Kamar Gaming Tips: 11 Tips Ampuh Untuk Menjalankan Misi Anda dengan Aman

Banyak orang mencoba mencari kamar gaming yang nyaman sehingga mereka dapat menempatkan fokus terbaik pada permainan mereka. Sejujurnya, selama Anda memiliki gadget, baterai, jaringan internet yang cukup, gaming dapat dilakukan di mana saja. Namun, untuk hasil maksimal, Anda tentu membutuhkan ruangan tersendiri. Dengan demikian, Anda dapat bebas berkonsentrasi pada permainan dan tentunya seruan Anda selama permainan tidak akan mengganggu orang lain. Selain itu, peralatan gaming juga butuh sejumlah gadget dengan kabel yang menjalar ke mana-mana. Dengan menyimpan segala gadget dan kabel di ruang yang terpisah, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan seseorang tersandung hingga tidak sengaja memutuskan kabel Anda. Dengan demikian, berikut adalah tips setup kamar gaming yang dapat menjadi inspirasi Anda!

1. Ukuran Kamar Gaming

ukuran kamar gaming
source: Ukuran Kamar

Kamar gaming tidak memiliki aturan tertentu terkait ukuran absolut ruangan yang harus digunakan, namun Anda tetap perlu mempertimbangkannya. Jika Anda ingin menggunakan kamar pribadi Anda sebagai kamar gaming, Anda perlu ruang yangcukup banyak untuk menempatkan monitor, speaker, keyboard, dan lain sebagainya. Jika Anda menggunakan ruangan tersendiri, harus ada jarak yang cukup antara konsol game dan tempat duduk Anda, baik itu kursi gaming ataupun sofa biasa.

Anda juga perlu mempertimbangkan ruang tambahan jika Anda sering bermain bersama dengan orang lain. Sofa biasa akan lebih praktis karena dapat digunakan sendiri maupun dengan beberapa teman, namun Anda juga dapat menggunakan kursi gaming lebih agar tidak saling menyenggol saat bermain bersama.

2. Kursi Kamar Gaming

kursi kamar gaming
source: Kursi Gaming

Karena permainan Anda dapat menyita waktu hingga berjam-jam, penting untuk memiliki kursi gaming yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menggunakan console gaming, sofa dapat menjadi pilihan yang baik, namun jika Anda menggunakan PC gaming, Anda perlu mempertimbangkan ergonomi, bahan, ukuran, hingga fitur tambahan seperti pemijat dan bantal sandaran di kursi agar tubuh Anda tidak menderita setelah berada dalam 1 posisi yang sama selama berjam-jam. Pada gambar di atas adalah contoh kursi gaming yang paling umum digunakan. Kursi ini memiliki me sandaran tangan, alas beroda, dan sering kali dapat disesuaikan tinggi dan kemiringannya. Ada juga yang memilih produk yang dapat memutar secara vertikal dan memiliki fitur lebih canggih seperti produk di bawah.

kursi gaming
source: Kursi Gaming

Apapun produk yang Anda pilih, pastikan untuk memilih kursi dengan penyangga pinggang untuk meminimalkan nyeri punggung dan tubuh. Bahan kulit imitasi, dan vinyl tahan lama dan mudah dibersihkan, tetapi tidak terlalu menyerap keringat. Mesh, katun, dan microfiber mudah menyerap keringat dan nyaman, namun jarang tahan lama dan sulit dibersihkan. Pastikan untuk memilih kursi yang dapat mengakomodasi tahap berat pemain dan ruang yang ada.

3. Meja PC

meja PC
source: Meja Gaming

Dalam memilih meja gaming, Anda tidak perlu terlalu spesifik. Anda hanya membutuhkan meja dengan permukaan mulus, kokoh, dan memiliki ukuran yang sesuai dengan ruang dan kursi gaming Anda. Untuk memuat lebih banyak aksesoris gaming, Anda dapat memilih meja dengan permukaan datar dan lebar yang dapat menampung monitor, keyboard, mouse, dan aksesori lainnya dengan nyaman. Meja gaming dengan rak penyimpanan dan laci di bawahnya juga dapat membantu Anda menyimpan banyak barang lagi.

Jika Anda sering mengonsumsi makanan dan minuman selama permainan, sebaiknya Anda juga memilih meja yang memiliki cup holder atau ruang penampung konsumsi lainnya untuk menghindari remah-remah makanan dan tetesan minuman memasuki gadget Anda.

4. Charging Station

charging station
source: Charging Station

Kebanyakan gamer memiliki banyak aksesoris dan kabel tambahan untuk melengkapi gaming setup mereka. Laci dan lemari penyimpanan di bawah meja dapat menyimpan barang-barang tersebut, namun tidak jarang juga kita melupakan di mana suatu barang terletak karena barang tersebut terletak dalam sebuah penyimpanan tertutup. Charging station pada gambar di atas dapat menjadi alternatif tempat penyimpanan Anda. Tidak hanya Anda dapat melihat semua barang dan aksesoris Anda sepanjang waktu, namun Anda juga dapat langsung mengisi ulang daya aksesoris Anda di gantungan tersebut karena adanya ruang untuk kabel tersambung dengan stop kontak.

5. Pencahayaan Kamar Gaming

pencahayaan kamar gaming
source: Pencahayaan Ruangan

Ruang gaming harus cukup gelap agar gamer dapat konsentrasi pada layar monitor, namun harus cukup terang agar gamer dapat mengenali lingkungan di sekelilingnya. Karenanya banyak memilih lampu LED strip di bawah sebagai pengganti pencahayaan utama. Beberapa gamer memilih LED strip dengan pengaturan warna untuk menyesuaikan cahaya sesuai kebutuhan mereka.

pengaturan pencahayaan
source: Pencahayaan Ruangan

6. Monitor Kamar Gaming

monitor kamar gaming
source: Monitor Mount

Sama seperti kursi gaming, Anda perlu aksesoris monitor yang dapat memaksimalkan kenyamanan Anda. Dalam hal ini, posisi monitor mempengaruhi kenyamanan leher. Anda dapat menghindari nyeri atau kaku di leher dengan menggunakan dudukan monitor yang dapat mengubah sudut monitor. Anda juga perlu memastikan dudukan monitor Anda cukup kuat dan kokoh untuk mencegah monitor Anda jatuh dari tempatnya. Monitor Anda juga dapat diletakkan di dinding seperti gambar di bawah ini.

monitor
source: Monitor Mount

7. Pengendap Suara Kamar Gaming

pengendap suara kamar gaming
source: Ruang Kedap Suara

Meski telah disambungkan dengan headset, sesi gaming biasanya tetap berisik karena pemain yang menyerukan strategis saat bermain bersama ataupun menyampaikan informasi lainnya. Sehingga meski telah memiliki ruang sendiri, sesi permainan dapat menimbulkan kebisingan dan mengganggu penghuni lain. Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan memasang pengendap suara di ruang, seperti kamar gaming di atas yang menggunakan busa kedap suara di dinding dan di lantainya.

pengendap suara
source: soundproof foam

8. Tatanan Kabel

tatanan kabel
source: Tatanan Kabel

Salah satu bagian yang cukup merepotkan dalam gaming setup adalah kabel-kabel dari aksesoris dan gadget yang dipakai. Karena bentuknya yang cukup panjang dan elastis, seringkali kita tergoda untuk membiarkan kabel-kabel ini menjuntai begitu saja dari meja. Selama untaian kabel-kabel tersebut tidak mengganggu kenyamanan Anda, tidak masalah, namun jika Anda merasa terganggu, Anda dapat menggunakan perekat atau penahan kabel dan menahannya dalam tatanan seperti gambar di atas untuk menata kabel Anda dan menambah estetika ruangan.

9. Proyektor Kamar Gaming

proyektor kamar gaming
source: Proyektor

Monitor PC mungkin terlalu kecil bagi Anda, dan Anda sedang tidak memiliki budget untuk monitor kedua. Jika ini terdengar seperti masalah Anda, Anda masih dapat menggunakan proyektor sebagai alternatif. Dengan proyektor, Anda dapat mengatur jarak dan ukuran layar sesuka Anda. Cukup pastikan proyektor Anda dapat tekoneksi dengan speaker, console, keyboard, dan aksesoris gaming Anda yang lain.

10. Mouse Gaming

mouse gaming
source: Gaming Mouse

Karena sesi gaming butuh waktu hingga belasan jam sehari, Anda disarankan untuk memilih mouse yang memang diproduksi untuk gaming. Selain dari ketahanan bahan dan komponen, mouse gaming umumnya memiliki fitur lebih, seperti tombol yang tidak berisik, tenaga yang lebih tahan lama, serta LED Lights agar dapat terlihat lebih baik di kamar gaming yang cenderung gelap.

11. PC untuk Kamar Gaming

PC untuk kamar gaming
source: PC Gaming

Anda bisa menjalankan game apapun di PC apapun selama sistem PC tersebut mampu menjalankan berkas game, namun karena berkas-berkas game yang cenderung berat dan membutuhkan waktu lama, Anda juga akan membutuhkan PC yang tahan lama. Jika Anda memainkan permainan mobile biasa, tidak masalah, namun jika Anda penggemar game seperti Skyrim, Assasin Creed, Red Dead Redemption, dan lainnya, Anda akan membutuhkan PC Setup yang setara juga seperti ASUS ROG, Alienware, dan Razer.

Perlu diingat bahwa tidak baik menatap layar terus-menerus tanpa istirahat, maka pastikan Anda juga memiliki obat tetes mata atau pembersih mata untuk menjaga kesehatan penglihatan Anda selama bermain. Selamat mendekorasi!

Butuh kost-kostan yang untuk kamar gaming yang kece? Check this out!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *