22 Manfaat Aloe Vera untuk Kecantikan dan Kesehatan

22 Manfaat Aloe Vera untuk Kecantikan dan Kesehatan

Lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu jenis tanaman yang memberikan banyak manfaat untuk kecantikan sekaligus kesehatan. Tanaman ini memiliki daging tebal bening serta mengeluarkan cairan berlendir. Terdapat banyak kandungan dalam aloe vera seperti  mempunyai sifat antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, antivirus, dan antiseptic serta betakaroten, vitamin E, dan C. selain itu, tanaman ini juga mengandung vitamin B-12 dan asam folat yang baik untuk rambut. Berikut ini adalah 22 manfaat aloe vera untuk kecantikan dan kesehatan.

Baca juga : Kenali Manfaat, Cek Fakta dan Rekomendasi Jus Untuk Diet

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Salah satu manfaat aloe vera untuk kecantikan adalah mengatasi masalah jerawat. Kelebihan minyak yang menyebabkan jerawat bisa diatasi oleh sifat antiinflamasi pada aloe vera. Selain itu, tanaman ini juga bermanfaat sebagai antibakteri, antivirus, dan antiseptic sekaligus.

2. Mencerahkan Kulit

Kulit yang kusam dan adanya bintik-bintik hitam pada wajah adalah kondisi yang cukup mengganggu penampilan Anda. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti sinar matahari dan radikal bebas. Anda bisa menggunakan aloe vera untuk membuat kulit menjadi lebih cerah.

3. Mengobati Luka Bakar

Kandungan dalam tanaman aloe vera juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar. Sifat pelembab alami dan kandungan antioksidan pada tanaman ini bisa membantu tubuh Anda untuk melindungi dan memperbaiki sel kulit yang rusak akibat terbakar.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kerutan yang timbul akibat penuaan dini juga menjadi salah satu masalah penampilan yang bisa mengganggu Anda. Kandungan dalam aloe vera seperti beta karoten, vitamin C, dan E bisa membuat kulit Anda lebih kencang dan terhindar dari garis-garis halus akibat penuaan dini.

5. Mengatasi Mata Panda

Gel pada aloe vera bisa membantu Anda untuk mengurangi adanya lingkaran hitam pada mata alias mata panda. Hal ini dikarenakan aloe vera mampu mencegah pigmentasi berlebihan sehingga membantu area di sekitar mata Anda tetap cerah.

6. Memberikan Efek Menenangkan Untuk Kulit

Aloe vera juga dapat memberikan efek menenangkan untuk kulit khususnya setelah bercukur. Tanaman ini bisa menjadi pelembab yang juga meregenerasi dan menyejukkan kulit. Ia juga bisa mencegah kulit kering dan mengurangi iritasi.

7. Mengurangi Gatal di Kepala

Bagi Anda yang sering terpapar sinar matahari, rasa gatal di kulit kepala akibat adanya ketombe atau dermatitis seboroik akan sangat mengganggu. Sifat antiinflamasi pada aloe vera bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal ini.

8. Membersihkan Makeup

Aloe vera bisa dimanfaatkan untuk membersihkan makeup khususnya saat Anda sudah akan beristirahat di malam hari. Tanaman ini akan memberikan efek menyegarkan dan membersihkan kulit secara alami.

9. Mengatasi Kulit Belang

Kulit belang juga bisa diatasi dengan menggunakan aloe vera. Tanaman ini mengandung zat aloesin yang bisa menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Hal ini akan membantu kulit Anda untuk tidak belang dan memiliki warna yang sama.

10. Mengatasi Eksim dan Psoriasis

Eksim dan psoriasis bisa diatasi dengan menggunakan aloe vera karena sifatnya yang menyembuhkan luka. Selain itu, tanaman ini juga bisa merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

11. Mengatasi Sunburn

Sunburn membuat kulit Anda menjadi tidak sehat dan bisa berakibat iritasi. Aloe vera bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah ini karena memberikan efek menenangkan pada kulit sekaligus mengurangi efek iritasi akibat sunburn.

12. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering juga bisa Anda atasi dengan penggunaan aloe vera yang mengandung banyak air yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Selain itu, aloe vera juga bisa menyerap kelebihan minyak dan memberikan efek kelembaban yang alami untuk kulit Anda.

13. Membersihkan Rambut Berminyak

Rambut berminyak adalah salah satu hal yang mengganggu penampilan Anda. Aloe vera bisa membantu Anda mengatasi masalah ini dengan menyerap kandungan minyak berlebih serta membersihkan folikel rambut Anda.

14. Menyuburkan Rambut

Selain membersihkan, aloe vera mampu menyuburkan rambut Anda karena pijatan menggunakan aloe vera bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala Anda. Hal ini bisa memicu pertumbuhan rambut yang alami.

15. Memperbaiki Helai Rambut

Aloe vera banyak mengandung vitamin yang berkontribusi dalam pertumbuhan dan pergantian sel seperti vitamin A, C, dan E. Selain itu, ia juga mengandung vitamin B-12 dan asam folat yang bisa mencegah rambut rontok.

16. Melembapkan Kulit Kepala

Aloe vera bisa berperan sebagai kondisioner alami yang memberikan efek halus dan lembut pada rambut. Ia juga bisa melembabkan kulit kepala karena bisa memperbaiki rambut kering dan rusak melalui folikel rambut.

17. Menjaga Kesehatan Mulut

Aloe vera tak hanya bagus untuk rambut namun juga untuk menjaga kesehatan mulut melalui produk pasta gigi dan obat kumur. Ia akan membersihkan mulut dan juga mengurangi plak secara alami.

18. Mengobati Sariawan

Sariawan adalah salah satu penyakit yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Penggunaan obat berbahan aloe vera bisa membantu Anda untuk mengobati sariawan sekaligus mengurangi rasa sakit yang berlebihan.

19. Meredakan Fisura Anus

Fisura anus bisa diredakan dengan penggunaan krim lidah buaya. Kandungan lidah buaya bisa mengurangi rasa nyeri, pendarahan saat pembelotan, dan penyembuhan luka.

20. Menurunkan Gula Darah

Menurunkan gula darah juga bisa dibantu dengan menggunakan aloe vera sebagai obat diabetes. Ia bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu meningkatkan manajemen gula darah.

21. Menjaga Pencernaan

Menjaga Kesehatan sistem pencernaan juga bisa dibantu dengan menggunakan lidah buaya. Ia juga bisa membantu menyembuhkan penyakit perut, termasuk sindrom iritasi usus besar (IBS).

22. Mengatasi Mata Bengkak

Banyak orang yang meyakini bahwa lidah buaya bisa membantu penyembuhan mata bengkak. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah sehingga bisa meredakan pembengkakan.

Baca juga : 9 Rekomendasi Tanaman Hias Kecil untuk Menghias Ruangan Mungil

Itulah rangkuman 22 manfaat aloe vera untuk kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya memberikan banyak manfaat untuk kehidupan. Semoga bermanfaat!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *