10 Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Coba!

10 Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Coba!

Jawa Barat adalah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keberagaman budaya pada berbagai aspek termasuk kuliner. Hal ini membuat banyak para pengunjung wisata ketagihan dan ingin kembali lagi ke daerah-daerah di Jawa Barat. Kuliner khas Jawa Barat ternyata bisa kita lihat perbedaannya dengan daerah-daerah lain. Seperti dari bahan baku dan rasanya yang menggunakan sayuran mentah, dominan ikan, juga cita rasa yang pedas dan asam. Kali ini Flokq memiliki rekomendasi makanan khas Jawa Barat yang tidak boleh kamu lewatkan dan harus kamu coba!

Baca juga: 7 Rekomendasi Menu Pizza Hut Delivery: Nikmati Kelezatan Pizza Hut dari Rumah!

1. Batagor

Batagor adalah singkatan dari bakso, tahu, dan goreng yang disajikan dengan saus sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Makanan khas Jawa Barat ini termasuk yang paling populer, terutama di Bandung. Rasanya yang sangat nikmat dan harganya yang murah membuat orang sangat menyukai kuliner yang sau ini. Batagor terbuat dari tepung tapiokan yang digoreng membentuk bulat, mirip seperti bakso. Tapi biasanya ada tambahan tahu dalam satu porsinya yang dipotong seperti dadu. Jika kamu ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh, kamu tetap bisa menikmatinya dengan membali batagor beku yang nantinya bisa kamu goreng sendiri di rumah.

makanan khas jawa barat
Source: IDN Times

2. Rujak Cuka

Rujak, salah satu makanan Indonesia yang sehat karena terisi dengan buah-buahan. Meski begitu, yang satu ini adalah makanan khas Jawa Barat. Olahan rujak sayur hingga buah dengan cita rasa yang berbagai macam seperti asam, pedas, dan manis bercampur satu pada seporsi Rujak Cuka. Kuah asam yang lebih cair dari rujak pada umumnya terbuat dari bumbu halus dengan rempah cabai merah, cabai keriting merah, terasi, garam, dan ebi kering.

Source: Kompas

3. Peuyeum

Makanan khas Jawa Barat yang populer lainnya adalah peuyeum. Teksturnya hampir mirip dengan tape yang bisa kamu temukan pada daerah lain, bedanya peuyeum lebih berair dan agak encer. Peuyeum mendapat julukan jajanan sejuta umat karena banyak sekali yang menyukainya, karena harganya yang murah, enak, dan tahan lama. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah karena biasanya banyak orang yang menjualnya sebagai oleh-leh dari Bandung. Selain terbuat dari ketela pohon, ada juga peuyeum yang terbuat dari beras ketan hasil fermentasi seperti kebanyakan peuyeum yang biasa kita temui.

4. Surabi

Makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari olahan adonan tepung beras yang dimasak dengan tungku pada pagi hari. Karena dimasak dengan tungku, membuat rasanya menjadi memiliki rasa yang khas dan membuat kue ini berbeda dengan kuliner khas yang lainnya.

5. Ongol-ongol

Ongol-ongol dikategorikan menjadi makanan khas Jawa Barat karena bentuk dan namanya yang unik. Kue ini berbentuk kubus dengan balutan kelapa parut dengan tekstur yang kenyal, manis, gurih, dan berwarna cokelat. Konon, katanya kue ini sudah hadir sejak tahun 1200-an. Kue yang berbahan dasar tepung singkong dan hunkue ini wajib kamu cicipi jika sedang berkunjung ke wilayah Jawa Barat bagian utara, seperti Indramayu dan Cirebon.

Makanan khas jawa barat
Source: Kompas

Baca juga: 10 Cafe Hidden Gem Jakarta yang Belum Kamu Ketahui

6. Gepuk Daging

Gepuk daging sapi, makanan khas Jawa Barat yang cukup populer dan wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke daerah ini. Sesuai dengan namanya yang unik, gepuk terbuat dari sayatan tipis daging sapi yang dipukul-pukul atau digepuk sampai gepeng. Kemudian dimasak bersama lumuran bumbu dengan cita rasa manis. Setelah dagingnya dibumbui, daging diungkep hingga bumbu meresap sampai ke setiap serat daging. Daging yang telah diungkep memiliki tekstur yang empuk sehingga memudahkan orang yang sedang memakannya. Setelah mendapatkan daging bertekstur empuk, empal akan digoreng hingga kering, atau bisa kamu santap langsung tanpa harus digoreng lagi.

makanan khas Jawa Barat
Source: Kompas

7. Jojorong

Selanjutnya, makanan khas Jawa Barat yang unik dan bikin ketagihan setelah kamu memakannya adalah Jojorong. Kue Jojorong terbuat dari tepung kanji, tepung beras, dengan isi gula merah cair. Sepintas kudapan ini mirip dengan puding, bedanya kue jojorong ini lebih lembut dengan tambahan santan pada bagian atasnya. Kue yang diwadahi daun pisang mungil ini cukup populer pada kawasan Rangkasbitung, Banten. Teksturnya yang basah dan lengket membuat kue ini tidak bisa tahan lama, sehingga kamu tidak bisa terlalu lama menyimpannya.

makanan khas Jawa Barat
Source: Wikipedia

8. Mi Kocok

Sangat mudah kamu temukan pada kawasan Badung, Jawa Barat. Mi ini termasuk kuliner khas Sunda yang cukup unik karena pengolahannya. Terbuat dari mi kuning, tauge, dan bakso yang disiram dengan kuah kaldu sapi. Biasanya, mi kocok dimakan bersama dengan tambahan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Sesuai dengan namanya, dalam proses pemasakannya mi ini harus dikocok dalam sebuah wadah khusus yang dicelupkan ke dalam air panas. Mi yang digunakan mi kuning dengan ukuran pipih dan tekstur yang lembut. Kamu bisa menambah kecap manis dan sambal pada kaldu kuahnya agar terasa lebih nikmat ketika menyantapnya.

Source: Kompas

9. Cuanki

Cuanki memang mirip dengan bakso Malang atau bakwan Kawi. Satu porsinya terdiri dari aci, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng dan bakso goreng. Kemudian semuanya tercampur dalam satu mangkuk yang disajikan bersama dengan kuah kaldu panas yang cukup segar.

Source: Food Detik

10. Cireng

Makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng dan kemudian disajikan dengan saus. Cireng sangat digemari banyak orang karena rasanya yang gurih, kenyal, dan lezat. Sangat mudah untuk ditemukan pada sepanjang jalur wisata pada Kota Bandung. Karena tahan lama, cireng bisa kamu jadikan salah satu opsi jika kamu ingin membawa oleh-oleh. Tidak hanya itu, kini rasanya pun ada beberapa variasi, seperti original, atau cireng salju dan kerupuk cireng yang berpadu dengan bumbu atau sambal rujak. Biasanya, cireng ini dijual dengan harga yang beragam, mulai dari Rp 7ribu sampai Rp21 ribu perkemasan.

makanan khas Jawa Barat
Source: Kompas

Demikian daftar makanan khas Jawa Barat, kira-kira makanan apa yang akan kamu cari pertama? apakah sudah menentukan pilihanmu?

Baca juga: 10 Taman Piknik Jakarta yang Bisa Kamu kunjungi Pas Weekend

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Rekomendasi Apartemen Dekat JIS (Jakarta Intercultural School)

8 Rekomendasi Apartemen Dekat JIS (Jakarta Intercultural School)

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

7 Rekomendasi Menu Pizza Hut Delivery: Nikmati Kelezatan Pizza Hut dari Rumah!

7 Rekomendasi Menu Pizza Hut Delivery: Nikmati Kelezatan Pizza Hut dari Rumah!

10 Cafe Hidden Gem Jakarta yang Belum Kamu Ketahui

10 Cafe Hidden Gem Jakarta yang Belum Kamu Ketahui

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *