6 Komunitas Peduli Pantai di Bali: Yuk, Gabung dan Bersih-bersih Pantai Bersama!

6 Komunitas Peduli Pantai di Bali: Yuk, Gabung dan Bersih-bersih Pantai Bersama!

Apakah Anda tipe orang yang suka menikmati atau bersantai sendiri di pantai selama berjam-jam? Pasti luar biasa ketika Anda menikmati pantai Bali yang putih dan bersih sambil melihat banyak orang. Itulah mengapa gerakan pembersihan pantai sangat penting. Apalagi di Bali, karena mereka menerima banyak wisatawan per tahun dan banyak sekali pantai yang perlu dibersihkan.

Jika Anda tinggal atau bepergian ke Bali, mengapa tidak bergabung dengan gerakan ini setidaknya sekali? Anda bisa menjadi relawan yang bisa membantu orang lain. Salah satu alasan yang harus Anda lakukan adalah gerakan tersebut dapat memperbaiki ekosistem pesisir dan laut. Jadi tunggu apalagi? Bergabunglah dengan komunitas pembersih pantai Bali ini untuk menjadi relawan!

1. One Island One Voice

Yang pertama adalah One Island One Voice, sebuah komunitas yang berdiri sejak tahun 2005. Mereka selalu mengadakan acara bersih-bersih pantai terbesar setiap tahunnya dan Anda bisa bergabung jika Anda mau. Daerah yang akan mereka kunjungi adalah Badung, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, dan Denpasar. Karena COVID-19, mereka akan membatasi jumlah peserta untuk mengikuti acara hanya untuk 25 orang. Selain itu, Anda bisa bergabung dengan mereka dengan menandatangani kontrak untuk menolak plastik sekali pakai. Setelah itu, Anda siap untuk bergabung sebagai relawan dan menjadi bagian dari sejarah di mana Anda akan membersihkan pantai.

Kontak : oneislandonevoice.org

2. Trash Hero

bersih bersih pantai dengan Trash Hero Bali Amed

Untuk selanjutnya kamu bisa mengandalkan Trash Hero jika ingin mengikuti kegiatan bersih-bersih pantai di Bali. Mereka memiliki sekitar 170+ komunitas aktif di Thailand, Indonesia, Myanmar, Singapura, AS, Eropa, Australia, dan Belanda. Jika Anda ingin bergabung dengan acara mereka, Anda tidak perlu membayar atau mendaftar, Anda cukup datang dan bergabung dengan tim lainnya. Mereka biasanya menggelar gerakan memungut sampah setiap minggu sekali, dan menjaga lingkungan agar lebih bersih. Dengan bergabung dalam gerakan ini, Anda sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan Anda memahami cara kerjanya.

Kontak : +62363 21333

3. Ocean Mimic

Komunitas pembersih pantai Bali lainnya adalah Ocean Mimic, sebuah brand dan charity union yang berdiri sejak tahun 2008. Jika Anda ingin bergabung, ada beberapa aktivitas yang bisa Anda andalkan terkait dengan pembersihan pantai itu sendiri. Anda dapat bergabung dengan magang bulanan, koordinator pembersihan, pusat daur ulang, pembuat konten, dan banyak lagi. Acara bersih-bersih pantai Bali ini diadakan setiap minggu, biasanya di akhir pekan. Juga, mereka mengatur jaringan pembersihan di seluruh dunia. Jadi jika Anda ingin bergabung dengan mereka, bersiaplah! Yang menarik di sini adalah mereka telah menciptakan koleksi pakaian selam daur ulang untuk perempuan dan laki-laki dari plastik dan jaring ikan daur ulang. Keren sekali, bukan?

Kontak : ocean-mimic. com


Baca juga: 15 Pantai Sepi dan Indah yang Tersembunyi di Bali


4. Tourism for SDGs

Tourism for SDGs adalah platform kreasi bersama yang berkomitmen untuk menyelamatkan planet kita dan menjadikannya planet teraman untuk ditinggali. Gerakan ini bertujuan meminimalisir dampak sampah di pantai-pantai indah di Bali yang sekaligus memperkuat industri pariwisata. Anda bisa bergabung dengan mereka dalam kegiatan bersih-bersih pantai dengan datang ke tempat yang akan dimulai bersama orang lain. & Nbsp;

Kontak : tourism4sdgs.org

5. Old Man’s Canggu

old man's canggu
Old Man’s Beach Cleanup

Untuk selanjutnya, Anda bisa mengandalkan Pak Tua Canggu jika ingin ikut kegiatan bersih-bersih pantai di Bali. Mereka biasanya menggelar kegiatan setiap hari Sabtu pukul 15.00 atau 16.00, dan terkadang ada kolaborasi bersih-bersih dengan Ocean Mimic dan Eco Living. Jika Anda ingin menjadi relawan, mereka akan memberi Anda bir, sangria atau jus gratis, dan goodie bag dari Eco Living Bali. Tidak perlu membawa apa pun karena mereka akan memberi Anda tas dan sarung tangan. Anda akan sangat disambut untuk bergabung dan tidak perlu mendaftar terlebih dahulu. Ini bukan hanya tentang membersihkan pantai, tetapi juga tentang bagaimana Anda dapat berkontribusi dan memberikan dampak bagi lingkungan menjadi lebih baik dan lebih baik.

Kontak : hello@oldmans.net

6. Gapura Bali

Yang terakhir dan tak kalah hebat, Gapura Bali merupakan salah satu komunitas yang mengadakan kegiatan bersih pantai di Bali. Beberapa daerah yang pernah mereka bersihkan saat itu adalah pantai di Tabanan, Badung, Gianyar, Buleleng, Jembrana, Klungkung, Denpasar, dan Mertasari. Orang-orang yang mengikuti acara Gapura ini pun beragam, mulai dari pihak TNI, Polsek Bali, Pemprov Bali, Pemerintah Kabupaten Badung, pelajar, dan komunitas lainnya. Lebih dari 8.000 orang telah mengikuti acara tersebut, dan mereka bekerja sama untuk membuat pantai-pantai di Bali menjadi bersih. Jika Anda ingin bergabung dan menjadi salah satunya, Anda bisa langsung bergabung dengan komunitas dan ikut membersihkan beberapa pantai di Bali.

Kontak : gapurabali.com

Cara Membantu Menjaga Pantai Tetap Bersih

Selain bergabung dengan komunitas pembersih pantai, Anda juga dapat membantu menjaga kebersihan pantai sendiri. Berikut adalah beberapa cara bagaimana Anda dapat menjaga pantai tetap bersih dengan melakukan beberapa hal kecil:

Kurangi penggunaan plastik

Cobalah kurangi penggunaan plastik dengan membawa tas sendiri yang dapat digunakan kembali untuk membawa makanan ringan, minuman, atau makanan apa pun yang Anda bawa ke pantai

Ambil sampah yang Anda lihat

Memungut sampah apa pun yang Anda lihat saat meninggalkan pantai dapat sangat membantu menjaga kebersihan pantai.

Bawa botol minum sendiri

Salah satu cara paling efektif untuk menjaga kebersihan pantai adalah dengan menghindari penggunaan plastik sedapat mungkin. Anda cukup membawa botol air minum sendiri alih-alih membelinya dari toko.

Hati-hati dengan puntung rokok Anda

Sebagian besar waktu orang yang merokok di pantai akan meninggalkan puntung rokok mereka di pasir. Seperti semua limbah lainnya, rokok akan berakhir di laut yang mengancam kehidupan laut dan bahkan burung yang mencoba memakannya di darat. Jadi, selalu perhatikan limbah rokok Anda dan buang ke tempat sampah.

Sekarang Anda tahu bahwa di Bali tidak hanya tentang pesta atau jalan-jalan. Tapi, ini juga tentang bagaimana Anda bisa menjaga lingkungan dengan cara yang positif. Anda dapat segera bergabung dengan mereka karena semua komunitas tersebut tidak memerlukan sukarelawan untuk membayar. Anda juga bisa membantu menjaga pantai tetap bersih dengan melakukan beberapa hal kecil. Jadi, kami berharap Anda mendapatkan pengalaman yang baik dalam membersihkan pantai di Bali, Flokqers!


Berencana menghabiskan liburan anda di Bali? Dan membutuhkan pilihan rental? Anda dapat menyewa kamar dengan Flokq! Flokq memiliki banyak kamar yang bisa disewa secara bulanan. Klik tombol di bawah untuk menyewa kamar dengan Flokq.

SEWA KAMAR DENGAN FLOKQ
Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *