10 Gunung di Bali Yang Harus Dikunjungi

10 Gunung di Bali Yang Harus Dikunjungi

Bali memiliki banyak sekali keindahan alam. Berabad-abad yang lalu penduduk asli telah membangun kuil untuk menghormati pegunungan untuk berterima kasih kepada mereka karena telah memberi rezeki dan tidak mengacaukannya dengan gunung berapi. Tradisi itu dijaga dengan sungguh-sungguh hingga hari ini, di mana penduduk setempat akan memberikan persembahan dan berdoa kepada dewa-dewa setempat.

Pada artikel ini, kami ingin memperkenalkan kepada Anda tentang pegunungan yang menakjubkan di Bali. Mungkin membingungkan untuk memulai dari mana pada awalnya, tetapi jangan khawatir! Rekomendasi kami tentang gunung mana yang harus didaki atau didaki, di mana Anda harus tinggal, dan ke mana Anda harus mencari pemandu lokal akan membantu Anda dan memulai. Berikut 10 gunung di bali: tempat tinggal dan cara menuju ke sana.

1. Gunung Penulisan

gunung penulisan di bali
source: bali trekking tour

Sebagai permulaan dari daftar kami, kami memiliki Gunung Penulisan yang indah dan hijau. Gunung ini relatif bersahabat untuk didaki dibandingkan dengan gunung lainnya di Bali. Selain itu, kamu punya spot untuk melihat sunrise di Desa Pinggan dan segudang pura. Salah satu pura tertentu, Pura Puncak Penulisan, sebenarnya merupakan pura tertua di Bali dan dibangun oleh Bali Aga (artinya orang yang benar-benar asli Bali, bahkan sebelum Hindu) sejak lama. Gunung ini wajib dikunjungi karena merupakan kombinasi dari spiritualitas, sejarah, dan aktivitas luar ruangan sekaligus.

Lokasi: Sukawana, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 

2. Gunung Lempuyang

sumber: pexels

Gunung Lempuyang jauh lebih dikenal sebagai gunung yang indah daripada gunung yang harus Anda daki atau didaki. Ini adalah gunung berapi aktif, dengan kabut dan asap yang keluar darinya. Bukan gunung, orang lebih sering mengunjungi candi yang menyandang namanya itu. Pura Luhur Lempuyang menawarkan Anda nuansa religiusitas dan budaya Bali yang mendalam. Selain itu, tempat ini memiliki tempat foto yang sangat terkenal dari dua gerbang tradisional yang mendahului gunung berasap Gunung Lempuyang. Tempat foto ini muncul setelah tangga yang curam. Jadi persiapkan kaki Anda untuk foto seumur hidup.

Lokasi: Bunutan, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852 

3. Gunung Lesung

Gunung Lesung mungkin salah satu gunung di Bali yang paling ramah bagi pemula. Jalan dan jalurnya dibuat dengan sangat baik dan ditentukan dengan tepat sehingga orang tidak tersesat. Tetap saja, pastikan untuk menutupi kulit Anda sebanyak mungkin karena tanaman laportea dan lintah biasa terjadi. Meskipun Anda tidak akan mendapatkan pemandangan matahari terbit atau terbenam di puncak gunung seperti kebanyakan gunung lainnya, Anda masih bisa melihat lubang misterius dan mempesona yang disebut ‘nagaloka’. Selain itu, ada juga pura kecil di dekat puncak yang bernama Pura Puncak Angalayang.

Lokasi: Munduk, Kec. Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali 

4. Gunung Batukaru

sumber: merbabu.com

Gunung Batukaru adalah gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung, dengan ketinggian 2.276 km dari permukaan laut. Ini juga merupakan gunung yang sering dilalui dan didaki, karena banyak rute awal seperti banyak gunung lainnya. Rute awal ini adalah Jatiluwih, Wongaya Gede, dan Pujungan. Ini juga memiliki dua kuil yang dibangun oleh penduduk setempat untuk menghormatinya. Pura-pura tersebut adalah Pura Pucak Kedaton yang terletak di puncak gunung, dan Pura Luhur Batukaru. Yang terakhir sudah ada sejak berabad-abad lalu. Mendaki gunung ini merupakan pengalaman yang luar biasa karena tidak hanya melihat dan mengagumi alam, tetapi juga untuk memperkaya spiritualitas Anda.

5. Gunung Adeng

Di sini kita memiliki gunung yang relatif masih belum tersentuh dan sangat kaya dengan alam. Banyak penduduk lokal khususnya yang suka mendaki gunung ini. Itu masih dipenuhi dengan hutan lebat dan sangat lembab. Satu hal yang perlu Anda waspadai adalah lintah pengisap darah. Jadi yang terbaik adalah menutupi kulit Anda sebanyak mungkin. Tempat ini sangat tidak direkomendasikan untuk pemula, terutama orang-orang yang belum mengenal daerah tersebut, karena telah terjadi kasus orang hilang di gunung tersebut hingga tahun 2020. Oleh karena itu, akses untuk mendaki gunung ditutup sementara. Tetapi jika Anda menyukai alam liar dan Anda merasa yakin dengan keahlian Anda, maka gunung ini cocok untuk Anda. Mungkin suatu hari nanti akan dibuka lagi.

Lokasi: Bangli, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

Baca juga: 16 Breathtaking Waterfalls in Bali You Must Visit!

6. Gunung Agung

Tidak diragukan lagi ini adalah gunung paling terkenal di Bali. Berdiri di 3.031 km dari laut dan merupakan stratovolcano aktif. Untuk menghormatinya, salah satu pura terpenting di Bali, Pura Besakih, dibangun. Seperti Pura Gunung Lempuyang, Anda juga perlu menaiki tangga untuk sampai ke Pura. Gunung ini juga sangat mudah dilalui, dengan puncaknya berupa kaldera yang dikelilingi bebatuan putih yang membentuk formasi bergelombang. Dari puncak gunung Anda juga akan bisa melihat berbagai keindahan alam, seperti Pulau Nusa Penida dan Gunung Rinjani yang terletak di Lombok tidak jauh. Meski demikian, Anda juga perlu mewaspadai bahwa ini masih merupakan gunung berapi aktif dengan letusan tercatat paling baru tahun 2018.

Lokasi: Jungutan, Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali 

7. Gunung Merbuk

Gunung Merbuk mungkin tidak setinggi gunung lain di Bali, tetapi masih setara dengan Gunung Agung dalam hal keindahan alam. Ketinggian gunung adalah 1.386 km dari laut. Ini sangat hijau dan murni dan jauh lebih ramah bagi pemula. Namun, jangan memaksakan keberuntungan Anda. Mendaki sendirian bukanlah ide yang bagus, apalagi tanpa pemandu.

Location: Dauhwaru, Kec. Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali 

8. Gunung Catur

sumber: dolandolen

Gunung Catur juga merupakan awal yang baik bagi Anda yang ingin mencoba trekking di Bali. Hutan dan tanaman hijau masih terlihat belum terjamah dan lebih mudah dinavigasi bagi pemula. Kondisi basah dan lembab menambah perasaan peremajaan. Begitu sampai di puncak, Anda akan menikmati pemandangan Danau Beratan di samping pegunungan di dekatnya. Anda juga dapat melihat distrik di balik pegunungan, dengan banyak rumah kecil dan jalan yang berkelok-kelok di dalamnya.

Lokasi: Pelaga, Petang, Kabupaten Badung, Bali 

9. Gunung Batur

sumber: wikipedia

Inilah sebuah gunung yang tidak hanya menyajikan keindahan alam yang mempesona, tapi juga rezeki bagi desa-desa yang tinggal di lerengnya. Gunung Batur memiliki banyak hal untuk ditawarkan, memberikan pemandangan danau dan kaldera yang menakjubkan bagi para trekker. Ini bukan hanya kaldera biasa, karena ini adalah salah satu kaldera terbesar di dunia. Sebuah sungai juga mengalir darinya untuk mengairi desa-desa di bawahnya. Meski demikian, gunung ini masih aktif dan bisa meletus kapan saja. Jika moana dijadikan perbandingan kehidupan nyata, Gunung Batur adalah salah satunya. Secara keseluruhan, kami sangat merekomendasikan mendaki gunung ini.

10. Gunung Abang

Meski tidak setinggi gunung tertinggi di Bali, Gunung Abang bisa jadi sulit untuk didaki karena sifatnya yang licin. Berdiri di 2152 km dari laut Sebaiknya simpan kesempatan untuk mendaki gunung ini jika Anda sudah merasa siap untuk menghadapi Abang!

Lokasi: Abangsongan, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80853  

Rekomendasi Guide dan Akomodasi

Sebagai permulaan, kami sangat menyarankan Anda untuk memulai petualangan trekking Anda saat tinggal di Bali dengan Gunung Batur. Ini sangat populer untuk pemula dan trekker atau pejalan kaki santai, dengan banyak pemandu lokal yang bersedia membantu Anda. Berikut adalah contoh akomodasi untuk perjalanan ideal Anda langsung dari kota atau bandara ke puncak gunung!

Jangkrik Homestay

Lokasi: Jl. Hanoman No.60, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Dari lokasi:

  • 1 jam 6 menit ke Gunung Batur dengan mobil
  • 1 jam 6 menit ke Pura Besakih dengan mobil
  • 1 jam 8 menit ke Gunung Penulisan dengan mobil
  • 1 jam 10 menit ke Gunung Adeng dengan mobil
  • 2 jam 4 menit ke Gunung Lempuyang dengan mobil

Sangat dekat dengan layanan trekking untuk Gunung Batur dan Gunung Agung seperti tur trekking Bali (4 menit dengan mobil dan 20 menit dengan berjalan kaki)

Harga: 176k IDR

Keuntungan:

  • Harga tour gunung batur yang kompetitif disamping aktivitas menarik lainnya, seperti tour keliling Ubud dan rafting di sungai Ayung.
  • Penjemputan di Bandara
  • Tersedia staf yang akan membantu Anda dengan pertanyaan atau permintaan seputar trekking dan akomodasi lainnya.
  • Lokasinya yang berada tepat di antara kawasan kota dan pegunungan, jadi Anda tidak perlu khawatir akomodasi yang terlalu terpencil atau terlalu jauh dari gunung.

Panduan Trekking:

Bali trekking tour 

Lokasi: Jalan Sekuih, Banjar Gentong, Tegallalang, Gianyar, Bali 80561

Layanan dan harga:

  • Paket Trekking Sunrise Gunung Batur seharga 797k IDR (57 USD)
  • Paket Trekking Gunung Agung Sunrise seharga 1539k IDR (110 USD)

Dan dengan itu, kami berharap dapat membantu Anda memulai petualangan trekking Anda! Setelah Anda selesai dengan Gunung Batur dan Gunung Agung dan masih belum puas, Anda bisa memulai trekking ke gunung lainnya. Semoga Anda menikmati artikel ini tentang 10 gunung di bali: tempat tinggal dan cara menuju ke sana. Mendaki atau trek dengan aman!

People also read: 13 Hiking Trails in Bali with Its Magnificent Scenery


Ingin mencari pilihan rental untuk liburan kamu di Bali? Flokq mempunyai beberapa pilihan rental di Bali dengan harga yang sangat terjangkau. Kunjungi Flokq atau klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

KLIK UNTUK MELIHAT PILIHAN RENTAL DI BALI
Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Lokasi Rumah Sakit di Bali Untuk Keperluan Kesehatan Anda

Lokasi Rumah Sakit di Bali Untuk Keperluan Kesehatan Anda

7 Gereja di Bali: Terindah dan Terunik

7 Gereja di Bali: Terindah dan Terunik

Bali Belly: Hal Yang Perlu Diketahui Dan Cara Menghindarinya!

Bali Belly: Hal Yang Perlu Diketahui Dan Cara Menghindarinya!

8 Cafe Instagrammable untuk Nongkrong di Canggu

8 Cafe Instagrammable untuk Nongkrong di Canggu

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *