10 Jenis Bed Cover dari Bahan dan Fungsinya

10 Jenis Bed Cover dari Bahan dan Fungsinya

Apa itu bed cover?

Bed cover adalah kain tebal yang digunakan untuk menutupi bagian seprei sekaligus kasur. Dengan bahannya yang tebal, bed cover diletakkan di atas seprei yang tipis. Selain peletakannya, bed cover dan seprei memiliki perbedaan ukuran. Seprei biasanya memiliki ukuran sesuai dengan kasur, sedangkan bed cover berukuran lebih lebar dari kasur. Selain lebih besar, bed cover juga lebih tebal dan empuk dari seprei, sehingga memberi kesan nyaman dan bikin betah.

Kalau bed cover adalah kain tebal dan empuk, apa bedanya dengan selimut?

Selimut yang berguna sebagai penghangat berukuran lebih kecil dan mungkin hanya bisa menutupi badan, sedangkan bed cover bisa menutupi badan dan kasur. Bahan bed cover juga biasanya lebih tebal dan empuk karena terdapat dakron di dalamnya. Jadi, bed cover lebih multifungsi.

Bed cover juga memiliki jenis yang bervariasi, lho. Jenis dan tipe bed cover ini tergantung dari segi bahan dan fungsi pemakaiannya. Simak lanjutannya, ya!

Jenis Bed Cover Berdasarkan Bahannya

Berdasarkan bahannya, ada beberapa jenis bed cover yang bisa kamu pilih. Setiap jenisnya juga memiliki ciri khas dan kelebihan masing-masing, tinggal disesuaikan sesuai kebutuhan kamu, deh. Berikut ini 5 tipe bed cover berdasarkan bahan:

1. Bahan katun

jenis bed cover - bahan katun
The Company Store

Kamu pasti punya baju berbahan katun, kan? Bukan hanya untuk pakaian, katun juga merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk bed cover. Bahannya yang nyaman, perawatannya yang mudah, dan harganya yang terjangkau membuat katun jadi salah satu bahan bed cover paling umum.

Bahan katun juga terdiri dari beberapa jenis, lho, dan masing-masing memiliki sifat bahan yang berbeda. Berikut pembagiannya:

  • Katun jersey: dibuat dengan cara dirajut, bukan ditenun. Teksturnya nyaman dan sering digunakan untuk bahan pakaian.
  • Katun pima: identik dengan tampilannya yang agak berkilau. Lembut alami, sehingga cocok untuk bahan bed cover atau seprei.
  • Katun egyptian: salah satu bahan yang lebih mewah dibanding yang lain. Teksturnya sangat lembut dan halus, sehingga sangat nyaman.
  • Flanel: salah satu bahan bed cover terbaik kalau kamu butuh bed cover yang menghangatkan.
  • Percale: bahan yang sejuk, tenunannya rapat dan polos, sehingga terasa lembut.

2. Bahan poliester

jenis bed cover - poliester polyester
Walmart

Poliester adalah jenis bahan kain yang terbuat dari serat sintetis sehingga tahan lama dan tidak mudah kusut. Biasanya, polyester digabungkan dengan bahan katun supaya terasa lebih lembut.

Bed cover bahan poliester biasanya tidak terlalu mahal, lho. Selain itu, jenis bed cover poliester juga populer karena lebih tahan noda dan mudah dibersihkan. Cocok untuk kamu yang tidak mau cepat kotor dan untuk tempat tidur anak!

3. Bahan tencel

jenis bed cover - tencel
Pottery Barn

“Tencel” sebenarnya adalah sebuah merek dagang yang menggunakan jenis bahan yang tersusun atas serat tertentu. Namun, istilah “bahan Tencel” lebih populer untuk mendeskripsikan jenis serat.

Bahan tencel membuat jenis bed cover ini terasa sangat lembut, tahan lama, dan antimikroba. Terlebih lagi, bahan tencel ini ramah lingkungan, lho, karena pembuatannya bebas bahan kimia berbahaya.

4. Bahan sutra

Elle Silk

Siapa yang tidak tahu kain sutra? Sutra memang menjadi bahan yang paling mewah, elegan, dan indah dibandingkan jenis bahan lain. Terbayang, kan, kenapa bed cover sutra diincar? Ya, karena bahannya yang lembut, halus, dan berkilau.

Kualitasnya yang premium membuat jenis bed cover bahan sutra jadi lebih mahal dibanding yang lainnya. Selain itu, kamu juga harus teliti merawatnya supaya tidak cepat rusak dan awet.

5. Bahan asetat

Pinterest

Bahan acetate sebenarnya agak jarang dijadikan bahan bed cover atau seprei, tetapi jangan salah, jenis bed cover ini bahannya tidak kalah halus dibanding bahan lain. Bahan ini bahkan memiliki tekstur yang halus seperti satin, lho.


Baca juga: Jenis Ukuran Kasur yang Wajib Kamu Tahu


Jenis Bed Cover Berdasarkan Fungsi dan Pemakaiannya

Selain berdasarkan bahan, jenis bed cover juga bisa dibagi berdasarkan fungsi dan pemakaiannya. Kamu tinggal memilihnya sesuai sesuai kebutuhan, deh. Berikut ini 5 tipe bed cover berdasarkan pemakaiannya:

6. Comforter

The Company Store

Comforter merupakan tipe bed cover yang paling umum digunakan. Biasanya, comforter sepaket dan satu tema dengan sarung bantal, sarung guling, dan sepreinya. Bahan untuk comforter biasanya juga tebal karena memiliki isi campuran kapas atau serat sintetis.

Jenis bed cover comforter ini nyaman dan bisa menghangatkan. Namun, kamu harus memperhatikan perawatannya, karena ada jenis comforter yang tidak bisa dicuci dengan mesin cuci. Sedangkan, kamu harus rajin mencucinya karena bahannya mudah kotor.

7. Duvet

jenis bed cover - comforter
The Company Store

Kamu suka bed cover yang tebal dan empuk? Nah, duvet bisa jadi pilihan. Seperti comforter yang bikin hangat, duvet juga berisi kapas atau serat sintetis, tetapi bahannya lebih halus dibandingkan comforter. Biasanya, duvet juga satu set dengan pelindungnya.

Untuk perawatannya, jenis bed cover duvet tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, ya. Namun, kamu bisa melepas dan mencuci pelindungnya di mesin cuci, kok.

8. Bedspread

IKEA Indonesia

Sesuai dengan sebutannya, bedspread adalah jenis bed cover yang bisa dibentangkan di atas kasur. Jenis bed cover ini bisa menutupi keseluruhan kasur, bahkan hingga menyentuh lantai dan menutupi bagian atas (posisi kepala) tempat tidur. Jenis ini memang termasuk jenis bed cover yang tradisional, tetapi tetap elegan, kok.

9. Coverlet

Overstock

Jenis bed cover ini lebih modern dan bergaya dibanding bedspread. Dibandingkan bedspread, ukurannya memang lebih kecil, tetapi tetap lebih besar dari ukuran selimut biasa sehingga mampu menutupi bagian pinggir kasur. Dengan bahan yang lebih ringan dan tipis, coverlet bisa digunakan dalam cuaca apa pun.

10. Quilt

Super King Australia

Jenis bed cover ini memiliki jahitan yang terdiri dari 3 lapisan! Jahitan ini merupakan bentuk seni jahit kuno yang disebut “quilting”. Lapisannya pun memiliki isian seperti kapas, wol, atau bulu. Karena 3 lapisan ini, bahannya jadi empuk dan nyaman untuk digunakan saat cuaca sedang dingin!


Itulah 10 tipe bed cover berdasarkan bahan dan fungsi atau pemakaiannya yang umum dijual. Nah, jenis bed cover mana yang sepertinya cocok untukmu dan akan kamu pilih?

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *