15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Anda Coba!

15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Anda Coba!

Bandung adalah salah satu kota yang terkenal dengan factory outlet dan juga makanan khas yang banyak sekali variannya. Makanan khas Bandung memiliki cita rasa asin, manis, dan pedas khususnya camilan dan jajanan dengan harga terjangkau. Makanan-makanan ini tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke Bandung. Kota yang dikenal sebagai Paris Van Java ini memiliki berbagai varian makanan khas yang disukai banyak pengunjung dan orang asli Bandung. Berikut ini adalah 15 makanan khas Bandung yang bisa Anda nikmati.

Baca juga : 11 Hotel Instagramable dan Terjangkau di Bandung

makanan khas Bandung
Unsplash

1. Cilok

Nama makanan khas Bandung yang mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda adalah cilok. Makanan ini adalah makanan rumahan yang bisa ditemukan di pinggir jalan maupun restoran besar. Cilok terbuat dari bahan tepung yang dicampur dengan daging yang memberikan efek kenyal. Makanan ini juga dilengkapi dengan bumbu kacang atau saus mayonaise yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

2. Cimol

Selain cilok, cimol juga adalah makanan yang cukup terkenal sampai ke luar Bandung. Bahannya mirip dengan cilok namun dibuat seperti bentuk bakso. Selain itu, cilok dimasak dengan cara direbus sedangkan cimol dimasak dengan cara digoreng. Makanan ini bisa dicampur dengan tambahan seperti bubuk cabai, keju atau saus kacang. Cimol bisa ditemukan di pedagang pinggir jalan dan dijual dengan harga terjangkau.  

3. Batagor

Salah satu makanan khas Bandung yang sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner adalah batagor. Resep batagor terdiri dari adonan ikan dan tepung kanji yang nantinya dilengkapi dengan saus kacang dan perasan jeruk limau. Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan cocok untuk dijadikan santapan di sore hari.

4. Surabi

Surabi adalah makanan khas Bandung yang disukai oleh banyak orang. Resepnya pun sudah beragam, mulai dari surabi original sampai yang sudah dimodifikasi menjadi lebih kekinian. Walaupun tampilannya seperti pancake, surabi memiliki perbedaan di cara memasak karena ia dibakar di atas tungku. Beberapa topping yang biasa digunakan untuk menghiasi surabi adalah coklat, pisang, nangka, keju dan durian.

makanan khas Bandung
Unsplash

5. Mie Kocok

Mie Kocok adalah salah satu jajanan yang bisa Anda temukan di pinggir jalan khususnya di pedagang yang menggunakan gerobak. Mie Kocok ini adalah mie kuah yang terbuat dari mie pipih yang dicampur dengan berbagai macam sayuran, tauge, dan dilengkapi dengan kikil sapi. Penyajiannya sendiri diawali dengan pencampuran mie dan bahan lainnya dengan cara dikocok.

6. Seblak

Seblak adalah salah satu makanan khas Bandung yang sudah menjangkau berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Jakarta. Makanan ini terbuat dari kerupuk yang direbus dan dicampurkan dengan berbagai bahan makanan seperti racikan cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Selain itu seblak juga bisa ditambahkan dengan berbagai topping seperti ceker ayam, batagor, atau potongan daging ayam. Ia juga terbagi dalam dua varian yaitu seblak basah dan seblak kering.

7. Lotek

Jika Anda mencari makanan khas Bandung yang sehat, lotek adalah salah satu pilihan yang wajib Anda coba. Resep lotek terdiri dari campuran berbagai sayuran yang dibumbui dengan saus kacang. Bentuk dari lotek mirip dengan makanan khas Jakarta yaitu gado-gado.

8. Perkedel Bondon

Perkede Bondon adalah makanan khas Bandung yang khusus dijadikan sebagai cemilan malam di kota yang dijuluki sebagai Paris Van Java Ini. Pedagang yang biasanya menjual makanan ini buka mulai pukul 22.00-04.00 WIB. Satu buah perkedel bisa dibeli dengan harga Rp. 2000. Anda bisa datang ke Stasiun Hall Bandung, Jalan Stasiun Timur 1 atau di Jalan Kebon Kawung nomor 43 Bandung untuk mencicipi makanan ini.

9. Colenak

Colenak adalah makanan khas Bandung yang memiliki cita rasa manis. Makanan ini terdiri dari tape atau peuyeum yang dibakar dan dilengkapi dengan campuran air gula jawa dan parutan kelapa.

10. Bandros

Bandros adalah makanan yang terdiri dari campuran tepung beras dan santan kelapa yang dimasak dalam bentuk cetakan cekung. Adonan kue yang masih setengah matang nantinya diberi taburan kelapa parut sembari menunggu adonannya matang. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan asin.

makanan khas Bandung
Unsplash

11. Combro

Combro adalah sebuah singkatan untuk menunjukkan oncom yang yang berada di dalam makanan ini (oncom di jero). Ini adalah salah satu makanan khas Bandung yang sudah terkenal sejak dulu. combro terbuat dari olahan singkong yang digoreng dan diberi isian oncom. Makanan ini bisa didapatkan di pasar tradisional atau pedagang pinggir jalan.

12. Misro

Salah satu makanan yang juga disingkat namanya adalah misro alias amis di jero. Makanan ini juga terbuat dari singkong goreng. Namun yang membedakan combro dan misro adalah misro memiliki isian gula merah di tengahnya.

13. Cuanki

Makanan asal Bandung yang mirip dengan bakso adalah cuanki. Makanan ini disajikan tanpa mie kuning ataupun bihun, itulah yang membedakannya dengan bakso. Jika Anda adalah pecinta bakso, makanan ini wajib Anda coba untuk melihat perbedaan bakso dan cuanki. Selain itu makanan ini juga cocok dijadikan penghangat tubuh karena berisi kuah panas yang gurih.

14. Moring

Moring adalah singkatan dari cimol kering yang merupakan salah satu makanan khas Bandung yang terbuat dari aci yang dicampur bumbu. Moring berbeda dengan cimol karena moring terbuat dari adonan yang diiris tipis sebelum digoreng. Makanan ini memiliki rasa yang beragam seperti pedas dan manis dimana bentuknya seperti keripik yang membuat sering juga disebut sebagai keripik moring.

15. Gehu Jeletot

Gehu adalah nama makanan khas Bandung yang terbuat dari tahu goreng yang diisi tauge. Makanan ini juga dilapisi dengan tepung krispi yang membuat teksturnya gurih dan renyah. Gehu juga telah dimodifikasi sehingga tak hanya terdiri dari dua bahan makanan saja, yaitu berisi bihun, kol, wortel, daging cincang, bahkan udang. Bahan-bahan ini ditumis dan dimasukan ke dalam tahu. Makanan ini cocok dijadikan camilan untuk menghilangkan rasa lelah setelah berjalan-jalan di sekitar Bandung.

Itulah 15 makanan khas Bandung yang bisa Anda nikmati. Berkunjung ke Bandung tentu tak lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba salah satu dari makanan di atas. Semoga membantu!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *