10 Makanan Khas Thailand Yang Perlu Anda Coba, Dijamin Enak!

10 Makanan Khas Thailand Yang Perlu Anda Coba, Dijamin Enak!

Selain Indonesia, Thailand adalah salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Thailand dikenal dengan tempat-tempat wisatanya yang menarik dan panorama alamnya yang indah. Tak hanya itu, makanan khas Thailand juga menjadi destinasi kuliner yang tak boleh dilewatkan. Cita rasa makanan khas Thailand terkenal di dunia. Ditambah, cita rasa makanan ini masih cocok di lidah orang Indonesia. Hal ini cukup lumrah mengingat bumbu yang digunakan adalah rempath-rempah yang mirip dengan makanan Indonesia. Citra rasa unik dari makanan Thailand didasari oleh perpaduan bumbu rempah-rempah yang menghasilkan rasa asam, pedas, dan manis. Berikut ini adalah 10 rekomendasi makanan khas Thailand yang bisa Anda coba.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Korea Populer yang Harus Anda Coba

1. Tom Yum Goong

Tom Yum Goong adalah makanan Thailand yang paling terkenal di dunia. Makanan ini terbuat dari bahan utama berupa udang dan disajikan dalam bentuk sup ayam pedas. Banyak orang tentu pernah mendengar nama makanan ini. namun apa yang membedakan Tom Yum Goong dengan Tom Yum pada umumnya? Ternyata Tom Yum memiliki banyak varian tergantung dari bahan dasar yang digunakan untuk memasak makanan ini. Tom Yum Goong menggunakan bahan dasar udang, Tom Yum Pla menggunakan bahan dasar ikan, dan Tom Yum Taek menggunakan bahan dasar makanan laut. Makanan ini memiliki cita rasa pedas sehingga bagi Anda yang ingin memesannya, jangan lupa untuk memastikan level pedasnya terlebih dahulu.

2. Pad Thai

Satu lagi makanan Thailand yang cukup terkenal yaitu Pad Thai. Ini adalah mie goreng khas Thailand yang banyak dijual di pinggir jalan seperti mie goreng di Indonesia pada umumnya. Makanan khas ini sudah ada sejak jaman kerajaan Ayutthaya yang dipercaya berasal dari Vietnam atau China. Sebagai informasi, mie yang disajikan berasal dari beras. Mie ini dipadukan dengan berbagai bumbu dapur seperti telur, tahu, asam, kacang kedelai, bawang putih, saus ikan, cabai, dan gula. Mie ini juga bisa ditambahkan dengan irisan daging ayam, sapi, dan seafood.

3. Gai Med Ma Moung (Ayam Mete)

Gai Med Ma Moung adalah makanan khas Thailand dalam bentuk tumis ayam kacang mete. Makanan ini juga memiliki cita rasa pedas seperti makanan khas Thailand pada umumnya. Kombinasi tumis ayam dan kacang mete memberikan rasa gurih yang enak dan cocok dihidangkan bersama nasi hangat.

4. Kaeng Khiao Wan

Makanan Thailand yang juga mirip dengan makanan Indonesia lainnya adalah Kaeng Khiao Wan yaitu kari hijau dengan rasa pedas. Isian untuk kari Thailand ini adalah sayuran dana yam. Warna hijaunya dihasilkan dari cabai hijau dengan rasa yang lebih pedas dari kari merah. Bahan-bahan makanan ini adalah santan, gula aren, pasta kari hijau, dan saus ikan yang juga bisa ditambahkan terong dan buah. Untuk pasta kari hijaunya dibuat dari bumbu-bumbu, biji jintan, pasta udang, dan garam, yang digoreng dengan krim kelapa. Makanan ini bisa disajikan bersama nasi, mie, daging ayam atau sapi, dan roti.

5. Sweet Cassava

Sweet Cassava atau singkong manis adalah makanan Thailand yang cocok dihidangkan sebagai makanan penutup. Potongan singkong yang direbus lalu dibasahi dengan saus santan membuat rasa makanan ini gurih dan legit. Makanan ini juga direbus dengan gula yang dipadukan dengan saus santan manis yang kental.

6. Mango Sticky Rice

Selain sweet cassava, ada juga makanan penutup khas Thailand yang menggoda yaitu Mango Sticky Rice atau ketan mangga. Makanan ini adalah kombinasi sempurna dari buah mangga yang manis, ketan, dan santan kental. Pertama-tama berat ketan dikukus dan dicampur dengan santan, gula aren, dan garam yang nantinya ditambahkan irisan mangga.

Mango sticky rice dibuat dengan terlebih dahulu beras ketan dikukus dan kemudian dicampur bersama santan, gula aren, dan garam, selanjutnya ditambahkan irisan buah mangga. Selain itu, ada juga variasi ketan ungu dengan campuran ketan putih dan ketan hitam khas Thailand atau mengganti buah mangga dengan durian. Cita rasa makanan ini begitu unik dengan campuran rasa gurih, manis, sedikit asam dan segar buah mangga.

7. Banana Pancake

Banana pancake adalah salah satu makanan khas Thailand yang menjadi makanan favorit para backpacker. Makanan ini berisi berbagai topping dan isian yang enak seperti pisang dengan krimer kental manis dan pisang dengan coklat. Jika Anda penyuka jajanan manis, Anda wajib mencoba makanan yang satu ini.

8. Khaeng Phet

Selain kari hijau, di Thailand juga ada makanan khas berupa kari merah yang disebut dengan Khaeng Phet. Makanan ini dibuat dari campuran bumbu kari merah, santan, dan daging (ayam, sapi, atau babi). Bumbu kari merah ditumbuk secara tradisional menggunakan ulekan yang terdiri dari berbagai bahan seperti campuran cabai merah kering, bawang putih dan merah, lengkuas, terasi, garam, jintan putih, lada, dan sebagainya. Bumbu ini lalu dimasak dengan minyak goreng dan santan kelapa.

9. Khao Pad

Selain kari, makanan berupa nasi goreng juga ada di Thailand. Makanan ini disebut sebagai Khao Pad atau nasi goreng khas Thailand. Nasi goreng ini dibuat dari campuran nasi, telur, bawang putih, saus tiram, garam, gula, dan saus kecap. Saat dihidangkan ia disajikan bersama irisan timun, selada, tomat, serta jeruk. Terdapat beberapa variasi dari Khao Pad seperrti disajikan dengan tambahan irisan daging ayam, sapi, babi, dan seafood.

10. Guay Teow Rhua

Guay Teow Rhua adalah makanan olahan mie khas Thailand yang dikenal sebagai bakmie perahu. Hal ini karena pada jaman dahulu makanan ini dijual banyak dijual di atas perahu. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah darah babi. Makanan ini merupakan campuran antara mie biasa, mie kwetiaw, sampai mie bihun dan daging babi atau sapi, jeron babi, serta bumbu-bumbu penyedap.

10 rekomendasi makanan khas Thailand yang bisa Anda coba. Beberapa makanan terlihat cukup mirip dengan makanan Indonesia namun ada juga yang terdengar kurang familiar. Pecinta kuliner wajib mencoba makanan-makanan khas dari negara yang dijuluki Negeri Gajah Putih ini.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *