Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Jakarta Utara

Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Jakarta Utara

Jakarta Utara merupakan salah satu dari lima kota administratif yang membentuk Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Sebuah sungai bernama Ciliwung di Jakarta Utara dulunya merupakan pelabuhan utama kerajaan Tarumanegara di masa lalu, menjadikan Jakarta Utara kota yang sarat dengan situs bersejarah dan artefak. Peninggalan kolonial Belanda masih ada untuk disaksikan di Kota Tua dan pelabuhan Sunda Kelapa yang dulunya merupakan pelabuhan utama Kerajaan Sunda. Meski Sunda Kelapa tidak lagi berfungsi seperti dulu, Jakarta yang berawal dari Sunda Kelapa berperan penting dalam perkembangan kota.

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi selama berada di Jakarta Utara, mulai dari tempat bersejarah hingga pusat perbelanjaan. Jakarta Utara punya semuanya! Sekarang, mari kita bahas tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi selama berada di Jakarta Utara, simak daftarnya!

1. Museum Bahari Jakarta

Sumber: Google Images

Museum Bahari Jakarta terletak di Kota Tua Jakarta, pusat bersejarah Jakarta. Museum Bahari Jakarta merupakan museum yang memamerkan model perahu nelayan dan benda-benda bahari lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Museum ini dibangun di gudang bekas milik Hindia Belanda dan terletak di dekat Sungai Ciliwung. Museum ini memamerkan kapal layar Pinisi yang terkenal dari orang Bugis di Sulawesi Selatan, yang saat ini merupakan salah satu armada kapal laut terakhir di dunia.

Museum Bahari Jakarta memamerkan sangat banyak benda-benda bahari, namun pesan yang ingin disampaikan menitikberatkan pada pentingnya laut bagi perekonomian Indonesia dan sejarah maritim di Indonesia. Selain itu, terdapat pajangan model kapal dan meriam Hindia Timur Belanda. Selain sejarah bahari Indonesia, museum ini juga menampilkan “Biological Oceanography” untuk menunjukkan keanekaragaman dari segala sesuatu yang hidup di bawah pesisir Indonesia.

Alamat: Jl. Pasar Ikan No. 1, RT. 11, Kawasan Sunda Kelapa, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440

Nomor Telepon: +6221 6693406

Biaya Masuk:

  • Anak-anak: Rp 2.000
  • Mahasiswa: Rp 3.000
  • Dewasa: Rp 5.000

Jam Operasional: 09.00 – 15.00 WIB (Selasa – Minggu)

2. Dunia Fantasi

Sumber: Google Images

Dunia Fantasi adalah taman hiburan paling populer di Jakarta. Bisa dibilang Dunia Fantasi adalah Disneyland-nya Jakarta. Jika kamu ingin bersenang-senang, kamu bisa mengunjungi Dunia Fantasi untuk mendapatkan kesenangan sepanjang hari. Dunia Fantasi adalah pilihan tepat jika kamu mencari aktivitas menyenangkan bersama anak.

Baca juga: Taman Petualangan Terbaik di Jakarta
Taman Air dan Taman Hiburan Terbaik di Jakarta

Taman hiburan ini sangat luas, yaitu sekitar 20 hektar. Taman hiburan ini terbagi menjadi 9 region, yaitu Kawasan Jakarta, Kawasan Indonesia, Kawasan Eropa, Kawasan Fantasi Hikayat, Kawasan Fantasi Yunani, Kawasan Amerika, Kawasan Istana, Kawasan Asia, dan Kawasan Dunia Kartun terbaru. Pembagian wilayah dilakukan untuk merangsang imajinasi pengunjung seolah-olah sedang berwisata langsung ke masing-masing wilayah tersebut.

Setiap daerah memiliki wahana hiburan yang berbeda dan sebagian besar berkaitan dengan ketinggian, yang berarti sebagian besar wahana berada di dataran tinggi yang sangat mengasyikkan! Jika kamu bepergian dengan anak kecil dan menghindari wahana ekstrem, kamu bisa memilih wahana ramah anak, seperti simulator teater, pertunjukan sulap, dan banyak lainnya.

Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Nomor Telepon: +6221 29222222

Biaya Masuk:

Reguler:

  • Rp 200.000/orang (Senin – Jumat)
  • Rp 295.000/orang (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur)

Jalur Cepat:

  • Rp 400.000/orang (Senin – Jumat)
  • Rp495.000/orang (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur)

Premium:

  • Rp 450.000/orang (Senin – Jumat)
  • Rp 550.000/orang (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur)

Fun Pass: Rp 400.000/orang

Jam Operasional:

10.00 – 18.00 WIB (Senin – Jumat)

10.00 – 20.00 WIB (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional)

3. Sea World Jakarta

Sumber: Google Images

Sea World Jakarta adalah akuarium laut yang terletak di Ancol, Jakarta Utara. Sea World Jakarta ingin memberikan edukasi tentang dunia laut dengan akuarium lautnya yang sangat luas. Kamu bisa mengunjungi akuarium laut dengan si kecil, agar mereka mengetahui dan mengenal makhluk laut. Di Jakarta, kamu mungkin tidak banyak mendapat kesempatan untuk bermain-main dengan makhluk laut.

Di setiap tampilan, ada papan yang akan memberi tahumu apa yang ada di dalam layar dan semua yang perlu kamu ketahui tentangnya. Sea World Jakarta memiliki lebih dari 7.300 biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan dan 1 jenis reptilia serta memiliki lebih dari 11.500 jenis biota laut yang terdiri dari 138 jenis ikan dan invertebrata serta 3 jenis reptilia. Akuarium laut ini memiliki 28 pajangan yang terdiri dari 9 akuarium air tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka. Setiap tampilan memiliki tema tersendiri untuk memudahkan pengunjung dalam menyerap informasi yang diberikan tentang biota air.

Sea World Jakarta sering mengadakan acara di tempat tersebut, seperti feeding show. Jika kamu ingin berinteraksi lebih dekat dengan biota laut, ada Touch Pool, di mana kamu diizinkan untuk menyentuhnya.

Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW. 10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Nomor Telepon: +6221 29222222

Biaya Masuk:

Rp 80.000 – Rp 115.000/orang

Jam Operasional: 09.00 – 18.00 WIB (Senin – Minggu)

4. Pulau Bidadari

Sumber: Google Images

Pulau Bidadari adalah salah satu pulau paling terkenal dari sekian banyak pulau di Kepulauan Seribu. Jika kamu ingin ke Pulau Bidadari, kamu bisa berangkat dari Dermaga Marina Ancol yang memakan waktu sekitar 30 menit dengan speedboat untuk sampai di Pulau Bidadari. Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari dermaga, ada beberapa orang yang mengunjungi Pulau Bidadari dengan menggunakan jetski.

Hal terbaik tentang mengunjungi Pulau Bidadari adalah kamu bisa mengikuti tur satu hari karena lokasinya sangat dekat dengan Jakarta. Sebagian besar tur satu hari yang ditawarkan, meliputi sarana transportasi, makan siang, olahraga air (banana boat/water sofa), kunjungan ke 3 pulau terdekat seperti Pulau Khayangan, Pulau Onrust, dan Pulau Kelor, sewa sepeda, dan tiket masuk ke Parade Taman Ekologi Fantastis di Ancol.

Selain merasakan semilir angin laut dan bermain-main di laut, kamu juga bisa melihat-lihat situs bersejarah di Pulau Bidadari. Jika kamu ingin bermalam di Pulau Bidadari, terdapat beberapa cottage di pulau ini dan kebanyakan adalah cottage terapung! Seru kan?

Jakarta Utara juga menawarkan makanan enak yang patut kamu coba. Temukan di sini!

Tempat Mie Terbaik di Jakarta Utara
Tea Houses Terbaik di Jakarta Utara
Tempat Best Dim Sum Terbaik di Jakarta Utara
Restoran 24 Jam di Jakarta Utara
Tempat Dessert Terbaik di Jakarta Utara

Kami harap artikel ini dapat membantumu saat berjalan-jalan di Jakarta Utara. Selamat menjelajah!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *