7 Rekomendasi Makanan Khas Solo Wajib Kamu Coba!

Solo merupakan kota yang terkenal akan seni dan budayanya. Solo, atau dikenal juga dengan nama Surakarta, menjadi kota tersebar ketiga di pulau jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang. Kamu akan menemukan berbagai seni, budaya, sejarah, objek wisata, hingga kuliner yang khas di setiap sudut kota Solo. Selain seni dan budayanya yang melekat, kuliner khas Solo juga tidak akan mengecewakan kamu. Berwisata sambil kuliner bisa menjadi pilihan untuk memanfaatkan hari libur kamu. Flokq kemudian memberikan rekomendasi makanan khas Solo untuk kamu coba selama berada di Solo, jangan sampai ketinggalan.


baca juga: Apartemen Dekat Universitas Trilogi, Hanya untuk Anda!


1. Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan salah satu makanan khas Solo yang paling enak. Meskipun nasi liwet juga ada yang khas Sunda, namun nasi liwet khas Solo ini cukup berbeda. Nasi liwet khas Solo ini terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan lauk yang beragam seperti opor ayam, sambal goreng, dan labu siam. Selain itu, nasi liwet khas Solo ini disajikan menggunakan pincuk daun pisang untuk membuat aroma dari nasi liwet keluar.

2. Tengkleng

Tengkleng merupakan sup tulang kambing. Menurut sejarah, tengkleng dulunya disantap oleh kaum bangsawan dan orang-orang Belanda. Sementara itu, bagian kepala, kaki, dan tulang tanpa daging akan dibagikan kepada tukang masak dan pekerja lainnya. Bagian tulang kambing yang diambil untuk membuat tengkleng adalah bagian yang memiliki daging. Selain tulang, tengkleng juga berisi babat, hati, dan otak. Kuah tengkleng lebih cair dan direbus dalam waktu yang lama.

3. Krengsengan

Krengsengan merupakan makanan khas solo yang terbuat dari daging kambing. Daging kambing tersebut kemudian dipotong kecil-kecil lalu dimasak dengan tumisan bawang merah, bawang putih, pala, ketumbar, merica, dan kecap manis. Krengsengan kemudian akan dimasak hingga tumisan bumbu dan daging tidak berkuah dan berwarna coklat tua. Rasa yang gurih dan manis tentu akan membuat kamu ketagihan.

4. Gudeg Ceker

Gudeg ceker merupakan salah satu makanan khas yang paling populer di Solo. Gudeg Ceker merupakan kombinasi nasi gurih, gudeg, ayam kampung, suwiran ayam, sambal krecek, lalu dimasak dengan cara diliwet. Kuah yang kental dan rempah yang gurih dipadukan dengan telur bacem dan ceker yang akan membuat kamu ketagihan. Salah satu yang paling populer di Solo adalah Gudeg ceker bu Kasno yang dapat kamu kunjungi saat berlibur di Solo.

Hanya Buka Dini Hari, Gudeg Ceker Solo Ini Cepat Ludes! Halaman all -  Kompas.com
gudeg ceker

5. Bakmi Ketoprak

Bakmi merupakan menu masakan mie berkuah yang dapat kamu temukan di berbagai tempat. Namun, bakmi ketoprak ini cukup berbeda dan unik. Bakmi Ketoprak merupakan hidangan berkuah yang diisi dengan mi, kol, tahu goreng, sosis, tahu dan tempe. Bakmi ketoprak ini lalu disajikan dengan irisan daging sami dan di taruh di dalam mangkuk bakmi. Kuah yang gurih khas bakmi dipadukan dengan ketoprak akan membuat kamu ketagihan saat pertama kali mencobanya.

6. Selat Solo

Selat solo merupakan salah satu makanan yang perlu kamu coba selama di Solo. Selat selo adalah hidangan yang memiliki pengaruh Eropa di dalamnya karena tampilannya seperti salad. Hidangan ini terbuat dari campuran telur rebus dan sayur-sayuran seperti tomat, kentang, buncis, selada, mentimun, brokoli dan wortel lalu disajikan dengan taburan kripik kentang, mayonais, dan moster.

7. Brambang Asem

Brambang asem merupakan salah satu makanan tradisional khas Solo yang dapat kamu coba. Hidangan ini terbuat dari daun ubi jalar yang disajikan dengan tempe gembus. Tempe gembus sendiri adalah tempe yang terbuat dari ampas tahu, lalu keduanya akan disajikan dengan sambal khusus. Kamu dapat menemukan hidangan ini di pasar-pasar tadisional di Solo. Biasanya hidangan ini sajikan bersama dengan kerupuk yang renyah dan harga seporsi hanya sekitar Rp 2.000.


Itulah rekomendasi makanan khas solo yang sayang bila dilewatkan. Makanan ini benar-benar akan mengingatkanmu tentang indahnya kota Solo setelah kamu pergi nanti. Tidak perlu khawatir, karena menu tersebut dapat kamu temukan di setiap sudut kota Solo dengan harga yang terjangkau.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *