10 Jenis Pohon Peneduh untuk Rumah Teduh dan Sejuk

10 Jenis Pohon Peneduh untuk Rumah Teduh dan Sejuk

Kamu pasti tahu, kan, kalau pohon sangat bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan kita? Pohon mampu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang berguna untuk manusia. Selain itu, pohon juga menawarkan keteduhan karena mampu menghalau panas matahari yang terik. 

Nah, adanya pohon memang bisa membuat lingkukan lebih teduh dan sejuk. Bagi kamu yang tinggal di area yang panas, pasti ingin rumah yang adem dan asri kan? Adanya pepohonan yang rindang dan teduh bisa, lho, bikin kamu betah karena rumah terasa lebih sejuk.

Kalau kamu bingung jenis pohon rindang apa yang cocok untuk ditanam di halaman rumah, berikut ini rekomendasi 10 jenis pohon peneduh rumah supaya rumah kamu lebih adem!

1. Pohon Mangga

Gambar Pemandangan

Pohon mangga menjadi salah satu pohon rindang yang umum kamu temukan di pekarangan rumah. Jika merawatnya dengan rajin, pohon mangga dapat membuat rumah menjadi teduh karena tingginya yang bisa mencapai 10 meter! Selain itu, kamu juga bisa panen buah mangga kalau merawatnya dengan telaten dan tepat. Asyik, kan? Namun, jangan mengabaikan perawatannya, ya, karena pohon mangga yang kamu tanam bisa diserang hama dan penyakit.

2. Pohon Pucuk Merah

Desain Lanskap

Pohon pucuk merah memiliki daun yang lebat, rimbun, dan corak daun warna merah yang menarik. Karena kerimbunannya dan batang yg melebar seperti kanopi, pohon ini bisa membuat rumah kamu lebih adem. Menariknya lagi, sesuai namanya, daun pohon pucuk merah akan berubah jadi kemerahan saat musim kemarau. Pohon ini akan membuat halaman rumahmu lebih berwarna!

3. Pohon Palem

99.co

Kamu pasti tidak asing dengan pohon ini, karena pohon hias yang satu ini sering ditanam di pekarangan atau taman-taman. Pohon palem memang membuat rumahmu adem dan sejuk karena bentuknya yang menjulang bisa mencapai 20 meter! Pasti bikin teduh, kan? Nah, kalau kamu ingin yang lebih kecil, kamu bisa memilih jenis pohon palem putri.


Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Membeli Tanaman di Jakarta


4. Pohon Angsana

Dekoruma

Jenis pohon peneduh ini memiliki tampilan yang cantik dengan bunga-bunga kecil berwarna kuning. Tinggi pohon angsana ini bisa mencapai 40 meter, lho! Selain itu, pohon angsana juga memiliki daun yang rapat, sehingga terlihat rimbun. Rumahmu akan lebih sejuk karena pohon yang rimbun ini akan melindungi dari teriknya sinar matahari.

5. Pohon Ketapang Kencana

Bukalapak

Kamu lebih suka tipe pohon peneduh rumah dengan batang yang ramping? Tenang, pohon ketapang kencana bisa jadi pilihan untuk kamu. Diameternya lebih kecil dan rantingnya rapi, sehingga cocok untuk rumah minimalis. Namun, walaupun terlihat ramping, pohon ketapang kencana bisa tumbuh 10-20 meter, lho. Dedaunannya juga terlihat seperti kanopi yang teduh, cocok untuk memberi rasa adem!

6. Pohon Kersen

Radar Surabaya

Pohon peneduh yang sering kamu lihat di pinggir jalan ini juga bisa kamu tanam di halaman rumahmu, lho. Batangnya yang mirip kipas serta daun lebar yang menunduk bisa membuat rumah adem. Cara menanam dan merawatnya pun termasuk mudah, sehingga sering jadi favorit. Selain itu, pohon kersen juga menghasilkan buah berwarna merah yang kecil dan aman untuk dimakan!


Baca juga: 16 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Rumah


7. Pohon Tanjung

Alam Priangan

Pohon ini juga biasanya sering ditemui di jalan besar, tetapi kamu juga bisa menanamnya di halaman rumah. Jenis pohon peneduh yang satu ini sudah pasti bikin teduh dan adem, karenadaunnya yang lebat dan tidak mudah gugur. Kamu juga tidak perlu takut pohon ini mudah tumbang, karena batang pohon dan rantingnya tebal. Namun, kalau kamu ingin menanam pohon ini, disarankan untuk memiliki halaman rumah yang cukup luas, ya.

8. Pohon Tabebuya

Jatim Times

Jenis pohon peneduh rumah ini cantik banget, karena mempunyai bunga yang sangat cantik dan indah dilihat. Corak bunganya mirip pohon sakura yang berada di Jepang, kan? Warnanya pun beragam, ada warna kuning, merah muda, dan putih. Di musim kemarau, kamu bisa melihat bunganya yang bermekaran. Cantik, deh, di halaman rumah!

9. Pohon Kiara Payung

Pohon tropis ini juga bisa kamu pilih sebagai peneduh rumah yang cantik. Terlebih lagi, pohon kiara payung juga terkenal karena merupakan penyerap karbon dioksida yang oke. Daunnya pun lebat dan rapat-rapat sehingga bisa melindungi rumah dari terik matahari. Pohon ini cocok, lho, untuk kamu yang punya rumah minimalis, karena tingginya hanya sekitar 4-11 meter.

10. Pohon Beringin

Event Kampus

Kalau kamu ingin menanam pohon ini, maka kamu harus mempunyai halaman yang luas. Tinggi dan diameter pohon in bisa tumbuh hingga lebih dari 2 meter. Pohon ini juga mempunyai daun yang lebat dan rapat sehingga tidak hanya melindungi rumah kamu, namu dapat melindungi halaman kamu juga loh.


Nah, itulah rekomendasi 9 jenis pohon peneduh yang bisa ditanam di halaman rumahmu. Satu pohon yang kamu tanam akan memberi manfaat untuk kamu dan bumi, lho, bahkan bukan hanya saat ini saja, tetapi juga di masa depan!

Jadi, kira-kira pohon mana yang akan kamu tanam di pekarangan? Semoga daftar pohon rindang ini membantu ya!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Pesan Makanan Online untuk Membuat Liburan Anda di Bali Lebih Mudah

Pesan Makanan Online untuk Membuat Liburan Anda di Bali Lebih Mudah

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *