Manfaatkan Sampah Plastik Sebaik Mungkin! 10 Kerajinan dari Limbah Plastik yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Plastik adalah bahan yang sangat dekat dengan keseharian kita, dapat ditemukan di sekitar rumah kita, dan bahkan di jalanan. Sebaliknya, bagi lingkungan, plastik bukanlah sahabat terbaik. Plastik tidak terlalu bersahabat dengan lingkungan karena terbuat dari bahan kimia bahan bakar fosil, yang tidak terbarukan. Selama bertahun-tahun, sampah plastik telah mengambil alih lautan dan sungai, mencemari lingkungan secara keseluruhan. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan dari pencemaran plastik ini. Daripada menggunakan barang plastik sekali dan langsung membuangnya, mari pertimbangkan untuk menggunakannya kembali sebagai kreasi yang bermanfaat! Ini dia 10 kerajinan dari limbah plastik yang bisa kamu coba di rumah, mudah dan menyenangkan!

1. Pot Bunga


Berkebun telah menjadi hobi yang populer sejak pandemi. Anda juga bisa menggunakan botol plastik bekas dan wadah plastik sebagai pot bunga atau pot tanaman. Anda dapat menggunakannya untuk berkebun di dalam dan luar ruangan.

2. Mainan untuk Anak

Cocok untuk si kecil di rumah. Botol plastik bisa menjadi bahan untuk berkreasi dengan bahan sederhana seperti sedotan, bola pingpong, lem, gunting, cat. Anda dapat membuat helikopter, robot, bunga, atau kreasi lain pilihan Anda!

3. Celengan


Botol ukuran besar adalah bahan yang cocok untuk kerajinan dari sampah plastik. Anda dapat mengubahnya menjadi celengan dengan ukuran yang Anda inginkan. Jadilah kreatif dan buat variasi warna atau bentuk.

4. Lukisan Bubble Wrap


Belanja online menjadi lebih populer sejak pandemi. Pengemasan biasanya dilengkapi dengan bubble wrap sebagai penutup pelindung. Jangan dibuang begitu saja, Anda bisa menggunakan bubble wrap sebagai lukisan dekoratif. Pertama, Anda perlu memotong bungkus gelembung menjadi ukuran yang berbeda, kemudian cat dan menekannya ke gambar pilihan Anda.

5. Mosaik CD


CD adalah plastik yang lebih sulit didaur ulang. Anda dapat menggunakan CD yang tidak terpakai sebagai barang dekoratif untuk bingkai foto atau cermin Anda. Yang harus Anda lakukan adalah memotong CD menjadi potongan-potongan yang lebih kecil atau sesuai keinginan Anda dan mengaturnya untuk mempercantik bahan Anda. Anda dapat menambahkan warna dengan mengecatnya atau menambahkan stiker!

6. Mosaik tutup botol


Kerajinan dari limbah plastik ini bisa Anda ubah menjadi seni dekorasi. Tutup botol memiliki warna dan ukuran yang berbeda untuk membuat mosaik warna-warni. Anda membutuhkan lem, papan, dan segenggam tutup botol.

7. Pembuatan Sendok Plastik


Banyak sendok plastik dari pesta? Ubah sendok plastik bekas menjadi sebuah karya seni. Pertama, Anda harus membersihkannya, lalu mengecatnya dengan warna yang Anda sukai. Ini merupakan salah satu kerajinan dari limbah plastik yang sangat cocok untuk berkreas dan mudah. Hanya perlu dicat ulang dan dilem.

8. Pengumpan Burung


Memanggil pecinta burung! Anda bisa mengubah sampah plastik menjadi tempat makan burung. Anda hanya membutuhkan botol plastik bekas dan pensil. Langkah pertama adalah membuat lubang dan meletakkan pensil dari ujung ke ujung.

9. Wadah Tempat Pensil


Botol plastik memiliki berbagai ukuran. Anda dapat mengubah botol plastik menjadi wadah tempat pensil sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan. Tambahkan beberapa warna dan dekorasi dengan cat untuk kerajinan dari limbah plastik yang lebih dapat disesuaikan, terutama untuk anak-anak.

10. Wadah Aksesoris


Botol plastik lebar dan besar membuat pilihan yang bagus untuk wadah aksesoris. Anda dapat memotong bagian atas atau bawah botol plastik sesuai keinginan Anda. Anda bisa menghiasnya atau mengecatnya. Buat dan sesuaikan potongan dan bentuk dengan keinginan Anda untuk menata aksesori.

Mengubah sampah plastik menjadi kerajinan adalah kegiatan yang bagus untuk dilakukan di rumah. Anda bisa menjadi kreatif dan menyelamatkan lingkungan sekaligus! Kerajinan dari sampah plastik juga berguna untuk rumah atau dekorasi.

Baca juga: Mulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan Dengan 12 Langkah Ini!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *