Panduan Lengkap Jual-Beli Mobil di Jakarta

Panduan Lengkap Jual-Beli Mobil di Jakarta

Ketika kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta, kamu akan sering menemukan banyak pilihan transportasi, terutama yang umum. Namun bagi sebagian orang, opsi transportasi umum mungkin tidak cocok untuk pekerjaan atau gaya hidup mereka. Mereka membutuhkan pilihan pribadi. Beberapa penduduk Jakarta perlu memiliki transportasi pribadi untuk melintasi Jakarta, tidak hanya secara efektif namun juga efisien.

Jika kamu salah satu dari orang-orang tersebut, maka kamu beruntung! Jakarta memiliki banyak tempat di mana kamu dapat membeli mobil baru dengan harga mudah. Jadi, untuk membantu kamu mencari mobil di Jakarta, berikut adalah panduan untuk membantu kamu mendapatkan mobil sesuai kebutuhanmu!

Baca juga: Haruskah Kamu Memiliki Mobil di Jakarta?

Panduan Kepemilikan Mobil Bagi Warga Negara Asing di Jakarta

Panduan untuk Mendapatkan SIM Indonesia untuk Orang Asing?

Tempat Sewa Mobil Terpercaya di Jakarta

5 Tips Membeli Mobil Baru di Jakarta

Showroom Mini Cooper Maxindo, Jakarta
  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan
    Sebelum memutuskan mobil merek apa yang ingin kamu miliki, pahami dulu kebutuhanmu dan budget yang kamu miliki. Kamu juga bisa membuat daftar checklist jika diperlukan. Pastikan kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai jenis mobil, harga, fitur dan teknologi yang dibutuhkan, akselerasi, kemudi, pengereman, hingga eksterior mobil yang sesuai kebutuhanmu.
  2. Periksa Fitur yang Ada
    Cek semua fitur bawaan yang ada di mobil. mulai dari fitur keselamatan, keamanan, hingga terkait kenyamanan untuk pengemudi maupun penumpang. Pertimbangkan kemudahan pengoperasiannya dan kesesuaiannya dengan kebutuhan kamu. Kamu juga bisa menanyakan apakah ada fitur yang bisa dimodifikasi, ditambahkan atau ditiadakan.
  3. Pahami Cara Perawatan
    Tentunya kamu ingin mobilmu nyaman dikendarai bahkan untuk jangka waktu yang lama. Pastikan kamu memahami dengan baik perawatan yang dibutuhkan mobilmu. Luangkan waktu untuk membaca buku servis atau berkonsultasi dengan teknisi mobil.
  4. Periksa dan Bandingkan Harga
    Jika kamu memiliki dana terbatas, harga perlu menjadi pertimbangan kamu dalam membeli mobil. Luangkan waktu kamu untuk mengunjungi beberapa tempat atau situs online yang menjual mobil yang kamu inginkan dan bandingkan harga jualnya. Perhatikan juga promo atau potongan harga yang ada agar kamu mendapatkan mobil dengan harga terbaik.
  5. Lakukan Test Drive
    Test drive sangat penting agar kamu dapat merasakan sendiri pengalaman berkendara dengan mobil yang kamu inginkan. Periksa apakah nyaman saat berkendara di jalanan ramai, parkir di lahan terbatas, atau melewati jalanan yang kondisinya tidak mulus.

5 Tips Membeli Mobil Bekas di Jakarta

Showroom Mobil Bekas Jakarta Selatan
  1. Cari Showroom dengan Pilihan Mobil Banyak
    Sebagai calon pembeli, cari showroon yang memiliki stok mobil yang banyak agar kamu juga memiliki banyak pilihan. Jangan ragu untuk banyak bertanya agar dapat mengetahui lebih banyak tentang mobil yang kamu sukai. Luangkan waktu untuk mengunjungi beberapa showroom untuk menemukan mobil dengan kondisi dan harga terbaik.
  2. Ajak Teman yang Paham Mobil
    Jika kamu tidak begitu paham mengenai mobil, sebaiknya ajak seseorang yang kamu kenal yang lebih paham tentang mobil dan mesin mobil. Temanmu yang lebih ahli tentang mobil bisa membantumu mendeteksi kondisi mobil bekas yang kamu inginkan, apakah layak untuk dibeli atau tidak.
  3. Lakukan Test Drive
    Sama seperti membeli mobil baru, kamu juga perlu melakukan test drive saat akan membeli mobil bekas. Penting untuk mengetahui secara langsung kondisi dan kenyamanan serta keamanan mobil bekas yang kamu inginkan.
  4. Periksa Riwayat Perawatan
    Mobil bekas berbeda dengan mobil baru, kamu perlu memperhatikan riwayat perawatan mobil untuk memastikan kondisinya. Mobil yang memiliki riwayat perawatan yang rutin kemungkinan besar juga memiliki kondisi yang baik dan tetap layak pakai.
  5. Periksa Kelengkapan Surat
    Walau terakhir, tips yang satu ini tidak kalah penting dibandingkan tips lainnya, Flokqers! Kamu perlu memeriksa kelengkapan dan keaslian surat-surat mobil yang akan kamu beli. Saat ini, kamu juga bisa memeriksa keabsahan surat kendaraan secara online melalui situs Samsat dan Pajak Jakarta.

5 Tips Menjual Mobil di Jakarta

  1. Pastikan Interior & Eksterior Mobil dalam Kondisi Baik
    Hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli adalah penampilan mobil. Ganti atau perbaiki bagian-bagian yang dirasa perlu untuk mempercantik tampilan mobil. Walaupun harus mengeluarkan uang lebih, penampilan yang baik dan terawat dapat menjadi nilai tambah untuk harga jual mobilmu, Flokqers!
  2. Pastikan Kelengkapan Dokumen
    Selain penampilan, calon pembeli juga akan mempertimbangkan kelengkapan dan keabsahan dokumen terkait mobil. Pastinya calon pembeli menginginkan mobil yang jelas kepemilikannya untuk mempermudah urusan administrasi secara legal.
  3. Perhatikan STNK
    Yang perlu diperhatikan pada STNK adalah masa berlaku STNK dan nama pemilik kendaraan. Komunikasikan dengan calon pembeli apakah ingin melakukan perubahan nama pemilik kendaraan atau tidak. Komunikasikan juga langkah-langkah ke depannya untuk membantu pemilik baru jika perlu memperpanjang masa berlaku STNK.
  4. Periksa Harga Pasaran
    Sebelum mematok harga jual, periksa dulu harga pasaran untuk tipe mobil yang akan kamu jual. Tentunya kamu tidak ingin menjual dengan harga terlalu tinggi maupun terlalu rendah dari harga pasar. Kondisi tertentu yang ada pada mobil juga dapat mempengaruhi harga jual, sehingga perlu dikomunikasi dengan baik kepada calon pembeli.
  5. Jual ke Konsumen
    Untuk mendapatkan harga terbaik, jual langsung mobil ke tangan konsumen yang memang akan menggunakan mobil. Jika mobil dijual ke penjual mobil bekas, dikhawatirkan harga jual akan ditekan serendah mungkin karena mobilmu akan dijual kembali. Jika tidak bisa dipamerkan di showroom mobil bekas, gunakan platform online yang terpercaya untuk menjual mobilmu. Daftarnya ada di bawah, Flokqers!

Daftar Showroom Mobil di Jakarta

showroom mobil jakarta

Dalam membeli mobil baru, kota besar seperti Jakarta memiliki banyak dealer mobil yang layak. Dealer mobil memasang harga dan produk mereka kepada para peminat dengan mudah dan konvensional melalui penggunaan showroom mereka. Jika kamu berharap untuk membeli mobil langsung dari pabrikan resmi mereka, maka kamu mencari sesuatu yang disebut penjual ATPM.

ATPM adalah singkatan dari Agen Tunggal Pemilik Merek. Agen-agen ini adalah mereka yang secara langsung menjual merek mobil mereka sendiri di showroom mereka sendiri untuk pelanggan potensial. Jadi showroom Volkswagen akan menjual produk mereka di ruang pamer ATPM, hal yang sama berlaku untuk merek lain. Ini adalah beberapa ruang pamer ATPM yang dapat Anda temukan di Jakarta:

  • VW Audi Showroom: Wisma Indomobil, Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav 8, RW.6, Kp. Melayu, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
  • Suzuki Cipulir Sejahtera Buana Trada: Jl. Ciledug Raya No.234, RT.7/RW.5, Cipulir, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12230
  • Toyota Central Jakarta: Jalan Jendral Sudirman No.Kav. 4 Ged. Wisma KEIAI, RT.2, RT.2/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910
  • Mini Cooper Jakarta: Jl. Sultan Iskandar Muda No.99, RT.6/RW.2, Kby. Lama Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240

Selain showroom dengan pengaturan ATPM, terdapat showroom lain, seperti showroom yang menjual beberapa merek mobil sekaligus di Jakarta. Meskipun menjual merek yang sama dengan penjual ATPM, showroom ini sering kali memiliki kelebihan sendiri. Salah satu keuntungannya adalah kamu dapat membandingkan mobil antar merek dengan mudah di showroom campuran ini. Terutama ketika berbicara tentang harga, kamu dapat dengan mudah membedakannya di showroom ini. Inilah beberapa di antaranya:

  • Vieta Motor: Jl. Raya Boulevard Timur Blok M1 No. 08 & 11, Bursa Mobil 1 Kelapa Gading, RW.13, Kelapa Gading Timur, Kec. Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
  • King Gallery: Blok Z 12 and Z 15, Pasar Mobil Kemayoran, Jalan Industri Raya, RT.12/RW.10, Pademangan Timur, RW.10, Pademangan Tim., Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14410
  • Auto High: Jl. Sultan Iskandar Muda No.79, RT.3/RW.5, Kby. Lama Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240

Auto Events Jakarta

auto event car shop jakarta

1. Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)

Dimulai pada tahun 1986, GIIAS adalah pameran mobil terbesar di Indonesia yang menampilkan berbagai penjual ATPM Asia dan Barat. Pameran mobil ini biasanya sering menampilkan produk dan teknologi terbaru yang ditawarkan pasar kepada konsumen Indonesia untuk pertama kalinya.

GIIAS adalah acara tahunan yang diadakan di Indonesia Convention Center yang berlokasi di Tangerang Selatan sekitar bulan Oktober-November setiap tahun. Acara ini juga diadakan di kota-kota besar Indonesia lainnya seperti Makassar, Surabaya, dan Medan.

2. Indonesia International Motor Show (IIMS)

Sebelumnya merupakan bagian dari serangkaian acara yang diadakan juga oleh Gaikindo, IIMS telah menjalankan acara secara terpisah sejak 2015. IIMS diadakan setiap tahun di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta Pusat dengan ribuan peserta setiap tahunnya.

Banyak perusahaan mobil memamerkan produk baru mereka untuk pertama kalinya dalam pameran IIMS ini. Jadwal mereka dibuat untuk memberi jalan bagi para peserta untuk juga berkumpul di GIIAS pada tanggal yang berbeda sepanjang tahun. Jadi karena penjadwalan ini, warga Jakarta dapat melihat keduanya untuk melihat peluncuran produk yang berbeda.

3. Indonesia Modification Expo (IMX)

Jika kamu ingin paket yang lebih lengkap dan serbaguna dalam mendapatkan mobil baru untuk waktu kamu di Jakarta, IMX mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Di IMX, kamu bertemu dan memiliki penjual ATPM seperti biasa, tetapi kamu juga memiliki modifikasi dan artis dalam pengertian otomotif. Jadi jika kamu mencari sesuatu yang baru tetapi belum tentu tipe konvensional, IMX mungkin memiliki beberapa hal untuk kamu.

Jual-Beli Mobil Online

1. Oto

Oto adalah portal online yang akan memberi pelanggan kecepatan hingga harga untuk mobil bekas dan baru. Sempurna untuk orang yang mencari mobil dengan harga terbaik dan masih ragu apakah akan membeli mobil baru. Oto juga menunjukkan berita terbaru tentang operasi perusahaan mobil di Indonesia sehingga kamu akan tahu kapan hal atau kabar baru berikutnya akan hadir di kota kamu!

Website: https://www.oto.com/

2. Mobil123.com

Situs web ini adalah salah satu portal online terbesar untuk membeli mobil di Indonesia. Sekarang, mereka memiliki jutaan pengunjung dan ratusan ribu daftar yang tersedia untuk kamu lihat dan beli. Mereka dibawa ke Indonesia pada tahun 2012 oleh iCar Asia yang berbasis di Australia dan sejak itu terus berkembang.

Website: https://www.mobil123.com/ 

3. Carmudi

Terbuka untuk bisnis sejak 2014, Carmudi sekarang menjadi salah satu tempat online terbaik untuk mencari mobil di Indonesia. Situs web ini juga bekerja sama dengan dealer lokal dan showroom mobil bekas untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi pelanggan. Dengan kedua mobil baru dan mobil bekas di toko, Carmudi sangat cocok untuk mereka yang mencari mobil dengan kantong yang ketat.

Website: https://www.carmudi.co.id/ 

4. Momobil.id

momobil.id

Situs momobil.id adalah salah satu marketplace untuk mobil bekas terlengkap di Indonesia. Selain untuk transaksi jual dan beli, momobil.id juga memiliki fitur Tukar Tambah, lho! Marketplace jual-beli mobil satu ini juga diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan mitra kedit Adira Finance. Tidak hanya mobil bekas, kamu juga bisa membeli mobil baru melalui momobil.id, Flokqers!

Website: https://momobil.id/

5. Garasi.id

garasi.id

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan promo, Garasi.id akan cocok buatmu! Selain promo yang didukung oleh BCA Finance dan BNI, Garasi.id punya banyak fitur yang mempermudah kamu mencari mobil bekas yang sesuai kebutuhanmu. Seperti fitur cek harga, test drive, inspeksi mobil, ganti oli, hingga servis berkala dapat kamu nikmati dari situs mereka. Kamu juga bisa melakukan pencarian dengan pilihan provinsi atau kota domisili, Garasi.id sangat lengkap dan cocok buatmu, Flokqers!

Website: https://garasi.id/

6. Mobil88

mobil88.astra

Sebagai anak usaha Astra, mobil88 menawarkan pengalaman jual-beli mobil bekas dengan proses mudah, aman, dan nyaman. Sudah beroperasi di Indonesia lebih dari 30 tahun, mobil88 juga memberi jaminan buyback guarantee dan benefit after sales service melalui mobicare. Semua mobil yang dijual sudah melalui proses quality control yang ketat sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kualitas mobil yang kamu inginkan, Flokqers!

Website: https://www.mobil88.astra.co.id/


Itulah panduan lengkap jual-beli mobil di Jakarta dari kami. Catat rekomendasi di atas untuk berjaga-jaga agar kamu tidak ketinggalan opsi yang tersedia di Jakarta! Jangan lupa untuk menanyakan referensi kepada sesama warga Jakarta karena pengalaman selalu merupakan faktor penting untuk dipahami dalam membeli mobil.

Sekarang kamu telah membaca tempat terbaik untuk membeli mobil, baca juga Mobil Paling Populer di Indonesia.

Cek juga website utama kami untuk melihat berbagai pilihan coliving (tinggal bersama) menarik di Jakarta!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Manjakan Lidahmu dengan 15 Hotpot Terbaik di Jakarta

Manjakan Lidahmu dengan 15 Hotpot Terbaik di Jakarta

11 Wisata Museum Terbaik di Jakarta

11 Wisata Museum Terbaik di Jakarta

Nikmati 10 Tempat Live Music Terbaik di Jakarta

Nikmati 10 Tempat Live Music Terbaik di Jakarta

Provider Kartu SIM di Indonesia

Provider Kartu SIM di Indonesia

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *