5 Inspirasi Dapur Minimalis untuk Melengkapi Konsep Hunian

5 Inspirasi Dapur Minimalis untuk Melengkapi Konsep Hunian

Karena dapur merupakan salah satu elemen penting disebuah hunian, dimana seringkali kesibukan dilakukan disini, mungkin akan sulit membayangkan konsep dapur minimalis yang sederhana. “The less is more” – yang lekat dengan konsep minimalis, tidak berarti ruangan tersebut harus kosong; dapur sederhana harus tetap bisa difungsikan secara optimal. Anggap saja sebagai operasi rahasia – harta benda harus disembunyikan, padahal, peralatan tersebut penting adanya. Minimalis adalah tren desain yang ideal untuk dapur, dimana kebersihan, tata letak, dan fungsionalitas menjadi pilar dasar yang harus diperhitungkan. Hal ini memungkinkan dapur minimalis mendapatkan ruang yang lebih untuk menghindari kekacauan dan memberikan kesempatan peralatan dapur-mu yang stylish untuk menjadi fokus utama.

Minimalis tidak harus selalu berarti kosong, belum rampung ataupun membosankan. Dengan pendekatan yang tepat, dapur minimalis akan tetap penuh, diisi dengan kepribadian dan gaya yang mencerminkan sang pemilik hunian. Berikut Flokq merangkum 5 ide dapur minimalis sederhana yang dapat kamu tiru untuk melengkapi konsep hunian Anda.

1. Si Cantik yang Praktis 

Dapur Cantik yang Praktis

Merancang dapur yang rapih dan apik dilihat namun sesuai dengan kebutuhan merupakan tantangan tersendiri dalam mendesain dapur. Tujuannya adalah memaksimalkan luas persegi untuk penggunaan praktis – yang menjadi fitur utama dapur minimalis. Terdapat beberapa permukaan yang cukup untuk menyiapkan bahan makanan ataupun menaruh makanan yang sudah matang. Banyak lemari, laci atau kabinet penyimpanan memudahkan pemilik menyimpan peralatan atau bumbu-bumbu – trik ini sangat cerdas, sehingga, hanya beberapa peralatan essential yang menempati ruang counter. Sekali lagi, meminimalisir tampilan barang diatas counter merupakan aspek penting dari desain dapur minimalis.

Penempatan sink yang tepat didepan kompor juga ide yang bisa kamu contek lho, readers! Ide ini sangat cocok untuk meminimalisir kotoran yang jatuh dari alat masak yang kotor. Perpaduan meja marmer, warna silver dan putih juga cerdas – dikarenakan ukuran tempat yang tidak terlalu besar, gunakanlah warna-warna yang cukup terang untuk menimbulkan kesan spacious. Setuhan elemen marmer dalam dapur minimalis ini, tampil untuk menyeimbangkan kesan minimalis namun tetap mewah dan elegan.

2. Minimalis dengan Kesan Mewah

inspirasi dapur minimalis mewah
Dapur Minimalis dan Mewah

Alasan lain mengapa begitu banyak orang menyukai dapur minimalis adalah desain estetika yang tahan lama. Fitur sink dan kursi warna hitam matte yang dikombinasikan dengan marmer kelas atas beserta aksen kayu menambah keindahan dan fungsi area persiapan makanan. Di sepanjang area masak, interior yang juga berwarna hitam yang memberikan kesan menyembunyikan kabinet dan kulkas menciptakan tampilan yang mulus. Lantai kayu dan peletakkan aksesoris vas bunga pada meja persiapan menambah kesan elok pada tampilan dapur ini. Lampu yang terpasang tepat diatas meja akan menonjolkan setiap makanan yang disediakan, sehingga tampak lebih lezat tentunya!

3. Dapur Maskulin yang Menakjubkan

inspirasi dapur minimalis maskulin
Dapur Maskulin

Warna gelap atau “moody” sangat cocok untuk ruang dapur minimalis. Gabungan lemari kayu namun modern dengan lantai dan dinding bergaya industrial menciptakan dapur yang hanget dan kontemporer yang menonjolkan sisi maskulin dari sang pemilik rumah. Sentuhan unfinished dari dinding dan lantai memberikan kesan cuek, namun tetap cantik. Properti dapur yang tidak terlalu banyak dan berwarna silver (stainless steel), lebih menonjolkan lagi sisi maskulin dari desain ini. penempatan lampu yang tidak terlalu terang (downlight), juga memberikan kesan hangat. 

4. Berikan Sentuhan Warna Pop dan Aksen Natural

inspirasi dapur minimalis dengan warna pop
Dapur Minimalis dengan Warna Pop

Dapur minimalis adalah tentang membuat suasanya menjadi lebih nyaman. Estetika versi minimalis adalah tentang menjaga permukaan bebas dari barang-barang yang diletakan secara tidak beraturan, dengan memberi peralatan dan meja kebanyakan di dalam kabinet. Selain itu, dapur dengan warna dasar putih dengan sentuhan sedikit warna kontras dan tekstur alami juga menciptakan ilusi ketenangan.

Flokq menyarankan bahwa penggunaan warna netral yang hangat dan warna lembut berfungsi paling baik di dalam dapur karena  dapat menciptakan suasana memasak yang nyaman. Namun, warna cat dinding dapur bisa menjadi apapun yang Anda suka. Jadi, jangan biarkan konsep minimalis menghindarkan Anda dari memberikan aksen warna cerah atau nuansa alam favorit Anda!

5. Perpaduan Minimalis dan Maksimalis 

inspirasi dapur minimalis dan maksimalis
Dapur Minimalis dan Maksimalis

Anda pasti dapat menggabungkan warna-warna moody, tekstur alami, dan pola dramatis ke dalam ruang masak yang mengusung tema ini. aksen backsplash menyentuh garus antara minimalis dan maksimalisme. Namun, yang membuat ubin hitam yang mencolok tidak terasa berlebihan secara visual adalah lemari dapur yang besar di sisi kiri. Ini menghilangkan kebutuhan akan kabinet bagian atas di dinding paling kiri, yang membuat ruang terasa tidak berantakan – sesuai dengan tujuan awal konsep dapur minimalis. Aksen kayu alami melengkapi getaran minimalis dan materialnya menyeimbangkan kesan visual yang “gelap” dari beberapa elemen ruangan. 

Berikut merupakan 5 ide dapur minimalis yang mungkin bisa diterapkan di rumah Anda. Perlu diingat bahwa minimalis bukan berarti harus bebas dari barang-barang, sehingga dapur tidak bisa digunakan secara optimal. Sebaliknya,desain minimalis membantu Anda untuk bisa menggunakan ruang dapur Anda seefektif dan seoptimal mungkin. Anda-pun tetap bisa memberikan sentuhan warna dan aksen lainnya yang dapat menambah kesan apik. Dapur minimalis tidak melulu soal warna putih dan kosong ya readers!

Baca juga: 8 Tips Dekorasi Rumah yang Sangat Mudah

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

fallback-image

15 Computer Desk Designs: Minimalist and Modern

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

12 Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Anak Kost

12 Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Anak Kost

10 Ide Warna Cat Dinding untuk Luar Rumah selain Putih, Unik dan Tidak Membosankan!

10 Ide Warna Cat Dinding untuk Luar Rumah selain Putih, Unik dan Tidak Membosankan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *