Makanan Lokal yang Harus Kamu Coba di Jakarta

Makanan Lokal yang Harus Kamu Coba di Jakarta

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta dipenuhi oleh berbagai orang dari berbagai etnis di seluruh dunia. Selama bertahun-tahun, semua budaya ini telah berinteraksi di antara mereka sendiri. Hal tersebut menjadikan Jakarta sebagai tempat yang terkenal akan ragam budaya. Tidak hanya orang tetapi makanan di sini telah berubah dan menyatu karena interaksi budaya. Kamu bisa menemukan banyak masakan mulai dari masakan Cina hingga India dan kembali ke masakan lokal Betawi. Semua masakan ini bisa kamu temukan di seluruh penjuru kota dengan mudah. Jika kamu berencana untuk berwisata kuliner di Indonesia, pastikan kamu memasukkan Jakarta dalam daftar. Ada banyak pilihan makanan lokal, wajar jika kamu akan sedikit kewalahan untuk memilih. Jadi untuk membantumu, kami telah membuat daftar makanan lokal terbaik yang harus kamu coba di Jakarta.

1. Laksa Betawi

Source

Mungkin banyak dari kamu yang pernah mencicipi laksa sebelumnya. Ini adalah hidangan terkenal yang berasal dari Tiongkok tetapi telah diadopsi oleh banyak negara seperti Thailand dan Indonesia. Terdiri dari mie gandum atau bihun dan biasanya disajikan dengan topping seperti ayam dan seafood. Sebagai pelengkap, hidangan ini disajikan dalam semangkuk sup kari pedas dan gurih dengan bahan dasar santan. Laksa Betawi berbeda dari laksa lainnya karena sangat mirip dengan Soto Betawi. Masakan ini memiliki kaldu berwarna kuning muda bukan kaldu oranye biasa karena jahe dan lengkuas. Kamu dapat menemukan hidangan ini dijual di seluruh kota oleh restoran Betawi lokal dan bahkan restoran Tionghoa-Indonesia.

Baca Juga : Jakarta’s Best Street Food

2. Kerak Telor

Source

Kerak Telor harus menjadi salah satu hidangan khas Jakarta yang paling terkenal. Pastikan untuk mencoba hidangan ini karena itu akan menjadi pengalaman yang tidak lengkap jika kamu tidak mencobanya. Hidangan ini terbuat dari nasi ketan yang digoreng dengan campuran telur dan diberi taburan kelapa parut, dan bawang merah goreng. Ada 2 macam telur yang bisa kamu pilih untuk di aduk, telur ayam, dan telur bebek. Kami menyarankan kamu untuk memilih telur bebek, karena lebih enak daripada telur ayam. Penjual kemudian akan memasaknya dalam wajan di atas arang dan akan membentuk kerak. Kamu bisa menemukan hidangan ini di seluruh Jakarta tetapi lebih sering ditemukan saat pameran.

3. Sop Buntut

Source

Sop Buntut adalah hidangan favorit lain di Jakarta yang juga terkenal di seluruh Indonesia. Ini adalah sup yang terbuat dari kaldu sapi atau sapi dengan daging sapi atau buntut sebagai protein utamanya. Meskipun namanya menunjukkan bahwa bahan utamanya adalah buntut, ekornya mungkin berasal dari jenis sapi lain selain lembu. Diperkirakan aslinya berasal dari Eropa tetapi kemudian sampai ke negara-negara Asia seperti Indonesia. Sop Buntut juga cukup populer di negara-negara seperti Cina dan Korea juga. Perbedaan utama antara Sop Buntut Indonesia dengan Sup Buntut mereka adalah di Indonesia mereka menggoreng buntutnya terlebih dahulu. Dari pada hanya direbus di dalam kuah, dengan cara menggoreng buntutnya akan menjadi lebih gurih dan empuk. Sup ini disajikan dengan sayuran seperti tomat dan kentang dengan buntut sapi dan di atasnya diberi keripik lokal.

4. Ketoprak Jakarta

Source

Ketoprak adalah makanan jalanan yang paling nyaman dikonsumsi warga, tidak hanya di Jakarta tetapi juga di seluruh Indonesia. Makanan ini bisa dimakan saat makan siang atau makan malam karena sangat mengenyangkan. Terdiri dari lontong, bihun, tauge, dan sambal kacang. Bumbu kacangnya dibuat dengan cara menggiling kacang tanah sangrai dengan gula aren dan rempah-rempah seperti lengkuas dan asam. Kamu juga bisa menambahkan cabai ke dalam campuran agar pedas. Kemudian disajikan dengan pendamping seperti tahu, kubis, dan bawang merah goreng di atasnya. Ini adalah hidangan yang sempurna untuk vegetarian karena tidak ada daging di dalamnya. Kamu bisa menemukan warung ketoprak atau gerobaknya di seluruh wilayah Jakarta dengan sangat mudah. Antrean untuk Ketoprak mungkin agak panjang, tetapi patut untuk ditunggu.

5. Bubur Ayam

Source

Bubur Ayam adalah bubur versi Indonesia yang merupakan sajian yang sangat terkenal di Asia. Ada banyak jenis bubur ayam di Jakarta, tapi ada dua yang utama. Mereka adalah Bubur Ayam tradisional dan Bubur Ayam ala Cina. Bubur ayam tradisional lebih banyak ditemukan karena tersebar di mana-mana di kota dari pagi hingga sore hari. Ini adalah bubur ayam khas tetapi memiliki rasa manis karena kecap manis. Yang lainnya adalah Bubur Ayam ala Cina. Bubur ini sangat mirip dengan bubur yang bisa kamu temukan di China atau Taiwan. Bubur ini disajikan dengan ayam dan kadang-kadang babi dan diatapi dengan tongcay, yang merupakan jenis sayuran yang diawetkan. Rasa gurihnya juga berbeda karena kecap asinnya, tidak seperti bubur ayam tradisional.

6. Gorengan

Source

Gorengan mungkin adalah salah satu makanan jalanan paling terkenal di Jakarta. Kamu bisa menemukan gerobak yang menjual Gorengan di setiap tempat yang kamu kunjungi. Gorengan ini ada bermacam-macam, semuanya digoreng dengan minyak. Ada tahu goreng, tempe goreng, dan juga lumpia. Masyarakat biasanya membeli Gorengan untuk mengenyangkan perut jika belum makan atau sekedar untuk ngemil. Di sini sangat populer karena sangat murah, harga 1 gorengan hanya Rp 1.000. Kamu dapat membeli beberapa potong dan itu dapat membuatmu kenyang secara instan. Ini adalah makanan yang sempurna untuk ngemil karena enak dan tidak terlalu berat. Tetapi karena gorengan ini adalah makanan cepat saji, kami tidak menyarankan untuk memakannya setiap hari.

Nah itu dia 6 makanan lokal terbaik yang bisa kamu temukan dengan mudah di Jakarta. Kami harap daftar ini dapat membantu perjalanan kulinermu dalam mencari makanan terbaik di Indonesia.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Menu di Ikkudo Ichi yang Harus Anda Coba

5 Rekomendasi Menu di Ikkudo Ichi yang Harus Anda Coba

7 Rekomendasi Menu di Gubug Makan Mang Engking yang Lezat dan Menggiurkan

7 Rekomendasi Menu di Gubug Makan Mang Engking yang Lezat dan Menggiurkan

10 Rekomendasi Menu Salad Stop: Enak dan Sehat

10 Rekomendasi Menu Salad Stop: Enak dan Sehat

Kost Eksklusif Dekat Gandaria 8, Jakarta Selatan

Kost Eksklusif Dekat Gandaria 8, Jakarta Selatan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *