5 Jenis Bahasa Cinta yang Harus Anda Ketahui

Ketika berbicara tentang cinta, ada begitu banyak hal untuk dikatakan. Mulai dari definisi cinta itu sendiri, jenis-jenis cinta yang kita miliki untuk orang tertentu, hingga cara kita mengungkapkan cinta kita kepada orang lain. Hal terakhir sangat penting karena dapat membantu diri kita sendiri dan orang yang kita cintai untuk memiliki pemahaman yang lebih baik satu sama lain. Kita dapat memperluas pengetahuan kita tentang hal-hal yang akan membuat kita dan orang yang kita cintai merasa bahagia dan puas dalam hubungan yang telah kita bangun dengan mereka. Pada dasarnya, ada istilah “bahasa cinta” yang pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman melalui bukunya “The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate” pada tahun 1992. Secara umum, “bahasa cinta” adalah sebuah konsep yang menunjukkan bagaimana kita mengungkapkan cinta kita kepada orang lain.

Baca juga: 8 Rekomendasi Novel Remaja Cocok untuk Me-Time Kamu

Meskipun banyak orang mengasosiasikan konsep ini dengan cinta romantis, namun bahasa cinta juga dapat diterapkan pada hubungan antara anggota keluarga dan teman. Dengan mengetahui bahasa cinta Anda sendiri bersama dengan orang yang Anda cintai, Anda dapat mempertahankan hubungan yang sehat di mana semua orang puas dengan itu. Itulah mengapa, penting untuk menemukan dalam kategori jenis bahasa cinta mana Anda termasuk. Secara umum, ada 5 jenis bahasa cinta yang perlu Anda ketahui. Nah, untuk mengetahui detail tentang hal tersebut, yuk simak daftarnya berikut ini!

1. Words of Affirmation

kata-kata afirmasi bahasa cinta
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Bahasa cinta pertama yang akan kita bahas adalah words of affirmation atau kata-kata afirmasi. Apakah Anda tipe orang yang akan merasa sangat bahagia setelah mendengar orang yang Anda cintai memberi tahu Anda sesuatu seperti “Aku mencintaimu”, atau “Kamu sangat berarti bagiku”, atau “Aku menghargai persahabatan kita”, atau “Aku aku sangat bersyukur memilikimu dalam hidupku”? Jika jawabannya ya, maka kemungkinan besar Anda memiliki words of affirmation sebagai bahasa cinta utama Anda. Jenis ini menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan cinta kepada orang yang kita sayangi agar mereka merasa dicintai, dihargai, dan diyakinkan. Jadi, tidak heran jika orang dengan words of affirmation suka mendengar pujian, serta kata-kata yang membangkitkan semangat. Juga, mereka sangat ingin menerima surat panjang yang penuh dengan kata-kata baik dan dorongan positif dari seseorang yang sangat mereka cintai dan hormati.

2. Quality Time

quality time
Foto oleh Jodie Louise dari Pexels

Jenis bahasa cinta kedua yang perlu Anda ketahui adalah quality time. Mereka yang memiliki jenis ini akan menghargai perhatian penuh yang diberikan oleh orang yang mereka cintai ketika mereka menghabiskan waktu bersama. Misalnya, ketika Anda berkencan dengan orang yang Anda sayangi, Anda akan terus mengharapkan mereka untuk fokus hanya kepada Anda. Dan Anda merasa paling bahagia ketika mereka tidak bermain dengan gawai mereka. Sebaliknya, mereka mendengarkan semua cerita Anda sambil melakukan kontak mata untuk meyakinkan Anda bahwa satu-satunya hal yang mereka pedulikan saat itu adalah Anda. Jika Anda senang diperlakukan seperti ini, kemungkinan besar Anda memiliki quality time sebagai bahasa cinta Anda.

3. Physical Touch

jenis bahasa cinta sentuhan fisik
Foto oleh Juan Pablo Serrano Arenas dari Pexels

Berbicara tentang bahasa cinta, ada satu yang disebut physical touch atau sentuhan fisik yang membutuhkan banyak keintiman dengan orang lain. Namun, itu tidak hanya berarti dan berbicara tentang seks. Bisa juga dengan gerakan sederhana seperti berpegangan tangan, menyentuh lengan, saling berpelukan, atau bahkan memberikan pijatan punggung untuk membantu orang yang kita cintai merasa rileks. Selain itu, gagasan memiliki seseorang yang sangat dekat dengan Anda membuat Anda merasa aman dan bahagia pada saat yang bersamaan. Dengan begitu, jika Anda adalah tipe orang yang merasa paling dicintai ketika Anda dirawat dengan cara yang melibatkan banyak kasih sayang dalam bentuk fisik, maka mungkin Anda memang memiliki physical touch sebagai bahasa cinta utama Anda.

4. Acts of Service

acts of service
Foto oleh Jeswin Thomas dari Pexels

Dari kelima bahasa cinta yang perlu Anda ketahui, yang berikutnya disebut acts of service. Jika Anda memiliki jenis bahasa cinta ini, Anda tidak akan mudah tergerak oleh kata-kata saja. Sebaliknya, Anda akan lebih menghargai jika orang yang Anda cintai menunjukkan cintanya kepada Anda melalui tindakan nyata. Misalnya, ketika mereka terus-menerus membantu Anda melakukan pekerjaan rumah tanpa Anda minta terlebih dahulu, atau ketika mereka dengan sabar merawat diri sendiri ketika Anda sakit. Selanjutnya bentuk perbuatan itu sendiri bisa bermacam-macam mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Dan hal itu tidak terlalu penting bagi Anda. Karena bagaimanapun juga, yang paling membuat Anda bahagia adalah niat dan keikhlasan mereka saat membantu Anda.

5. Receiving Gifts

menerima hadiah
Foto oleh olia danilevich dari Pexels

Jenis bahasa cinta terakhir yang akan kami sampaikan adalah receiving gifts atau menerima hadiah. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tindakan memberi hadiah melambangkan cinta dan kasih sayang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika orang yang memiliki receiving gifts sebagai bahasa cinta utama mereka akan merasa paling dicintai dan dihargai ketika mereka mendapatkan hadiah dari orang yang mereka cintai. Namun, mereka tidak pernah memperhatikan harga atau ukuran hadiah itu sendiri. Yang terpenting bagi mereka adalah niat, keikhlasan, dan usaha yang dilakukan oleh si pemberi hadiah. Selain itu, yang lebih menarik dari hadiah itu sendiri adalah makna di baliknya. Juga, Anda akan cenderung mengingat semua hadiah yang pernah Anda terima dari hampir semua orang karena hal itu memberikan dampak yang begitu besar pada hidup Anda.

Itu dia 5 jenis bahasa cinta yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui sedikit tentang semuanya, apakah Anda sekarang tahu apa bahasa cinta utama Anda?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *