Hidup dengan Housemate sebagai Introvert

Hidup dengan Housemate sebagai Introvert

Memiliki teman sekamar mungkin merupakan sebuah tantangan yang sulit untuk seorang introvert. Seringkali karena kamu berpikir hanya akan memiliki sedikit waktu untuk me-time dan itu berarti hanya sedikit waktu yang tersedia untuk re-charge energi setelah bersosialisasi. Coliving  berarti beradaptasi dengan kepribadian orang lain untuk dapat hidup bersama di dalam satu tempat tinggal. Bersosialisasi dengan orang lain memang dapat menguras energi dan menjadikan kita khawatir. Apalagi jika kita harus tinggal dengan teman sekamar selama seharian, mulai dari bangun pagi sampai menutup mata di malam hari. Nah, kabar baiknya kamu bisa mencegah hal tersebut dengan mengikuti beberapa tips berikut:

Baca Juga: The Ultimate Guide to Sharing an Apartment

Common Roommate Problems and How To Deal with Them

First-time Flatsharing: Things to Expect

What Living with Roommates Has Taught Me

1. Ketahui Jadwal Teman Sekamar-mu

schedule flatsharing guide for introvert

Kamu dan temanmu mungkin mempunyai jadwal kelas yang berbeda atau salah satu harus pergi lebih cepat ke tempat kerja. Apa pun itu, pasti ada kemungkinan di mana kamu dan teman sekamar-mu memiliki jadwal harian yang berbeda. Sebagai introvert selain memastikan jadwal pribadi, kita juga wajib mengetahui jadwal teman sekamar. Dengan demikian, kita bisa menentukan jadwal kapan kita bisa me-time sendirian di dalam rumah. Gak ada yang terasa lebih baik selain suasana sunyi di rumah setelah aktivitas seharian yang melelahkan, bukan? 

2. Bersikap Jujur dengan Teman Sekamar-mu, Komunikasi Adalah Kunci

Menjadi seorang introvert bukan merupakan sebuah dosa maupun sebuah kekurangan kok. Sadari bahwa itu memang merupakan bagian dari diri kita. Hanya saja, kita perlu terbuka dan jujur tentang keadaan tersebut tanpa merasa malu. Oleh karena itu, hal yang terbaik yang bisa kamu lakukan adalah jujur dengan teman sekamar-mu. Jujur mengenai karakter introvert yang kamu miliki dari awal ketika mulai tinggal bersama dengan teman sekamar-mu.

Kamu bisa jujur beberapa hal seperti seberapa sukanya kamu untuk melakukan me-time dan jujur kalau kamu seringkali terganggu dengan percakapan kecil yang tidak terlalu penting. Kamu perlu mengatakan hal tersebut, apalagi kalau kamu tinggal dengan teman sekamar yang belum begitu akrab. Sebagian besar orang pasti akan mengerti bahwa setiap orang memerlukan waktu untuk diri sendiri. Jadi, gak usah khawatir kalau kamu akan dihakimi orang lain, ya! Jika mereka merasa tersinggung, coba berikan penjelasan kalau kamu tuh bukan seseorang yang suka bersosialisasi, dan utarakan dengan baik-baik ya agar teman kamu gak tersinggung. Hal ini yang nantinya akan membantu kamu untuk menghindari hal – hal yang berpotensi menjadi konflik dan kesalahpahaman di masa yang akan datang.

Dengan demikian, kalau suatu hari mereka mengajak kamu untuk bercengkrama di ruang tamu atau pergi makan malam bersama mereka, kamu jadi tidak perlu mengarang alasan. Bilang saja yang sejujurnya seperti: “Makasih ya tawarannya, aku senang kamu mau ajak aku main bareng, tapi jujur hari ini di kantor cukup melelahkan. Kayaknya aku mau menghabiskan waktu sendiri dulu, mungkin lain kali ya?”

3. Memiliki Tempat Khusus Menyendiri

sacred personal space flatsharing guide for introvert

Sebagai seorang introvert, harus bertemu orang atau bersosialisasi membuat kita kehabisan energi. Wajar sih kalau hal tersebut membuat kamu jadi merasa lelah dan kewalahan. Sebaiknya kita mempunyai ruang untuk bersantai saat melakukan me time. Tempat – tempatnya dapat berupa warung kopi, perpustakaan, atau bahkan di rumah pacar, gak masalah juga sih kalo kamu pengen menghabiskan waktu sendirian di apartemen. Menghabiskan waktu dengan diri sendiri tentu dapat membuat kita menjadi lebih tenang dan bahagia.

4. Membuat Jadwal Rutin

netflix routine date flatsharing guide for introvert

Sebagai seorang introvert, tentu saja kita lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan diri sendiri seperti membaca, menonton Netflix, atau bahkan bermeditasi. Itu karena kita tahu bagaimana cara untuk menyenangkan diri sendiri. Namun, ada baiknya kalau kita tetap berinteraksi dengan teman sekamar sesekali untuk membangun hubungan baik dengan mereka. Bisa dimulai dari menentukan jadwal rutin misalnya satu kali seminggu menonton Netflix setelah pulang kantor atau mungkin memasak makan malam bersama. Lakukanlah sesuatu yang dapat kalian nikmati bersama!

Sebagai tips tambahan, coba sesekali pergi ke tempat favorite teman sekamar-mu untuk hangout bersama teman-temannya. Mungkin saja dengan melakukan hal tersebut, kamu jadi lebih akrab dengan teman sekamar-mu ditambah kamu akan mendapatkan teman lebih banyak. Memang sih, rasanya gak nyaman banget tapi keluar dari zona nyaman tentu dapat membuat perubahan besar dalam kehidupanmu. 

Selain itu, kamu dapat memulainya dengan berbelanja bahan makanan bersama teman sekamar-mu. Kamu jadi lebih mengenal temanmu dan mengetahui preferensi masing-masing untuk kebutuhan di rumah. Hal tersebut akan menjadikan kamu lebih akrab dengan teman sekamar-mu dan menjadikan kalian kompak dalam mengurus pekerjaan rumah. Selain itu, kamu juga bisa lebih hemat dengan menggunakan produk rumah tangga tertentu secara bersama. Meskipun awalnya sulit dan membuat frustasi, menjadi ramah dengan orang-orang yang tinggal bersama-mu merupakan ide yang baik sehingga kamu bisa lebih mengenal mereka secara personal. 

5. Tetapkan Aturan Rumah

rules flatsharing guide for introvert

Hidup bersama seorang ekstrovert memang bisa jadi lebih menyulitkan bagi kita para introvert, oleh karena itu kita perlu membuat aturan rumah yang jelas dan ketat. Hal ini nantinya dapat mencegah terjadinya konflik karena sudah menetapkan batasan dari awal.

Ingatlah untuk lebih spesifik! Tetapkan kapan jam tenang, jam belajar, jam menonton TV, atau jam-jam untuk menerima tamu. Pastikan kamu dan teman sekamar-mu membuat perencanaan yang cocok untuk kalian berdua.

Banyak orang yang sudah membuat aturan ini sesegera mungkin sejak sejak awal tinggal bersama dengan orang lain. Tetapi, jika kamu tidak ingin tergesa-gesa dan  melihat bagaimana keadaannya pun tidak menjadi masalah. Namun, perlu diingat jika segala sesuatu sudah mulai keluar dari kendalimu, kamu harus membuat peraturan batasan secepat mungkin. Memendam terlalu lama hanya akan memperburuk keadaan.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *