Kesempatan Volunteer di Jakarta Barat

Kesempatan Volunteer di Jakarta Barat

Seperti negara lain, Indonesia memang belum sempurna. Banyak orang masih berjuang melawan kemiskinan, polusi berada pada titik tertinggi sepanjang masa, dan hewan yang dilindungi kehilangan habitatnya. Maka dari itu, saatnya kamu memberikan kontribusi bagi negeri dengan mengambil beberapa kesempatan menjadi relawan di Jakarta Barat.

Berikut ini kami memiliki daftar beberapa peluang relawan di Jakarta Barat yang mungkin bisa kamu coba. Mari kita lihat!

1. Yayasan Rumah Rachel

Yayasan Rumah Rachel: Fokus Asuhan Paliatif Anak dengan Kanker dan AIDS -  Komunitas Indonesia
Yayasan Rumah Rachel

Didirikan secara resmi pada 12 Oktober 2006, Rachel House Foundation atau Yayasan Rumah Rachel bertujuan untuk memberikan perawatan medis atau paliatif khusus kepada anak-anak dari komunitas marjinal yang hidup dengan penyakit serius, seperti kanker dan HIV/AIDS. Perawatan paliatif sendiri merupakan pendekatan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarganya. Sebagai pelopor perawatan paliatif, mereka percaya bahwa tidak ada anak yang harus hidup atau mati dalam kesakitan.

Beberapa perawat profesional dipilih untuk melakukan perawatan berbasis rumah gratis bagi anak-anak yang berasal dari komunitas marjinal di Jakarta. Yayasan ini juga mendidik orang-orang di komunitas lokal tentang keterampilan perawatan paliatif. Selain itu, mereka juga mengajak masyarakat untuk lebih mengenal tentang memberikan perawatan bagi mereka yang membutuhkan bantuan. Selama bertahun-tahun, organisasi ini telah membantu lebih dari 500 anak di Indonesia.

Kamu bisa mulai mendaftarkan diri sebagai relawan. Dengan kurun waktu minimal tiga sampai enam bulan, mereka menerima beberapa posisi. Misalnya, penerjemah atau juru bahasa; perancang grafis; penyelenggara acara; database dan admin perpustakaan; IT; copywriter atau editor; fotografer atau videografer; psikolog; relawan dukungan pasien dan keluarga; dan relawan hubungan masyarakat dan komunikasi. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu, kamu bisa menyumbang, menjadi mitra, merujuk pasien, dan bekerja di kantor.

Alamat: Graha Indramas Lantai 1 Jl. Aipda KS Tubun Raya No.77 Slipi, Jakarta Barat 11410

Situs Web: www.rachel-house.org

Email: info@rachel-house.org

Instagram: @rachelhouseindonesia

Nomor Telepon: +62215365 2197

2. Yayasan Anyo Indonesia (YAI)

The Park Lane Jakarta dan Yayasan Anyo Indonesia Bersatu
yai-indonesia.org

Yayasan Anyo Indonesia atau YAI adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang didirikan di Jakarta, 27 Juni 2012. Yayasan ini dibentuk oleh Sabar Manullang. Dinamakan Anyo untuk menghormati Andrew Maruli David Manullang, putra dari Pak Sabar yang meninggal dunia karena leukemia pada 7 Desember 2008.

Oleh karena itu, YAI bertujuan untuk melanjutkan semangat Anyo dan membantu anak-anak Indonesia dari keluarga kurang mampu untuk melawan kanker. Organisasi ini mengajak masyarakat untuk membantu anak-anak dan meringankan beban keluarganya.

YAI juga menjadi anggota Childhood Cancer International (CCI), organisasi orang tua di seluruh dunia yang anaknya menderita kanker. Maka, YAI memfasilitasi Rumah Anyo, tempat penampungan sementara bagi anak-anak penderita kanker. Anak-anak tersebut berasal dari daerah lain di Indonesia yang datang ke Jakarta untuk berobat atau dirawat di rumah sakit di Jakarta.

Selain itu, YAI juga mengundang narasumber untuk mengedukasi masyarakat di Rumah Anyo tentang kanker dan ilmu kesehatan lainnya. Mereka juga menerima undangan dari beberapa komunitas untuk membicarakan kanker secara gratis.

Mereka menerima relawan untuk melakukan kampanye atau acara berbagi kesadaran tentang kanker. Kamu bisa mendaftarkan diri sebagai relawan untuk menerjemahkan buku mereka atau bergabung sebagai anggota relawan untuk panitia penyelenggara acara. Beberapa kampanye yang sudah dilakukan adalah Anyo Gold Ribbon Configuration 2018 dan Anyo Run 2018.

Alamat: Jl. Anggrek Nely Murni, Blok A 110, Slipi, Jakarta Barat 11480

Situs Web: www.yai-indonesia.org

Email: yai@yai-indonesia.org

Instagram: @yayasan_anyo_indonesia

Nomor Telepon: +6223434 6529

3. Indonesian Childhood Cancer Foundation (YOAI)

Sekelompok orang tua yang anaknya sembuh dari kanker mendirikan yayasan ini pada 24 Mei 1993. Mereka percaya bahwa setiap anak penderita kanker berhak mendapatkan perawatan terbaik. Oleh karena itu, YOAI (Yayasan Onkologi Anak Indonesia) bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mengembangkan pelayanan kesehatan bagi anak penderita kanker di Indonesia dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kanker pada anak.

Mereka memiliki Program Gold Ribbon yang menawarkan enam sub-program yang terdiri dari: dukungan biaya pengobatan; menyelenggarakan kamp kanker; penyuluhan; mengembangkan lingkungan anak terintegrasi; meningkatkan kesadaran publik; dan membina hubungan dengan badan/lembaga nasional dan internasional. Untuk mendukung anak-anak penderita kanker, YOAI bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di Jakarta: RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, RS Kanker “Dharmais”, dan RSUPN Fatmawati. Kalau kamu bersedia membantu, mereka mempersilakanmu menjadi relawan.

Ada dua jenis relawan di sini, yaitu permanen dan sementara. Untuk menjadi relawan baik permanen maupun sementara tidak diperlukan syarat dan ketentuan apapun. Mereka menerima semua orang dan semua relawan akan menjadi Family Supporting Group (FSG). Kamu bisa bergabung dengan mereka di acara-acara tertentu, seperti The International Childhood Cancer Day, CANCER CAMP, FUN BIKE, atau FUN WALK, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa  berdonasi dengan mengadakan acara amal atau melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu anak-anak penderita kanker.

Alamat: Graha YOAI, Jl. Kemuning No.15 RT.5 / RW.1, Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat 11430

Situs Web: www.yoaifoundation.org

Email: info@yoaifoundation.org

Instagram: @yoaifoundation

Nomor Telepon: +6221 5606969

Sekarang, kamu bisa memilih peluang menjadi relawan yang paling pas denganmu. Jika kamu ingin melihat lebih banyak peluang relawan di seluruh Jakarta, klik di sini. Ini adalah kesempatanmu meningkatkan kualitas hidup dengan berkontribusi secara aktif kepada masyarakat.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *