15 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Coba

15 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Coba

Karena kaya akan bumbu dan varian, makanan khas Jawa sangat populer di berbagai bagian Indonesia. Dari kegurihan, rasa manis, hingga gigitan sambal Jawa, Anda mungkin akan kebingungan untuk menentukan makanan Jawa kesukaan Anda. Masakan asal Jawa juga sering menjadi salah satu daya tarik wisata bagi pengunjung internasional terhadap Indonesia, seperti tempe dan tahu yang cukup populer di Jerman. Berikut adalah 15 makanan khas Jawa yang wajib Anda setidaknya makan sekali!

1. Rawon

source: Rawon

Makanan dapat langsung Anda kenali dengan kuah hitam dan sejumput toge di permukaannya. Warna hitam khas rawon berasal dari kluwek, dan umumnya disantap dengan nasi putih, kerupuk, dan lauk pelengkap seperti telur asin atau kerupuk.

2. Tahu Petis

source: Tahu Petis

Olahan tahu ini berasal dari kota Semarang. Tahu petis adalah tahu pong goreng dengan bumbu petis didalamnya dan disajikan dengan cabe rawit. Ada juga varian tahu goreng yang disiram dengan saus petis. Saus ini dibuat dari kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak sampai mengental.

3. Tongseng

source: Tongseng

Bagi penggemar makanan pedas, Anda wajib mencicipi tongseng. Maknaan ini dibuat dari memasak daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing, meskipun ada pula tongseng daging sapi dan kerbau. Tongseng juga biasanya diberi tambahan sayuran seperti kol, bawang putih, tomat, dan kecap.

4. Soto Kudus

source: Soto Kudus

Dapat ditebak dari namanya, soto kudus adalah soto khas daerah Kudus. Soto ini disajikan dengan mangkok kecil dan awalnya menggunakan daging kerbau sebagai daging utama. Lambat laun daging ini digantikan oleh daging ayam yang lebih empuk dan dapat dimasak dengan cepat. Dalam sajian juga terdapat toge serta telur rebus sebagai pelengkap utama.

5. Garang Asem

source: Garang Asem

Sesuai namanya, makanan Jawa ini merupakan masakan asam-pedas dengan ayam santan dan dibungkus daun pisang. Beberapa variasi tidak menggunakan daun pisang, melainkan di atas piring hingga dapat langsung disantap.

6. Pecel Lele

source: Pecel Lele

Warung pecel lele dapat ditemukan hampir di setiap daerah Indonesia. Berkat rasanya yang cocok dengan selera Indonesia dan harga yang menjangkau, tidak sulit bagi pecel lele untuk menjadi masakan Jawa favorit semua orang. Pecel lele sendiri umumnya terdiri dari sambal pedas dan lalapan, sehingga cocok menjadi makanan sehari-hari bagi banyak orang.

7. Mie Lethek

source: Mie Lehtek

Karena bentuknya yang berantakan, mie ini juga sering disebut sebagai mie kotor. Meskipun demikian, mie ini sangat lezat hingga sempat menjadi salah satu masakan favorit Presiden Obama 2017 lalu. Mie ini berbahan singkong dan tepung tapioka yang memberikan tekstur lembut pada mie hingga bisa diolah menjadi mie goreng, rebus atau dijadikan olahan bersama nasi. Mie ini dapat dinikmati dengan telur, daging ayam, loncang, seledri, dan wortel.

8. Gudeg

source: Gudeg

Masakan asal Yogyakarta ini terbuat dari buah nangka muda yang dimasak dengan satan dan gula serta daun jadi untuk menghasilkan warna cokelat. Teknik memasaknya juga membutuhkan waktu berjam-jam agar bumbu masakan meresap. Gudeg biasanya disajikan dengan sayur krecek, telur bacem, tahu, ayam kampung dan santan kental.

9. Rujak Cingur

source: Rujak Cingur

Cingur berarti mulut sapi, dan seperti namanya, rujak ini memiliki bahan utama daging mulut sapi yang diberi potongan buah dan sayur dengan siraman bumbu rujak cingur. Bumbu ini diolah dari cabe, petis, gula merah, bawang putih, kacang goreng yang diulek.

10. Ayam Lodho

source: Ayam Lodho

Masakan ini terbuat dari olahan ayam kampung yang dibakar dan kemudian dimasak lagi bersama santan dan bumbu pedas. Tekstur ayam lodho sangat empuk dan lembut. Ayam lodho memiliki cita rasa pedas mengggit berkat rempah dan cabainya.

11. Tahu Tek

source: Tahu Tek

Nama masakan ini berasal dari bunyi ketukan gunting pada piring sehingga menimbulkan bunyi ‘tek-tek-tek’. Tahu ini diolah dengan siraman bumbu yang banyak, lontong, toge kecil dan kecambah sebagai bahan utamanya. Tahu digoreng setengah matang dan disiram dengan bumbu petis. Beberapa varian menambahkan kentang goreng, tauge, dan irisan mentimun.

12. Nasi Gandul

source: Nasi Gandul

Nasi ini disajikan di daun pisang dengan lauk daging sapi disiram kuah segar. Nasi pada masakan ini dimasak gurih dengan daun pandan dan dapat juga ditemani dengan telur dan kuah pedas.

13. Dawet Ireng

source: Dawet Ireng

Makanan khas Jawa ini sebenarnya dapat juga tergolong sebagai minuman dengan dawet hitam dari abu jerami dalam proses pembuatan cendol. Rasa manis dawet sangat cocok disantap pada cuaca panas.

14. Sate Bundel

source: Sate Bundel

Masakan ini diolah dengan daging kambing cacah yang dibungkus dengan lapisan lemak tipis dan dibakar. Sate ini kemudian ditambah dengan bumbu kecap, irisan bawang merah dan daun kol, serta jeruk nipis dan cabai rawit untuk menciptakan rasa terbaik saat disajikan.

15. Kue Wajik

source: Kue Wajik

Dengan bahan dasar beras ketan yang dimasak dengan campuran gula jawa, umumnya wajik memiliki warna coklat. Kini cemilan tersebut telang mengembangkan aneka warna yang lebih menarik, sehingga sering dijadikan oleh-oleh dan kudapan sore.

Jika Anda belum pernah mencoba masakan Jawa seperti di atas, sudah saatnya Anda memesan seporsi makanan Jawa untuk mengalami sendiri kelezatan khas Jawa. Beberapa makanan di atas cocok disantap saat hujan mengingat saat ini Indonesia mulai memasuki musim hujan. Selamat bersantap!


Butuh lebih banyak rekomendasi makanan Jawa? Goyang lidah Anda dengan daftar menu berikut!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

8 Fakta dan Pilihan Tempat Wisata di Sekitar Pasir Putih PIK 2

8 Fakta dan Pilihan Tempat Wisata di Sekitar Pasir Putih PIK 2

10 Restoran Baru di PIK dengan View Laut 2021

10 Restoran Baru di PIK dengan View Laut 2021

Minum Anggur Putih (Ternyata) Juga Banyak Manfaatnya

Minum Anggur Putih (Ternyata) Juga Banyak Manfaatnya

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *