12 Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Anak Kost

12 Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Anak Kost

Tinggal sendiri di kosan kadang bisa bikin merasa sepi, ya. Kalau merasa butuh teman di kosan, coba, deh, memelihara binatang! Hewan peliharaan yang menggemaskan bisa jadi mood booster kamu saat di kost dan membuat kamu merasa tidak kesepian.

Mempunyai hewan peliharaan di kost bisa jadi alternatif untuk menemani kamu dan mengusir kesepian saat berada di kamar kost sendirian. Binatang peliharaan di kost akan membuat kamu merasa punya teman dan menumbuhkan rasa kasih sayang atau ada ikatan tersendiri, apalagi kamu akan mengurusnya setiap hari.

Saat teman-teman sibuk untuk diajak main, kamu bisa bermain dengan hewan peliharaan di kost. Binatang peliharaan yang suka bertingkah lucu bisa mengurangi tingkat stres dan kebosanan kamu, lho.

12 Rekomendasi Hewan yang Bisa Dipelihara di Kosan

Memelihara binatang di kos kosan memang harus hati-hati, karena harus menyesuaikan dengan kebijakan dan peraturan dari kost kamu. Namun, kamu tetap bisa, kok, memiliki beberapa jenis hewan peliharaan yang oke di kost. Nah, berikut ini rekomendasi binatang atau hewan yang bisa kamu pelihara di kost:

1. Ikan hias

ikan hewan dipelihara di kost
Pinterest

Kalau kamu orang yang sangat sibuk dan banyak menghabiskan waktu di luar kost, maka kamu tidak akan bisa mengurus hewan peliharaan yang merepotkan, kan? Namun, kalau kamu masih ingin memelihara binatang, pilihan paling mudah dan tidak merepotkan untuk kamu yang sibuk adalah ikan hias.

Ikan hias yang berukuran kecil hanya membutuhkan akuarium dan perawatannya tergolong mudah. Selain itu, ikan hias seperti ikan cupang atau aquascape juga terlihat cantik, lho, karena warnanya yang beragam. Kamu juga bisa mendekorasi akuariumnya dengan pernak-pernik supaya terlihat cantik dan menjadi elemen dekorasi ruangan. Namun, kalau kamu memutuskan untuk memelihara ikan cupang, ingat bahwa kamu tidak bisa menggabungkannya dengan ikan lain, ya. Cukup satu ikan cupang di satu tempat!

2. Kura-kura

kura-kura hewan dipelihara di kost
SatuJam

Nah, hewan yang satu ini juga tergolong aman untuk kamu pelihara di kost. Selain itu, perawatannya juga termasuk mudah. Kamu cukup menempatkannya di dalam akuarium yang diisi dengan sedikit air dan bisa ditambahkan batu-batu. Tinggal memberinya makan sebelum kamu pergi dan saat kamu pulang, deh! Kura-kura juga cenderung berumur panjang, jadi  termasuk hewan peliharaan yang bisa menemani kamu untuk waktu yang lama.

3. Hamster

binatang peliharaan anak kost -hamster
Vets4Pets

Hamster adalah salah satu binatang peliharaan berbulu yang ukurannya kecil, sehingga bisa kamu pelihara di kosan tanpa mengganggu atau makan tempat. Biaya makan dan perawatannya juga tidak mahal, kok, jadi tidak akan membuat kantong kering.

Minusnya, hamster termasuk sering buang kotoran di kandangnya, sehingga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Kamu harus rajin-rajin, nih, membersihkan kandangnya. Namun, merawatnya akan terbayar dengan melihat tingkahnya yang aktif dan menggemaskan. Melihat tingkahnya yang lucu bisa mengurangi penat atau stres!

4. Marmut

binatang peliharaan anak kost - marmut
Barkes Corner Vet

Marmut merupakan hewan pengerat lain yang ukuran lebih besar dari hamster, tetapi juga tidak terlalu besar sehingga mudah untuk dipelihara di kost. Selain itu, hewan ini suka makan sayuran dan biji-bijian. Tidak susah, kan, memberi makannya? Biaya perawatannya yang tergolong murah ini membuat marmut cocok untuk jadi peliharaan anak kos. Tingkah hewan ini juga tidak terlalu aktif, bahkan hanya bisa makan saja. Mudah diurus dan sangat menyenangkan untuk membelai bulu halus hewan menggemaskan ini.


Baca juga: 9 Tips Dekorasi Kamar Estetik, Harga Terjangkau!


5. Landak mini (Hedgehog)

CNN Indonesia

Binatang yang terkenal dengan duri di punggungnya ini belakangan menjadi tren. Tergolong sebagai hewan eksotis dan cukup mahal, landak mini alias hedgehog ini memang terlihat lucu dan menggemaskan, mulai dari wajah, bentuk, sampai tingkahnya. Berbeda landak yang di alam liar, duri landak mini tidak tajam, lho. Selain itu, walaupun tergolong hewan eksotis dan cukup mahal, landak mini sebenarnya cukup mudah, kok, buat dipelihara.

6. Sugar glider

hewan peliharaan di kost - sugar glider
Detroit Free Press

Sugar glider juga merupakan salah satu hewan yang populer  belakangan ini. Hewan nokturnal yang lucu ini cukup kecil untuk bisa dikantongi dan dibawa ke mana-mana. Sugar glider juga memiliki sifat yang cenderung suka menempel dengan pemiliknya. Menggemaskan, kan? Sifatnya yang clingy ini membuatnya bisa jadi teman untuk mengusir kesepian di kosan. 

Karena ukurannya yang kecil, sugar glider cocok untuk jadi binatang peliharaan di kost. Namun, hobi sugar glider bergelantungan dan sifatnya yang aktif di malam hari bisa bikin repot. Walaupun begitu, makanannya termasuk mudah dan murah, kok, yaitu pisang. Sementara, cara perawatannya juga tidak begitu merepotkan.

7. Kadal

99.co

Memang tidak semua orang menyukai reptil, apalagi sebagai hewan peliharaan. Banyak yang memandangnya menggelikan atau malah menakutkan. Namun, ternyata banyak juga orang yang mengagumi kadal. Bahkan, komunitas pencinta kadal hobi memelihara beberapa spesies kadal sekaligus karena ternyata hewan ini jinak.

Kamu bisa memilih berbagai macam jenis kadal seperti iguana, bunglon, kadal lidah biru, gecko, dan masih banyak lagi. Kadal bahkan bisa bertingkah manja seperti kucing, lho! Namun, ada yang perlu diperhatikan, nih. Biaya pemeliharaan kadal ini tidak murah, jadi kamu harus siap mengeluarkan kocek juntuk memelihara binatang eksotis ini di kost.

8. Kelinci

Dream.co.id

Kelinci termasuk salah satu keluarga hewan pengerat, tetapi ukurannya lebih besar dibanding marmut dan hamster. Kelinci termasuk hewan peliharaan yang hanya aktif saat makan, walaupun masih tergolong binatang yang cukup lincah. Namun, kalau kamu memutuskan untuk memelihara kelinci, ada hal penting yang harus kamu perhatikan. Kamu harus memberikan perhatian dan perawatan ekstra untuk kelincimu, karena kelinci memiliki kondisi yang cukup rentan. Selain itu, kamu juga harus rajin membersihkan kandangnya supaya tidak menimbulkan bau yang mengganggu.


Baca juga: 10 Tips untuk Kamar Sempit Terlihat Luas


9. Burung

Tribun Timur

Mungkin kamu mengasosiasikan burung sebagai peliharaan bapak-bapak, ya, tapi burung hias juga bisa jadi salah satu peliharaan yang untuk di kost. Keberadaan hewan yang satu ini relatif tidak akan menggagu penghuni kost lainnya, asal kamu rajin membersihkan tempatnya sehingga tidak bau. 

Burung hias atau burung kicau memiliki suara yang merdu jika dirawat dengan benar. Namun, memelihara burung kicau yang benar memang butuh orang yang telaten dan rajin, sehingga tidak mudah merawatnya. Walau pun begitu, biaya perawatan burung sebenarnya standar, kok, cocok untuk anak kost.

10. Ular

99.co

Hewan melata ini memang memiliki citra yang menyeramkan, dan banyak orang merasa takut akan ular. Namun, tidak sedikit, lho, orang yang suka memelihara ular. Tidak sedikit penyuka ular yang memelihara ular-ular besar seperti, ular piton atau boa kuning yang eksotis dan tidak berbisa.

Sebenarnya, selama kamu bisa merawat dan menjaganya dengan benar, ular juga merupakan salah satu hewan yang cocok untuk kamu pelihara di kosan. Masalahnya, tidak semua kost akan mengizinkan kepemilikan ular di kamar kosan karena ada kemungkinan bisa mengganggu kenyamanan penghuni kost lainnya.

11. Kucing

kucing hewan peliharaan anak kos
Pixabay

Kamu pasti sudah familiar dengan hewan peliharaan yang satu ini. Hewan domestik ini memang sering dipelihara sebagai teman bermain yang bisa mengurangi stres. Sifatnya yang manja dan iseng bisa bikin gemas! Kalau kamu sedang stres atau sedang sedih, keberadaan kucing bisa jadi obatnya.

Tingkah kucing dikenal lucu dan menggemaskan, walaupun bisa nakal juga. Namun, hewan ini cukup aman dipelihara dan mudah perawatannya. Kalau ingin memelihara kucing di kosan, pastikan kamu siap dengan tingkah laku dan keaktifannya, ya. Selain itu, pastikan juga kost kamu mengizinkan!

12. Peliharaan virtual

Youtube

Kalau kamu orang yang benar-benar sibuk dan hampir tidak memiliki waktu untuk merawat makhluk hidup lain, kamu bisa mencoba memelihara hewan peliharaan virtual saja. Mirip mainan Tamagotchi yang eksis saat kita kecil, sekarang kamu bisa menunduh berbagai aplikasi yang mirip Tamagotchi di handphone kamu. Beberapa game peliharaan virtual ini juga bisa mengisi waktu luang atau mengusir kebosanan juga, lho. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya perawatannya. Peliharaan virtual juga tidak akan mengganggu penghuni lainnya dan dijamin tidak akan dilarang pemilik kost!


Itu dia 12 jenis binatang peliharaan yang bisa kamu pilih untuk menemani kamu di kost. Semoga artikel ini membantu kamu untuk memilih hewan peliharaan untuk di kosan, ya!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

How to Clean Your Laptop Properly at Home (Easily)

How to Clean Your Laptop Properly at Home (Easily)

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

10 Gift Wrapping Ideas: Simple and Easy!

10 Gift Wrapping Ideas: Simple and Easy!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *