6 Makanan Khas Jawa Timur; Enak dan Bikin Ketagihan

6 Makanan Khas Jawa Timur; Enak dan Bikin Ketagihan

Indonesia memiliki beragam daerah dengan ciri khas budaya dan adat masing-masing. Itulah yang kemudian setiap daerah mempunya karakteristik tersendiri dan menjadi identitas yang melekat pada setiap daerah. Selain adat dan budaya, setiap daerah juga memiliki makanan khas masing-masing yang juga menjadi identitas daerah. Hal tersebut yang kemudian menjadi cara turis lokal maupun internasional untuk mengingat dan mengenal setiap daerah di Indonesia, terutama di Jawa Timur. Jawa Timur memiliki banyak sekali makanan khas yang membuat pengunjungnya ketagihan dan berbondong-bondong untuk mencobanya. Penasaran? Kamu bisa cek makanan khas Jawa Timur disini.


baca juga: Kost Eksklusif Dekat Gandaria 8, Jakarta Selatan


1. Sego Tompong

Nasi Tempong atau Sego Tempong merupakan makanan khas Banyuwangi, salah satu daerah di Jawa Timur. Tempong – dalam bahasa Jawa Osing – berarti tampar. Alasan mengapa disebut tempong adalah sambal yang terdapat pada sego tempong cukup pedas seperti ditampar. Terdiri dari rebusan sayur seperti bayam, kenikir dan kubis juga didampingi protein dan sambal.

Karena sambal yang pedas seperti ditampar, sego tempong memiliki sambal yang berbeda-beda seperti sambal kacang dan sambal terasi. Selain itu lauk yang disajikan pun beragam seperti tempe, tahu, ikan, ayam dan protein lainnya. Yang membuat Sego Tempong berbeda adalah kamu akan mencium aroma kencur yang khas dari sambalnya.

2. Soto

Soto merupakan salah satu makanan khas jawa timur yang paling banyak dicari. Walaupun di setiap daerah memiliki soto, namun di Jawa Timur memiliki ciri khas tersendiri yaitu berkuah bening tanpa santan. Adapun bumbu yang biasanya digunakan seperti jahe, ketumbar, lengkuas, sereh, bawang merah, jinten, bawang putih, merica, garam dan kemiri, dan bawang goreng.

3. Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya ini terdiri dari berbagai jenis sayuran dan buah dan ditaburi dengan bumbu kacang yang khas. Rujak khas ini dipadukan dengan tempe, tahu, lontong dan hidung sapi yang menjadi poin utama. Bersama bumbu kacang, rujak cingur juga dipadukan dengan petis dan diaduk rata diatas cobek berukuran besar.

4. Pecel Lele

Pecel lele kini cukup populer di Jawa Timur dan Kamu tidak akan lupa sama rasanya walaupun hanya sekali coba. Ikan lele yang dibumbui dan digoreng kering, lalu dipecel diatas cobek sedang yang berisi sambal tomat akan membuat selera makan kamu meningkat. Pecel lele disajikan dengan kemangi, timun, dan daun selada sebagai pelengkap.

5. Ayam Lodho

Dalam bahasa jawa, lodho berarti empuk. Jadi penamaan ayam lodho sama dengan cara pembuatannya yaitu memasak daging hingga empuk dan lunak. Lodho dikenal gurih karena menggunakan santan yang dimasak hingga kental. Biasanya ayam lodho dimasak menggunakan kayu bakar dengan api kecil hingga daging ayam menjadi lembut dan kuah santan menjadi lebih kental.

6. Soto Lamongan

Yang membedakan soto lamongan dengan soto lainnya adalah koya. Koya yang ada pada soto lamongan adalah bubuk gurih yang berasal dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihancurkan. Dengan tambahan koya menjadikan soto lamongan semakin gurih dan membuat penikmatnya ketagihan terlebih saat disantap saat masih hangat.


itulah beberapa makanan khas jawa timur tentu tidak akan membuat kamu kecewa. Saat berkunjung ke Jawa Timur, kamu akan disuguhkan berbagai makanan khas lainnya yang tentu tidak kalah enak. Selamat mencoba~

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Menu di Ban Ban; Cocok Untuk Anda Yang Doyan Manis!

5 Rekomendasi Menu di Ban Ban; Cocok Untuk Anda Yang Doyan Manis!

7 Rekomendasi Croffle di Jakarta yang Harus Anda Coba

7 Rekomendasi Croffle di Jakarta yang Harus Anda Coba

5 Rekomendasi Menu di Ikkudo Ichi yang Harus Anda Coba

5 Rekomendasi Menu di Ikkudo Ichi yang Harus Anda Coba

7 Rekomendasi Menu di Gubug Makan Mang Engking yang Lezat dan Menggiurkan

7 Rekomendasi Menu di Gubug Makan Mang Engking yang Lezat dan Menggiurkan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *