Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Menteng

Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Menteng

Menteng adalah sebuah kecamatan di Jakarta Pusat yang terkenal sebagai hunian elit di Jakarta, termasuk tempat tinggal para duta besar dari berbagai negara. Tidak hanya area hunian, Menteng juga memiliki banyak tempat menarik yang harus kamu ketahui. Kamu tidak perlu khawatir ketika ingin pergi ke Menteng. Transportasi di sini sangat mudah diakses, karena terdapat beberapa stasiun kereta api di Menteng, seperti Stasiun Gondangdia, Stasiun Cikini, dan Stasiun Mampang. Di Menteng ada banyak sekali tempat yang patut untuk dilihat dan dikunjungi bersama teman atau keluarga.

1. Mengunjungi Menteng Park

view of  Menteng Park
Mengunjungi Menteng Park

Taman Menteng merupakan salah satu taman terkenal di Jakarta dan biasa digunakan untuk tempat berkumpul bersama teman-teman. Taman ini berada di tengah kawasan pemukiman Menteng, sehingga lokasinya sangat strategis. Taman Menteng dibangun di atas lahan seluas 30 hektar dan menjadi tempat tinggal 30 jenis tumbuhan berbeda. Taman Menteng memiliki beragam fasilitas, seperti lintasan jogging, arena bermain anak, lapangan futsal, lapangan basket, greenhouse, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, Taman Menteng menjadi tempat yang sesuai untuk berolahraga.

Alamat: l. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Jam Buka: 05.00 – 23.00

2. Mengunjungi Museum Perumusan Naskah Proklamasi Indonesia

Formulation of Proclamation Text Museum view
Museum Perumusan Naskah Proklamasi Indonesia

Museum Perumusan Naskah Proklamasi merupakan museum sejarah yang berada di Jalan Imam Bonjol, Menteng. Pada awalnya, museum tersebut adalah kediaman Tadashi Maeda, seorang perwira militer Jepang yang berperan penting dalam Kemerdekaan Indonesia dengan mengizinkan para pendiri bangsa untuk menyusun Rumusan Naskah Proklamasi di sana. Jika ingin masuk ke dalam museum, kamu harus membayar Rp 2000/orang. Sangat terjangkau! Museum ini terbagi menjadi empat bagian yaitu Ruang Pengesahan, Ruang Pengetikan, Ruang Perumusan, dan Ruang Pertemuan.

Nomor Telepon: (021) 3144743

Alamat: Jl. Imam Bonjol No.1, RT.9 / RW.4, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Jam Buka: 08.00 – 16.00

3. Mengunjungi Pasar Barang Antik Jalan Surabaya

Antique Market Surabaya Street view
Pasar Barang Antik Jalan Surabaya

Pasar Barang Antik Jalan Surabaya adalah pasar barang antik paling terkenal se-Jakarta, kamu bisa menemukan banyak barang bekas, seperti telepon lama, batik, koin kuno, porselen, dan banyak lagi. Pasar ini dulunya menjadi salah satu destinasi wisata Jakarta yang terkenal bagi wisatawan asing, namun kini pasar tersebut tidak seramai dulu. Jika kamu ingin menambah koleksi barang antik, pasar ini adalah tempat pertama yang harus kamu kunjungi!

Alamat: Jl. Surabaya No.46, RT.15 / RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Jakarta 10310

Jam Buka: 08.00 – 17.00

4. Mengunjungi Kunstkring Paleis

Tugu Kunstkring Paleis view
Tugu Kunstkring Paleis

Tugu Kunstkring Paleis adalah bangunan bersejarah yang juga berfungsi sebagai restoran, tempat pernikahan, toko galeri, tempat seni budaya, dan bar anggur. Tempat ini dibangun pada tahun 1914, awalnya digunakan untuk Lingkaran Seni Rupa Hindia Belanda. Namun 99 tahun berselang, yakni pada tahun 2013, bangunan bersejarah ini telah dibuka kembali dan namanya diganti dengan Tugu Kunstkring Paleis tanpa mengubah interiornya yang megah. Tempat ini bisa menampung hingga 1000 orang.

Alamat: Jl. Teuku Umar No.1, Menteng, Jakarta

Nomor Telepon: +62213900899

Media Sosial: @kunstkring (Instagram)

Kisaran Harga: Rp 500.000 untuk 2 orang (rata-rata)

Jam Buka: 11.00 – 21.00

Baca juga: Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Karawaci

5. Mengunjungi Bartele Gallery

Bartele Gallery view
Bartele Gallery

Bartelle Gallery adalah galeri seni dekoratif yang didirikan pada tahun 2009 oleh Bartele yang berlokasi Mandarin Oriental Hotel. Jika mengunjungi galeri ini, kamu bisa mengagumi peta, cetakan, dan buku antik langka dari Indonesia.

Alamat: Mandarin Oriental Hotel, Jl. Jend. Sudirman, RT.1 / RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Jakarta 10310

Jam Buka: 11.00 – 20.00

6. Mengunjungi Plaza Indonesia

Plaza Indonesia view
Plaza Indonesia

Plaza Indonesia adalah pusat perbelanjaan terkenal yang berlokasi strategis di Thamrin, Menteng. Tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan, kompleks Plaza Indonesia juga terdapat Grand Hyatt, hotel bintang 5. Sebagai pusat perbelanjaan, Plaza Indonesia terbilang cukup lengkap karena hampir semuanya bisa ditemukan di mal ini. Ada beberapa kategori, seperti barang mewah, optik, perbankan dan penukaran uang, penjahit dan tekstil, makanan dan minuman, hiburan, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. M.H. Thamrin No.9, RT.9 / RW.5, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Jakarta 10350

Jam Buka: 10.00 – 22.00

7. Mengunjungi Monumen Selamat Datang

Selamat Datang Monument view
Monumen Selamat Datang

Monumen Selamat Datang adalah patung ikonik yang terletak di Menteng. Monumen ini juga dikenal sebagai Monumen Bundaran HI. Pada tahun 1960-an, Presiden Soekarno memutuskan untuk membuat beberapa bangunan dan patung untuk menyambut atlet asing yang mengikuti Asian Games 1962 di Jakarta, salah satunya adalah Monumen Selamat Datang. Monumen ini berarti kegembiraan dan keterbukaan orang Indonesia terhadap atlet Asian Games. Henk Ngantung, Wakil Gubernur Jakarta saat itu, yang membuat sketsa desain Monumen Selamat Datang. Pembangunan patung ini dimulai pada tahun 1961 dan selesai pada tahun 1962. Patung ini dipahat oleh pematung hebat, Edhi Sunarso. Monumen Selamat Datang menampilkan dua sosok patung perunggu yang melambai sebagai tanda ramah-tamah seorang pria dengan seorang wanita yang memegang buket bunga.

Alamat: Jl. Kebon Melati 1 No.5, RT.1 / RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Jam Buka: 24 jam

Jadi, itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan saat berada di Menteng. Untuk rekomendasi lainnya, kamu bisa melihat di blog kami!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *