Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Jakarta Barat

Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Jakarta Barat

Jakarta Barat merupakan satu dari lima kota administratif yang membentuk Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta). Jakarta Barat adalah rumah bagi kawasan bersejarah yang menawan Kota Tua Jakarta, salah satu tujuan wisata paling populer di kota ini.

Cek juga ulasan kami tentang Cafe dengan Live Music Terbaik di Jakarta Barat dan seri tentang Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Tangerang

Jakarta Barat kini didesain menjadi kawasan bisnis baru di Jakarta, khususnya di kawasan Kembangan. Ada pusat perbelanjaan, pusat hiburan, gedung perkantoran, rumah sakit, dan sekolah berkualitas, menjadikannya kawasan yang strategis. Kawasan ini dilewati oleh sirkuit Outer Ring Road Jakarta (Jalan Lingkar Luar Jakarta).

Jakarta Barat terkenal dengan peninggalan kolonial Belanda, seperti Gedung Balai Kota yang kini telah berubah menjadi Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua, Chinatown, dan juga sejumlah gereja, masjid, dan benteng tua. Seperti yang disebutkan, ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di Jakarta Barat. Kami telah membuat daftarnya, cek di bawah ini!

1. Kota Tua Jakarta

old town west jakarta

Kota Tua Jakarta (Kotu) adalah lingkungan yang terdiri dari kawasan pusat kota asli Jakarta. Ini mencakup 1,3 km2 di Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Situs ini berisi bangunan bergaya Belanda yang sebagian besar berasal dari abad ke-17. Selain itu, Kota Tua merupakan sisa Batavia Lama, pemukiman berdinding pertama Belanda di wilayah Jakarta. Sebagian besar tata jalan Kota Tua tidak berubah sejak Batavia berdiri pada abad ke-17.

2. Taman Fatahillah: Museum Sejarah Jakarta

museum fatahillah west jakarta

Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah) terletak di Kota Tua Jakarta. Bangunan ini dibangun pada tahun 1700-an sebagai Stadhuis (balai kota) Batavia. Museum ini menampilkan benda-benda dari masa prasejarah wilayah kota, berdirinya Jayakarta pada tahun 1527, dan masa penjajahan Belanda pada abad ke-16 hingga Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Alamat: Jalan Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110

Nomor Telepon: +6221 6929101

Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Jam Operasional: 09.00 – 15.00 (Selasa – Minggu)

3. Museum Bank Indonesia

museum bank indonesia west jakarta

Museum Bank Indonesia adalah museum bank yang terletak di Jakarta Barat. Museum ini bertempat di sebuah bangunan peninggalan di Kota Tua Jakarta yang pernah menjadi kantor pusat pertama De Javasche Bank, bank sentral Hindia Belanda pada masanya. Bank tersebut kemudian dinasionalisasi menjadi Bank Indonesia setelah Indonesia merdeka. Museum ini dirancang untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang peran Bank Indonesia dalam sejarah Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa menemukan mata uang lama dari seluruh dunia dalam koleksi pajangannya.

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.3, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110

Nomor Telepon: +6221 2600158 ext. 8111

Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Jam Operasional:

08.00 – 15.30 (Selasa – Jumat)

08.00 – 16.00 (Sabtu – Minggu)

4. Akuarium Jakarta

aquarium west jakarta
Sumber: Wikipedia

Akuarium Jakarta adalah akuarium dalam ruangan terbesar di Indonesia. Menggunakan satu hektar kawasan konservasi, mereka memperlihatkan hewan air dan non-akuatik dengan lebih dari 3500 spesies. Kamu bisa mendapatkan informasi tentang hewan-hewan tersebut karena akan ada penjaga berpengalaman yang akan memandumu selama berada di sana. Ada kolam sentuh, di mana kamu bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada di sana. Kamu juga bisa menyelam dan berenang bersama hiu. Terdapat pula pagelaran teater bertema Mutiara Laut Selatan. Akuarium Jakarta cocok dikunjungi untuk segala usia.

Alamat: NEO Soho, Jl. Letjen S. Parman Kav. 28, RT.3 / RW.5, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11470

Nomor Telepon: +6221 1500212

Biaya Masuk:

Rp 150.000/orang (Hari kerja)

Rp 175.000/orang (Akhir pekan)

Jam operasional: 11.00 – 20.00 (Senin – Minggu)

5. Taman Kota Cattleya

Taman Cattleya terletak di Tomang. Taman ini sangat cocok untuk menikmati udara pagi hari yang segar dengan berolahraga atau sekadar duduk santai. Dengan ragam tanaman, pohon, dan bunga, serta danau di tengah kota, Taman Cattleya berfungsi sebagai kawasan terbuka hijau khusus untuk Jakarta Barat.

Alamat: Jl. Letjen S. Parman, RT.15 / RW.1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480

6. Pelabuhan Sunda Kelapa

sunda kelapa west jakarta

Sunda Kelapa merupakan pelabuhan tua dan tempat perdagangan yang masih buka hingga saat ini. Pelabuhan ini adalah pelabuhan perdagangan untuk mengirim barang ke seluruh Indonesia dan Asia pada masa itu. Sunda Kelapa mulai berkembang pesat saat Kerajaan Sunda Pajajaran berkuasa pada abad ke-12. Sunda Kelapa kini menjadi pasar ikan terbesar di Jakarta. Kamu bisa datang dan mengagumi Phinisi, yang sebenarnya adalah kapal khas Makassar, dan menyaksikan matahari terbenam sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai.

7. Mal Taman Anggrek

mall taman anggrek west jakarta
Sumber: Wikipedia

Mal Taman Anggrek adalah pusat perbelanjaan yang terletak di Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Mal itu sendiri dinamai seperti itu karena ada taman anggrek asli di dalam Orchid Hotel yang sekarang telah dihancurkan. Pusat perbelanjaan ini merupakan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara saat pertama kali dibuka pada tahun 1966. Yang paling utama dari Mal Taman Anggrek adalah arena seluncur esnya yang terbesar di Asia Tenggara. Mal ini dapat dibedakan dari 7 menara apartemen di atasnya dan dinding panjang lampu LED yang membuat pemandangan indah saat kamu datang

Alamat: Jl. Letjen S. Parman Kav. 21, RT.12 / RW.1, Tj. Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11470

Jam Operasional: 10.00 – 21.00 WIB (Senin – Minggu)

8. Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara)

museum macan west jakarta
Sumber: Google Maps

Museum MACAN adalah museum seni di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum ini merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia serta internasional. Bahkan, museum tersebut masuk dalam daftar World’s 100 Greatest Places 2018 yang dirilis oleh majalah Time. Museum ini memamerkan sekitar 90 karya dari total koleksi 800 karya seni modern Indonesia dan kontemporer dari seluruh dunia, termasuk ‘Infinity Mirrored Room’ karya seniman Jepang Yayoi Kusuma. Karya seni modern dan kontemporer yang ditampilkan museum ini tidak terbatas pada lukisan saja, tetapi juga mencakup gaya kontemporer dengan menggunakan berbagai media, teknik, dan seni instalasi.

Alamat: AKR Tower, Jl. Perjuangan No.5, RT.11 / RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11530

Nomor Telepon: +6221 22121888

Tiket Masuk: Rp 100.000/orang

Jam Operasional:

10.00 – 14.00 (Sesi Pagi)

14.00 – 19.00 (Sesi Siang)

Kami harap artikel ini dapat membantumu saat berada di Jakarta Barat. Selamat menjelajah!

Baca juga: Restoran 24 Jam di Jakarta Barat

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *