Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Pembayaran Sewa

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Pembayaran Sewa

Baik kamu baru dalam pembayaran sewa atau bukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apalagi di era digitalisasi saat ini, banyak aplikasi pembayaran baru bermunculan di masyarakat, hal ini dapat mempengaruhi cara kamu membayar sewa. Selain itu, untuk menghindari masalah, kamu juga harus menyadari masalah dasar yang terkait dengan pembayaran bulanan kamu. Oleh karena itu, kami telah mengumpulkan masalah paling umum yang dihadapi banyak penyewa saat ini dalam pembayaran sewa untuk membantu kamu!

Baca lebih lanjut tentang hakhak dasar penyewa apartemen di sini

Apa itu pembayaran sewa?

Pembayaran sewa biasanya dalam jumlah yang ditetapkan oleh kontrak, dilakukan oleh penyewa pada interval tertentu sebagai imbalan atas hak untuk menempati atau menggunakan properti orang lain. Dengan kata lain, ini adalah biaya bulanan atau rutin yang kamu bayarkan kepada pemilik rumah.

Apa saja yang termasuk dalam pembayaran sewa saya?

Sebelum kamu membuat kesepakatan, pastikan untuk memeriksa fasilitas atau utilitas apa yang sudah termasuk dalam biaya sewa kamu. Sangat penting bagi kamu untuk mengetahui hal ini, jadi kamu tahu berapa biaya tempat itu untuk kamu. Lebih penting lagi, kamu akan bijak untuk mengetahui biaya utilitas yang tidak termasuk dalam biaya sewa. Mengetahui semua biaya yang akan kamu bayarkan dapat mencegah kamu tidak mampu membayar semuanya.

Kapan jatuh tempo sewa saya?

Biasanya, biaya sewa dibayarkan oleh penyewa secara bulanan yang berarti sewa jatuh tempo pada tanggal 1 setiap bulan selama masa sewa. Namun, memastikan kebijakan ini sekali lagi terhadap tuan tanah kamu adalah penting. Tidak ada jaminan bahwa kebijakan ini berlaku secara ketat di seluruh dunia. Selain itu, kamu diperbolehkan membayar dimuka untuk jangka waktu berapapun yang kamu inginkan.

Memilih metode pembayaran sewa

Sebagaimana disebutkan di atas, zaman sekarang ini menawarkan banyak sekali cara dalam membayar sewa. Secara tradisional, penyewa apartemen membayar sewa bulanan mereka dengan cek. Namun, semakin banyak tuan tanah yang menerima pembayaran sewa dengan kartu kredit, bersama dengan kemampuan untuk memproses transaksi secara online. Sebelum menentukan metode pembayaran sewa, pikirkan baik-baik metode mana yang paling cocok untuk kamu. Misalnya, beralih dari pembayaran cek ke kartu kredit memiliki keuntungannya, tetapi tetap berpegang pada cek mungkin tetap yang terbaik untuk kamu. Pertimbangkan pro dan kontra pembayaran sewa kartu kredit dan putuskan sendiri. Jika kamu berpikir untuk membayar tunai, apakah kamu berencana melakukannya setiap waktu atau hanya pada beberapa kesempatan, waspadalah terhadap kemungkinan jebakan. Karenanya, kamu dapat menghindari masalah dengan tuan tanah yang dapat membahayakan sewa kamu.

Apakah ada biaya tambahan jika terlambat membayar? 

Kami menyadari bahwa terkadang segala sesuatunya tidak dapat berjalan semulus yang direncanakan. Entah kamu tidak dapat membayar sewa tepat waktu karena kesulitan keuangan atau tidak sengaja lupa membayar, tanyakan tentang kemungkinan biaya yang diperlukan. Mengetahui konsekuensi yang dapat ditimbulkan akibat keterlambatan pembayaran dapat membuat kamu lebih siap di kemudian hari.

Pembayaran parsial atau tertunda

Dalam beberapa kasus, jika kamu menghadapi kesulitan keuangan yang besar dan tidak dapat membayar semua sewa tepat waktu, kamu mungkin dapat bernegosiasi dengan pemilik rumah untuk membayar sebagian dari uang sewa kamu sekarang dan sisanya nanti. Kamu harus memberi tahu pemilik properti tentang situasinya secara tertulis sesegera mungkin dan kamu harus menjelaskan mengapa ini hanya sementara. Jika memungkinkan, kamu harus menawarkan untuk membayar sebagian dari sewa tepat waktu. Agar lebih meyakinkan, kamu juga harus memberikan perjanjian tertulis yang menyatakan janji kamu untuk membayar sisa sewa pada tanggal tertentu. Ini akan melindungi kamu jika tuan tanah berubah pikiran atau lupa tentang perjanjian dan mencoba mengusir kamu.

Prorating sewa kamu.

Jika masa sewa kamu dimulai pada pertengahan bulan, kemungkinan pemilik rumah ingin mem prorata sewa untuk sebagian bulan. Prorata adalah metode antara penyewa dan tuan tanah untuk membiarkan penyewa membayar biaya sewa sesuai dengan waktu tinggal mereka. Misalnya, jika kamu berencana menandatangani sewa satu tahun yang akan berlaku sebelum awal bulan, istilah sewa kamu secara teknis akan berlangsung selama lebih dari 12 bulan. Kamu akan membayar “sewa prorata” untuk hari-hari atau minggu pertama tersebut, dan kemudian sewa satu bulan penuh akan jatuh tempo pada hari pertama setiap bulan. Selain itu, perlu diingat bahwa tidak semua tuan tanah mungkin setuju dengan kebijakan ini. Kamu dapat mendiskusikan masalah ini terlebih dahulu sebelum menandatangani sewa.

Melakukan pembayaran sewa

Biasanya yang terbaik adalah mengirimkan pembayaran sewa kamu dengan cara yang diarahkan oleh sewa atau tuan tanah kamu. Jika kamu membagi uang sewa dengan teman sekamar dan membayar dengan cek, salah satu dari kamu dapat mengirimkan pembayaran penuh setiap bulan kepada pemilik rumah (dan diganti oleh teman sekamar lainnya). Atau, kamu dapat mengirim cek dari setiap teman sekamar dalam satu amplop, memastikan jumlahnya sama dengan jumlah total sewa yang harus dibayar. Dalam kasus lain, jika kamu menyewakan apartemen kamu, yang terbaik adalah mengirimkan pembayaran sewa bulanan kamu ke penyewa (atau sub-lessor), daripada ke pemilik sebenarnya. Ada berbagai cara untuk memanfaatkan apartemen dan pembayaran sewa kamu. Pastikan saja bahwa jalan apa pun yang kamu pilih, telah disetujui oleh tuan tanah kamu.

Biaya sewa meningkat

Kami menyarankan kamu untuk selalu melihat dan memeriksa biaya sewa kamu sebelum membayarnya. Melakukan ini dapat mencegah kamu dari penipuan atau kesalahpahaman. Dalam beberapa kasus, cek sewa mungkin meningkat. Jika ini terjadi, tuan tanah dapat mengenakan biaya kepada kamu jika kamu diberi tahu bahwa biaya tersebut akan berlaku. Mirip dengan biaya keterlambatan, biaya tambahan harus masuk akal. Beberapa negara bagian mengizinkan tuan tanah untuk membebankan bunga atas biaya cek yang dikembalikan.

Penting bagi kamu untuk memahami pengetahuan dasar tentang pembayaran sewa. Ini dapat membantu kamu untuk lebih memahami tentang persyaratan dan kebijakan apartemen dasar. Selain itu, kamu tidak akan terkejut saat mendiskusikan pembayaran sewa dengan agen atau pemilik rumah. Kami harap ini membantu kamu!

Cari tahu lebih lanjut tentang hal-hal yang perlu diketahui sebelum pindah ke apartemen kamu di sini

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

7 Restoran All You Can Eat di Jakarta Barat, Mulai dari 99rb!

7 Restoran All You Can Eat di Jakarta Barat, Mulai dari 99rb!

12 Tempat Makan di Sentul

12 Tempat Makan di Sentul

12 Kafe di Tebet

12 Kafe di Tebet

14 Restoran Buffet Hotel di Jakarta

14 Restoran Buffet Hotel di Jakarta

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *