16 Tempat Makan Legendaris di Jakarta yang Wajib Dicoba Pecinta Kuliner!

16 Tempat Makan Legendaris di Jakarta yang Wajib Dicoba Pecinta Kuliner!

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta memiliki banyak sekali tempat makan, mulai makanan tradisional dengan resep turun temurun hingga makanan modern kekinian. Namun, meski banyak tempat makan hits kekinian, di Jakarta juga banyak terdapat tempat makan atau kuliner legendaris yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. 

Tidak kalah terkenal dengan tempat makan modern, tempat-tempat makan ini justru menjadi kuliner legendaris di Jakarta. Meskipun sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, kuliner legendaris ini tetep mempertahankan cita rasa, kekhhasan, dan keunikan menu makanan mereka sehingga selalu ramai pembeli mulai dari penduduk lokal hingga wisatawan.

Nah, berikut ini beberapa tempat makan atau kuliner legendaris di berbagai wilayah di Jakarta yang Flokq rangkum dari berbagai sumber:

Kuliner Legendaris di Jakarta Pusat

1. Ragusa, Gambir (sejak 1932)

Ragusa Es Krim Italia
Sumber: Nibble

Terletak di Jl. Veteran I No. 10, Gambir, tempat es krim legendaris yang satu ini pasti diketahui orang Jakarta. Ragusa merupakan salah satu tempat makan paling legendaris di Jakarta. Buka setiap hari dari jam 10.00 – 22.00, tempat yang berdiri sejak 1932 ini tidak lekang oleh waktu. Desain tempatnya pun kental dengan suasana tempo dulu, mulai dari eksterior, interior, hingga perabotan yang dimiliki.

Ragusa EsKrim Italia Jakarta
Sumber: pergikuliner

Ragusa menawarkan menu es krim klasik dari zaman dulu. Untuk jenis menunya, mereka punya empat jenis es krim yang yang bisa dipilih: regular, premium, mixed dan fancy flavored. Mulai dari harga Rp15.000,00, kamu tinggal memilih menu yang disuka, bayar, dan akan langsung dihidangkan. Bingung mau memesan apa? Salah satu menu es krim yang unik adalah Spaghetti Ice Cream.

2. Soto Betawi H. Ma’ruf, Cikini (sejak 1940)

Soto Betawi H Ma'aruf
Sumber: Manual Jakarta

Berdiri sejak zaman penjajahan, Soto Betawi H. Ma’ruf memang pantas masuk dalam daftar tempat makan legendaris di Jakarta. Bahkan, sebelum memiliki tempat rumahan seperti sekarang, pendirinya sempat berkeliling menjajakan soto Betawi dengan dipikul, lho, sebelum akhirnya bisa menjadi populer dan bertahan lama. Berlokasi di Jl. Pramuka No. 64, Cikini, kuliner legendaris Jakarta ini buka setiap hari dari jam 10.00 – 22.00

Soto Betawi H Ma'aruf
Sumber: Qraved

Soto Betawi yang disajikan di sini memiliki citarasa tersendiri. Kuahnya berwarna lebih gelap dan isinya banyak, antara tulang muda dan tulang rawan. Rasanya bikin terkesan begitu masuk ke mulut! Dengan harga mulai dari Rp38.000,00 per porsi, kamu wajib mencoba sajian khas Betawi ini kalau berada di Jakarta!

3. Restoran Trio, Gondangdia (sejak 1947)

Memiliki nama “restoran”, tetapi tempat makan legendaris di Jakarta yang berdiri sejak 1947 ini tidak menawarkan desain interior restoran yang Instagrammable. Namun, restoran yang buka setiap hari dari jam 10.00 – 1.00 dan 17.00 – 21.30 ini menyajikan hidangan kuliner dengan rasa yang dijamin enak dan istimewa.

Restoran Trio - tempat makan legendaris Jakarta
Sumber: Manual Jakarta

Berada di Jl. RP. Soeroso No. 29A, Gondangdia, restoran ini menyajikan menu makanan Chinese dengan cita rasa Kanton. Total ada lebih dari 200 menu makanan yang mereka tawarkan, dengan 42 menu makanan yang memiliki tanda “rekomendasi” untuk pelanggan yang bingung memesan apa, seperti ayam nan king, sup burung walet, dan gohiong.

Restoran Trio - kuliner legendaris Jakarta
Sumber: TripAdvisor

Kalau kamu tertarik untuk mencoba menu umum dengan rasa yang beda dari yang lain, bisa memesan aneka menu mie, ayam wud kee, atau lumpia udang. Nah, bagaimana dengan harganya? Untuk makan di Restoran Trio, rata-rata harganya Rp350.000,00 untuk 2 orang. Harga di sini memang agak mahal, tapi sangat sepadan dengan rasanya!

4. Bakmi Gang Kelinci, Pasar Baru (sejak 1957)

Bakmi Gang Kelinci - tempat makan legendaris Jakarta
Sumber: Travel Kompas

Berdiri sejak 1957, Bakmi Gang Kelinci merupakan salah satu tempat makan legendaris di Jakarta. Tempat bakmi ini terletak di Jl. Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru. Popularitas Bakmi Gang Kelinci masih bertahan dari dulu sampai saat ini, lho. Kepopulerannya bisa dilihat dari ramainya pengunjung yang mengisi setiap tempat duduk yang ada setiap hari, dari jam 7.00 – 21.00

Bakmi Gang Kelinci - kuliner legendaris Jakarta
Sumber: Bakmi Gang Kelinci

Sesuai dengan namanya, tempat makan yang satu ini menawarkan berbagai macam menu bakmi. Kamu bisa memilih sajian mie sesuai kesukaanmu atau berdasarkan pilihan rekomendasi mereka. Namun, yang jadi menu favorit adalah bakmi ayam jamur mereka. Dengan harga mulai dari Rp25.000,00, kamu sudah bisa menikmati seporsi bakmi di sini!

5. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Menteng (sejak 1958)

Berhasil mempertahankan eksistensi dan rasa selama kurang lebih 60 tahun, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih memang pantas masuk dalam daftar kuliner legendaris di Jakarta. Kuliner legendaris ini menjadi salah satu favorit kalangan pecinta kuliner di Indonesia, bisa dilihat dari pengunjung yang selalu ramai.

Nasi Goreng Kebon Sirih - tempat makan legendaris Jakarta
Sumber: Uprint.id

Sesuai namanya, kuliner terkenal ini terletak di Jl. Kebon Sirih Raya, Menteng. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih buka setiap hari, dari jam 17.00 – 2.00 dini hari. Dengan harga mulai dari Rp30.000,00 per porsi, kamu sudah bisa menikmati ajian nasi goreng kambing yang gurih dengan bumbu yang khas. Memang bikin puas menyantapnya!

Sumber: Travel Kompas

Pemilihan bumbu dan rempah seperti kapulaga, kunyit, lada, sereh, dan lainnya menjadi salah satu kunci dari rasa nasi goreng kambing yang enak ini. Selain itu, pemilihan beras dan teknik memasak yang membuat daging kambing tidak bau juga berperan penting dalam masakan ini. Wajib coba!

6. Gado-Gado Bonbin, Cikini (sejak 1960)

Jika kamu penyuka gado-gado, harus coba gado-gado legendaris Jakarta yang satu ini! Terletak di Jl. Cikini IV No. 5, Cikini, Menteng, Gado-Gado Bonbin merupakan tempat makan sederhana dengan cita rasa yang istimewa dan popularitas yang besar.

Gado-gado Bonbim - tempat makan legendaris Jakarta
Sumber: Whiteboard Journal

Buka setiap hari dari jam 10.00 – 17.00, rada dari gado-gado yang berdiri sejak 1960 ini masih konsisten. Pemiliknya sendiri yang meracik sendiri bumbu kacang, merebus sayuran, hingga membuat lontong! Hal ini membuat kualitas rasa kuliner legendaris Jakarta tetap terjaga sampai sekarang.

Gado-gado Bonbin - kuliner legendaris Jakarta
Sumber: Manual Jakarta

Hal yang membuat bumbu kacang gado-gado ini berbeda adalah kacang tanah yang disangrai terlebih dahulu sebelum dimasak. Dengan harga mulai dari Rp23.000,00, kamu sudah bisa menyantap gado-gado yang berisi toge, kol, kacang panjang, bayam, timun, kentang, tahu, telur, bawang goreng, dan tambahan emping serta kerupuk udang.

7. Mie Ayam Gondangdia, Cikini (sejak 1968)

Bakmi legendaris di Jakarta yang lain adalah Mie Ayam Gondangdia di Jl. RP. Soeroso No. 36, Cikini, Menteng. Sejak berdiri pada 1968, kualitas rasa mie mereka terus terjaga sampai saat ini, lho. Tidak heran jika banyak sekali pelanggan yang sampai rela mengantri untuk bisa menikmati menu sajian mereka di sini.

Sumber: Zomato

Buka setiap hari dari jam 9.00 – 22.00, tempat ini juga menyediakan berbagai macam menu lainnya yang bisa dipilih, mulai dari fuyunghai, ayam kuluyuk, dan bihun goreng. Namun, kalau ingin memesan sesuatu yang wajib dicoba, menu andalan dari tempat makan ini adalah mie ayam dengan bakso dan pangsit.

Mie Ayam Gondangdia - kuliner legendaris Jakarta
Sumber: Bakmi Club

Mulai dari Rp28.000,00, kamu bisa menyantap mie tipis yang memiliki tekstur lembut dengan topping ayam dan jamur. Disajikan dengan bakso dan pangsit rebus, ditambah dengan ayam dan jamur, beserta semangkuk kecil kuah kaldu ayam panas. Lengkap banget! Membayangkannya saja jadi bikin lapar, kan?

8. RM Pondok Djaja, Gambir (sejak 1969)

Rumah Makan Padang di Jakarta
Sumber: akurat.co

Makanan Padang memang jadi favorit dan comfort food banyak orang, ya. Buat kamu pecinta masakan Padang, coba masakan Padang otentik RM Pondok Djaja di Jl. Hasim Ashari No 13, Gambir. Tempat ini merupakan kuliner legendaris Jakarta, lho, karena RM Pondok Djaja adalah salah satu rumah makan Padang tertua di Jakarta.

Tempat makan Padang di Jakarta
Sumber: Zomato

Rumah makan yang hanya buka dari jam 11.00 – 16.00 ini menyajikan menu masakan Padang dengan cita rasa yang dijaga dari turun temurun. Tidak hanya itu, harganya juga termasuk cocok di kantong untuk makan siang. Untuk seporsi ayam gulai yang juga jadi menu favorit, kamu cukup membayar Rp23.000,00. Jangan khawatir, porsinya lumayan, kok. Kalau berniat datang berdua, kamu cukup menyiapkan uang kurang lebih Rp80.000.

9. Gandy Steak House, Menteng (sejak 1973)

Gandy Steak - restoran legendaris Jakarta
Sumber: Qraved

Penggemar steak di Jakarta wajib mencoba restoran ini. Gandy Steak House adalah restoran steak legendaris Jakarta dengan suasana klasik vintage yang pas untuk makan-makan bareng keluarga. Selain di Menteng, ada beberapa cabang lain yang bisa kamu kunjungi di Jakarta: Kuningan, Hayam Wuruk, dan Kebon Jeruk. Untuk jam buka, rata-rata mereka buka dari jam 11:00 – 23:00.

Gandy Steak - restoran legendaris Jakarta
Sumber: Pinterest

Menurut testimoni di Traveloka Eats, salah satu menu favorit pengunjung adalah Grilled US Sirloin deharga Rp230.000,00. Jadi, kalau mau datang berdua ke sini, kira-kira siapkan sekitar Rp500.000,00, ya. Harga makanan ini memang cukup mahal, tetapi rasanya sepadan dengan harganya. Steak daging sirloin yang empuk dilengkapi saus yang enak, nggak bikin menyesal, deh. 

10. Pempek Megaria, Cikini (sejak 1989)

Pempek Megaria, Cikini
Sumber: Travel Kompas

Tempat makan pempek legendaris di Jakarta ini sudah terkenal sejak lama dan masih populer sampai sekarang. Terletak di satu area yang sama dengan bioskop Metropole XXI, Jl. Pegangsaan Timur No. 21, tempat pempek yang juga bergabung dengan kedai-kedai makanan lain ini buka dari jam 12.00 – 21.00.

Pempek Megaria, Cikini
Sumber: Tripadvisor

Pilihan menu yang paling favorit adalah Pempek Kapal Selam yang bisa kamu santap seharga Rp24.000,00. Jadi, sekitar Rp50.000 – Rp70.000 saja untuk 2 orang. Kalau kamu suka dengan pempek dengan cuka yang agak manis dan tidak terlalu pedas, wajib coba Pempek Megaria. Kamu bisa makan di sini sambil menunggu film di bioskop atau justru mengisi perut setelah 2 jam nonton bioskop!


Baca juga: 9 Tempat Nongkrong di Jakarta Pusat Bareng Teman-Teman


Kuliner Legendaris di Jakarta Selatan

11. RM Sepakat, Melawai (sejak 1969)

Ingin menikmati kuliner khas Padang di Jakarta Selatan? Coba ke Rumah Makan Sepakat di Jl. Melawai 9 No. 165, Kebayoran Baru! Rumah makan legendaris ini buka setiap hari, mulai jam 10.00 – 15.00. Dibuka sejak 1969, RM Sepakat menghadirkan citarasa makanan khas Minang. Kamu bisa menemukan beragam makanan khas Minang yang memiliki citarasa gurih, pedas dan bersantan.

Rumah Makan Padang Sepakat di Jakarta
Sumber: Whiteboard Journal

Kalau datang ke sini, wajib memesan Gulai Gajebo. Gulai Gajebo menjadi salah satu sajian yang membuat rumah makan ini layak masuk dalam daftar tempat makan legendaris di Jakarta. Gulai dengan isian daging sapi bagian punuknya dengan lemak tebal yang menempel di bagian daging dimasak asam padeh, tanpa santan dan hanya menggunakan air kelapa.

RM Sepakat
Sumber: Whiteboard Journal

Harga satu porsi Gulai Gajebo dan nasi mulai dari Rp23.500,00. Satu porsi gulai ini dijamin, deh, menggugah selera, walaupun dihidangkan di piring kecil. Bisa-bisa malah nambah, lho! Selain itu, kamu juga bisa memesan menu masakan Padang lainnya yang mereka sajikan. Tidak kalah enak! 

12. Roti Bakar Eddy, Blok M (sejak 1971)

Roti bakar adalah makanan camilan klasik yang bisa dimakan untuk sarapan hingga camilan malam hari. Roti bakar juga sering kali menjadi pengganjal perut ketika lapar. Nah, di Jakarta, ada kedai roti bakar terkenal yang buka setiap hari dari jam 18.00 – 2.30 pagi: Roti Bakar Eddy.

Roti Bakar Eddy, tempat nongkrong Jakarta
Sumber: Okezone

Berdiri sejak 1971 di Blok M, tepatnya sekarang di Jl. Raden Patah No. 11, Selong, Kebayoran Baru, pendiri kedai roti bakar ini sukses menjadikan kedainya salah satu tempat makan dan tempat nongkrong paling populer di Jakarta sampai saat ini. Tidak heran, karena rasa dan kualitas roti bakarnya terus dijaga selama beberapa dekade. Roti Bakar Eddy bahkan sudah memiliki beberapa cabang di Jakarta dan sekitarnya.

Roti Bakar Eddy, tempat nongkrong Jakarta
Sumber: Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Eddy menjadi legendaris karena roti yang spesial. Dengan harga mulai dari Rp12.000,00, kamu akan mendapatkan roti bakar yang rotinya merupakan buatan sendiri atau homemade, sehingga mempunyai cita rasa yang berbeda dengan roti pasaran. Menu yang paling terkenal? Tentu saja roti bakar coklat-keju!

13. Laksa Betawi Asirot, Kebon Jeruk (sejak 1978)

Mungkin kamu tahu Laksa sebagai kuliner Peranakan. Namun, ada juga, lho, laksa khas Jakarta yang layak dicoba karena popularitasnya: Laksa Betawi Asirot di Jl. Assirot No. 1, Kebon Jeruk. Dibuka sejak tahun 1978, tempat makan legendaris ini masih tetap buka sampai sekarang karena kualitanya yang terjaga.

Laksa Betawi Asirot
Sumber: Kontan

Buka setiap hari, mulai jam 10.00 – 21.00, kamu akan disuguhi laksa dengan rasa rempah-rempah yang kuat. Kombinasi bumbu khas Indonesia seperti lengkuas, jahe, kunyit, biji pala, jinten, lada, serai, kemiri, daun jeruk, daun salam, ketumbar serta rebon memberikan rasa yang khas. Selain itu, tambahan santan juga memberikan rasa gurih!

Laksa Betawi Asirot
Sumber: myeatandtravelstory

Dengan harga mulai dari Rp20.000,00, kamu bisa menikmati laksa dengan isian seperti tahu, telur, hingga daging semur yang dihidangkan bersama ketupat, daun kucai, toge, dan bawang goreng. Citarasa dari laksa ini membuatnya jadi kuliner legendaris di Jakarta! Tidak salah kalau tempat makan ini menjadi tujuan para pecinta kuliner.


Baca juga: 7 Rumah Makan dan Restoran Padang di Jakarta, Wajib Dicoba!


Kuliner Legendaris di Jakarta Barat

14. Kopi Es Tak Kie, Glodok (sejak 1927)

Buat penggemar kopi, kemungkinan besar pasti pernah dengar atau pernah mencoba ngopi di sini. Kopi Es Tak Kie adalah kedai kopi dan teh legendaris di Jakarta yang berdiri sejak 1927. Berlokasi di Gang Gloria, Glodok, tepatnya di Jl. Pintu Besar Selatan III No. 4-6, mereka buka setiap hari, dari jam 6.30 – 00.30.

Kopi Es Tak Kie - kuliner legendaris Jakarta
Sumber: satyawinnie

Spot kuliner yang hits di Jakarta ini konsisten menyajikan menu es kopi dan teh yang sangat legendaris. Dengan usia yang hampir seabad, kedai ini memiliki desain interior ruangan yang sederhana dan klasik ala Jakarta zaman dulu. Terlihat beberapa pajangan seperti papan nama dan hiasan dinding yang dipertahankan dari tahun ke tahun.

Kopi Es Tak Kie
Sumber: matalelaki

Sebagai tempat kopi legendaris, kedai kopi ini justru tidak menawarkan berbagai macam varian kopi, melainkan hanya dua varian! Kamu bisa memesan kopi hitam atau kopi susu khas mereka dengan harga mulai dari Rp15.000,00. Walaupun tidak memiliki banyak menu seperti kedai kopi kekinian, mereka memiliki rasa khas tersendiri yang tidak ditemukan di tempat lain.

15. Kwetiau Sapi 78, Mangga Besar (sejak 1978)

Kamu penyuka kwetiau? Restoran Kwetiau Sapi Mangga Besar 78 awalnya adalah usaha makanan pikulan yang telah berjalan sejak 1956. Berlokasi di Jl. Mangga Besar Raya No. 78D, Taman Sari, tempat makan legendaris ini buka setiap hari, dari jam 10.00 – 24.00.

Kwetiaw Sapi 78 Mangga Besar
Sumber: zomato

Sesuai dengan nama tempatnya, mereka terkenal dengan menu kwetiaunya yang enak. Menu kwetiau yang populer di sini adalah kwetiau siram, kwetiau yang lembut dengan bumbu bawang putih dan kaldu sapi yang gurih, ditambah babat sapi, urat sapi dan daging sapi yang kenyal. Wajib coba, deh.

Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar - kuliner legendaris Jakarta
Sumber: kumparan

Selain rasanya yang enak, yang menjadikan menu restoran ini spesial adalah jumlah porsinya yang melimpah. Dengan harga mulai dari Rp24.000,00 per porsi, jangan khawatir akan merasa kurang atau mendapat porsi yang kecil. Kalau datang bersama teman atau keluarga, bisa memesan jenis kwetiau yang berbeda untuk sharing!


Kuliner Legendaris di Jakarta Timur

16. Asinan Betawi H. Mansyur, Rawamangun (sejak 1970-an)

Dikenal juga sebagai Asinan Kamboja Rawamangun, Asinan Betawi H. Mansyur memiliki popularitas yang membuat orang-orang rela mengantre demi seporsi asinan ini. Terletak di Jl. Taman Kamboja No. 10, Rawamangun, Pulo Gadung, tempat makan ini buka setiap hari dari jam 10.00 – 21.00.

Asinan Betawi H. Mansyur / Asinan Kamboja Rawamangun
Sumber: Tempat

Asinan sayur menjadi menu yang banyak dipesan di salah satu tempat makan legendaris di Jakarta ini. Asinan dengan isian toge, kol, selada, tahu putih, kacang tanah goreng dan timun memberikan rasa yang khas ketika disiram kuah kacang yang kental. Ditambah lagi, masih ada kerupuk mie kuning dan merah sebagai pelengkap.

Sumber: pumasera

Dengan harga mulai dari Rp16.000,00 per porsi, kamu sudah bisa menyantap asinan di sini. Selain itu, kamu bisa memilih opsi menu lain seperti asinan buah dengan rasa pedas, asam, asin dan manis. Potongan buah segar dicampur cuka yang asam gula merah yang manis memberikan rasa yang segar banget!


Nah, itulah 16 tempat makan atau legendaris di berbagai wilayah di Jakarta. Kalau kamu pecinta kuliner atau bosan dengan makan di restoran kekinian terus, bisa banget mencoba berbagai tempat makan legendaris di atas!

Apa pilihan kuliner yang kira-kira akan menjadi favoritmu? Tempat makan mana yang akan kamu tuju pertama kali?

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Salon Mobil Jakarta

Salon Mobil Jakarta

Sepatu Lokal Indonesia

Sepatu Lokal Indonesia

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

Rokok Elektrik Pod: Praktis dan Mudah Dibawa!

Rokok Elektrik Pod: Praktis dan Mudah Dibawa!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *