8 Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

8 Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Olahraga adalah salah satu hal penting yang wajib dilakukan oleh siapa saja yang ingin menjaga kesehatan tubuh. Olahraga bisa dimulai dengan olahraga ringan seperti jogging sampai olahraga berat yang membutuhkan latihan ekstra. Olahraga ringan adalah salah satu pilihan yang bisa dilakukan oleh orang yang tidak memiliki waktu banyak untuk berolahraga. Selain gerakan yang tidak terlalu berat, olahraga ini juga umumnya tidak membutuhkan tempat yang luas sehingga bisa dilakukan di rumah pribadi tanpa harus pergi ke pusat kebugaran. Berikut ini adalah 8 rekomendasi olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah.

Baca juga : 10 Rekomendasi Alat Olahraga Di Rumah: Lebih Sehat dan Bugar

1. Jogging

Jogging adalah salah satu olahraga ringan yang mudah dilakukan di rumah. Anda tidak harus membeli threadmill untuk melakukan gerakan jogging. Anda bisa mulai jogging dengan memanfaatkan tempat yang ada di sekitar rumah seperti halaman rumah, gang perumahan, atau tempat lain yang sekiranya cukup untuk Anda berkeliling sambil melatih otot kaki Anda. Walaupun jogging bisa dikatakan ringan, bukan berarti Anda tidak melakukan pemanasan sebelum latihan. Lakukan pemanasan selama beberapa menit agar Anda terhindar dari cedera otot. Anda bisa mengatur jadwal untuk jogging agar bisa menjadi rutinitas yang positif untuk menjaga kesehatan Anda.

2. Gerakan Duduk-Berdiri

Jika jogging umumnya dilakukan di tempat yang membutuhkan akses jalan, gerakan duduk-berdiri bisa Anda lakukan di dalam rumah. Anda cukup menyediakan sebuah kursi sebagai media olahraga ringan ini. Anda bisa memulai gerakan ini dengan duduk selama 3 detik lalu berdiri dan lakukan gerakan ini berulang kali. Saat melakukannya pastikan tubuh Anda tidak bersandar pada kursi dan posisi tubuh tegak dengan tatapan lurus kedepan. Posisi perut juga diusahakan tetap ditarik kedepan. Gerakan ini sangat cocok untuk melatih pernapasan dan otot-otot kaki.

3. Naik-Turun Tangga

Jika Anda memiliki rumah dengan tangga, ini menjadi salah satu keuntungan jika Anda ingin berolahraga ringan di dalam ruangan. Anda bisa memanfaatkan tangga sebagai sarana olahraga ringan ini. Anda bisa mulai dengan melakukan pemanasan selama beberapa menit diikuti dengan gerakan naik-turun tangga dengan kecepatan konstan. Anda juga bisa menambah kecepatan jalan Anda saat merasa sudah terbiasa dengan kecepatan konstan sebelumnya. Olahraga ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin melatih otot-otot kaki.

olahraga ringan
Unsplash

4. Push-up

Salah satu olahraga ringan lainnya yang bisa Anda lakukan di dalam ruangan adalah push-up. Gerakan ini bisa Anda lakukan di mana saja, mulai dari ruangan yang cukup besar hingga ruangan kecil sekalipun. Anda bisa memulai gerakan push up dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan. Dorong badan Anda ke atas dengan kekuatan tangan namun posisi badan dan kaki tetap lurus. Lalu cobalah untuk menurunkan badan Anda tanpa menyentuh lantai dengan posisi badan dan kaki yang tetap lurus. Lakukan gerakan ini berulang-ulang sampai Anda merasa cukup nyaman melakukannya. Olahraga ini sangat penting untuk melatih kekuatan tubuh khususnya bagian atas dan otot-otot Anda.

5. Sit-up

Tak hanya push-up, sit-up juga merupakan salah satu gerakan olahraga yang tidak membutuhkan ruangan yang terlalu besar. Gerakan ini cukup mudah dilakukan, Anda bisa mengawalinya berbaring. Posisi kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai. Posisi kaki juga bisa berada di posisi lurus dengan posisi tangan bisa diluruskan kedepan, disilangkan di depan dada atau di ditekuk dengan posisi telapak tangan tepat di belakang kepala. Langkah selanjutnya adalah angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut lalu turunkan ke posisi semula. Lakukan gerakan ini secara berulang sesuai kemampuan Anda. Gerakan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melatih otot bagian perut yang lebih kencang dan mengurangi berat badan secara perlahan.

6. Bridge

Salah satu gerakan olahraga ringan yang bisa Anda lakukan menggunakan media lantai adalah bridge. Anda bisa mengawali gerakan ini dengan berbaring terlentang serta posisi tangan berada disamping badan. Tekuk lutut dengan betis tetap lurus dengan telapak kaki menyentuh lantai. Angkat pinggul Anda hingga lurus dengan bahu lalu tahan selama tiga detik. Terakhir, turunkan pinggul Anda secara perlahan dan lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sesuai dengan kemampuan Anda. Olahraga ini sangat penting untuk melatih otot sekitar pinggul dan otot bagian paha.

olahraga ringan
Unsplash

7. Wall-sit

Wall-sit adalah sebuah gerakan olahraga ringan yang menggunakan media dinding kosong sebagai sarana. Anda bisa memulai gerakan ini dengan berdiri tegak membelakangi dinding dengan bagian punggung menempel pada dinding. Lakukan gerakan menurunkan badan dengan menekuk lutut sehingga tubuh seperti pada posisi duduk di kursi, setelah tiga detik lalu kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang dengan mengikuti pola sebelumnya. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan otot perut dan otot bagian bawah tubuh.

8. Kardio

Kardio adalah sebuah rangkaian gerakan olahraga ringan yang cocok untuk Anda yang mencari keringat dan membakar lemak tubuh. Anda bisa melakukan gerakan olahraga ini dengan menggunakan treadmill, sepeda statis, atau alat bantu kardio lainnya. Selain itu Anda juga bisa menggunakan lompat tali sebagai alternative jika tidak memiliki alat bantu kardio. Olahraga ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dan membakar lemak tubuh.

Itulah 8 rekomendasi olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah.  Olahraga sangat penting untuk dilakukan karena ia sangat berpengaruh pada kesehatan dan kekuatan tubuh Anda. Semoga membantu!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *