Hal-hal yang Perlu Diperhatikan ketika Mencari Apartemen

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan ketika Mencari Apartemen

Apakah kamu akan berkeliling mencari apartemen? Baik kamu seorang pemula atau veteran dalam berburu apartemen, kami memiliki tips untuk membuat listing apartemenmu lebih efektif. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum, selama, dan setelah kunjungan apartemen apartemen.

Baca selengkapnya: Apa yang Harus Dilakukan dan Diperkirakan di Virtual Apartment Tours

1. Sebelum Kunjungan

Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum berkeliling mencari apartemen adalah riset. Jika kamu takut melewatkan beberapa detail, kami punya daftar daftar periksa ‘apa yang perlu diteliti’ untuk membantumu:

  • Harga. Perhatikan harga sewa karena mungkin terdapat pengeluaran lain, seperti biaya pemeliharaan dan deposit. Lebih baik mengunjungi apartemen yang berada dalam kisaran anggaran yang telah kamu tetapkan, yang termasuk biaya tambahan dan sebagainya, daripada menghabiskan waktu mengunjungi apartemen yang kamu tahu tidak bisa kamu miliki.
  • Jenis unit. Pastikan kamu mengetahui jenis unit sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Jangan biarkan agen menawarkan apartemen dengan 1 kamar tidur jika kamu sudah yakin untuk menyewa studio.
  • Syarat dan metode pembayaran. Beberapa pemilik apartemen bersikeras agar penyewa membayar penuh di muka atau tidak menerima sewa kurang dari satu tahun atau enam bulan. Pastikan tidak ada kesalahpahaman tentang syarat dan metode pembayaran. Tips: Untuk keamanan ekstra, sebaiknya gunakan situs web yang menangani pembayaran dengan kartu kredit, seperti Airbnb dan Jendela360.
  • Fasilitas, ketika kamu mencari apartemen tertentu, perhatikan fasilitas yang ditawarkan di situs web resmi. Kamu bisa memeriksanya kembali selama kunjungan apartemenmu.

2. Mengunjungi Apartemen

Kamu bisa mengumpulkan informasi berikut ini mengenai apartemen pilihanmu selama berkendara ke sana:

  • Jarak dari kantor. Coba gunakan taksi online Grab atau Gojek dari kantor menuju apartemen. Di sepanjang jalan, tanyakan kepada pengemudi tentang kondisi lalu lintas. Tanyakan tentang kemungkinan rute yang bisa diambil untuk menghindari kemacetan lalu lintas, jam sibuk, dll.
  • Jarak dari perhentian transportasi. Berjalan-jalanlah dan lihat apakah ada transportasi umum yang bisa digunakan di sekitar apartemen.
  • Fasilitas. Saat sampai, luangkan waktu untuk melihat-lihat fasilitas sebelum bertemu dengan agen. Beberapa hal yang perlu kamu temukan adalah layanan laundry, minimarket, dan atm center. Pemilik mobil juga harus memeriksa tempat parkir.
  • Alat Proteksi Kebakaran. Meskipun tidak terlalu banyak apartemen di Indonesia yang menggunakan pendeteksi karbon monoksida, kamu tetap harus memiliki akses ke jalur keluar darurat dan alat pemadam kebakaran. Tanyakan juga mengenai detektor asap juga ke agen.

Cari tahu lebih lanjut tentang apa yang perlu diketahui tentang pembayaran sewa

3. Berkeliling

Saat berkeliling, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum terpikat janji manis agen apartemen, yaitu:

  • Peralatan. Lihat apakah kompor dan AC bekerja dengan baik. Tanyakan kepada agen mengenai kontak layanan pemeliharaan jika diperlukan nantinya. Tips lain: tanyakan apakah sebelumnya telah ada perbaikan.
  • Air. Periksa tekanan dan suhu air, apakah air panas mengalir? Cobalah menyiram toilet dan pastikan toiletnya berfungsi dengan baik.
  • Stopkontak. Hitung berapa banyak yang ada di setiap ruangan yang mudah diakses (terutama jika kamu lebih suka bekerja dengan laptop). Periksa apakah mereka berfungsi dengan membawa pengisi daya ponsel. Tips bonus: bawa ponsel dengan baterai yang kurang dari 100% dan isi daya di setiap stopkontak.
  • Pencahayaan alami. Buka tirai dan lihat seberapa banyak cahaya yang masuk. Semakin terang unit di siang hari, semakin sedikit kamu menggunakan lampu (sehingga kamu bisa menghemat tagihan listrik).
  • Pencahayaan lain. Apakah semua sakelar lampu berfungsi? Jika kamu menemukan saklar yang kamu tidak tahu itu untuk apa, tanyakan kepada agen.
  • Tangkapan sinyal dan Wi-Fi. Berjalan di sekitar unit dan pastikan ponselmu bisa mengkap sinyal dengan baik. Tanyakan kepada agen apakah terdapat Wi-Fi gratis untuk penyewa. Jika kamu perlu menyiapkan Wi-Fi sendiri, perhatikan bahwa beberapa apartemen bekerja sama dengan penyedia internet.
  • Pintu dan Jendela. Bisakah mereka dikunci dengan benar? Ohmyapt menyarankan untuk memeriksa kekencangan engsel pintu. Hal yang sama berlaku untuk engsel jendela — waspadalah terhadap lubang untuk mencegah masuknya serangga.
  • Sudut dinding dan ruangan. Waspadai jamur dan gelembung cat. Meskipun gelembung cat bisa disebabkan oleh banyak faktor, namun salah satunya adalah masalah kelembaban
  • Kebersihan. Menghilangkan debu bisa dilakukan dalam waktu singkat, tetapi tidak untuk kecoa dan tikus! Waspadai serangga dan kotoran hewan pengerat.

4. Setelah Berkeliling

Setelah mengucapkan terima kasih dan selamat tinggal kepada agen, pastikan untuk tetap tinggal beberapa saat. Ada beberapa hal lagi yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan kunjungan apartemen (bahkan tanpa pemandu)

  • Lihatlah ke sekeliling melihat fasilitas sekali lagi. Cari tahu apakah ada fasilitas lain yang mungkin terlewat. Ini juga saat yang tepat untuk memeriksa fasilitas rekreasi, seperti pusat kebugaran dan kolam renang.
  • Cobalah berbicara dengan penghuni lain. Mereka biasanya dengan senang hati menunjukkan hal-hal yang disukai dan tidak disukai tentang apartemennya. Jangan ragu untuk bertanya tentang apakah mereka memiliki masalah keamanan atau kenyamanan selama tinggal di sana.
  • Datang lagi saat malam. Lihat bagaimana lingkungan sekitar pada malam hari dan apakah aman bagi pejalan kaki untuk berjalan-jalan di malam hari. Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk mengetahui tingkat keramaian di malam hari, terutama jika apartemen terletak di jalan utama.
  • Periksa ulasan di berbagai situs web. Perlu diwaspadai jika penyewa-penyewa sebelumnya mengeluh tentang masalah yang sama karena ini menunjukkan manajemen yang buruk dalam memecahkan masalah.

Jadi begitulah daftar hal-hal yang harus diperiksa ketika melakukan kunjungan apartemen, pastikan kamu tidak melewatkan apapun! Kami harap ini membantu rencanamu untuk pindah ke apartemen baru. Semoga berhasil!

Baca lebih lanjut: Kesalahan Terbesar yang Harus Dihindari ketika Mencari Apartemen

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *