari, Desa No.2, Ekasari, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali 82252

2. Gereja St. Michael

Gereja St. Michael atau dikenal juga dengan nama Gereja Katolik Santo Mikael dalam bahasa lokalnya terletak di tengah rimbunnya tanaman hijau tropis. Didukung oleh arsitektur gotik dan suasana unik di seluruh areanya, gereja ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Selain itu, keindahan arsitektur Gereja St. Michael juga menjadikannya tempat yang populer untuk mengadakan upacara pernikahan.

Terletak di kawasan Seminyak, gereja ini layak dikunjungi karena keistimewaannya yaitu kaca patri di belakang altar. Ini menyimpan karya sejarah dan artistik yang dibuat lebih dari seratus tahun yang lalu di Inggris. Kedengarannya keren, bukan?

Alamat: Jl. Camplung Tanduk No.66, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

3. Gereja St. Joseph

Selanjutnya, kami memiliki Gereja St. Joseph sebagai salah satu gereja yang harus dikunjungi yang indah dan unik di Bali. Gereja ini relatif kecil, tetapi arsitektur bangunannya yang indah, dan interiornya yang menakjubkan pasti tidak akan mengecewakan Anda. Keindahan yang dimiliki gereja ini juga akan menjadi penunjang besar untuk upacara pernikahan.

Di dalam gereja ini, Anda akan melihat ukiran yang rumit dan menarik yang mengelilingi altar, serta penggunaan detail yang kaya dan warna-warna cerah. Desain ini menunjukkan bahwa unsur-unsur Bali sangat menonjol di interior gereja, yang menjadikan yang satu ini sebagai bukti kuatnya keberagaman di Bali.

Alamat: Jl. Kepundung No.2, Dangin Puri, Kec. Denpasar Timur., Kota Denpasar, Bali 80232

4. Gereja Pniel Blimbingsari

Pilihan lain untuk gereja yang indah di Bali disebut Gereja Pniel Blimbingsari. Gereja ini juga memiliki pengaruh yang tinggi dari budaya Hindu Bali terutama pada ornamen dan ukiran pada struktur gereja tersebut. Selain itu, interior gereja ini juga bisa dilihat sebagai keberhasilan akulturasi budaya Kristen dan Hindu secara harmonis.

Salah satu hal yang dapat dianggap sebagai pengaruh Hindu Bali adalah proses penciptaan Gereja Pniel Blimbingsari mirip dengan pendirian Pura. Masyarakat Bali juga percaya bahwa pembuatan bangunan tradisional merupakan salah satu cara untuk mentransformasikan nilai kehidupan. Selain itu, Gereja Pniel Blimbingsari sebagai rumah ibadah dikelilingi oleh suasana sekitar yang tenang dan santai.

Alamat: Blimbingsari, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali 82252

5. Katedral Roh Kudus Denpasar

The Holy Spirit Cathedral atau disebut juga Katedral Roh Kudus dalam bahasa Indonesia, tetapi sering disebut Katedral Denpasar. Ini adalah bangunan keagamaan yang berafiliasi dengan Gereja Katolik yang terletak di daerah Denpasar. Struktur saat ini dibangun antara 1993 dan 1998, namun tetap kokoh dan menyimpan pesona unik.

Mengunjungi gereja ini akan memungkinkan Anda untuk melihat bukti percampuran budaya gaya arsitektur tradisional Bali, dan rumah ibadah Kristen. Bangunannya didominasi dengan warna batu bata yang membuatnya menjadi spot yang sangat indah terutama saat langit cerah. Anda pasti tidak mau ketinggalan!

Alamat: Jl. Tukad Musi No.1, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234

6. Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius

Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius
sumber: wikipedia

Berikutnya dalam daftar kami, kami memiliki Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius adalah gereja indah yang terletak di daerah Kuta. Bangunannya didominasi warna putih, dan begitu Anda memasuki area gereja, Anda akan disambut oleh dua menara lonceng di sisi kiri dan kanan gereja, dengan salib di atas menara lonceng tersebut.

Ini adalah gereja yang unik karena tidak seperti gereja Katolik lainnya yang kebanyakan membangun gua buatan untuk menempatkan patung Bunda Maria. Gereja ini menempatkan patung di dalam ruangan yang memiliki kolam, dan dilengkapi dengan patung empat bidadari. Anda harus melalui jembatan kayu di atas kolam untuk mencapai patung Perawan Maria.

Alamat: Jl. Kartika Plaza No. 107, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

7. Paroki Maria Bunda Segala Bangsa di Kompleks Puja Mandala

sumber: Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Facebook

Last but not least, kami memiliki gereja unik yang bisa menjadi tujuan sempurna bagi Anda untuk menyaksikan keragaman yang kuat di Bali. Gereja ini disebut Bunda Maria Segala Bangsa. Yang membuat istimewa gereja ini adalah karena terletak di dalam Kompleks Puja Mandala di kawasan Nusa Dua.

Kompleks Puja Mandala merupakan kawasan yang populer, ini bisa dikatakan sebagai komplek rumah peribadahan karena di sini, Anda bisa menemukan 5 rumah peribadatan dari berbagai agama. Masjid untuk Muslim, Gereja Kristen dan Katolik, Kuil Hindu, serta Kuil Budha. Semua diatur dalam harmoni dan kedamaian. Yang membuat kompleks ini semakin menarik karena terletak di atas bukit, sehingga Anda akan bisa menikmati udara segar dan suasana santai di sini.

Alamat: Jalan Nusa Dua, Kuta Selatan, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Itu dia, 7 gereja di Bali yang bisa Anda kunjungi untuk ibadah. Mana yang paling Anda minati?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *