Makanan Tradisional Terbaik di Jakarta Yang Wajib Kamu Coba

Makanan Tradisional Terbaik di Jakarta Yang Wajib Kamu Coba

Jakarta adalah kota yang sangat multikultural, setiap bulan pasti ada menu-menu baru hasil kreasi orang-orang kreatif di bidang kuliner. Namun di tengah perkembangan dunia kuliner yang semakin pesat, ternyata kuliner khas Jakarta masih tetap bertahan. Makanan ini sudah menjadi ciri khas cita rasa Jakarta sejak dahulu kala dan tetap menjadi makanan favorit penduduk setempat di tengah era modern ini. Nah, buat kamu yang travelling atau tinggal di Jakarta, jangan lupa cicipi makanan lokal warisan khas Jakarta yang ada di bawah ini!

baca lebih lanjut tentang: Pusat Makanan Jalanan Terbaik di Jakarta

Source: Google Maps

Bubur Ayam

Di Jakarta bubur ayam atau penduduk setempat menyebutnya bubur ayam. sangat terkenal disantap saat sarapan pagi. Bubur ayam jakarta yang ditaburi ayam suwir yang enak ditambah juga kacang dan daun bawang. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan telur dan lauk pauk seperti aneka sate. Di Jakarta banyak pedagang yang menjual bubur ayam, mulai dari gerobak, warung pinggir jalan, hingga restoran.

Kios yang direkomendasikan: Bubur Ayam Barito.

Alamat: Jl. Gandaria Tengah III No.3, RT.3/RW.4, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

Jam Buka: 16.30 –23.30 (Setiap hari).

local food

Kerak Telor

Kerak Telor bisa dikatakan sebagai fast food lokal warga Jakarta. Tidak perlu waktu lama untuk menyajikannya, hanya kurang dari 15 menit barulah anda sudah bisa makan kerak telor hangat yang enak.

Hidangan ini terbuat dari bahan-bahan seperti ketan putih, telur ayam / bebek, ebi bakar kering ditambah bawang goreng, kemudian diberi bumbu halus kelapa bakar, cabai merah, kencur, jahe, garam merica pasir, dan gula.

Kios yang direkomendasikan: There’s a bunch of kerak telor stalls around the Monumen Nasional (Monas) area that you can try.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Selatan, Central Jakarta.

Jam Buka: 08.00 – 22.00 (Setiap hari).

Nasi Uduk

Nasi uduk sudah menjadi makanan favorit masyarakat Jakarta sejak lama. Banyak sekali warung makan di Jakarta yang menjual sajian ini. Nasi uduk ternyata sudah ada sejak abad ke-14. Nasi uduk berasal dari tanah melayu, datang ke jakarta dibawa oleh pedagang. Lauk pauk untuk nasi uduk mungkin berbeda-beda, tetapi karakteristik nasi uduk di semua tempat tetap sama. Nasi yang digunakan diolah dengan diaron dan dikukus dengan santan dan berbagai bumbu. Lauk pauk yang paling sering disajikan dengan nasi uduk termasuk tahu, tempe, ayam, atau telur dadar. Menu ini cocok disantap kapan saja, baik pagi, siang maupun malam.

Kios yang direkomendasikan: Kedai Nasi Uduk & Ayam Goreng Zainal Fanani.

Alamat: Jl. Kb. Kacang 8 1-5, RT.1/RW.5, Kb. Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10240.

Jam Buka: 10.00 – 00.00 (Setiap hari)

local food jakartaSource: Google Maps

Ketoprak

Ketoprak, salah satu makanan khas Jakarta memiliki cita rasa gurih yang sangat khas. Tak heran, ada campuran bumbu kacang dan kecap manis yang membuat ketoprak semakin nikmat. Bisa dibilang, ketoprak adalah cara terbaik menikmati perpaduan ketupat, tahu, dan bihun.

Kios yang direkomendasikan: Ketoprak Ciragil, Senopati.

Alamat: Jl. Ciragil II No.24, RT.6/RW.1, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180.

Jam Buka: 09.00 – 17.00 (Setiap hari).

local food jakarta

Gado-gado

Gado-gado merupakan makanan khas Indonesia yang terdiri dari berbagai macam sayuran yang direbus kemudian dicampur dengan sambal kacang. Biasanya sayuran yang digunakan adalah kubis, buncis, kangkung, kentang, selada, dan banyak lagi lainnya. Gado-gado sering disebut sebagai rujak. Namun bedanya, gado-gado kerap disantap bersama lontong, tahu goreng, dan telur rebus. Gado-gado juga menjadi makanan favorit banyak orang karena terdiri dari berbagai macam sayuran yang sangat bergizi dan menyehatkan. Sayuran dari komponen gado-gado tidak ditumis, sehingga tidak mengandung minyak. Semakin nikmat dengan paduan bumbu kacang atau sambal kacang, membuat gado-gado begitu digemari. Gado-gado banyak ditemukan di setiap kota. Ada beberapa macam resep bumbu gado-gado yang tersebar di Indonesia, salah satunya adalah gado-gado Jakarta.

Kios yang direkomendasikan: Gado-gado Bon Bin, Cikini.

Alamat: Jl. Cikini IV No. 5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Jam Buka: 10.00 – 17.00 (Setiap hari).

street foodSource: Google Maps

Ketupat Sayur

Selain beragam nasi dan bubur, ketupat sayur juga tak kalah populer untuk sarapan di kalangan warga Jakarta. Di Jakarta, ada banyak tempat makan ketupat sayur legendaris lengkap dan enak. Seporsi ketupat sayur memiliki porsi besar, dengan isian yang lengkap. Seperti telur, semur, sayur mayur, sambal, kerupuk, hingga tambahan gorengan hangat. Di Jakarta, warung ketupat sayur banyak yang buka sejak pagi dan beberapa warung buka hingga tengah malam.

Kios yang direkomendasikan: Ketupat Sayur Mandala, Mampang Prapatan.

Alamat: Jalan Mampang Prapatan No. 17 RT. 03 / RW. 05 Duren Tiga Pancoran RT.4, RT.3/RW.5, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790.

Jam Buka: 06.00 – 14.00 dan 18.00 – 04.00 (Setiap hari).

local food jakartaSource: Google Maps

Soto Betawi

Di Indonesia, Soto memiliki varian yang beragam di tiap daerah. Ada yang disajikan dengan kuah kuning bening, ada pula yang kecoklatan seperti rawon. Salah satunya soto betawi asal Jakarta.

Kuah soto betawi merupakan perpaduan santan dan santan yang dimasak dengan bumbu. Jangan lupa kombinasikan menjadi satu di dalam daging empuk yang enak. Ada juga tambahan topping seperti kentang goreng atau rebus, tomat, dan keripik melinjo yang dijadikan kerupuk.

Kios yang direkomendasikan: Soto Betawi Haji Husen, Manggarai.

Alamat: Jl. Padang Panjang No. 6C Pasar Manggis Setiabudi Jakarta Selatan DKI Jakarta 8 8, RT.8/RW.8, Ps. Manggis, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12850.

Jam Buka: 

07.00 – 14.00 (Senin – Kamis; Sabtu & Minggu), 

Tutup hari Jumat.

Itu dia, 7 Kuliner Lokal Jakarta yang Wajib Dicoba Saat Berada di Jakarta! Kami harap kamu menyukai makanan ini! Jangan lupa untuk melihat rekomendasi kuliner kami yang lain!

cari tahu lebih lanjut tentang pemandu lingkungan di tebet disini

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *