Komunitas Ekspatriat di Jakarta

Komunitas Ekspatriat di Jakarta

Tinggal di tempat baru selalu merupakan pengalaman yang menyenangkan. Kita mengalami hal-hal baru yang tidak tersedia di kampung halaman kita mulai dari jenis makanan baru, pengalaman budaya baru, dan lain-lain. Ekspatriat yang tinggal di Jakarta patut bersyukur karena bisa merasakan hal-hal baru, serta menghidupkan kembali dan melanjutkan hobi yang sudah mereka miliki karena banyak hal yang bisa kamu eksplorasi di Jakarta. Namun, menjalani kehidupan yang mengasyikkan di tempat baru tidak berarti kita tidak akan melewatkan homies. Tinggal di tempat baru yang jauh dari kampung halaman mungkin menakutkan bagi sebagian orang, karena mungkin sulit untuk menemukan orang yang terhubung dengan mereka serta homies.

Untungnya, banyak jenis komunitas yang bisa diikuti oleh mantan tepuk yang, tentu saja, ramah bahasa Inggris. Kamu bisa bergabung dengan komunitas-komunitas yang fokus pada hobi mulai dari olahraga, kesenian, dan lainnya seperti klub gunung, klub gamelan, dan klub teater. Selain komunitas yang ditujukan untuk memenuhi hobi anggotanya, beberapa komunitas juga mengumpulkan orang-orang dari wilayah tertentu di dunia agar para anggota dapat merasakan kehangatan homies dari kejauhan. Komunitas yang khusus dibuat untuk para aktivis sosial juga ada di kota Jakarta. Tanpa batas waktu lebih lanjut, berikut komunitas-komunitas yang bisa kamu ikuti selama tinggal di Jakarta.

1. Jakarta Players

 Jakarta Players vommunity

Indonesia terkenal dengan seni, oleh karena itu tidak sulit mencari komunitas yang bergerak di bidang seni. Jakarta Players adalah komunitas salah satu jenis seni pertunjukan, teater, yang sudah aktif sejak tahun 1968. Kamu tidak perlu bisa berakting untuk bisa bergabung dengan komunitas ini. Jika kamu menyukai seni teater, kamu berhak untuk bergabung dengan komunitas ini sebagai relawan. Pemain Jakarta ramah ekspatriat, karena semua pertunjukan dilakukan dalam bahasa Inggris. Selain menyalurkan hobi dalam hiburan teater, para anggota juga dapat membangun koneksi dengan masyarakat lokal dan mantan mitra, karena komunitas menerima anggota dari berbagai negara. Pemain Jakarta adalah komunitas nirlaba, jadi kemana semua keuntungannya? Semua keuntungan pertunjukan akan disumbangkan untuk amal bagi keluarga Indonesia yang membutuhkan. Di Jakarta pemain, kamu bisa melakukan apa yang kamu suka, dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki minat yang sama, dan melakukan perbuatan baik pada saat bersamaan. Kesepakatan yang luar biasa, bukan? Pastikan untuk memeriksa situs web mereka di jakartaplayers.org untuk mengetahui lebih banyak tentang komunitas, acara sebelumnya, dan pertunjukan mendatang oleh komunitas!

Media Sosial: @jakartaplayers

Situs Resmi: https://www.jakartaplayers.org/ 

2. Jakarta Free Spirit Running Club

Jakarta Free Spirit Running Club member

Apakah kamu seorang pelari? Atau apakah kamu suka melakukan beberapa latihan untuk akhir pekan? Kamu bisa mencoba bergabung dengan Jakarta Free Spirit Running Club! Ini adalah grup lari mingguan untuk pelari dari semua kemampuan dan usia. Mereka memiliki dua pilihan hari yang tersedia, pertama pada hari Sabtu, mulai pukul 6.30 pagi untuk berlari sekitar 5K di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, id kedua pada hari Minggu, di mana mereka berlari lebih lama dari 15 – 25K yang dimulai di McDonald’s Kemang pada jam 6 pagi. Mereka juga memiliki kelompok yang lebih kecil yang berjalan bersama setiap minggu di Gelora Bung Karno, serta daerah lain di Kecamatan Kemang dan Pondok Indah. Jadi, jika kamu ingin bersenang-senang dan bertemu orang baru, cobalah bergabung dengan klub ini!

Media Sosial: Jakarta Free Spirit di Facebook

Situs Resmi: http://www.jakartafreespirit.org/

3. Lontar Foundation

Lontar Foundation member

Lontar Foundation adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1987 oleh empat penulis Indonesia dan seorang penerjemah Amerika. Komunitas ini dikembangkan untuk mempromosikan sastra Indonesia kepada dunia dengan menerjemahkan karya sastra ke dalam bahasa Inggris. Organisasi ini berdiri sendiri-sendiri; tidak berafiliasi dengan kelompok politik dan perusahaan komersial mana pun. Oleh karena itu, semua karya diterjemahkan murni dengan makna aslinya tanpa mengubah esensi untuk memenuhi keinginan pesta. Jika kamu tertarik dengan sastra dan karya terjemahan Indonesia, organisasi ini cocok untuk kamu. Karya tersebut nantinya akan dijual secara fisik maupun online melalui perpustakaan digital. Dengan bergabung di Yayasan Lontar, kamu membantu menyediakan sumber daya bagi para pendidik, cendekiawan, dan khalayak umum dengan memungkinkan sastra Indonesia dapat diakses oleh semua orang di dunia.

Alamat: Jl. Danau Laut Tawar No.53, Pejompongan, Jakarta 10210 Indonesia

Media Sosial: @lontarfoundation di Instagram

Situs Resmi: https://lontar.org/

4. Go Wild! Indonesia

view of indonesia island

Go-Wild! Indonesia atau Klub Pecinta Alam adalah kelompok sukarelawan nirlaba yang menyelenggarakan perjalanan berpemandu ke tempat-tempat bunga dan fauna di Indonesia. Dari taman nasional, hutan, situs konservasi, dan area lain dengan keindahan alam yang luar biasa atau minat spesies disertakan. Jika kamu adalah tipe orang yang ingin mengambil bagian dalam aktivitas yang menantang, mungkin komunitas terbaik yang dapat kamu ikuti! Mereka juga memiliki perjalanan yang melibatkan jalan-jalan santai, cocok untuk segala usia dan keluarga.

Baca juga: Komunitas Bahasa di Jakarta untuk Meningkatkan Bahasa Kamu

5. Klub Internasional Wanita (WIC)

Women’s International Club member

Women’s International Club adalah klub multinasional dengan motto “Persahabatan Melalui Pemahaman”. Karenanya, dengan bergabung dalam klub, para wanita dapat membina persahabatan dan saling pengertian, berkontribusi pada pengembangan budaya wanita, mempromosikan tujuan pendidikan, dan memperkaya perbaikan sosial. Lalu, apa yang dilakukan anggota di klub? Klub ini menyediakan kelas-kelas seperti kelas memasak, kelas bahasa, kelas seni, dan lain-lain, agar para wanita bisa memperkaya kemampuannya dengan mengikuti klub ini. Selain mengembangkan diri, klub juga menyediakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan seperti program beasiswa dan kesejahteraan sosial. Beasiswa dari WIC diberikan kepada siswa dengan keunggulan akademik yang tidak memiliki sumber keuangan. Sedangkan program kesejahteraan sosial terdiri dari rangkaian kegiatan untuk mendukung institusi lokal seperti panti asuhan, panti jompo, panti kesehatan jiwa, dan lain-lain. Apalagi yang kamu tunggu? Sapa teman pemberdayaan wanita baru kamu di Women’s International Club. Temukan informasi lebih rinci di situs resmi mereka.

Alamat: Gedung Nyi Ageng Serang Lantai 4, Jalan H. R. Rasuna Said Kavling C-22, Kuningan, RT.2 / RW.5, Karet Kuningan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940, Indonesia

Nomor Telepon: + 6221-526-3302

Media Sosial: WIC Jakarta (@wicjakartajkt) di Facebook

Situs Resmi: https://www.wic-jakarta.or.id/

6. Wine and Spirits Circle (WSC)

community drink wine

The Wine and Spirits Circle menyatukan semua pecinta wine yang berbasis di Jakarta, Bali, dan Lombok. Mereka mengadakan pertemuan bulanan pada hari Jumat terakhir setiap bulan di tempat yang berbeda untuk mencicipi anggur dan makan malam. Jika kamu ingin bergabung dengan komunitas ini, kamu akan mendapatkan keuntungan ekstra berupa akses ke wine enak, buletin, dan corkage gratis di banyak restoran di Jakarta!

Alamat: Jl. Kemang Raya No.45B, RT.9 / RW.1, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730, Indonesia

Nomor Telepon: + 6221-7082-0027 atau + 6221-7179-2577

7. Jakarta International Community Choir

Jakarta International Community Choir member

Jika kamu seorang penggila bernyanyi, Jakarta International Community Choir (JICC) bisa menjadi pilihan komunitas terbaik untuk kamu. Komunitas ini terdiri dari ekspatriat dan penduduk lokal, tidak perlu audisi! Disutradarai oleh Bernice Nikki, seorang musisi, voice mentor, dan guru seni pertunjukan yang mengajar dan mengarahkan di beberapa institut dan sekolah musik di Jakarta, JICC melakukan gladi bersih setiap Senin malam mulai pukul 19.30 hingga 21.00 di Jl. Wolter Monginsidi No 21, Kebayoran Baru, Jaksel (Roger’s Salon, lantai 3).

Media Sosial: JICC – Jakarta International Community Choir (@ JICC.Choir) di Facebook

Situs Resmi: http://www.jicchoir.com/

8. Jakarta Toastmaster Club Indonesia

Jakarta Toastmaster Club Indonesia member

Jakarta ’Toastmaster Club memberi kamu lingkungan belajar yang saling mendukung dan positif di mana setiap anggota memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum dan kepemimpinan. Lingkungan yang sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan kamu! Mereka melakukan pertemuan setiap Senin di Auditorium PB Taxand, Jakarta Selatan, mulai pukul 18.00 hingga 21.30.

Media Sosial: @jakartatoastmasters di Instagram

Website Resmi: https://jakarta.toastmastersclubs.org/

9. Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC)

Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) event

The Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) adalah organisasi nirlaba untuk jurnalis internasional yang berbasis di Indonesia. Mereka memiliki lebih dari 400 anggota dan 50 organisasi media asing dengan semua anggota menjadi basis sukarela. Tempat yang tepat jika kamu menginginkan jaringan dengan pembuat berita utama, analis, diplomat, dan koresponden asing, atau jika kamu tertarik dengan forum publik tentang masalah yang menarik bagi media internasional, serta acara sosial informal.

Alamat: Menara Sona Topas, Lantai 5A Suite 526, Jl. Jend. Sudirman No.Kav 26, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920, Indonesia

Nomor Telepon: + 6221-2985-8007

Media Sosial: @jfccjakarta di Instagram, @JFCCIndonesia di Facebook

Situs Resmi: https://jfcc.info/

10. Jakarta Animal Aid Network (JAAN)

This image has an empty alt attribute; its file name is jaan.jpg

Pecinta hewan harus bergabung dengan komunitas ini! Jakarta Animal Aid Network atau JAAN adalah lembaga swadaya masyarakat yang berdedikasi untuk meningkatkan Kesejahteraan Hewan di Indonesia. Terbagi dalam dua divisi, yang pertama adalah Penyelamatan Rumah, dimana mereka melakukan penyelamatan, penampungan, rehabilitasi, pemulangan kucing dan anjing, melakukan Kampanye Dog Meat-Free di Indonesia, serta mensterilkan kucing jalanan. Sedangkan yang kedua, Divisi Penyelamatan Satwa Liar melakukan hal-hal yang mencakup semua kasus yang menyangkut primata, lumba-lumba, harimau, orangutan, dan masih banyak lagi. Mereka juga melakukan kampanye untuk tidak memelihara primata sebagai hewan peliharaan. kamu dapat melihat aktivitas mereka yang lain di situs web atau media sosial mereka. Jika kamu tertarik menjadi bagian dari JAAN, kamu dapat mendaftar menjadi relawan.

Media Sosial: @jakartaanimalaidnetowrk di Instagram dan Facebook

Situs Resmi: https://www.jakartaanimalaid.com/

11. Jakarta Broadway Team

Jakarta Broadway team performance

Tim Broadway Jakarta adalah sebuah asosiasi dari Teater Musikal di Jakarta. Perusahaan independen yang membuat produksinya serta pertunjukan publik dan pribadi yang dibuat sesuai pesanan. Ada lebih dari 30 penampil dan tim kreatif, jika kamu tertarik untuk bergabung, kamu harus bisa bernyanyi, berakting, dan menari.

Media Sosial: Jakarta Broadway Team (@jktbrdwyteam) di Facebook

12. Social Organization

Social Organization

Komunitas-komunitas yang disebutkan di atas adalah tentang hobi dan pemberdayaan. Bagaimana dengan yang ini? Organisasi Sosial bukanlah nama komunitas, melainkan jenis komunitas. Selalu nyaman untuk dekat dengan orang-orang dengan asal yang sama. Setidaknya bisa menyembuhkan sedikit rindu kampung halaman saat berada jauh dari kampung halaman. Organisasi Kemasyarakatan adalah organisasi yang menghimpun warga dari daerah tertentu untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan tempat kewarganegaraannya. Ada banyak organisasi sosial di Indonesia seperti klub India, Klub Belgia & Luksemburg Indonesia, Asosiasi Australia & Selandia Baru (ANZA), dan lain-lain. Banyak kegiatan yang dilakukan di organisasi sosial. Mereka sebagian besar, namun tidak terbatas pada, menggelar acara yang biasa dilakukan di negara asalnya seperti merayakan hari kemerdekaan dan membawa tradisi lokal ke Indonesia, misalnya Oktoberfest dari Jerman. Kamu bisa lebih mengenal organisasi kemasyarakatan dari negara asal kamu dengan mengetikkan nama kewarganegaraan kamu + di komunitas Indonesia.

Jadi, masih tertarik untuk bergaul dengan mantan sahabat di sekitar komunitas di Jakarta? Karena daftar ini bisa membantu kamu meningkatkan ikatan antara kamu dan mantan pasangan. Cobalah kesempatan besar ini!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

10 Tempat Nongkrong di Kemang: Buka hingga Larut Malam bahkan 24 jam!

10 Tempat Nongkrong di Kemang: Buka hingga Larut Malam bahkan 24 jam!

9 Tempat Nongkrong di Jakarta Pusat: Tempat Ngopi Sampai Restoran Fancy

9 Tempat Nongkrong di Jakarta Pusat: Tempat Ngopi Sampai Restoran Fancy

Restoran India di Jakarta

Restoran India di Jakarta

5 Lapangan Basket di Jakarta, dari yang Gratis hingga Sewa

5 Lapangan Basket di Jakarta, dari yang Gratis hingga Sewa

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *