Jajanan khas Indonesia: Kue Basah

Jajanan khas Indonesia: Kue Basah

Jika kamu sedang berada di Indonesia, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah mencoba kuliner khas Indonesia! Untung saja Indonesia punya banyak makanan yang pantas untuk dicoba, salah satunya adalah jajanan pasar. Jajanan Pasar adalah jajanan khas Indonesia yang bisa kamu temukan di pasar tradisional. Meski ada jajanan modern lainnya, Jajanan Pasar tetap menjadi salah satu jajanan favorit semua orang. Kue Basah juga merupakan bagian dari Jajanan Pasar, karena Kue Basah bisa kamu temukan di pasar tradisional. Kue basah atau kue basah adalah kues yang berisi tepung beras, gula pasir, dan santan. Karena itu, biasanya tidak bisa bertahan lama. Jika kamu sedang berada di Indonesia, tentunya kamu tidak boleh melewatkan mencicipi jajanan pasar. Kami telah mengumpulkan 11 jajanan pasar yang harus kamu coba!

Kue Cubit

Siapa yang tidak kenal dengan kue terkenal yang satu ini? Kamu bisa menemukannya dengan mudah, terutama di pasar tradisional dan sekolah. Kue cubit sesuai kata nya, cubit, sebagian orang percaya nama itu muncul karena penjual harus mencubitnya dengan pinchers. Bahan utama kue ini adalah baking powder, tepung terigu, dan gula pasir. Beberapa orang mengatakan kue cubit terkait dengan poffertjes, pancake tradisional asal Belanda. Biasanya, penjual meletakkan taburan coklat diatas kue cubit, dengan rasa inovatif dan topping ditambahkan ke favorit larut malam ini. Saat ini, kue terkenal ini bisa kamu temukan dimana-mana bahkan memiliki varian yang beragam. Sebut saja kue cubit rasa green tea yang sempat tenar beberapa tahun lalu. Kamu bisa membeli kue cubit dengan harga Rp. 10.000,00 untuk 1 box isi 9 buah.

Kue Putu

Kue putu adalah pasar jajanan lain yang bisa kamu temukan di mana-mana, karena sangat terkenal. Kue putu dibuat dengan gula aren, kelapa parut dan tepung beras. Menariknya lagi, para pedagang kue putu biasanya menggunakan alat uap yang mengeluarkan bunyi, sehingga menjadi ciri khas.

Pastel

Jika berbicara tentang pastel, tentunya makanan yang satu ini sudah dikenal banyak orang, karena beberapa negara memiliki versi pastelnya masing-masing. Di Indonesia pastel dibuat dengan pastry yang tipis, dan didalamnya terdapat telur, sayur mayur seperti wortel dan kentang, fillet ayam atau daging dan bihun. Pastel bisa kamu temukan dimana-mana, bahkan banyak restoran yang menyediakan makanan ini. Biasanya pastel disajikan sebagai camilan.

Dadar Gulung

Dadar Gulung artinya panekuk gulung, dan ini adalah pasar jajanan lain yang harus kamu coba. Dadar Gulung yang menjadi salah satu jajanan populer, biasanya berwarna hijau, karena mengandung daun pandan. Bahan utama jajanan ini adalah gula aren, kelapa parut, tepung beras, dan pandan.

Lemper

Lemper adalah makanan ringan yang terkenal di Indonesia dan dibuat dengan ketan. Biasanya lemper diisi dengan ayam, abon, atau ikan. Bahan utama lemper adalah ketan, ayam, abon, atau ikan. Orang sering makan lemper sebagai camilan, tapi kadang lemper dianggap sebagai hidangan pembuka.

Kue Mangkok

Kue Mangkok adalah kue kukus yang terkenal bisa kamu temukan dimana-mana. Tak hanya di Indonesia, kue ini juga populer di Maritim Asia Tenggara. Nama kue mangkok berasal dari kue yang diletakkan di atas cangkir. Biasanya kue mangkok disajikan sebagai makanan penutup. Bahan utama dari kue ini adalah gula pasir, baking powder, tepung terigu, tepung beras, penyedap rasa, dan dikukus.

Risoles

Risoles adalah pasar jajanan lain yang harus kamu coba. Risoles adalah kue kering yang diisi dengan daging dan sayuran, dibungkus dengan telur dadar dan dilapisi dengan remah roti. Namun, penjual risoles harus melapisi telur ayam sebelum meletakkan remah roti. Risoles memiliki beberapa varian, seperti daging sapi asap dan ragout. Biasanya risoles disajikan sebagai lauk. Kamu juga dapat menemukannya di mana-mana.

Rempeyek

This image has an empty alt attribute; its file name is 62bf5d8acfa2e26b7bce9824d3deef73-1.jpg

Rempeyek atau rempeyek, adalah makanan gorengan khas Jawa yang terkenal. Rempeyek dibuat dari tepung beras yang dicampur air, sehingga teksturnya menjadi kental. Biasanya rempeyek diisi dengan kacang tanah, namun saat ini ada varian rempeyek seperti teri rempeyek, ebi rempeyek dan rempeyek udang kecil. Rempeyek ternyata cocok untuk disantap bersama sayuran, karena bayam rempeyek mudah ditemukan. Kamu bisa makan rempeyek sebagai camilan, dan sebagai pelengkap saat makan pecel.

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Tips Merawat Tanaman Hias Dalam Ruangan

Tips Merawat Tanaman Hias Dalam Ruangan

Things to Do in Kebayoran Lama

Things to Do in Kebayoran Lama

Coworking Space Terbaik di Bintaro

Coworking Space Terbaik di Bintaro

Plants for Beginners

Plants for Beginners

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *