Kesempatan Volunteer di Jakarta Utara

Relawan adalah aktivitas ketika kamu melayani orang lain dengan menyumbangkan waktu, keterampilan, dan sumber daya lainnya kepada masyarakat yang membutuhkan. Kamu bisa melakukan aktivitas ini dengan bergabung pada sebuah organisasi, yayasan, komunitas, atau bahkan melakukannya sendiri bersama dengan koneksi atau teman-teman. Berbicara tentang Jakarta Utara, jika kamu tinggal di kawasan Sunter, Kelapa Gading, Pluit, ada beberapa peluang relawan yang bisa kamu coba sesuai dengan preferensimu. Kamu juga bisa memilih untuk menyumbangkan uang atau materi untuk membantu mereka yang membutuhkan. Hampir semua lembaga atau yayasan yang membuka lowongan relawan juga memiliki beberapa projek yang bisa kamu pilih. Jadi, pilihlah dengan bijak. Peluang menjadi relawan di Jakarta Utara cukup besar. Sebagian besar didukung oleh organisasi internasional dan ternama. Berikut ini beberapa peluang kerja sukarela yang bisa kamu coba:

1. Lion’s Club Indonesia

Lion's Club Indonesia member
Lion’s Club Indonesia

Lion’s Club Indonesia adalah bagian dari Lion’s Club International Association. Didirikan pada 1980, Lion’s Club merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mengumpulkan dana yang akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Donasi tersebut akan digunakan untuk proyek kesehatan, proyek pendidikan, proyek lingkungan, bantuan bencana alam, dan kegiatan sosial lainnya. Misi dan visi Lion’s Club adalah menjadi pemimpin global dalam komunitas dan layanan kemanusiaan dengan memberdayakan relawan untuk melayani komunitas, memenuhi kebutuhan kemanusiaan, mendorong perdamaian, dan mempromosikan pemahaman internasional melalui Lion’s Club.

Lion’s Club Indonesia membantu memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui 5 fokus pelayanan, yaitu diabetes, lingkungan, kelaparan, penglihatan, dan kanker anak. Selain itu, organisasi ini juga memiliki beberapa klinik, seperti klinik hemodialisis, apotek & klinik Kimia Farma, pusat alat bantu dengar, dan pusat Lion’s Vision. Lion’s Club Indonesia saat ini sedang membangun rumah singgah yang bertujuan untuk menyediakan fasilitas, perawatan, dan akomodasi bagi mereka yang membutuhkan perawatan dan fasilitas kesehatan. Lion’s Club juga mengadakan acara Lions Run 2020 di Breeze, BSD, Serpong, dengan konsep sebagai lomba amal untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mata yang juga terbuka untuk non-Indonesia, tetapi pemenangnya hanya dari Indonesia. Acara ini seharusnya diadakan pada 22 Maret 2020, tetapi saat ini ditunda karena virus Corona. Kamu bisa mengakses situs web mereka untuk informasi lebih lanjut tentang lomba amal ini.

Alamat: Jl. Pluit Timur Raya Kav. B-2, Jakarta 14450

Nomor Telepon: 0811 1010307

Email: info@yayasanlionsindonesia.com

Baca juga: Kesempatan Volunteer di Jakarta Barat

2. Yayasan Taman Baca Pelangi Innovator

Yayasan Taman Baca Pelangi Innovator kids
Yayasan Taman Baca Pelangi Innovator

Yayasan Taman Baca Pelangi Innovator adalah komunitas yang menyediakan perpustakaan untuk anak-anak Indonesia yang kurang mampu. Visi dan misinya adalah membantu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia melalui peningkatan minat baca dengan memberikan akses perpustakaan kepada setidaknya 4.000 anak pada tahun 2018, memberikan akses buku bacaan berkualitas bagi anak-anak kurang mampu di pedesaan, dan menyediakan program-program inovatif bersama dengan komunitas perpustakaan untuk mendorong dan mempertahankan minat baca di kalangan masyarakat Indonesia.

Taman Baca Pelangi Innovator berfokus untuk memberikan kemudahan akses buku bacaan berkualitas bagi anak-anak kurang mampu di pedesaan dan kegiatan pendukung yang diperlukan untuk membantu merangsang dan menjaga minat baca masyarakat. Konsep komunitas perpustakaan ini selaras dengan visi UNESCO yang bertujuan untuk menyediakan pendidikan bagi semua. Taman Baca Pelangi Innovator berencana untuk mengembangkan perpustakaan di area yang sangat membutuhkan buku. Kata kuncinya adalah “KEBUTUHAN”, di mana anak-anak hampir memiliki akses yang sangat terbatas ke buku bacaan berkualitas. Bekerja sama dengan komunitas lokal, Taman Baca Pelangi Innovator merangkul anak-anak dan orang dewasa yang ingin membaca atau bahkan belajar membaca dengan lebih baik. Komunitas ini juga menerima kontribusi, seperti sumbangan buku, relawan, kemitraan perusahaan, dan inovator orang tua.

Alamat: Maspion Plaza Lnatai 6 C2, Jalan Gunung Sahari kav 18 14420 DKI Jakarta

Nomor Telepon: 021 64701273, 081295794192

Email: tamanbacainovator@gmail.com, info@tamanbacainovator.com

3. Red Nose Foundation

Red Nose Foundation volunteering
Red Nose Foundation

Misi dari Red Nose Foundation adalah untuk mendukung pendidikan dan perkembangan pribadi anak-anak yang hidup dalam keadaan kurang mampu dan mempromosikan pemberdayaan kaum muda melalui seni sambil membantu mereka menjadi kontributor positif bagi masyarakat. Saat ini, Red Nose Foundation bekerja dengan 662 anak yang menawarkan lebih dari 120 jam pendidikan dan kelas seni setiap minggunya. Semua orang bisa terlibat dalam yayasan ini dengan bergabung dalam proyek dan acara penggalangan dana, serta peluang menjadi relawan baik dari Indonesia maupun luar negeri. Tersedianya kesempatan untuk menjadi relawan membantu instruktur mengembangkan kurikulum dan penjangkauan masyarakat. Program-program di Red Nose Foundation meliputi penyuluhan seni & pendidikan, sistem pendukung pendidikan formal, dan penampilan anggota Red Nose Foundation. Kamu juga bisa menyumbangkan uang untuk membantu keberlanjutan program-program Red Nose Foundation.

Informasi untuk relawan asing:

  • Bersedia berkomitmen minimal 2 bulan
  • Lancar berbahasa Inggris
  • Keterampilan komunikasi lintas budaya yang baik
  • Keterampilan interpersonal dan organisasi yang kuat
  • Suka bersenang-senang dan energik
  • Lebih disukai memiliki pengalaman dan/atau memiliki kualifikasi dalam satu atau lebih bidang kegiatan (misalnya kesehatan, pendidikan, seni, sirkus)
  • Kemampuan berbahasa Indonesia merupakan nilai tambah
  • Berusia minimal 20 tahun

Informasi lainnya:

  • Semua relawan harus memiliki visa sosial/budaya selama 60 hari yang berlaku. Red Nose Foundation tidak bisa bertindak sebagai sponsor visa.
  • Semua relawan harus menyetujui kebijakan perlindungan anak dan kode etik kami.

Alamat: Komplek Dept PU Jalan B10 RT4 / RW10, Bintaro-Passangrahan, Jakarta Selatan 12240 (Kantor Pusat)

Nomor Telepon: 02175811243

Pusat Pembelajaran:

  • Pusat Komunitas Anak Jakarta Utara (NJCCC): Jalan Kalibaru Timur VII G Kalibaru, Cilincing Jakarta Utara 10460
  • Jurangmangu Community Center for Children JCCC: Jalan H Riban RT001 / RW001 Jurangmangu Barat, Jakarta Selatan 15222

4. Yayasan Kuasa Berkat (goblessing.org)

Yayasan Kuasa Berkat (goblessing.org) member
Yayasan Kuasa Berkat (goblessing.org)

Yayasan ini bertujuan untuk membangun ekosistem yang kuat dalam pelayanan dan memberikan akses untuk menghubungkan setiap gereja, kementerian, dan jemaat dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya persatuan dalam membangun harapan di Indonesia. Yayasan ini memberikan bantuan untuk pendidikan, kesehatan, bencana alam, beasiswa, layanan misi, dll.

Alamat: Gading Bukit Indah L-19 Kelapa Gading Permai Jakarta Utara 14240, Indonesia

Masih banyak program relawan yang bisa kamu temukan di Jakarta Utara. Kamu bahkan bisa membuat program relawan sendiri dengan teman-temanmu dengan berkontribusi pada pekerjaan sukarela, dengan begitu kamu sudah membantu dan menunjukkan bahwa kamu peduli pada masyarakat ini. Semoga berhasil!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *