10 Manfaat Jalan Kaki yang Mungkin Jarang Diketahui

10 Manfaat Jalan Kaki yang Mungkin Jarang Diketahui

Jalan kaki merupakan salah satu kategori olahraga kardio sederhana yang dapat Anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Namun demikian, manfaat jalan kaki tidaklah sesederhana seperti saat melakukannya melainkan Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari berjalan kaki yang dilakukan secara rutin atau setiap hari.

Olahraga jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang mudah untuk Anda lakukan. Bahkan tanpa Anda sadari, sebenarnya Anda sudah melakukan hal ini saat melakukan kegiatan hampir setiap harinya. Untuk melakukan olahraga ini pun tidak membutuhkan banyak peralatan. Anda cukup memakai pakaian dan sepatu lari yang nyaman, lalu luangkan waktu Anda sekitar 30 menit per harinya untuk melakukan jalan kaki secara santai.

Meskipun, manfaat yang diperoleh dari olahraga jalan kaki ini masih belum banyak disadari oleh banyak orang. Tanpa sadar jika Anda lakukan dengan rutin, maka olahraga ini tentunya akan dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Berikut manfaat yang dapat Anda rasakan dari berjalan kaki.

Baca juga: Latihan 12 Gerakan Yoga untuk Pemula: Mudah dan Pasti Bermanfaat!

1. Mengurangi tingkat stres

Stres
Unsplash

Dengan rutin melakukan jalan kaki akan bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi tingkat stres yang Anda miliki. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh Anda akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi yang sedang Anda rasakan. Selain itu, jalan kaki juga akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Oleh karena itu, dengan melakukan jalan kaki secara rutin maka akan membantu untuk mengurangi tingkat stres Anda.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Daya Tahan Tubuh
Unsplash

Jalan kaki secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh Anda sehingga hal ini bermanfaat sekali untuk mencegah Anda dari berbagai serangan penyakit infeksi. Fakta yang ditunjukkan dari sebuah studi kesehatan adalah seseorang yang melakukan jalan kaki selama 30–45 menit setiap harinya, akan lebih jarang mengalami sakit dibandingkan dengan seseorang yang tidak olahraga sama sekali.

Selain itu, Anda juga dapat menyeimbangkan olahraga jalan kaki ini dengan tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi sebagai bentuk pertahanan atau peningkatan daya tahan tubuh Anda.

3. Menurunkan berat badan

Berat Badan
Unsplash

Manfaat jalan kaki yang selanjutnya dapat Anda rasakan adalah menurunkan berat badan. Dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya, maka Anda bisa membakar setidaknya 150 kalori pada tubuh Anda. Semakin banyak langkah kaki Anda setiap harinya, maka akan semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Hal tersebut dapat membantu Anda untuk lebih mengontrol berat badan, sehingga menjadikan tubuh Anda lebih sehat dan tak mudah terserang penyakit. Olahraga ini bahkan aman dan dapat dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan akan tetapi berjalan kaki saja tidaklah cukup melainkan Anda perlu mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan teratur.

4. Meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik

Suasana Hati
Unsplash

Manfaat jalan kaki dapat setara dengan Anda makan cokelat yaitu sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati Anda. Pasalnya, orang yang rutin berjalan kaki akan mengalami perubahan sistem saraf yang menimbulkan rasa senang dan membuat suasana hati lebih baik. Suasana hati yang makin baik tentunya akan membawa keseluruhan kegiatan yang Anda jalani sehari-harinya dapat penuh dengan produktivitas yang baik dan positif.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Sistem Pencernaan
Unsplash

Setelah mengonsumsi makanan berat, Anda disarankan untuk sebaiknya tidak berdiam diri setelahnya. Terlebih jika Anda sekadar duduk menonton TV atau bahkan langsung tidur dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan Anda.

Hal yang perlu Anda lakukan setelah makan adalah coba untuk berjalan kaki selama 30 menit yang mana akan bermanfaat untuk memperlancar kerja sistem pencernaan Anda. Selain itu, manfaat berjalan kaki setelah makan juga bisa membantu menjaga kadar gula darah Anda agar tetap stabil dan tidak memberikan lonjakan yang membahayakan tubuh.

6. Memperbaiki kualitas tidur

Kualitas Tidur
Unsplash

Jika Anda merupakan seseorang yang merasa sulit tidur pada malam hari, melakukan olahraga secara rutin dapat menjadi obat yang ampuh dan patut untuk Anda coba. Pasalnya dengan berjalan kaki setiap hari maka akan memiliki dampak yang positif pada kualitas dan durasi tidur Anda.

Hal ini karena jalan kaki secara alami akan meningkatkan efek melatonin alias hormon tidur. Sementara itu, manfaat jalan kaki juga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang dapat menyebabkan gangguan tidur yang Anda alami.

7. Meringankan nyeri sendi

Nyeri Sendi
Unsplash

Jangan meremehkan manfaat dari jalan kaki, karena jika Anda lakukan secara rutin maka hal tersebut akan membantu untuk meringankan nyeri pada persendian Anda.

Sebuah studi dalam American Journal of Preventive Medicine (2019) menguji orang dewasa yang lebih tua dari 49 tahun dan mengalami nyeri sendi pada tubuh bagian bawah. Hasilnya, partisipan yang berjalan kaki setidaknya 10 menit per hari atau 1 jam per minggu dapat mencegah gejala nyeri sendi dan menurunkan tingkat keparahannya pada kemudian hari.

8. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis
Unsplash

Osteoporosis disebabkan oleh penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya osteoporosis, Anda dapat mencoba melakukan jalan kaki secara rutin setiap harinya. Manfaat jalan kaki yang akan Anda dapatkan untuk kesehatan tulang ini juga bisa Anda kombinasikan dengan kegiatan fisik lainnya, seperti hiking dan jogging.

9. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan Jantung
Unsplash

Mungkin banyak belum diketahui oleh banyak orang namun jalan kaki ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan mencegah penyakit kronis seperti kardiovaskular. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat kerja jantung.

Namun, jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau spesialis untuk mengetahui durasi jalan kaki yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

10. Memperkuat otot paha dan betis

Otot Paha dan Betis
Unsplash

Manfaat dari olahraga jalan kaki yang juga bisa Anda dapatkan jika dilakukan secara rutin adalah dapat meningkatkan kekuatan otot paha dan betis Anda. Latihan melalui olahraga ini dapat membantu Anda untuk mengecilkan paha dan betis sehingga tampilan kaki Anda akan terlihat menjadi lebih baik. Selain itu, rutin melakukan latihan fisik lainnya yang berfokus pada kekuatan, seperti squat dan lunges, dapat semakin mempercantik tampilan paha dan betis Anda.

Berbagai manfaat berjalan kaki yang sudah disebutkan di atas, tentunya masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika melakukan jalan kaki secara rutin setiap harinya. Oleh karena itu, jangan menunda dan jangan malas untuk setidaknya melakukan olahraga sederhana seperti jalan kaki demi kesehatan tubuh baik fisik dan mental Anda agar tetap terjaga.

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan sangat beragam. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang tidak memungkinkan untuk berjalan kaki dengan durasi yang terlalu lama, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau spesialis untuk mengetahui jenis olahraga lainnya yang bisa Anda lakukan demi tetap menjaga kesehatan Anda.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *