Kesempatan Volunteer di Jakarta Pusat

Kesempatan Volunteer di Jakarta Pusat

Saat kamu berpikir untuk melakukan sesuatu yang berdampak positif dan bermanfaat bagi banyak orang, kerja sukarela bisa menjadi pilihanmu. Ada banyak organisasi, komunitas, dan yayasan di sekitar Jakarta yang membuka lowongan bagi mereka yang ingin melayani masyarakatnya. Kegiatan seperti ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di akhir pekan. Ajak teman, keluarga, atau kolega untuk melakukannya bersama. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh saat melakukan pekerjaan sukarela. Kamu merasa puas dengan diri sendiri ketika kamu memberikan kepada orang lain apa yang kamu miliki (waktu, energi, mendengarkan, materi), kamu bisa terhubung dengan orang lain yang memiliki tujuan yang sama, menambah rasa syukur di dalam diri, dan itu membuka mata tentang dunia nyata.

Di Jakarta Pusat, beberapa komunitas menawarkan kerja sukarela dan mencakup berbagai jenis bidang studi, perlindungan pengungsi, bencana, dan bahkan hak asasi manusia. Kamu juga bisa berdonasi untuk membantu komunitas dan yayasan tersebut. Di sini, kami ingin membantumu dengan memberikan beberapa informasi kegiatan sukarela:

1. Rumah Belajar Senen (RBS)

Rumah Belajar Senen (RBS) kids
Rumah Belajar Senen (RBS)

Rumah Belajar Senen didirikan pada tahun 2005 oleh komunitas Sahabat Anak dan warga GKI Kwitang. Kegiatan yang biasa dilakukan setiap akhir pekan, seperti menggambar, mewarnai, teka-teki silang, dan lain sebagainya digelar untuk menjalin kerjasama antara guru relawan dengan anak-anak. Saat itu, RBS masih mobile. Visi dari RBS adalah menanamkan nilai-nilai pendidikan yang sangat berharga bagi setiap anak marjinal. Misinya adalah menjadi sahabat yang selalu memberi kasih sayang dan mengajak orang-orang peduli dengan anak-anak marjinal.

Alamat: Jl. Dahlia No.1, RW.1, Kramat, Kec. Senen, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10450

Telepon: +627780996896

Instagram: @rumahbelajarsenen

Situs Web:

www.rumahbelajarsenen.wordpress.com

www.rumahbelajarsenen.business.site

2. SUAKA

SUAKA

Suaka adalah asosiasi masyarakat sipil Indonesia untuk perlindungan hak pengungsi. Saat ini, ada 2 organisasi yang bergabung dengan Suaka, yaitu Human Rights Working Group (HRWG) dan Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta). Misi dari asosiasi ini adalah memberikan bantuan hukum, nasehat, dan informasi kepada pencari suaka dan pengungsi; memberdayakan pencari suaka dan pengungsi untuk memahami dan membela hak asasi mereka; meningkatkan kesadaran publik tentang masalah suaka dan pengungsi, dan mengadvokasi kebijakan yang melindungi hak-hak pengungsi dan pencari suaka. Suaka juga fokus pada tiga kelompok wilayah yaitu bantuan & pemberdayaan hukum, peningkatan kesadaran publik, dan kebijakan penelitian & advokasi.

Suaka saat ini terbuka untuk masyarakat atau orang yang ingin berkontribusi dengan menjadi relawan atau berdonasi. Suaka membuka 3 bidang relawan yang berbeda yaitu, Bantuan Hukum, Kampanye, dan Penelitian. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengirimkan CV atau resume ke suaka.secretariat@gmail.com dan jangan lupa untuk menjelaskan keterampilan atau pengalaman lengkapmu yang bisa bermanfaat untuk kegiatan sukarela ini. Jika kamu ingin berdonasi, kamu bisa mengunjungi situs web mereka di https://suaka.or.id/support/donation-for-suaka/ atau langsung berdonasi melalui rekening BNI 039 58 32 574 atau rekening Bank Mandiri 123-00-0793436- 9.

Alamat: Sekretariat Suaka c / o Kantor LBH Jakarta Gedung LBH Jakarta, Lantai 2 Jalan Diponegoro no 74 Menteng Jakarta Pusat DKI JAKARTA, Indonesia, 10320

3. Markas Komando Tagana (Taruna Siaga Bencana) Indonesia

Taruna Siaga Bencana atau Tagana merupakan kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu korban bencana. Dibangun pada tahun 2002, Tagana juga dibuka di beberapa daerah lain di seluruh Indonesia. Pada tahun 2018, Kementerian Sosial, Idrus Marham, mendeklarasikan Tagana sebagai garda terdepan penanggulangan bencana alam. Syarat menjadi relawan di Tagana Indonesia adalah seseorang harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia diantara 18 tahun hingga 45 tahun dan menerima surat pernyataan resmi dari Dirjen Banjamsos yang menyatakan bahwa calon relawan telah menyelesaikan pelatihan oleh lembaga resmi. Untuk menjadi anggota Tagana, seseorang juga bisa direkomendasikan oleh orang, diberikan sebagai kehormatan, atau satu keinginan untuk bergabung.

Alamat: Jl. Salemba Raya No.28, RT.5 / RW.6, Kenari, Kec. Senen, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340

Telepon: +62213108000

Baca juga: Kesempatan Volunteer di Jakarta Barat

4. Yayasan Amnesty International Indonesia

Yayasan Amnesty International Indonesia member
Yayasan Amnesty International Indonesia

Yayasan Amnesty International Indonesia adalah organisasi non-pemerintahan yang bertujuan untuk mempromosikan Hak Asasi Manusia di dalam Universal Declaration of Human Rights dalam standar internasional. Dibangun pada tahun 1961 oleh seorang pengacara Inggris bernama Peter Benenson, Amnesty International melakukan kampanye untuk menghapus hukuman mati, pelecehan, dan tindakan tidak pantas lainnya untuk menghapus pembunuh politik dan melawan pelecehan seksual oleh pemerintah atau pihak lain. Pada tahun 1977, Amnesty International memenangkan Penghargaan Noble atas kontribusinya dengan memberikan keadilan dan kebebasan demi perdamaian. Jika kamu ingin menjadi relawan di Amnesty, ada beberapa pilihan aktivitas yang bisa kamu lakukan, antara lain mencari berita, penerjemah, penggalangan dana, keterlibatan dalam penelitian, menyumbangkan keterampilan, dan berpartisipasi dalam kampanye online. Atau, kamu juga bisa menjadi pendukung.

Alamat: HDI HIVE MENTENG lantai 3 Jalan Probolinggo no 18 Rt 1 rw 2 Gondangdia Menteng Jakarta Pusat

Email: info@amnesty.id

Telepon: +62213915698

5. Indonesia Heritage Society

Indonesia Heritage Society
Indonesia Heritage Society

Organisasi ini merupakan organisasi nirlaba yang menawarkan kesempatan untuk mempelajari dan mendalami budaya di Indonesia. Kegiatan yang bisa dilakukan beragam mulai dari eksplorasi, perkuliahan, kelompok belajar, tur yang memberikan pembelajaran untuk menemukan budaya, sejarah, dan seni nusantara yang luas ini. Organisasi ini terbuka bagi orang Indonesia atau warga negara asing yang ingin mempelajari budaya Indonesia dengan menjelajahi nusantara. Kamu bisa mendapatkan persahabatan, pengetahuan, dan pengalaman dari kegiatan sukarela semacam ini. Untuk menjadi relawan, kamu akan dikenakan biaya setiap tahun dan mendaftar melalui situs web di http://heritagejkt.org/join-us/.

Alamat: Sentral Senayan I, Lantai 17, Jl. Asia Afrika No.8, RT.1 / RW.3, Gelora, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Jakarta 10270

Telepon: +6221 5725870

Harga:

  • Jenis keanggotaan

·      Keanggotaan Perorangan: Rp 400.000

·      Keanggotaan Pasangan / Keluarga: Rp 500.000

·      Keanggotaan Remaja (Usia 25 tahun ke bawah): Rp 250.000

Pembayaran:

  • Uang tunai di perpustakaan atau acara HIS lainnya
  • Transfer Bank
  • Pemegang Rekening Indonesia Heritage Society
  • Bank: PT UOB Indonesia no. 5303001396
  • Alamat Cabang: UOB plaza Jln MH Thamrin no 10 Jakarta, 10230

Orang-orang berkata “Relawan tidak dibayar – bukan karena mereka tidak berharga, tetapi karena mereka tidak ternilai harganya.” Satu tindakan perubahan kecil yang kamu lakukan dalam program sukarela bisa membuat dunia ini menjadi lebih baik. Ayo menjadi relawan!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

The Best Apartments near Halim Perdanakusuma Airport

The Best Apartments near Halim Perdanakusuma Airport

Apartemen Terbaik Dekat Bandara Soekarno Hatta

Apartemen Terbaik Dekat Bandara Soekarno Hatta

How to Make a Soundproof Apartment Room

How to Make a Soundproof Apartment Room

Kos Kosan Terbaik Dekat Kalibata

Kos Kosan Terbaik Dekat Kalibata

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *