10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost!

Tempat kost atau biasa dikenal kost-kostan merupakan sahabat untuk para perantau. Apalagi jika anda harus sekolah atau bekerja di luar kota. Namun mencari kost- kostan yang nyaman dan sesuai dengan keinginan atau referensi sendiri cukup sulit. Maka dari itu, untuk anda yang sekarang sedang ingin mencari kost-kostan simak 10 hal penting berikut ini sebelum memilih kost-kostan.

Baca juga:Kost Eksklusif di Tangerang Selatan : 12 Rekomendasi Yang Nyaman!

1. Harga Sewa Yang Ramah Dikantong

Transaksi cash menyewa kos
Sumber: Pexels.com

Yang pertama pastinya harga sewa kostan. Hal ini bisa dibilang hal yang penting karena anda harus menyesuaikan harga sewa kost yang anda minati dengan budget yang anda miliki atau budget yang anda targetkan sebelumnya. Pastikan anda cari tahu bagaimana sistem pembayaran di tempat kost yang anda minati. Apakah pembayarannya per bulan, per tiga bulan, atau per tahun.

Perhatikan juga apakah harga sewa kostan tersebut setara dengan fasilitas yang diberikan. Jika mungkin anda merasa harga kostan yang ditawarkan terlalu mahal, anda bisa mencari kostan lain di area yang masih bisa dijangkau menggunakan kendaraan umum.

2. Jarak

overview jarak jalan
Sumber: Pexels.com

Pastikan anda memiliki referensi tempat kostan yang dekat dengan tempat tujuan anda. Jarak yang dekat dengan tempat tujuan anda akan memudahkan untuk pergi dan pulang setiap hari. Jarak yang dekat juga membantu anda untuk memiliki waktu yang cukup panjang untuk istirahat dan mengehemat ongkos.

3. Lingkungan

hal penting yang harus diperhatikan adalah lingkungan kos
Sumber: Liputan6.com

Lingkungan juga hal penting untuk diperhatikan,apakah dilingkungan sekitar kost anda bersih dan nyaman, apakah lingkungan sekitar kost anda aman, disekitar kost terdapat fasilitas umum. Karena jika lingkungan disekitar kost anda kurang nyaman, anda juga tidak bisa beristirahat dengan tenang.

4. Pencahayaan dan Ventilasi

Ventilasi dan pencahayaan yang baik dalam kos
Sumber: Dekoruma.com

Sudah pasti kamar kost dengan pencahayaan yang cukup dan sirkulasi udara yang baik membuat anda semakin betah untuk tinggal di kost. Jika kos anda tidak memiliki pencahayaan yang cukup, kamar kost anda pastinya akan terlihat seram dan gelap. Kurangnya sirkulasi udara juga membuat kamar kos anda menjadi pengap dan tidak baik bagi kesehatan anda.

5. Peraturan Kost

Overview kost dengan kondisi yang rapih dan bersih
Sumber: 99.co

Hal terpenting yang tidak boleh terlewatkan adalah peraturan kost. Peraturan kost biasanya seperti ada jam malam, apakah ada akses 24 jam, peraturan untuk iuran air, listrik, peraturan laundry, siapa saja yang boleh masuk ke kostan, dan peraturan lainnya. Peraturan kost ini harus anda perhatikan karena demi kenyamanan dan keamanan anda selama di kost nanti. 

6. Keamanan

petugas keamanan yang sedang bertugas
Sumber: pexels.com

Sudah bukan hal asing jika ada tragedi pencurian di kostan, maka dari itu pentingnya untuk memastikan kostan yang akan anda tempati memiliki keamanan yang baik. Mulai dari apakah penjaga kost akan selalu standby di tempat kost, lingkungan sekitar yang aman,adanya security di daerah yang akan anda tempati, apakah CCTV terpasang di setiap sisi kost, sampai apakah kunci keamanan disediakan oleh tempat kost, dan sebagainya. 

7. Jenis Kost

tanda terima kost untuk putra dan putri
Sumber: hipwee

Jenis kostan juga penting untuk anda perhatikan. Apakah anda bermasalah tinggal dengan lawan jenis? Atau anda lebih prefer tinggal dengan yang sejenis saja? Bagaimana respon orang tua tentang keputusan jenis kostan yang anda pilih? Maka dari itu penting untuk anda pertimbangkan kostan jenis apa yang ingin anda tempati. Setiap jenis kost-kostan ini pasti ada konsekuensinya ya! 

8. Fasilitas Yang Disediakan

overview fasilitas yang disediakan dalam kost, hal penting yang harus dipertimbangkan
Sumber: Pinterest.com

Fasilitas kost yang lengkap pastinya membuat aktivitas anda lebih mudah dan meningkatkan kenyamanan anda. Biasanya fasilitas yang ditawarkan di setiap kost-kostan adalah wifi, laundry, dan letakkamar mandi di dalam atau di luar. Jika tempat kost menawarkan fasilitas lengkap, harga sewa yang ditawarkan juga lebih tinggi. Misalnya kost yang sudah termasuk wifi, laundry, listrik dan air harga sewanya mulai dari Rp 3 juta keatas. Oleh karena itu, pastikan anda sesuaikan ketersediaan fasilitas yang ditawarkan dengan kebutuhan anda. 

9. Minta Rekomendasi Kerabat

dua orang sedang berbincang saling memberi rekomendasi
Sumber: pexels.com

Rekomendasi kerabat juga sangat membantu dalam membuat keputusan kostan yang akan anda pilih. Apalagi jika kerabat anda pernah tinggal di daerah yang sama dengan daerah yang akan anda tempati. Biasanya mereka sudah memiliki gambaran fasilitas yang ditawarkan di daerah tersebut, keamanan dan situasi lingkungan di daerah tersebut juga range harga pasaran kostan. Jadi jangan ragu untuk tanya kerabat anda ya, jika bingung mengenai harga, lingkungan, dan fasilitas kostan!

10. Bandingkan Dengan Alternatif Lain

Overview di dalam kost an yang cukup besar
Sumber: pinterest.com

Hal penting yang terakhir adalah membandingkan dengan alternatif lain, selain kosan anda juga bisa melihat opsi lain seperti apartemen, mengontrak rumah, atau mencari kosan dengan pembayaran yang beragam misalnya untuk harian atau mingguan. Sewa harian dan mingguan cocok untuk anda yang hanya ingin tinggal dalam waktu yang singkat.

Atau anda bisa mengontrak sebuah rumah dengan beberapa kamar  dan ajak teman- teman anda untuk tinggal bersama.

Nah, itu dia 10 hal yang penting anda perhatikan jika anda memutuskan untuk kos. Pastikan semuanya sesuai dengan yang anda butuhkan ya! Semoga membantu! Cek juga artikel inspiratif dan menarik lainnya di blog Flokq!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *