Makanan Tradisional Indonesia di Jakarta

Makanan Tradisional Indonesia di Jakarta

Kota metropolitan dengan restoran mewah instagrammable dan pengalaman bersantap mewah yang mahal ini memiliki rahasia kecil yang lezat. Orang Jakarta telah memendam hubungan asmara dengan suasana makanan jalanan yang cepat, tanpa keributan, dan lezat selama bertahun-tahun. Jajanan pinggir jalan ini hidup dan berkembang di Jakarta dengan terus-menerus menciptakan makanan cepat saji baru. Dari versi favorit masa kecil hingga ciri khas Jakarta yang otentik, kota ini memberi berbagai makanan yang enak untuk para pecinta makanan jalanan. Cobalah dan kamu akan jatuh cinta dengan gigitan pertama!

Kerak Telor

kerak telor
Kerak Telor

Tidak diragukan lagi Kerak Telor adalah makanan jalanan khas Jakarta. Kerak Telor adalah jajanan tradisional masyarakat Betawi. Hidangan gurihnya adalah telur dadar ketan yang dimasak dengan wajan di atas arang. Ini dibuat dengan mencampurkan ketan, bawang goreng, udang kecil kering, serundeng (serpihan kelapa pedas) dengan telur ayam atau bebek di atas wajan panas sampai enak dan renyah. Saat sudah matang, Kerak Telor dibungkus dengan selembar kertas berwarna coklat. Kerak yang terbentuk di luar camilan telur itulah sebabnya disebut Kerak Telor.

Meski menjadi jajanan khas Jakarta, Kerak Telor agak sulit didapat. Makanan renyah ini bisa ditemukan di kawasan Jakarta Pusat dan spot-spot tertentu, seperti Monas, Kota Tua, dan Setu Babakan, dimana sebagian besar pedagang kaki lima menjualnya di sepanjang trotoar.

Vendor yang Direkomendasikan:

Kerak Telor Bang Doel di Sawah Besar, Jakarta Pusat

Alamat: Jl. Pintu Air Raya No.68, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10710

Nomor Telepon: +62 85814161841

Kisaran Harga: Rp12.000,00 – Rp.30.000,00 / item

(Harganya tergantung vendor)

Jam Buka: Senin hingga Minggu (10.00 – 22.00)

Martabak Terang Bulan

This image has an empty alt attribute; its file name is 768bc6b34e143151b3803695952f0a9a-1.jpg
Martabak Terang Bulan

Martabak adalah jajanan pinggir jalan paling populer di Jakarta selama beberapa tahun terakhir dengan rasa dan topping yang inovatif ditambahkan ke dalam makanan favorit larut malam ini. Terdapat dua macam martabak, yaitu gurih dan manis. Martabak manis yang juga dikenal sebagai Terang Bulan mendapat namanya dari kilau keemasan yang dimilikinya saat dilipat dan diolesi mentega. Ini adalah makanan jalanan paling umum yang bisa kamu temukan di Jakarta.

Makanan ini terbuat dari adonan kental, seperti pancake dengan telur, susu, dan tepung yang dimasak diatas wajan besi. Kamu bisa mengisinya dengan susu kental manis, gula kastor, taburan coklat, atau topping lain pilihan kamu.

Saat ini, kelezatan yang satu ini memiliki banyak variasi, mulai dari isian asli keju dan coklat sampai black forest atau red velvet. Entah kamu lebih suka yang asli atau versi “upgrade“, Martabak tetap selalu dapat menjadi teman terbaikmu!

Vendor yang Direkomendasikan:

Martabak Boss di Senopati, Jakarta Selatan

Alamat: Jl. Gunawarman No.75, Senopati, Jakarta

Nomor Telepon: +62 81219194814

Kisaran Harga: Rp12.000,00 – Rp150.000,00

(harga berubah dengan tambahan topping)

Jam Buka: Senin hingga Minggu (17.00 – 00.00)

Gorengan

This image has an empty alt attribute; its file name is 3e95f5d012a6f7da3b3b0afda287d8f8.jpg
Gorengan

Jajan masa kecil setiap orang di Jakarta. Gorengan mengacu pada bahan yang dicelupkan ke adonan yang berkisar dari tahu, tempe, dan berbagai sayuran atau buah yang digoreng dengan minyak. Konsepnya mirip dengan twigim Korea atau tempura Jepang dengan aneka gorengan. Ini adalah makanan ringan yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dari seluruh nusantara.

Ini sangat populer di Jakarta, bukan hanya karena rasanya, tapi karena harganya yang murah hanya Rp 1.000,00 sampai Rp 2.000,00 per butir. Gorengan bisa ditemukan di mana-mana di Jakarta. Carilah gerobak penjual yang bertuliskan “gorengan”. Seperti jajanan kaki lima lainnya, ada versi baru dari camilan sederhana ini dengan lebih banyak pilihan pada gorengan dan tambahan topping.

Vendor yang Direkomendasikan:

Gorengas (Gorengan Naik Kelas) di Cilandak, Jakarta Selatan

Alamat: Ampera Garden Food Festival, Jl. Ampera Raya no.119, Cilandak, Jakarta Selatan

Nomor Telepon: +62 85782506981

Kisaran Harga: Rp17.000,00 – Rp 18.000,00

(harga berubah dengan tambahan topping)

Jam Buka: Senin hingga Minggu (10.00 – 20.00)

Asinan Betawi

This image has an empty alt attribute; its file name is abc90997a1b0166ee5d5920bcacb43e5-1.jpg
Asinan Betawi

Asinan Betawi adalah rujak tradisional Indonesia dengan rasa yang segar dan manis. Rujaknya terdiri dari irisan kol putih, wortel tahu, tauge, dan segenggam mi kuning berbahan dasar telur. Ada pula bahan khusus sayur asin yang dibuat dari kubis cina yang difermentasi. Campuran sayuran tersebut dipadukan dengan saus encer yang dibuat dengan kombinasi saus kacang, gula merah, dan sedikit cuka. Kemudian, hidangan tersebut diberi potongan ketimun dan kerupuk diatasnya.

Jajanan pinggir jalan ini memiliki rasa yang kompleks, yaitu manis dan gurih dengan sedikit rasa asam yang berasal dari kubis dan cuka Cina yang difermentasi. Ini adalah pilihan makanan jalanan rendah kalori yang sempurna bagi mereka yang sedang diet.

Vendor yang Direkomendasikan:

Asinan Betawi H. Mansur di Rawamangun, Jakarta Pusat

Alamat: Jl. Taman Kamboja 3 No.10, Rawamangun, Jakarta Pusat

Nomor Telepon: +62 214707242

Kisaran Harga: Rp.16.000,00 – Rp17.000,00 / item

Jam Buka: Senin – Minggu (10.00 – 21.00)

Cakwe

This image has an empty alt attribute; its file name is 82db2773b98161e37d41d6d4147e4c84-1.jpg
Cakwe

Adonan tepung yang digoreng adalah makanan jalanan yang diadaptasi dari donat Cina yang disebut youtiao. Cakwe dibuat dengan menggoreng adonan berbumbu ringan hingga berwarna coklat keemasan. Camilan murah ini ringan dan bertekstur kenyal, serta paling enak disajikan dengan sambal manis dan pedas. Cakwe bagus sebagai taburan bubur atau camilan cepat. Kamu mungkin menemukan banyak variasi cakwe dengan topping gurih seperti mayonaise, keju mozarella, dan daging udang. Tapi, apa pun kesukaan kamu, pastikan untuk memakannya selagi masih hangat!

Vendor yang Direkomendasikan:

Cakwe Galaxy di Lantai 5 FX Sudirman, Jakarta Pusat

Alamat: Jl. Jendral Sudirman, Sudirman, Jakarta Pusat

Nomor Telepon: +62 2129889204

Kisaran Harga: Rp15.000,00 / item

Jam Buka: Senin – Minggu (10.00 – 22.00)

Jadi, itulah beberapa rekomendasi makanan tradisional yang bisa dibeli di Jakarta. Silahkan mencoba satu per satu! Dan jangan lupa lihat rekomendasi lainnya di blog kami, khususnya steakhouse terbaik di Jakarta, klik di sini!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Brunch Spots in SCBD

Brunch Spots in SCBD

Affordable Apartments in Jakarta with Monthly Fee

Affordable Apartments in Jakarta with Monthly Fee

Coworking Spaces in Bintaro

Coworking Spaces in Bintaro

Apartemen Terbaik Dekat Stasiun MRT Senayan

Apartemen Terbaik Dekat Stasiun MRT Senayan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *