Jenis dan Tipe Sukulen atau Kaktus untuk Hiasan Rumah

Jenis dan Tipe Sukulen atau Kaktus untuk Hiasan Rumah

Kaktus dikenal sebagai tumbuhan berduri yang berhabitat di gurun atau daerah kering. Tanaman ini termasuk salah satu tanaman yang unik karena mampu bertahan hidup di suhu panas dan tanpa air dalam waktu yang lama. Kaktus juga dikenal sebagai sukulen, namun sukulen sendiri bukanlah nama famili tumbuhan seperti kaktus. Kedua tanaman ini menjadi tanaman yang digandrungi para pecinta tanaman, bentuknya yang mungil dan unik serta indah menjadikan tanaman ini cocok untuk dekorasi dalam ruangan. Ada banyak jenis dan tipe kaktus mini atau sukulen yang unik dan indah. Sebelum kita melihat jenis kaktus dan sukulen terbaik yang direkomendasikan, kita perlu mengetahui perbedaan antara kedua tanaman tersebut.

Perbedaan Antara Sukulen dan Kaktus

Sukulen adalah sebutan untuk tumbuhan yang bersifat menyerap dan menyimpan air pada batang sebagai sumber makanan. Selain itu, sukulen memiliki kelopak yang berbentuk seperti daun tanpa duri. Sedangkan kaktus menggantikan jaringan daunnya berupa duri. Jadi, dapat disimpulkan bahwa semua kaktus merupakan tumbuhan sukulen, namun tidak semua sukulen merupakan kaktus. Jadi, perlu diingat jika kaktus memiliki duri, sedangkan sukulen tidak. Kalian bisa memli sukulen di toko-toko online seperti Shopee dan Tokopedia!

Cara Merawat Kaktus dan Sukulen

Kuat atau tidaknya kaktus dan sukulen dalam sebuah ruangan tidak hanya disebabkan oleh penyiraman. Meskipun membutuhkan air, terlalu banyak penyiraman dapat mempercepat pembusukan akar. Ada hal penting lain selain penyiraman yang perlu diperhatikan dalam merawat kaktus dan sukulen seperti cahaya, media tanam, dan wadah yang digunakan untuk menanam.

Kaktus dan sukulen merupakan tanaman yang menyukai suhu panas, sehingga harus ditempatkan di tempat yang mendapat sinar matahari. Tanaman yang diletakkan di tempat bersuhu rendah dan lembab akan menyebabkan tanaman itu mati. Kaktus dan sukulen yang ditanam dalam wadah/pot perlu diganti media tanamnya secara berkala dan diberikan pupuk untuk menyuburkan tanaman. Jika wadah/pot kaktus dan sukulen terlalu kecil, kamu perlu beralih ke wadah yang lebih besar. Hal itu dilakukan agar tanaman bisa tumbuh lebih baik. Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi kaktus dan sekulen yang bisa kamu tanam!

Ariocarpus Cactus

Ariocorpus cactus
Ariocorpus Cactus

Pada umumnya, tipe kaktus ini memiliki duri pada bagian daunnya. Namun, kaktus hias jenis ini tidak memiliki duri sama sekali. Daun kaktus ini berbentuk prisma dengan ujung melengkung, tumpul, atau runcing. Uniknya, selain tidak punya duri, kaktus ini memiliki bunga yang besar. Ukuran bunganya hampir seukuran dengan batangnya. Selain itu, warnanya yang beragam membuat kaktus ini sangat cantik dan menjadi salah satu favorit dan sukulen terbaik bagi para pecinta tanaman.

Astrophytum Cactus

Astrophytum Cactus mini kaktus
Astrophytum Cactus

Sama seperti Kaktus Ariocarpus mini, kaktus dengan jenis Astrophytum juga memiliki bunga yang berwarna-warni pada batangnya yang akan membuatnya tampak sangat cantik. Selain itu, kaktus ini tidak kalah unik dengan kaktus sebelumnya, karena batangnya memiliki bentuk yang unik seperti bintang atau belimbing.

Orang-orang juga membaca Langkah-langkah Memulai Urban Gardening di Jakarta

Echevaria Agavoides

Echevaria Agavoides
Echevaria Agavoides

Berikutnya, Echevaria Agavoides. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman sukulen yang berasal dari Amerika Tengah. Tanaman ini mempunyai bentuk daun menyerupai kelopak bunga mawar yang sedang mekar. Menariknya, ujung daunnya bisa berubah warna menjadi warna merah yang indah jika tanaman ini mendapat cukup sinar matahari.

Haworthia Attenuata Cactus

Haworthia Attenuata Cactus mini kaktus
Haworthia Attenuata Cactus

Tanaman berikutnya adalah kaktus Haworthia Attenuata mini yang berasal dari Afrika Selatan. Tumbuhan ini memiliki dua julukan berbeda. Jenis kaktus ini dijuluki tumbuhan zebra, karena memiliki corak putih yang jika dilihat dari jauh berpola seperti zebra. Jenis kaktus ini juga dijuluki sebagai lidah buaya mini yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan lidah buaya, namun jenis daun kaktus ini tidak terbuka seperti lidah buaya.

Ferocactus Cactus

Ferocactus Cactus mini kaktus
Ferocactus Cactus

Salah satu tipe sukulen terbaik yang dikenal oleh banyak orang adalah Kaktus Ferocactus, ia memiliki tampilan yang cukup unik. Duri pada tanaman ini memiliki duri berwarna merah tajam yang tumbuh secara acak dan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Kaktus ini bisa tumbuh menjadi kaktus yang cukup mengerikan bagi orang awam karena durinya yang panjang seperti kumis kucing. Meski demikian, kaktus ini tetap menjadi kaktus yang cantik di mata pecinta tumbuhan.

Sedum Succulent/ Burro’s Tail

Sedum Succulent/ Burro’s Tail
Sedum Succulent / Burro’s Tail

Jenis Sukulen yang berasal dari Afrika Selatan ini merupakan tumbuhan sukulen jenis sedum atau bisa disebut tumbuhan batu karena memiliki struktur daun tebal. Jenis sukulen ini tergolong tumbuhan yang mudah dirawat, pertumbuhan daun yang lebat pada tumbuhan ini dapat dirangkai secara utuh seperti ekor keledai sehingga disebut juga ekor keledai (Burro’s Tail). Selain itu, tumbuhan ini juga dikenal dengan sebutan kaktus anggur, karena daun tumbuhan ini bergerombol dan terlihat seperti buah anggur.

Opuntia Cochenillifera Cactus

Opuntia Cochenillifera Cactus mini kaktus
Opuntia Cochenillifera Cactus

Jenis kaktus ini sering disebut juga kaktus “centong” karena bentuknya yang lebar dan lonjong seperti “centong” atau sendok nasi. Meski hanya berbentuk lebar dan lonjong, kaktus ini terlihat sangat cantik. Terutama saat bunga di ujung daun tumbuh. Kaktus ini juga bisa tumbuh dengan banyak daun, membuat kaktus ini mirip dengan Mickey Mouse.

Kalanchoe (Succulent Panda)

Kalanchoe mini kaktus
Kalanchoe (Succulent Panda)

Berikutnya adalah Kalanchoe. Ini adalah tanaman sukulen yang berasal dari Namibia, Afrika Selatan. Tanaman ini memiliki bentuk yang khas. Beberapa tipe sukulen seperti ini memiliki daun berbulu halus dan corak coklat di ujung daun. Tanaman ini bisa disebut daun beludru. Selain itu, warna bulu halusnya yang putih dan ujung daunnya yang kecokelatan membuat tanaman ini juga dikenal dengan sebutan Succulent Panda.

Jade Plant

Jade Plant
Jade Plant

Tanaman ini termasuk jenis sukulen yang cukup unik karena bentuknya seperti pohon bonsai yang pertumbuhannya cepat. Teksturnya keras layaknya bahan sintetis berwarna hijau, tebal, mengkilap, berbentuk oval. Batang utama yang tebal terletak di tengah untuk menopang tanaman ini. Hal ini membuat sukulen jenis ini sedikit berbeda dengan jenis lainnya. Saat berbunga, sukulen ini akan menghasilkan bunga berbentuk bintang dengan warna merah muda dan putih.

Echinocactus Grusonii Cactus

Echinocactus Grusonii mini kaktus
Echinocactus Grusonii Cactus

Jenis kaktus mini ini berasal dari Meksiko dan Texas. Kaktus ini bisa tumbuh besar. Saat kaktus ini tumbuh, kaktus ini akan terlihat seperti tong. Bentuknya seperti tong dengan banyak duri berwarna keemasan. Hal inilah yang membuat kaktus sering disebut sebagai tong emas.

Itulah tipe-tipe sukulen terbaik yang kami pilihkan untukmu! Mana yang kamu suka? Jangan lupa untuk menyimpan artikel ini agar mudah membedakan berbagai jenis sukulen dan kaktus di masa mendatang!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Olahraga Mudah di Rumah

Olahraga Mudah di Rumah

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *