Izin Kerja untuk Investor di Indonesia (KITAS)

Izin Kerja untuk Investor di Indonesia (KITAS)

Dalam perjalanan bisnis, investasi memegang salah satu peran kunci untuk mengembangkannya. Pendanaan asing dengan demikian mengambil peran penting dalam hal ini, dan lebih jauh lagi, birokrasi dan administrasi kegiatan luar negeri perlu dipermudah untuk memperlancar bisnis. Banyak negara yang memahami hal ini dan Indonesia kini juga mencoba melakukannya dengan menyederhanakan KITAS Investornya. Apa itu KITAS Investor? Bagaimana cara mendapatkannya? Dimana saya mendapatkannya? Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang KITAS Investor!

baca juga: Panduan Izin Kerja di Indonesia

Apa itu KITAS Investor?

KITAS Investor hanyalah visa yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan investor yang berbisnis di Indonesia. Untuk memudahkan hal-hal yang berhubungan dengan tinggal di Indonesia dan izin kerja mereka. KITAS investor merupakan produk dari beberapa reformasi sistem yang juga termasuk dalam Perpres no. 20/2018 tentang KITAS Investor di Indonesia dan Keputusan Presiden BKPM No.5 / 2019. Salah satu keuntungan mendapatkan jenis visa ini adalah seseorang pemegang KITAS Investor tidak perlu mengajukan izin kerja lagi setelah proses amandemen tahun 2019.

Ada berapa jenis KITAS Investor?

Ada dua jenis KITAS Investor yaitu:

  • Indeks 313 yang kedaluwarsa setelah 1 tahun
  • Indeks 314 yang kedaluwarsa setelah 2 tahun

Kedua jenis ini merupakan visa multiple entry, sehingga orang dengan KITAS Investor bisa melakukan perjalanan internasional tanpa biaya administrasi tambahan.

Siapa yang berhak atas KITAS Investor?

Agar orang memenuhi syarat untuk memperoleh KITAS Investor, mereka harus bekerja di perusahaan yang memiliki investasi resmi minimal 10 miliar rupiah. Orang yang mengajukan KITAS Investor juga harus memiliki total saham investasi minimal 1 miliar rupiah. Namun, izin kerja hanya diberikan secara otomatis kepada mereka yang menjabat sebagai Direktur. Pemegang KITAS Investor tanpa posisi tidak akan bisa memperoleh izin kerja. Mereka yang menduduki jabatan Komisaris bisa memperoleh izin kerja selama mereka memiliki 10 miliar rupiah kepemilikan saham perusahaan tersebut.

Apa langkah-langkah untuk mendapatkan KITAS Investor?

Pertama, dapatkan TELEX

Langkah pertama adalah mendapatkan rekomendasi dari dewan investasi Indonesia bernama TELEX. Sebelum 2019, investor asing harus mendapat rekomendasi dari Badan Investasi Indonesia. Tapi, karena reformasi, sekarang jadi lebih mudah. Investor asing bisa mengajukan permohonan TELEX dari Kedutaan/Konsulat Indonesia dan akan memakan waktu kurang lebih 10 hari untuk diproses.

Suri Mangiwa, Ahli Visa dan Imigrasi di LetsMoveIndonesia, dokumen yang dibutuhkan untuk TELEX adalah:

  • Paspor investor dengan masa berlaku minimal 18 (delapan belas) bulan untuk aplikasi KITAS 1 tahun (dan bagi yang memiliki masa berlaku lebih dari 30 (tiga puluh) bulan bisa mengajukan aplikasi KITAS 2 tahun)
  • Akta pendirian perusahaan dan perubahannya (jika ada)
  • Pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sponsor perusahaan/SK Kehakiman Pendirian Perusahaan dan Perubahannya (jika ada)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sponsor perusahaan
  • Domisili Bisnis
  • Lisensi bisnis
  • Nomor Identifikasi Bisnis (NIB)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pajak (NPWP) Direktur Indonesia dari sponsor perusahaan (jika diperlukan)
  • Dokumen kosong dengan kop surat perusahaan
  • Laporan rekening bank dengan saldo minimum USD 1500

Kedua, mendapatkan visa dari kedutaan/konsulat

Menurut Bali Business Consulting, setelah TELEX diproses, langkah selanjutnya untuk mendapatkan visa dari kedutaan/konsulat Indonesia adalah dengan menyerahkan dokumen-dokumen berikut:

  • Paspor masih berlaku (minimal 20 bulan untuk KITAS 1 tahun, valid 34 bulan untuk KITAS 2 tahun)
  • Fotokopi halaman paspor utama
  • Fotokopi halaman paspor dengan cap masuk ke negara tempat Anda melamar
  • Formulir aplikasi yang telah diisi (kosong harus disediakan oleh kedutaan / konsulat)
  • 2 foto ukuran paspor
  • TELEX
  • Tiket ke Indonesia
  • Biaya visa (150 USD, bisa bervariasi tergantung negara asal investor asing)

Pada tahap ini, pelamar akan mendapatkan visa bernama VITAS yang akan diubah menjadi ITAS – izin tinggal sementara – di Kantor Imigrasi di Indonesia setelah masuk ke negara tersebut. Investor asing kemudian akan menerima MERP (beberapa izin masuk kembali) dan terakhir KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas).

Ketiga, pendaftaran visa di Indonesia

Setelah masuk Indonesia, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah berkunjung ke Kantor Imigrasi paling lama 7 hari setelah kedatangan. Di sana, investor asing akan mendapatkan izin masuk kembali dan akan melakukan pendaftaran visa. Pendaftaran visa akan memakan waktu kurang lebih 14 hari dan setelah itu akan dikembalikan dan KITAS akan dikirim melalui email.

Bisakah pemegang KITAS Investor bekerja?

Bekerja di bawah KITAS Investor hanya akan diizinkan jika kamu dalam posisi Direktur, sedangkan KITAS Investor dengan posisi Komisaris tidak bisa bekerja tetapi masih memenuhi syarat untuk izin tinggal 2 tahun. Jika pemegang KITAS Investor dengan posisi Komisaris ingin bekerja, mereka harus memiliki 10 miliar rupiah kepemilikan saham pada perusahaan tempat dia bekerja untuk mendapatkan izin kerja.

Berapa harganya?

Biaya KITAS Investor bervariasi menurut sumber yang berbeda. Termurah KITAS Investor 1 tahun seharga Rp 14 juta sedangkan KITAS Investor 2 tahun dihargai Rp 18 juta.

Informasi tambahan:

  • KITAS investor bisa diperpanjang tanpa perlu pembatalan setelah kedaluwarsa
  • Memungkinkan untuk memperoleh KITAs Investor sesudahnya
  • Perusahaan bisa memperoleh beberapa KITAS Investor asalkan setiap pemohon telah memenuhi persyaratan
  • KITAS investor bisa mendukung visa tanggungan

Kami berharap panduan singkat ini bisa memberi investor asing pengenalan yang memadai tentang bagaimana memperoleh dokumen yang dibutuhkan selama tinggal di Indonesia. Perhatikan bahwa ada banyak sumber yang bisa kamu cari terkait informasi tentang KITAS Investor. Jadi, jangan ragu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang KITAS Investor dan manfaatnya dari sumber lain!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

10 Desain Ruangan dengan Cat Dinding Warna Kuning, Cerah dan Bikin Semangat!

10 Desain Ruangan dengan Cat Dinding Warna Kuning, Cerah dan Bikin Semangat!

Kost Sekitar Fatmawati

Kost Sekitar Fatmawati

7 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara dengan Mudah

7 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara dengan Mudah

Ini 7 Cara Membuat Ruangan Lebih Sejuk Tanpa AC

Ini 7 Cara Membuat Ruangan Lebih Sejuk Tanpa AC

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *