Kesempatan Volunteer di Jakarta Selatan

Kesempatan Volunteer di Jakarta Selatan

Kamu ingin membantu orang lain? Ingin lebih produktif di hari libur? Atau kamu ingin mengasah jiwa sosialmu? Kami menyarankan agar kamu melakukan sesuatu yang bermanfaat yang membuatmu dan banyak orang lebih bersyukur.

Sekarang, giliranmu untuk memberikan sesuatu kepada orang lain dan lingkungan di sekitarmu. Sebagai warga Jakarta, kita memiliki tanggung jawab terhadap komunitas dan lingkungan. Kita telah memperoleh banyak hal, jadi sekarang saatnya memberi sebanyak mungkin. Alice Hocker mengatakan, “kebesaran Anda bukanlah apa yang kamu miliki, tetapi apa yang kamu berikan.” Oleh karena itu, ini adalah kesempatanmu untuk melakukan kegiatan sukarela.

Ada banyak kegiatan relawan yang diadakan oleh banyak organisasi. Jika kamu tinggal di Jakarta Selatan, berikut ini kami rekomendasikan beberapa peluang relawan yang ada di sana agar kamu tidak ragu lagi untuk memulai aksi di sekitar tempat tinggalmu.

1. Yayasan Sayap Ibu

Yayasan Sayap Ibu (YSI) adalah organisasi yang bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk membantu anak-anak agar memiliki kehidupan yang lebih baik. Mereka mengasuh anak-anak yang: tidak memiliki wali yang sah, orang tua tidak dikenal, orang tua tidak mau bertanggung jawab, dan alasan lainnya. Saat ini, YSI memiliki dua cabang, yaitu di Jakarta dan Yogyakarta.

YSI memiliki beberapa layanan, seperti adopsi dan hak asuh. Mereka memiliki banyak program lain, seperti memberikan terapi bagi anak terlantar, membimbing orang tua atau pengasuh tentang cara merawat anak cacat, dan beberapa kegiatan edukasi untuk anak. Jika kamu ingin berkontribusi dalam mengasuh anak-anak ini, kamu bisa mendaftar sebagai staf atau memberikan donasi.

Alamat: Jl. Barito II Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130

Nomor Telepon: 021-722 1763

Situs Web: sayapibujakarta.org

2. Humanity First

Didirikan pada tahun 1995, Humanity First, sebuah badan bantuan yang berbasis di Inggris, yang kini berlokasi di lebih dari 50 negara – semuanya dijalankan oleh relawan. Salah satu cabangnya ada di Jakarta, bertujuan untuk membantu korban bencana alam dengan memberikan bantuan bencana dan bantuan pembangunan jangka panjang. Sangat bagus bagi orang-orang yang ingin mendedikasikan diri pada kemanusiaan.

Dalam Humanity First, kamu akan membantu setiap korban tanpa melihat ras, agama, dan politik. Program-program di sini sengaja dibuat untuk meminimalisir permasalahan Indonesia. Salah satu programnya adalah Water for Life, ditujukan untuk membantu mereka yang kekurangan sumber daya air dan sanitasi. Ada juga program Orphan Care, yaitu mengasuh anak-anak yang kehilangan orang tuanya. Program lain yang mereka sediakan adalah Program Medis, Pendidikan, dan Bantuan Bencana. Kamu juga bisa memberikan donasi untuk menunjang program dan kegiatan mereka.

Alamat: Jl. Ciputat Raya, Gg. Subur II, RT 008/008, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12240

Nomor Telepon: +62 21-2277 6617

Situs Web: humanfirst.id

3. Yayasan Wisma Cheshire

Yayasan Wisma Cheshire – Indonesia Expat
wismacheshire.com

Yayasan Wisma Cheshire adalah fasilitas pelatihan kejuruan untuk orang dewasa penyandang disabilitas mobilitas. Yayasan ini membantu para penyandang disabilitas untuk mengikuti beberapa kelas pelatihan kejuruan dan mendukung mereka untuk tetap hidup mandiri. Beberapa keluarga penghuni Wisma Cheshire tidak bisa menghidupi mereka, oleh karena itu Wisma Cheshire membantu mereka agar bisa mandiri secara finansial.

Beberapa kelas yang ditawarkan adalah kerajinan kayu, kerajinan menjahit, dan pembelajaran komputer serta kelas bahasa Inggris. Jika kamu tergerak ingin membantu, kamu bisa menjadi relawan di Wisma Cheshire yang juga akan membuat hari-harimu menyenangkan. Hal-hal yang bisa kamu bantu di sini adalah mengajar mereka di kelas kejuruan. Selain itu, kamu juga bisa membantu mereka dengan mendonasikan sejumlah uang atau membeli produk buatan tangan yang dijual di Red Feather Shop.

Alamat: Jl. Wijaya Kusuma No. 15A, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan

Nomor Telepon: +62 21-7692059

Situs Web: wismacheshire.com

4. Rumah Harapan

rumah-harapan.com

Rumah Harapan adalah rumah bagi anak-anak (0-17 tahun) yang sakit dan keluarganya tidak mampu secara finansial. Anak-anak tersebut biasanya berasal dari daerah luar Jakarta untuk berobat atau dirawat di rumah sakit di Jakarta.

Didirikan pada tahun 2014, rumah ini dibentuk oleh Valencia Mieke Randa. Sebelumnya, yayasan ini bernama Yayasan Rumah Harapan Valencia Care. Dalam kurun waktu 2 tahun, yayasan ini memiliki banyak cabang di Indonesia. Aktris Indonesia Raline Shah kemudian menjadi salah satu pendiri untuk membantu mengembangkan RHI.

Beberapa kegiatan yayasan yang sering dilakukan adalah memberikan makanan gratis untuk pasien dan orang tua, membantu mereka pulang pergi ke rumah sakit, dan beberapa layanan lain yang rutin diadakan oleh RHI. Bagi mereka yang senang memberikan semangat kepada anak-anak, kegiatan relawan ini akan memiliki dampak yang baik bagi relawan dan pasien.

Alamat: Jl. Tebet Timur 2B No. 1, Jakarta Selatan

Nomor Telepon: (021) 8315080

Situs Web: rumah-harapan.com

5. Yayasan Kampung Kids

Jika kamu senang mengajar dan bermain dengan anak-anak, Kampung Kids adalah pilihan yang tepat bagimu untuk merasakan kehangatan dan kebahagiaan.

Yayasan ini dibentuk oleh sekelompok WNI dan WNA pada tahun 1999. Kampung Kids bertujuan untuk memberikan masa depan yang lebih baik kepada anak-anak dengan melakukan berbagai kegiatan pendidikan. Saat ini, mereka menjalankan program kesehatan, seperti pemberian perawatan kesehatan gratis untuk anak, program gizi dengan memberikan makan siang untuk siswa, kelas kerajinan tangan, program beasiswa, program tutorial, kelas bahasa Inggris, kelas komputer, dan program prasekolah. Kamu bisa menjadi relawan dalam program pengajaran dan tutorial mereka.

Yayasan Kampung Kids sangat terbuka untuk mendapatkan relawan yang secara sukarela mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak. Kamu juga bisa menyumbangkan sejumlah uang untuk mendukung kegiatan mereka jika kamu tidak memiliki banyak waktu.

Alamat: Jl. Terusan Pejaten Barat II No. 26-29, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12510

Nomor Telepon: (021) 7194787

Situs Web: kampungkids.org

6. Yayasan Balita Sehat (Foundation for Mother and Children Health)

Foundation for Mother & Child Health Indonesia on Twitter: "This morning  @BankofAmerica Merrill Lynch gave food #donation to Yayasan Balita Sehat,  thank you! #FoodDrive… "
Foundation for Mother and Child Health Indonesia

FMCH dibentuk oleh perawat ekspatriat yang peduli terhadap kesehatan anak dan ibu di Indonesia. Sekarang, yayasan ini dipimpin sepenuhnya oleh orang Indonesia dan dibantu oleh relawan lokal dan internasional. Yayasan ini bertujuan untuk menghilangkan gizi buruk dan penyebab kemiskinan di masyarakat. Program mereka bervariasi, seperti pendidikan kesehatan dan gizi untuk orang tua, dukungan medis untuk anak-anak, pendidikan pra-sekolah, dll.

Kalau kamu ingin berkontribusi, kamu bisa menjadi relawan dalam mengelola situs web mereka, menjadi guru untuk beberapa kegiatan seperti kelas yoga, atau berdonasi online untuk mendukung aktivitas mereka.

Alamat: Jl. H. Sa’aba No. 52 RT.02 / RW.11, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12150

Nomor Telepon: (021) 2793 4077

Situs Web: fmch-indonesia.org

Twitter: @fmchindonesia

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat Bandara Halim Perdanakusuma

Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat Bandara Halim Perdanakusuma

Cara Membuat Kamar Kedap Suara

Cara Membuat Kamar Kedap Suara

Coworking Spaces in Gading Serpong

Coworking Spaces in Gading Serpong

Rekomendasi Apartemen Dekat Stasiun MRT Lebak Bulus

Rekomendasi Apartemen Dekat Stasiun MRT Lebak Bulus

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *