8 Jenis Tanaman Pembersih Udara yang Cocok untuk Rumah Anda

8 Jenis Tanaman Pembersih Udara yang Cocok untuk Rumah Anda

Sebagai tempat bernaung sehari-harinya, rumah, sudah sepantasnya Anda rawat seperti layaknya diri sendiri baik dari segi dalam ruangan maupun luar ruangannya. Dalam artikel kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai hiasan atau dekorasi yang dapat Anda tempatkan di dalam ruangan rumah Anda. Salah satunya adalah tanaman hias yang dapat berguna sebagai pembersih udara di seluruh sudut ruangan rumah Anda.

Ada banyak jenis tanaman hias yang dapat Anda pilih untuk menghiasi setiap ruangan pada rumah Anda. Berbagai jenis tanaman hias tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan setiap penghuni rumah. Pasalnya, tanaman-tanaman ini terbukti ampuh berfungsi sebagai pembersih udara sehingga sangat baik untuk kesehatan pernapasan dan paru-paru Anda. Hal tersebut juga diperkuat oleh hasil temuan dari The National Aeronautics and Space Administration (NASA) yang menyatakan bahwa tanaman pembersih udara mampu untuk menyerap racun berbahaya dari udara, terutama di ruang tertutup seperti rumah.

Selain berfungsi sebagai pembersih udara, tanaman tersebut juga memiliki sejumlah manfaat lainnya yaitu mengurangi debu, menyerap karbondioksida, menyegarkan ruangan, mengatasi stres, mengobati batuk, dan meredakan hidung mampet. Lalu, jenis tanaman hias apa saja yang mampu berperan sebagai pembersih udara untuk rumah Anda? Simak jawabannya pada artikel berikut ini!

Baca juga: Rekomendasi Toko Tanaman Online di Jakarta

1. Rubber Tree Plant

Rubber Tree Plant
Country Living

Racun yang tak kasat mata dan berada di udara menjadi hal yang harus dijauhkan dari tubuh manusia. Ya, untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan Rubber Tree Plant yang dapat mengeluarkan racun dari udara dan melawan parasit. Sebuah penelitian membuktikan bahwa tanaman Rubber Tree Plant mampu menghilangkan formaldehida dari udara.

Formaldehida sendiri sering ditemukan dalam perlengkapan pembersih dan furnitur. Selain berfungsi menjadi jenis tanaman pembersih udara di dalam ruangan rumah dan baik untuk kesehatan paru-paru Anda, Rubber Tree Plant juga akan memberikan aksen dramatis dalam sebuah ruangan.

2. English Ivy

English Ivy
Ilmu Budidaya

English Ivy merupakan jenis tanaman rambat yang memiliki daun kecil dan berwarna hijau. Tanaman ini memiliki daya tarik visual yang menawan. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu mengurangi jamur di ruangan rumah Anda. Keberadaan tanaman ini berperan dalam menyejukkan ruangan dan tergolong sebagai jenis tanaman dalam rumah sebagai pembersih udara yang baik untuk kesehatan paru-paru.

Cara merawat English Ivy cukup mudah yaitu dengan menjaga agar tanahnya tetap lembab dan membatasi sinar matahari langsung hanya sekitar empat jam per hari. Sebagai jenis tanaman dalam rumah yang berfungsi sebagai pembersih udara, tanaman English Ivy ini dapat ditanam pada pot dengan bantuan penyangga tanaman.

3. Peace Lily

Peace Lily
Kompas

Jenis tanaman yang dapat di tempatkan di dalam rumah sebagai pembersih udara selanjutnya adalah Spathiphyllum atau biasa dikenal dengan tanaman Peace Lily. Tanaman ini memiliki bunga yang cantik untuk dipajang. Sebuah studi yang dilakukan oleh NASA menunjukkan bahwa tanaman Peace Lily dapat menyaring benzena, formaldehid, trichloroethylene (TCE), xylene, toluen, dan amonia dari udara dalam ruangan.

Tanaman Peace Lily juga membantu untuk menghilangkan jamur di udara yang memperburuk alergi dan gejala asma, sehingga dengan menempatkan beberapa tanaman jenis ini di kamar mandi bisa mengurangi pertumbuhan jamur pada ruangan Anda. Sebagai jenis tanaman dalam rumah yang dapat berfungsi sebagai pembersih udara yang baik untuk kesehatan paru-paru, Peace Lily juga dapat ditanam di dalam pot. Biasanya, racun-racun yang terdapat di udara suatu ruangan tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, masalah pernapasan, dan peningkatan risiko kanker.

4. Philodendron

Philodendron
Kompas

Philodendron termasuk jenis tanaman hias yang sangat mudah dikembangkan. Ciri khas dari tamanan ini yaitu berupa daun hijau berbentuk hati yang mengkilap. Selain dapat dijadikan sebagai aksen dekorasi dalam ruangan rumah Anda, tanaman Philodendron tentunya sangat bagus dalam menyaring udara di dalam rumah.

Philodendron merupakan salah satu jenis tanaman dalam rumah sebagai pembersih udara. Philodendron sangat mudah tumbuh dan memiliki bentuk daun yang unik. Tanaman tersebut dapat membersihkan udara dari formaldehid dan xylene. Keduanya merupakan jenis racun yang dapat ditemukan pada lem dan kulit.

5. Lili Paris

Lili Paris
Dekoruma

Lili Paris atau dikenal dengan nama latin yaitu Chlorophytum comosum merupakan salah satu jenis tanaman pembersih udara yang mampu untuk menghempaskan zat beracun seperti formaldehida dan xylene. Walaupun Lili Paris tak seindah dengan jenis tanaman hias lainnya, namun tanaman ini sangat berguna untuk membersihkan udara di ruangan rumah Anda dari berbagai racun. Untuk merawat tanaman Lili Paris pun cukup mudah, yaitu Anda hanya harus menyiram tanaman ini dengan air bersih sebanyak 2-3 kali dalam kurun waktu seminggu.

6. Bambu Jepang (Dracaena)

Bambu Jepang Dracaena
Merdeka

Bambu Jepang atau dikenal dengan sebutan Dracaena merupakan rekomendasi jenis tanaman pembersih udara lainnya yang memiliki ragam ukuran dan warna. Tanaman pembersih udara ini bisa menghilangkan segala zat beracun, mulai dari formaldehida, xylene, toluene, benzene, hingga trichlorethylene.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika merawat tanaman ini adalah jangan sampai menempatkan tanah yang terlalu basah di dalam pot tanaman. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, sebaiknya jauhkan tanaman Bambu Jepang dari hewan peliharaan Anda sebab jika tak sengaja termakan oleh hewan maka bisa mengalami keracunan dan gejala lainnya berupa muntah atau berliur.

7. Krisan (Chrysanthemum morifolium)

Krisan
GDM Agri

Bunga Krisan atau tanaman yang dikenal dengan nama latin Chrysanthemum morifolium ini merupakan tanaman pembersih udara yang ditemukan oleh NASA. Bunga Krisan dianggap sebagai “dedengkot” karena kemampuan tanaman ini dalam menyerap berbagai racun yang terdapat di ruangan rumah Anda, seperti amonia (merupakan perpaduan senyawa kimia antara nitrogen dan hidrogen), benzene, formaldehyde, dan xylene.

Dengan khasiat yang ditawarkan oleh tanaman ini, Anda tak perlu khawatir terhadap harus merogoh biaya yang besar untuk mendapatkan tanaman hias yang satu ini karena harganya yang masih cukup terjangkau. Tanaman ini dapat ditanam pada bagian dalam maupun luar rumah Anda. Selain itu, Anda juga harus waspada dengan tidak membiarkan hewan peliharaan Anda memakan daun dari tanaman ini karena sangat bersifat racun bagi hewan.

8. Aglaonema

Aglaonema
Kampus Tani

Aglaonema merupakan jenis tanaman hias yang banyak digandrungi oleh ibu rumah tangga. Jenis tanaman ini juga sering disebut sebagai “Chinese evergreens” karena berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Asia. Tanaman hias jenis Aglaonema ini memiliki ciri khas dari warna dan corak daunnya yang cantik. Di Indonesia, Aglaonema sering kali disebut dengan sri rejeki atau beras tumpah. Selain cantik, Aglaonema merupakan jenis tanaman yang cocok untuk Anda tempatkan di dalam rumah sebagai pembersih udara yang baik karena Aglaonema memiliki kemampuan menghilangkan benzene, karbon monoksida, dan formaldehida di udara ruangan rumah Anda.

Demikian rekomendasi 8 jenis tanaman hias pembersih udara yang dapat menjadi referensi Anda untuk menghias ruangan sekaligus dapat bermanfaat bagi kesehatan pernapasan setiap penghuni rumah, karena sudah seharusnya Anda lebih memperhatikan bahaya polusi udara yang terdapat di ruangan dan tak kasat mata. Jangan pernah anggap remeh udara kotor tersebut, karena jika tak sengaja Anda hirup dan masuk ke dalam paru-paru tentunya akan ada banyak gejala yang merugikan bagi kesehatan tubuh Anda.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *