10 Daftar Makanan Khas Betawi yang Harus Kamu Coba

10 Daftar Makanan Khas Betawi yang Harus Kamu Coba

Makanan khas betawi atau makanan yang berasal asli dari Jakarta dan menjadi ciri khas wilayah ini. Berdasarkan sejarahnya, ternyata makanan khas betawi memiliki banyak pengaruh dari budaya lain seperti Cina, Eropa, bahkan Arab. Makanan ini pun menjadi bukti akulturasi budaya yang apik antara budaya asli dengan luar negeri. Meski begitu, makanan khas betawi tetap menonjolkan ciri khasnya dari rempah-rempah yang terasa dalam semangkuknya.

Baca juga: Inilah 5 Alasan Mengapa Apartemen Kota Ayodhya di Tangerang Cocok Menjadi Hunianmu

Berikut daftar makanan khas betawi yang harus kamu coba selama tinggal di Jakarta!

1. Soto Betawi

Makanan khas betawi yang pertama adalah soto betawi. Meski banyak juga daerah yang menjadikan soto sebagai ciri khas dari daerah masing-masing, namun soto betawi memiliki ciri khas tersendiri. Soto betawi terbuat dari jeroan sapi yang bercampur dengan kuah santan dan susu. Santan dan susu menjadi pembeda antara soto betawi dengan soto dari daerah lain. Meski banyak menggunakan bahan berlemak, tapi soto ini tetap enak menjadi santapan karena kaya akan rempah-rempah.

2. Kerak telor

Makanan khas betawi yang sering dijumpai lainnya adalah kerak telor. Kerak telor bisa dibilang memang asli dari Betawi. Makanan ini terbuat dari nasi yang bercampur dengan telur, dan serundeng. Kemudian akan dimasak di atas tunggu api. Telur yang digunakan bisa dengan telur ayam atau telur bebek sesuai dengan selera. Uniknya, wajan dari kerak telor akan ikut dibalik pada proses pembuatannya sehingga kerak telor akan langsung kena api. Untuk menikmati masakan ini, kamu bisa pergi ke tempat-tempat wisata cagar budaya Betawi atau acara-acara perayaan khusus Betawi.

3. Asinan Betawi

Meski ada beberapa daerah yang memiliki asinan sebagai makanan khas daerah, tapi Betawi juga punya asinannya sendiri. Asinan Betawi ini berisi berbagai macam sayuran, seperti kubis, sawi, dan tauge. Selain itu, Makanan khas betawi ini bisa disantap bersama tahu sehingga semakin kaya akan rasa. Semua bahan yang telah disatukan kemudian disiram dengan garam dan cuka sehingga rasanya asam asin. Namun tidak hanya garam dan cuka, asinan betawi juga disiram dengan gula merah yang sudah ditambahkan dengan cabai. Rasanya yang kaya akan terasa segar dan menjadikan makanan ini favorit untuk banyak orang.

4. Gado-gado

Makanan khas Betawi yang satu ini juga menjadi kesukaan untuk masyarakat dari berbagai daerah. Gado-gado sangat cocok untuk para vegan atau orang-orang yang sedang berusaha mengurangi konsumsi daging. Atau, banyak juga yang menyebutnya sebagai salad versi lokal. Makanan ini terbuat dari aneka sayur, mulai dari kacang panjang, tauge, kangkung, kubis, dan sayuran lain. Setelah itu, bahan-bahan tadi akan disiram dengan saus sambal kacang sehingga ada rasa gurih dan manis. Kamu juga bisa menambahkan menu lainnya seperti tempe, tahu, dan telur rebus.

5. Nasi Kebuli

Banyak yang mengira kalau Nasi Kebuli berasal dari timur tengah, padahal makanan ini adalah makanan khas Betawi. Nasi Kebuli adalah perpaduan antara makanan Indonesia dengan cita rasa arab yang tidak kalah kental. Makanan ini cukup populer di tengah orang-orang Betawi yang memiliki keturunan arab. Nasi Kebuli yang kaya akan rempah dimasak dengan berbagai bumbu dan menghasilkan aroma dan rasa yang sangat kuat. Salah satu ciri khasnya adalah kaldu kambing, susu kambing, dan santan yang membuat makanan ini memiliki cita rasa yang unik.

Baca juga: 10 Alasan Sewa Apartemen City Park: Dari Fasilitas Lengkap Hingga Langkah Pencegahan COVID-19!

6. Nasi Uduk

Biasa menjadi makanan untuk sarapan, ternyata Nasi Uduk adalah makanan khas Betawi. Makanan ini pun mudah untuk dijumpai di mana saja. Nasi gurih dengan lauk yang beragam dan berasal dari daerah betawi. Bedanya, rasa gurih ini diperoleh dari santan, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai. Biasanya orang-orang menikmati nasi uduk dengan menu tambahan seperti ayam goreng, tempe kering, telur goreng, dan sambal. Tidak lupa dengan taburan bawang goreng yang gurih.

7. Semur Jengkol

Jengkol adalah salah satu bahan makanan yang hanya ada di Indonesia. Aromanya yang menyengat menjadi ciri khas, ditambah rasanya yang agak pahit membuat beberapa orang kurang menyukai makanan ini. Namun jika olahannya tepat, jengkol bisa menjadi makanan yang sangat lezat. Salah satu olahannya adalah semur jengkol. Semur jengkol adalah salah satu makanan khas betawi yang jarang ditemui pada daerah lain. Meski begitu, memasak semur jengkol bukan hal yang sulit. Kamu hanya perlu memasak jengkol seperti saat memasak semur yang lainnya.

8. Lontong Sayur

Makanan khas betawi lainnya yang cukup familiar adalah lontong sayur. Makanan ini biasanya menjadi menu favorit saat perayaan hari besar seperti Idul Fitri dengan tambahan opor ayam sebagai lauk. Atau, kamu juga bisa menemukan penjual lontong sayur pada pagi atau sore hari. Makanan ini tepatnya adalah lontong yang disiram dengan kuah sayur dan berasal dari santan. Tidak lupa ditambah dengan berbagai macam rempah yang membuat rasanya semakin kuat. Dalam kuahnya, terdapat irisan pepaya muda yang membuat makanan ini semakin kaya akan rasa yang menggiurkan. Kamu juga bisa menikmatinya dengan kerupuk dan ayam suir.

9. Pecak Lele

Lele adalah ikan tawar yang menjadi favorit banyak orang untuk menjadi bahan olahan, seperti pecak lele. Makanan khas betawi yang satu ini bukan hanya sekadar ikan lele yang ditambah dengan sambal. Tapi ditambah juga dengan santan, saus, kacang, air dari asam jawa. Air dari asam jawa bisa membuat rasanya menjadi sangat kaya, sehingga kamu pun bisa menikmati rasa gurih, pedas, dan asam dalam satu suapan.

10. Nasi Ulam

Makanan khas betawi yang selanjutnya adalah nasi ulam. Mirip-mirip seperti nasi uduk, nasi ulam juga memiliki cita rasa yang gurih karena ditambah dengan rempah-rempahan seperti lengkuas, serai, dan daun salam dalam proses memasaknya. Setelah matang, nasi ulang akan ditaburi dengan bawang merah halus, ketumbar, jintan, terasi dan cabai.

sumber: Kompas

Dari 10 daftar di atas, makanan apa yang kamu tertarik untuk coba? Jangan lupa cek website Flokq untuk temukan hunian yang dekat dengan kuliner khas betawi.

Baca juga: Sewa Apartemen Lagoon di Bekasi Town Square (BETOS): 8 Alasan Kenapa Apartemen Ini Pilihan Tepat!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

KFC Naughty by Nature: 10 Menu yang Sehat dan Eksklusif dengan Fast Food Favorit Anda!

KFC Naughty by Nature: 10 Menu yang Sehat dan Eksklusif dengan Fast Food Favorit Anda!

7 Lokasi Seru Sekitar West Vista untuk Habiskan Waktu Luangmu dengan Unik!

7 Lokasi Seru Sekitar West Vista untuk Habiskan Waktu Luangmu dengan Unik!

10 Restoran dengan Harga Terjangkau Dekat Apartemen Green Pramuka City

10 Restoran dengan Harga Terjangkau Dekat Apartemen Green Pramuka City

8 Rekomendasi Kedai Kopi di Dekat Apartemen Grand Palace Kemayoran

8 Rekomendasi Kedai Kopi di Dekat Apartemen Grand Palace Kemayoran

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *