Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Jakarta Pusat

Jika kamu sedang berjalan-jalan melewati pusat kota dan memiliki waktu luang, terdapat berbagai objek wisata yang bisa dikunjungi, lho! Mengingat landmark kota, yaitu Monumen Nasional (Monas) yang terletak di Jakarta Pusat, kamu pasti tidak mau ketinggalan untuk berjalan-jalan di Jakarta Pusat bukan? Jakarta Pusat tidak pernah kehabisan tempat untuk memberimu pengalaman yang tak terlupakan. Mulai dari tempat nongkrong, sentra kuliner, taman kota, pemandangan gedung pencakar langit, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Panduan tentang Jakarta Pusat

Selain terkenal dengan pusat bisnis dan area yang ramai, Jakarta Pusat juga bisa menjadi pilihanmu untuk refreshing atau jalan-jalan. Banyak turis yang menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di sekitar Jakarta Pusat sekadar untuk mengenal kota ini. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Jakarta Pusat untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah Indonesia secara lengkap. Banyaknya tempat menarik di sini pasti akan membuatmu bingung. Apa yang harus dilakukan dan ke mana harus pergi di Jakarta Pusat? Nah, berikut ini rekomendasi hal-hal yang wajib kamu lakukan di Jakarta Pusat. Ayo lihat!

1. Monumen Nasional (Monas)

Destinasi pertama adalah ikon Jakarta. Tak lengkap rasanya jika ke Jakarta tanpa mengunjungi Monumen Nasional. Ia berdiri sebagai simbol kemerdekaan Indonesia yang dideklarasikan pada tahun 1945 setelah bertahun-tahun penjajahan Belanda. Kamu bisa menaiki lift untuk sampai di puncak Monas. Sesampainya kamu di puncak Monas, kamu bisa melihat pemandangan Jakarta yang sangat indah. Tak hanya itu, di Monas juga terdapat museum yang menceritakan sejarah kemerdekaan Indonesia. Kalau jalan-jalan keliling Jakarta jangan lupa mampir ke Monumen Nasional, ya!

Baca juga: Panduan Kawasan Monas

Alamat: Gambir, Jakarta Pusat

2. Istana Merdeka

Di sinilah tempat tinggal Presiden Republik Indonesia ketika menjabat. Bangunan ini berdiri sejak tahun 1879, sudah sangat lama, ya! Di sini pula upacara pergantian bendera bersejarah terjadi ketika masa kolonial Belanda berakhir dan Indonesia memproklamasikan kemerdekaan. Saat kamu berjalan-jalan di sekitarnya, kamu bisa melihat langsung kemegahan Istana Negara Indonesia. Ada juga wisata istana yang mengasyikkan. Pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan saat berkunjung, karena ada peraturan khusus tentang cara berpakaian di dalam kawasan istana.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Utara No.3, Gambir, Jakarta Pusat

3. Masjid Istiqlal

Sumber: Google Images

Kamu tahu? Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini memiliki luas 14 hektar dan mampu menampung kapasitas hingga 200 ribu orang. Selain tempat ibadah, banyak juga wisatawan yang datang untuk mengamati kemegahan bangunan melalui eksterior dan interiornya. Dengan mengunjungi Masjid Istiqlal, kamu bisa menikmati pemandangan Jakarta dan suasana masjid yang modern.

Alamat: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Jakarta Pusat

4. Tugu Proklamasi

Mari kita memperingati Hari Kemerdekaan, 17 Agustus nanti, dengan berkunjung ke Tugu Proklamasi. Taman yang juga merupakan tempat bersejarah ini sangat asri dan teduh. Ada patung Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta yang merupakan Presiden dan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia. Kedua patung itu berdiri berdampingan, seperti saat pertama kali pembacaan teks proklamasi. Buat kamu yang suka mengamati sejarah, wajib mampir ke sini!

Alamat: Jl. Proklamasi No.10, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat

5. Museum Nasional

Sumber: Google Images

Indonesia kaya akan informasi mengenai sejarah. Mulai dari zaman megalitik hingga zaman modern sekarang ini. Nah, kamu bisa dengan leluasa mengeksplorasi dan belajar tentang sejarah Indonesia dari masa ke masa di Museum Nasional ini. Ada banyak benda bersejarah, lukisan, dan diorama menarik yang menceritakan sejarah Indonesia secara lengkap. Keren!

Baca lebih lanjut tentang museum menarik di Jakarta, Museum Sejarah Jakarta Terbaik

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat

6. Galeri Nasional

Sumber: Google Images

Panggilan untuk semua pecinta seni di sini! Jakarta Pusat juga menyajikan destinasi yang sempurna untukmu. Di luar hiruk pikuk Jakarta, kota ini juga menyuguhkan karya seni yang keren. Buat kamu pecinta seni wajib banget mampir ke Galeri Nasional. Di sini terdapat 2 tempat pameran utama, yaitu ruang pameran permanen dan juga ruang pameran sementara. Di setiap ruangan, kamu akan dimanjakan dengan karya seni yang begitu menarik dan eye-catching.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Gambir, Jakarta Pusat

7. Perpustakaan Nasional

Sumber: Kompas

Bagi kamu yang hobi membaca buku, Perpustakaan Nasional adalah surganya! Di Perpustakaan Nasional, kamu bisa puas membaca buku dengan gratis. Tempatnya juga sangat nyaman. Fasilitas di perpustakaan ini lengkap dengan tempat duduk, ruang baca, dan meja yang membuatmu betah berlama-lama di sini. Koleksi buku di perpustakaan ini juga sangat lengkap. Selain itu, Perpusnas juga menyediakan kafetaria yang bisa kamu jadikan tempat makan siang di sela-sela waktu membaca.

Temukan perpustakaan terbaik di Jakarta melalui Perpustakaan yang Wajib Dikunjungi di Jakarta.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Gambir, Jakarta Pusat

8. Taman Menteng

Jika sebelumnya kita membahas tempat-tempat bersejarah, sekarang kami akan memperkenalkan salah satu taman kota terkenal di Jakarta Pusat. Taman Menteng adalah salah satu tempat wisata paling keren dan murah! Cocok banget untuk bersantai di taman dan menghilangkan penat karena Jakarta yang sangat padat. Taman Menteng juga memiliki fasilitas yang lengkap. Ada gedung parkir, area pameran, taman bermain, dan bangku-bangku yang nyaman. Tidak hanya itu, taman ini juga sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya komunitas olah raga dan fotografi, lho!

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat

9. Grand Indonesia

Sumber: Grand Indonesia

Berwisata ke suatu daerah terasa belum lengkap jika tidak mengunjungi salah satu pusat perbelanjaannya. Dengan berbelanja, kamu juga bisa menyegarkan diri. Jika kamu suka menghabiskan liburan dalam suasana mewah dan dalam ruangan, jalan-jalan di mal bisa menjadi salah satu aktivitas liburan yang mengasyikkan. Grand Indonesia adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap di Jakarta. Grand Indonesia terdiri dari tiga bagian: East Mall, West Mall, dan Skybridge yang menghubungkan kedua bagian tersebut. Semua kebutuhan liburan dan hiburanmu bisa ditemukan di sini.

Alamat: Jl. M.H. Thamrin No.1, Menteng, Jakarta Pusat

10. Pusat Kuliner Sabang

Selain mengunjungi pusat perbelanjaan, tempat kuliner di Jakarta Pusat juga wajib dicoba! Kuliner yang nikmat di Jalan Sabang bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu bersama keluarga atau teman. Kamu bisa dengan mudah menemukan beragam makanan yang menggoda selera. Semua hidangan di sini kebanyakan adalah masakan khas Indonesia sehingga sangat cocok untukmu.

Baca selengkapnya: Pusat Jajanan Terbaik di Jakarta

Alamat: Jl. H. Agus Salim, Sabang, Jakarta Pusat

Itulah 10 rekomendasi tempat dan objek wisata menyenangkan yang bisa kamu kunjungi di Jakarta Pusat yang akan memberikan pengalaman traveling yang tak terlupakan. Selamat bersenang-senang! 

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *