Liburan Akhir Pekan di Puncak

Liburan Akhir Pekan di Puncak

Jakarta merupakan kota padat yang dihuni sekitar 10 juta penduduk. Banyaknya mobil dan motor menyebabkan Jakarta diselimuti oleh awan polusi. Penduduk Jakarta sudah terbiasa dengan kemacetan,polusi, dan kebisingan di jalan raya. Makanya, sangat wajar kalo kamu mendambakan liburan akhir pekan untuk relaksasi atau sekedar untuk menjauh dari pusat kota. Melalui tulisan ini, kami merekomendasikan beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi untuk menyegarkan pikiran atau refreshing.

Salah satunya yaitu dataran tinggi Puncak yang dingin dan berkabut, tempat ini terletak di daerah Selatan Jakarta. Kamu hanya perlu menempuh waktu kurang lebih dua jam dari Jakarta. Tidak hanya menghemat uang, kamu juga tidak perlu bepergian ke daerah yang terlalu jauh. Puncak berlokasi di provinsi Jawa Barat, di antara kota Bandung dan Bogor. Tempat ini populer sebagai tempat refreshing di akhir pekan untuk menenangkan diri. Kamu bisa memilih pergi ke sebuah villa atau area perkemahan, hiking menyusuri hutan rimbun, mengunjungi taman safari yang berisi hewan-hewan eksotis, atau mencicipi teh langsung dari area perkebunan teh di kawasan ini.

Kawasan Puncak sudah lama menjadi area penting untuk menghabiskan liburan akhir pekan bagi warga Jakarta. Udara yang dingin, menyegarkan, serta pemandangan yang indah, menawarkan ketenangan dan rasa damai. Di sore hari, Puncak juga menawarkan pemandangan spektakuler berupa sunset yang bisa dilihat dari puncak gunung.

Cara Menuju Kawasan Puncak

Jika kamu terbiasa menggunakan transportasi umum, kamu bisa menaiki kereta dan turun di Stasiun Bogor. Setelah kamu tiba di Stasiun Bogor, kamu bisa menggunakan angkutan kota (angkot) dengan nomor 03 menuju ke terminal Baranang Siang. Jika kamu menggunakan mobil pribadi, perjalanan Jakarta – Puncak dapat ditempuh selama 2 jam melalui jalan tol Jagorawi.

Kawasan Puncak memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter diatas permukaan laut, udaranya sejuk, iklim gunung yang berangin, mirip seperti udara saat musim semi dan musim gugur di daerah Eropa. Sebagian besar bukit di kawasan Puncak ini diselimuti oleh perkebunan Teh yang dapat dinikmati sebagai pemandangan dengan warna hijaunya.

Perlu diketahui bahwa kondisi lalu lintas menuju kawasan Puncak bisa jadi sangat padat pada liburan akhir pekan yang panjang. Ditambah dengan kebijakan lokal untuk menerapkan sistem buka-tutup jalan, di mana jalan dibuat menjadi satu arah yang akan menambah kemacetan. Pastikan kamu berangkat dari rumah lebih pagi untuk menghindari kemacetan dan sampai ke daerah Puncak lebih awal.

Makanan

Seperti yang kamu ketahui, setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan tersendiri dalam bidang kuliner. Puncak, memiliki hidangan sate maranggi, sate ini memiliki rasa yang kuat karena telah diberi bumbu sebelum sate ini dipanggang. Salah satu tempat penjual sate yang terkenal adalah Sate Maranggi Sari Asih di Jalan Raya Pacet T-Junction. Selain itu, juga terdapat jagung bakar dan jagung rebus yang wajib kamu coba.

Di Puncak, terdapat banyak sekali tukang jualan di pinggiran jalan. Mereka menjual beraneka ragam barang, mulai dari baju hangat hingga makanan seperti mie instan, stroberi segar, teh hitam dalam kemasan, tahu bulat, buah segar, sayuran, dan makanan lokal lainnya.

Hal Yang Harus Dilakukan di Puncak

1. Gunung Mas Tea Plantation

gunung mas tea plantation puncak

Area perkebunan teh Gunung Mas adalah milik negara yaitu di bawah PT. Perkebunan Nusantara. Luasnya mencapai hingga 540 hektar perkebunan teh. Di sini juga terdapat agrowisata dengan banyak kegiatan menyenangkan yang cocok untuk keluarga seperti menunggang kuda, bersepeda, mengendarai ATV, bahkan menawarkan kesempatan pada pengunjung untuk melihat langsung proses pembuatan teh, mulai dari perkebunan ke pabrik, kemudian ke toko teh. Terdapat pula makanan-makanan kukus yang dapat dinikmati. Tiket masuknya seharga Rp.15.000 dan ada biaya tambahan untuk menikmati fasilitas lainnya.

Lokasi: Jl. Siliwangi, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750

Website: https://sayaporganizer.blogspot.com/

Telepon: 08176581168    

2. Taman Safari 

taman safari

Taman Safari merupakan kebun binatang besar dan pusat konservasi satwa liar yang terdiri dari taman burung, wahana taman hiburan, dan pameran hewan termasuk paviliun harimau putih, yang menyediakan wisata safari siang dan malam. Kamu dapat menyaksikan perilaku hewan yang berjumlah sekitar 2500 hewan seperti zebra, gajah, singa, dan beberapa hewan langka lainnya. Kebun binatang Taman Safari terkenal dengan tur gaya Jurassic Park, di mana pengunjung dapat berkendara dari satu kandang ke kandang lain dan memberi makan hewan-hewan dari dalam mobil. Di sana terdapat hotel caravan dan bungalow yang dapat dinikmati pengunjung jika ingin menghabiskan malam di suasana alam terbuka. Di hari kerja, tiket untuk pengunjung mancanegara dibandrol harga sejumlah Rp. 400.000 untuk orang dewasa dan Rp. 350.000 untuk anak-anak 5 tahun kebawah.

Alamat: Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750

Websites: tamansafari.com

Nomor Telepon: (0251) 8250000

3. Kota Bunga

kota bunga puncak

Kota Bunga merupakan green resort terbesar di kawasan Puncak. Bangunan-bangunan di sana terdiri dari warna-warna cerah, tempat yang cukup eksentrik untuk dijelajahi. Tempat ini dibangun dengan konsep gabungan dari berbagai kota dan negara yang populer di dunia seperti Oxford dan Nottingham. Di tengah kawasan ini terdapat Little Venice, taman rekreasi yang berisi berbagai wahana untuk anak-anak.

Juga terdapat juga Istana Kepresidenan di Cipanas, namun tertutup bagi wisatawan. Banyak pengunjung yang  datang hanya untuk melihat halamannya yang indah dan arsitekturnya yang bergaya kolonial. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 35.000 per orang untuk dapat menikmati area Kota Bunga ini.

Lokasi: Villa Kota Bunga Puncak, Jl. Raya Puncak Gadog, Ciloto, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Nomor Telepon: 0263 511385.

4. Air Terjun Cilember

waterfall

Curug Cilember memiliki 7 air terjun di lokasi yang berbeda. Air terjun ini memiliki tinggi lebih dari 35 meter. Curug ini berlokasi sejauh 20 km atau sekitar 1.5 jam dari Kota Bogor. Tiket masuk seharga Rp. 6.000, sedangkan untuk parkir mobil dikenakan biaya Rp. 8.000 dan untuk parkir motor seharga Rp. 4.000.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM. 15, Cisarua, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750

Nomor Telepon: (0251) 8258890

5. Paralayang

paragliding

Jika kamu menyukai tantangan yang memicu adrenalin, kamu bisa menikmati daerah puncak selama 6 menit dengan cara yang anti-mainstream. Pastikan kamu telah mengetahui kondisi cuaca sebelum kamu menuju ke tempat paralayang ini. Lebih baik kamu datang di pagi hari karena biasanya tempat ini akan ramai sepanjang hari. Wisata Paralayang dikenakan biaya sebesar Rp. 300.000 – Rp. 350.000 per orang.

Lokasi: JL Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak, West Java, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750

Telepon: 085717951289         

Website: http://www.flypuncak.com/wp/id/

Jadi, udah siap belum untuk jalan-jalan di kawasan Puncak?

For more information about travel near Jakarta , click here!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *